Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Dlingo-Patuk, Srimulyo, Kec. Piyungan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Taman Watu Amben merupakan wisata alam yang menyuguhkan pemandangan Kota Bantul dari ketinggian bukit. Ketika cuaca sedang cerah, tidak hanya pemukiman kota Jogja saja yang dapat dinikmati, tetapi juga melihat tingginya Gunung Merapi, Sumbing dan Merbabu. Hamparan warna yang hijau menjadi pemandangan khas yang memanjakan mata.

Adapun waktu malam hari, wisatawan akan disuguhkan oleh kerlap kerlip lampu kota. Cahayanya sangat menawan bagaikan bukit berbintang. Oleh karena itu, waktu malam hari jumlah pengunjung yang datang ke lokasi justru semakin banyak. Selain menikmati hamparan bukit berbintang, wisatawan juga bisa nongkrong di cafe-cafe.

Aneka menu kuliner lezat serta minuman hangat semua dapat wisatawan temukan dengan harga terjangkau. Duduk santai di meja-meja lesehan yang tersedia sambil menikmati alam kota Jogja dengan nuansa dinginnya di malam hari.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Watu Amben

Daya Tarik Taman Watu Amben
Image Credit: Google Maps Marzun Creative

1. Asal Usul Watu Amben

Istilah nama Watu Amben berasal dari bahasa Jawa. Kata Watu artinya batu, sedangkan amben berarti ranjang yang digunakan sebagai tempat tidur. Nah, di lokasi wisata ini memang terdapat batu besar yang bentuknya menyerupai ranjang. Keberadaannya terletak di pinggir tebing yang tinggi.

Menurut cerita penduduk setempat, spot tersebut merupakan tempat peristirahatan para Raja pada masa Kerajaan Mataram Yogyakarta. Keindahan pemandangan dari ketinggian bukitlah yang menjadi daya tarik untuk dinikmati.

Hingga sampai saat ini lokasi wisata ini dijadikan sebagai taman wisata yang dikunjungi oleh sejumlah wisatawan dari berbagai daerah.

2. Pemandangan yang Menakjubkan

Ketika pengunjung sampai di atas bukit Watu Amben pasti akan langsung terpesona oleh pemandangannya yang luar biasa. Hamparan alam nan luas yang memperlihatkan alam Kota Jogja. Ditambah dengan suasana perbukitan hijau.

Bahkan kemegahan Gunung Merapi terlihat jelas dari ketinggian Watu Amben. Wisatawan bisa memilih spot-spot terhits yang ditawarkan pada setiap sudut lokasi wisata ini.

Apabila Anda datang di waktu senja ataupun malam hari, pemandangan yang disuguhkan justru lebih eksotis. Pesona matahari terbenam di balik bukit memberikan suasana yang sangat romantis. Cahaya jingganya menghasilkan gambar kamera yang sangat cantik.

Begitu juga di waktu malam. Pemandangan pemukiman Jogja berubah menjadi hamparan kerlap kerlip bagaikan bintang yang bertaburan. Hal ini dikarenakan adanya lampu-lampu kota yang menyinari alam Jogja di malam hari. Pengunjung bisa menikmatinya sambil nongkrong ataupun santai.

3. Udara yang Segar

Wisata yang berada di wilayah seribu bukit ini memiliki suasana yang sejuk. Udaranya di pagi hari sangatlah segar. Tidak tercemar oleh polusi sehingga menyegarkan ketika dihirup. Seolah memiliki kaya oksigen yang membuat pernafasan menjadi lebih lega.

4. Cocok untuk Suasana Santai dan Tenang

Taman Watu Amben merupakan tempat wisata yang direkomendasikan bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana tenang. Jauh dari lalu lalang keramaian kota serta sejumlah aktivitas yang membuat bertambah penat.

Anda bisa menjadikan wisata nan kekinian ini sebagai tempat untuk santai. Mengembalikan pikiran yang kusut menjadi fresh, menenangkan jiwa, ataupun sebagai spot nongkrong bersama keluarga dan teman.

Daya Tarik Dimiliki Taman Watu Amben
Image Credit: Google Maps damar

5. Memiliki Landscape Foto yang Keren

Selain menyuguhkan pemandangan alam yang memanjakan mata, Taman Watu Amben juga memiliki beberapa spot foto yang sangat instagramable. Setiap wisatawan yang berkunjung bisa menjadikan spot tersebut untuk bergaya sesuai angle kamera dari arahan sang fotografer.

6. Biaya Wisata yang Ramah Kantong

Tidak selamanya keindahan wisata selalu identik dengan harga yang mahal. Seperti wisata yang menyuguhkan panorama alam ini termasuk objek wisata yang rama di kantong wisatawan.

Pengunjung tidak perlu merogoh kocek yang banyak untuk bisa menikmati pesona keindahan di tempat ini . Hanya diperlukan biaya lebih untuk menikmati aneka macam wisata kulinernya serta kebutuhan selama perjalanan menuju lokasi. Termasuk persediaan bahan bakar kendaraan.

7. Lokasi Wisata Strategis

Wisata Taman Watu Amben terletak di lokasi yang cukup strategis. Tidak jauh dari Bukit Bintang Patuk, Taman Buah Mangunan, Hutan Pinus, serta sederet wisata populer lainnya.

Hal ini menjadi keuntungan bagi wisatawan. Selain menikmati keindahannya juga bisa sekaligus berwisata di beberapa tempat tersebut. Seolah bagaikan peribahasa sekali mendayung, dua tiga pulau terlampui.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Taman Watu Amben
Image Credit: Google Maps Yudhi Setiawan

Taman Watu Amben berada di wilayah Mangunan yang sederet dengan hutan pinus. Lebih tepatnya berada di Yogyakarta, Kabupaten Bantul, Kecamatan Piyungan. Dekat dengan Bukit Bintang. Desa Srimulyo, Area Kebun, di Jalan Dlingo Patuk.

Jarak dari Kota Jogja sekitar 20 kilometer. Jika tidak mengalami kemacetan pengunjung bisa menempuh perjalanan dalam waktu kurang lebih 1 jam berkendara. Tergantung pada keramaian lalu lintas. Jika ingin cepat maka bisa menggunakan kendaraan bermotor. Karena meskipun macet masih bisa selap selip celah kendaraan.

Adapun rute yang bisa menjadi patokan untuk menuju Watu Amben, yakni dari Kota Jogja ambil arah menuju Wonosari. Kemudian pilih arah selatan ke wisata Bukit Bintang hingga lurus ke arah Patuk. Sesampainya di simpang Patuk, arahkan kendaraan menuju Jalan Dlingo, di Kabupaten Bantul.

Pengunjung akan menemukan papan penunjuk arah. Anda bisa mengikutinya. Namun, sesampainya di jalan ini medannya cukup ekstrem. Berupa tanjakan dan sedikit berkelok. Sehingga pengemudi harus tetap fokus dan selalu berhati-hati.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Taman Watu Amben
Image Credit: Google Maps Solikin Solikin

Berwisata ke Taman Watu Amben tidak perlu mengeluarkan biaya yang menguras kantong. Pengunjung hanya perlu menyiapkan biaya parkir kendaraan serta biaya keperluan pribadi selama perjalanan.

Hal ini disebabkan tidak adanya tiket masuk yang harus dibayar oleh setiap wisatawan. Anda dapat menikmatinya secara gratis. Adapun untuk biaya parkir kendaraan bermotor seharga Rp 2.000. Jika membawa mobil cukup menyediakan biaya parkir Rp 5.000.

Harga tersebut berlaku selama wisatawan berada di lokasi Taman Watu Amben. Tidak berlaku kelipatan. Di hari kerja ataupun weekend harganya tetap sama.

Adapun jam berkunjung di tempat ini setiap harinya dibuka selama 24 jam. Akan tetapi, jika ingin mendapatkan momen yang elok sebaiknya pilihlah waktu sore hari ataupun malam. Selain mendapatkan momen matahari terbenam, pesona indahnya malam juga mampu membuat mata terpana.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Taman Watu Amben

Aktivitas Menarik Taman Watu Amben
Image Credit: Google Maps Ditto Anggoro

1. Menikmati Hamparan Pemandangan Jogja

Pemandangan khas yang disajikan oleh Taman Watu Amben memang identik dengan hamparan Kota Jogja. Wisatawan bisa melihat luasnya Jogja mulai dari wilayah pemukiman, mall, gunung, bukit dan sebagainya secara jelas.

Ketika malam hari, pemandangan bangunan-bangunan tersebut akan berubah menjadi kerlap kerlip lampu yang mempesona. Sangat cantik jika dijadikan sebagai background untuk berfoto selfie.

2. Foto-Foto di Spot Instagramable

Sebelum berkunjung ke taman cantik ini sebaiknya wisatawan perlu menyiapkan kamera yang memadai. Memastikan ketersediaan memori adalah hal yang utama. Karena di wisata ini terdapat banyak spot foto yang sangat keren dan kekinian.

Mulai dari pemandangan luasnya alam terbuka, gazebo, lesehan di cafe-cafe sebagai tempat nongkrong, spot sarang burung, bangku-bangku di bawah pohon, batu besar sebagai ikon wisata, serta tulisan Watu Amben yang berada di dekat tebing.

Semuanya bisa dijadikan spot untuk berfoto-foto. Hasilnya pun sangat instagenic. Sangat recomended bagi wisatawan yang gemar berfoto untuk dijadikan sebagai penambah koleksi momen liburan di akun sosmed nya.

3. Wisata Kuliner

Cafe-cafe yang ada di lokasi wisata alam cantik ini memiliki aneka menu yang kelezatannya menggoyang lidah. Mulai dari cemilan ringan, minuman hangat, sampai pada olahan makanan khas Jogja.

Adapun untuk harganya sangatlah murah. Berkisar mulai Rp 15.000 sudah bisa mendapatkan paket yang mengenyangkan. Minuman hangat, kerupuk, sayuran, lauk, nasi yang tentu rasanya sangat juara.

Aktivitas Menarik di Taman Watu Amben
Image Credit: Google Maps Amben Sekre Official

4. Santai di Gazebo

Keberadaan fasilitas gazebo sangat tepat dijadikan tempat untuk santai sambil melihat panorama keindahan alam khas Taman Watu Amben. Biasanya di musim liburan, gazebo-gazebo ini akan dipenuhi oleh sejumlah pengunjung.

Selain tempat untuk santai, gazebo juga bisa dijadikan untuk tempat menikmati kuliner. Anda dapat memesan makanan di cafe sekitar lokasi untuk diantar di gazebo yang Anda pilih. Justru makan di tempat ini akan memberikan suasana yang berbeda dan mengesankan. Tidak mungkin Anda akan menjumpai hal yang sama di suasana kota.

5. Menyaksikan Keelokan Sunset

Jika Anda ingin menyaksikan keeksotisan sunset di balik bukit, maka pilihlah waktu berkunjung sore hari saat cuaca sedang cerah. Nuansa alamnya benar-benar terasa alami.

Bukit-bukit nan hijau lama kelamaan berubah menjadi gelap. Pemandangan luasnya Kota Jogja menjadi kerlap kerlip lampu kota yang seolah memenuhi langit. Suasana menjadi lebih tenang. Bahkan terdengar suara binatang-binatang khas hutan seperti jangkring. Cafe-cafe di lokasi wisata juga menjadi penuh warna karena lampu hiasnya.

6. Foto Prewedding

Melihat pemandangan alam Taman Watu Amben yang keren, banyak pasangan muda mudi yang memilihnya sebagai spot untuk melakukan foto prewedding.

Biasanya spot sarang burung dengan background alam di malam hari menjadi titik foto yang memanjakan mata. Dengan mengambil tema alam maka kesan yang ditimbulkan menjadi simple dan elegant. Sehingga hasilnya juga menjadi lebih terlihat istimewa. Beda dari yang lainnya.

Fasilitas yag Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Taman Watu Amben
Image Credit: Google Maps Ditto Anggoro

1. Cafe

Cafe-cafe yang ada di lokasi Taman Watu Amben dibuka selama 24 jam. Sesuai dengan jam operasional berkunjung ke wisata ini. Bahkan ketika malam suasananya semakin ramai pengunjung. Karena ingin menikmati pemandangan bak bukit berbintang.

2. Toilet

Meskipun berada di ketinggian, tetapi fasilitas toilet di lokasi ini sangat memadai. Kondisinya bersih dan terawat.

3. Gazebo

Gazebo yang ada di Watu Amben terbuat dari bahan alami berupa kayu dan atap jerami. Keberadaannya bisa dijadikan tempat untuk santai menikmati keindahan pemandangan alam yang tiada habisnya.

4. Spot Foto

Spot foto yang selalu menjadi incaran pengunjung adalah background hamparan lampu kerlap kerlip dari ketinggian. Spot ini akan diperolehnya di waktu malam hari.

5. Tempat Parkir

Area parkir yang disediakan oleh pihak pengelola cukup luas dan aman. Pengunjung bisa memarkirkan kendaraannya dengan nyaman dan tanpa rasa khawatir.

6. Akses Perjalanan yang Memadai

Meskipun sedikit berkelok dan menanjak, tetapi kondisi jalan yang dilalui sudah cukup bagus. Jalannya sudah beraspal dan berupa jalan setapak.

Demikianlah gambaran keindahan Taman Watu Amben di Bantul, Yogyakarta. Jika Anda berkesempatan berlibur ke Jogja, cobalah untuk meluangkan waktu mampir ke wisata yang menawan ini. Momen liburan akan semakin bertambah seru dan tentunya mengesankan.