Landak River salah satu objek wisata alam yang menawan di tengah hutan tropis Bahorok, Langkat. Pemandian alami dengan air yang jernih, pesona batu Namo Samsah dan pemandangan sekitar nan hijau.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Bukit Lawang, Kec. Bohorok, Kab. Langkat, Sumatra Utara; Map: Cek Lokasi

Di Provinsi Sumatra Utara mengalir sebuah sungai yang cukup menarik perhatian banyak orang. Air yang mengalir di sana sangat amat jernih sehingga menimbulkan efek hijau kebiru-biruan ketika berpantulan dengan cahaya matahari. Tempat yang bernama Landak River tersebut ramai dijadikan tujuan wisata beberapa orang.

Kebersihan yang dijaga oleh pengelola tempat wisata tersebut juga membuat tidak sedikit orang yang suka ketika berada di sana. Beragam aktivitas yang dilakukan pun juga menjadi semakin seru karena tidak akan terhambat oleh sampah ataupun kotoran yang ada di sekitarnya. Bahkan, para wisatawan juga dapat menyantap hidangan dari tengah sungai tepat di atas alirannya.

Berwisata di sana memang akan menghadirkan sebuah nuansa rekreasi yang dekat dengan alam dan pastinya cukup mengasyikkan. Kocek yang diperlukan juga tidak terlalu banyak sehingga aman bagi siapapun yang hendak ke sana. Jalur untuk mengakses juga tidak terlalu sulit jika ditempuh dari beberapa kota terdekat.

Daya Tarik yang Dimiliki Landak River

Daya Tarik Dimiliki Landak River
Image Credit: Facebook.com @gapskin.channel

1. Kejernihan Air Sungai

Ini yang menjadikan Landak River tujuan wisata oleh beberapa orang yang berniat untuk menghabiskan waktu di Sumatra Utara. Air sungai yang mengalir di sana cukup jernih sehingga pengunjung bisa dengan leluasa melakukan aktivitas apapun untuk membuat momen liburan menjadi lebih seru lagi.

Pantulan cahaya ketika menyentuh air sungai juga tak kalah menarik perhatian banyak orang. Gradasi warna antara hijau dengan biru mudah yang terang terlihat begitu apik. Tak jarang orang-orang juga menjadikannya sebagai latar belakang untuk foto-foto yang mereka ambil.

Selain itu, jika air sungai menyentuh kulit-kulit tangan ataupun kaki, akan terasa cukup segar. Hal ini menambah minat orang-orang untuk terus asyik mengeksplorasi sungai tersebut lebih lama lagi. Tak jarang yang melakukan aktivitas pemandian hingga berenang. Banyak hal memang bisa dilakukan untuk menyemarakkan waktu berlibur di tempat tersebut.

2. Hijaunya Vegetasi di Sekitarnya

Banyak pepohonan yang tumbuh di sekitar area Landak River ini. Hal tersebut tentu saja menjadi salah satu pemikat orang-orang untuk datang ke sana dan menghabiskan waktu liburan mereka. Keberadaan vegetasi alami tersebut banyak berpengaruh dalam menciptakan suasana yang nyaman dan teduh ketika mengunjunginya.

Tak jarang orang-orang yang singgah ke sana sekadar berteduh di bawah rerimbunan tanaman-tanaman yang hidup di sekelilingnya. Cukup nyaman memang ketika berada di bawah pohon yang menjulang cukup tinggi ke atas. Udara segar tentu saja akan dihirup dengan segar oleh orang-orang yang berada di sana.

Ini juga membuat nuansa saat ada di objek wisata itu menjadi lebih sejuk. Walaupun jika siang hari ketika terik matahari sedang sangat menyengat menusuk kulit, namun tempat ini cukup memberikan efek yang menetralisirnya. Beberapa orang juga merasakan suasana yang damai dan syahdu karena vegetasi alam yang tumbuh asri tersebut.

Orang-orang juga dapat menjadikannya sebuah latar belakang yang sangat pas untuk foto-foto yang diambil. Jernihnya aliran sungai berpadu sangat manis dengan rindangnya pepohonan dan hijaunya dedaunannya teramat apik untuk diabadikan. Oleh sebab itulah ramai orang berdatangan ke tempat yang cukup mempesona itu.

Daya Tarik Landak River
Image Credit: Google Maps (Irvan Deriza)

3. Beting Pasir di Pinggir Sungai Landak

Ini bisa menjadi daya tarik lain dari Landak River karena dengan adanya beting pasir tersebut, seolah nampak seperti sebuah pantai mungil yang ada di pinggir laut. Hanya saja, luasnya tidak seberapa ditambah arus sungai yang hanya memiliki debit yang tidak terlalu besar sehingga tidak memiliki ombak layaknya pantai sungguhan.

Tempat ini bisa dipakai oleh pengunjung tempat tersebut untuk melakukan beragam kegiatan menarik. Bahkan, beberapa orang memakainya sebagai tempat untuk mendirikan tenda sehingga mereka bisa bermalam di tempat tersebut. Tidak asing memang nampak beberapa tenda didirikan pada area tersebut.

4. Perkebunan Buah Dekat Sungai

Tidak jauh dari lokasi wisata tersebut, pengunjung bisa menemukan sebuah perkebunan yang menghasilkan bermacam buah, salah satunya durian. Hal ini cukup menarik untuk ditelusuri lebih lanjut lagi menambah pengalaman berwisata menjadi lebih seru lagi.

Para wisatawan bisa secara langsung melihat pepohonan durian yang menjulang tinggi di tempat tersebut. Selain itu, merasakan buah-buah tersebut secara langsung juga merupakan sesuatu yang cukup menyenangkan. Beberapa jenis durian yang rasanya lezat bisa dicoba dan dibeli sebagai bekal perjalanan ataupun oleh-oleh.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Landak River

Alamat Landak River
Image Credit: Facebook.com @muhammad.nursidiq.9

Objek Wisata Landak River ini berada di Provinsi Sumatra Utara, tepatnya Kabupaten Langkat. Tempat tersebut berada tidak jauh dari Bukit Lawang yang ada di Kecamatan Bohorok. Ini merupakan salah satu bagian dari area Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) daerah Timbang Lawan.

Jika hendak menuju ke lokasi tersebut, diperlukan perjalanan kurang lebih 2 hingga 3 jam bila ditempuh dari Medan. Pengunjung perlu melewati kawasan Binjai sesaat setelah keluar dari area Kota Medan. Setelah itu, dilanjutkan dengan melewati daerah Namu Mbelin dan diteruskan menuju Bukit Lawang.

Bila sudah sampai di Bukit Lawang, maka jalur yang diambil yaitu bagian kiri sesaat setelah melewati jembatan penyebrangan. Kendaraan yang digunakan hanya perlu menyusuri jalur tersebut dan akhirnya sampai tepat di lokasi keberadaan tempat wisata tersebut.

Harga Tiket Masuk Wisata Sungai Landak

Harga Tiket Sungai Landak
Image Credit: Google Maps (Teras Nadtoka)

Untuk mendapatkan akses memasuki tempat wisata ini tidak perlu menguras kantong. Pengunjung hanya perlu membayar uang sebesar Rp 5.000 saja agar mendapatkan tiket masuk. Ini sangatlah terjangkau mengingat begitu banyak hal yang bisa didapatkan oleh para wisatawan ketika berada di sana.

Sementara itu, tarif parkir yang dipungut kepada para pengunjung area wisata ini juga tidak terlalu banyak. Untuk masing-masing kendaraan hanya perlu mengeluarkan biaya yang kurang lebih sama dengan harga tiket masuknya. Setiap kendaraan bermotor hanya perlu biaya Rp 5.000 saja untuk dapat memarkirkannya di tempat yang sudah disediakan.

Jika hendak ke Landak River, maka perlu diperhatikan pula waktu berkunjungnya. Meskipun bisa saja pengunjung mendatanginya kapan pun, namun pada malam hari dan pastinya dini hari tidak ada petugas dari pihak pengelola yang berjaga di sana. Oleh sebab itu, disarankan untuk datang ke sana setidaknya antara pukul 8 pagi hingga waktu yang sama pada malam harinya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Landak River

Kegiatan di Landak River
Image Credit: Google Maps (Gani Kurniawan)

1. Menjajal Wisata Kebun

Jika ditelusuri lebih lanjut lagi, tempat wisata yang satu ini menawarkan sebuah kegiatan untuk menyusuri perkebunan yang ada di dekatnya. Pengunjung bisa secara langsung melihat hasil kebun yang ada di sana. Ada beberapa buah yang dihasilkan seperti cempedak, durian, dan lain sebagainya.

Melewati tempat budidaya buah-buahan tersebut memang menjadi salah satu alternatif kegiatan yang sangat amat menarik untuk dilakukan. Selain bisa menikmati buah yang segar karena diambil langsung dari tempatnya tumbuh, namun juga bisa dipakai untuk menyegarkan pikiran dari penatnya kegiatan sehari-hari.

2. Sensasi Makan di Tengah Sungai

Mungkin inilah yang menjadi daya tarik terbesar dari Landak River. Terdapat sebuah area makan yang sangat berbeda nan unik bagi para pengunjung yang merasa lapar. Tempat tersebut tidak biasa karena berada tepat di tengah air sungai yang sedang mengalir.

Sensasi menyantap hidangan menjadi semakin asyik sambil merasakan air tepat di bawah. Selain itu, suara gemericik air secara langsung didengar dan ini menimbulkan nuansa yang pas untuk menikmati beragam makanan yang bisa dipesan di tempat tersebut.

Tempat ini memang memberikan pengalaman bagi siapapun yang datang ke sana agar lebih dekat dengan alam. Sensasi air yang mengalir di kaki ketika menyantap makanan memang tidak akan ditemukan di tempat manapun selain Landak River.

3. Menikmati Aliran Sungai yang Jernih

Air yang mengalir di sungai tersebut teramat jernih dan memberikan sensasi kesegaran yang tidak akan mudah dilupakan. Pengunjung bisa saja menikmatinya dengan beragam hal. Misalnya dengan sekadar berendam untuk menyegarkan badan dan membuat tubuh rileks.

Beberapa wisatawan juga berenang menyusuri sungai tersebut dan menemukan keasyikan tersendiri. Bebatuan yang ada di dasarnya nampak terlihat dari atas permukaan dan ini bisa dipakai sebagai pijakan. Debitnya yang tidak terlalu besar membuat arus air yang ada di Landak River tenang dan terasa tidak begitu deras.

Kegiatan Menarik di Landak River
Image Credit: Twitter.com @pariwisatasumut

4. Mendirikan Tenda di Area Sekitarnya

Tempat wisata ini juga menawarkan sebuah kegiatan yang jarang bisa dilakukan di lokasi lainnya. Terdapat area pasir yang luasnya kecil namun bisa dipakai untuk berkemah di tepian sungainya. Suasana di tempat tersebut terasa sejuk dan cukup nyaman bagi mereka yang menikmati camping bersama kerabat ataupun teman-teman.

5. Mencoba Penginapan Unik

Tidak jauh dari lokasi objek tersebut, terdapat beberapa unik penginapan yang berbentuk seperti rumah-rumah mungil bagi para wisatawan yang hendak menghabiskan sepanjang malam di areanya. Desain yang ada pada tempat tersebut nampak etnik seperti kepunyaan suku-suku primitif yang ada di pedalaman.

Lebih dari satu pondok bisa disewa oleh para pengunjung yang ingin merasakan sesuatu yang berbeda. Fasilitas yang diberikan di tempat tersebut juga pastinya lengkap dan memadai untuk memenuhi kebutuhan para tamu yang hadir. Sambil menginap, tamu yang menginap juga bisa merasakan suasana asri di alam sekitarnya.

6. Bersantai di Pinggir Sungai

Berbagai titik bisa ditemukan oleh para wisatawan untuk sekadar rehat sejenak di tempat yang sangat menyegarkan pikiran itu. Pengunjung bisa menikmati suasana sejuk sekitar sungai sambil merasakan airnya yang sejuk menerpa kulit-kulit kaki.

7. Befoto-Foto Mengabadikan Momen

Ini adalah suatu kewajiban ketika mengunjungi tempat wisata yang menampilkan perpaduan aliran sungai dengan vegetasi alam di sekitarnya yang asrinya tersebut. Dengan keelokan kombinasi tersebut, pengunjung bisa menemukan berbagai titik yang pas untuk dijadikan tempat berfoto dan hasilnya pun akan sangat memukau untuk mengabadikan momen liburan.

Fasilitas yang Tersedia di Landak River Langkat

Fasilitas di Landak River
Image Credit: Google Maps (Calvin Sukma Nugraha)

Jika berkunjung ke tempat tersebut, pengunjung tidak perlu khawatir karena fasilitas yang diberikan oleh pihak pengelola cukup lengkap menunjang berbagai kebutuhan. Toilet umum dan mushola tersedia untuk dipakai. Selain itu, ada juga area parkir yang cukup untuk menampung kendaraan milik pengunjung.

Berkunjung ke Sumatra Utara memang menjadi suatu pengalaman wisata yang menyenangkan. Selain danau toba, Landak River juga dapat menjadi tujuan wisata yang sangat cocok terutama jika dilakukan bersama keluarga atupun teman-teman. Beragam pesona bisa dinikmati dengan bermacam kegiatan menarik di dalamnya.