Punthuk Setumbu, Intip Keindahan Alam & Sunrise di Magelang

Punthuk Setumbu Magelang

Punthuk Setumbu merupakan salah satu wisata alam yang menawan di Magelang. Menyuguhkan pemandangan pegunungan dan panorama sunrise berlatar Candi Borobudur yang menakjubkan.

Lokasi: Jl. Kurahan, Karangrejo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang.
Map: Cek Lokasi

Nama objek wisata Punthuk Setumbu semakin populer di telinga para wisatawan karena pernah menjadi salah satu lokasi syuting film AADC 2 (Ada Apa Dengan Cinta). Objek wisata ini menjadi viral sehingga para wisatawan berbondong-bondong mendatangi tempat ini karena penasaran dengan keindahan alam yang ditawarkan.

Wisata alam berupa sebuah bukit yang berada di gugusan Bukit Menoreh ini terletak kurang lebih 1300 meter di atas permukaan laut. Para wisatawan banyak yang berkunjung ke tempat ini untuk menikmati eksotisme matahari terbit dengan panorama alam yang tiada duanya. Anda pasti akan terkesima dengan panorama alam yang disuguhkan ketika sudah berada di puncak bukit.

Lanskap Candi Borobudur yang merupakan 7 keajaiban dunia terlihat jelas dari atas bukit ini karena jaraknya hanya sekitar 4 km saja dari candi terbesar di dunia tersebut. Punthuk Setumbu dikelola dengan sangat baik oleh warga setempat dengan didirikannya sejumlah fasilitas dan juga spot-spot cantik yang siap Anda gunakan untuk berfoto.

Daya Tarik yang Dimiliki Punthuk Setumbu

Daya Tarik Punthuk Setumbu

Image Credit: Google Maps (Rudy Darmawan)

Meskipun letaknya di atas bukit, namun para wisatawan baik wisatawan domestik maupun mancanegara rela untuk trekking selama 15-20 menit untuk sampai ke puncak demi mendapatkan pemandangan yang menentramkan hati. Anda yang jenuh dengan rutinitas pekerjaan dapat mencoba kabur sejenak ke tempat ini saat weekend supaya pikiran relax kembali.

1.Dijuluki Dengan Sebutan ‘Nirwana Sunrise’

Punthuk Setumbu dijuluki ‘Nirwana Sunrise’ atau ‘Surganya Sunrise’ karena pemandangan yang disuguhkan paling cantik daripada tempat lain ketika matahari terbit. Anda akan menikmati panorama alam yang terlukis indah dari pegunungan menoreh, Gunung Merbabu, Gunung Merapi, hingga Candi Borobudur yang terlihat megah dari puncak bukit.

2. Lokasi Syuting AADC 2

Anda pasti tidak asing dengan film Ada Apa dengan Cinta. Setelah vakum beberapa tahun, film ini muncul lagi dengan pengambilan lokasi-lokasi syutingnya yang menarik. Bukit ini terpilih sebagai salah satu lokasi syuting film tersebut. Scene AADC 2 disini adalah ketika Rangga (Nicholas Saputra) mengajak Cinta (Dian Sastrowardoyo) berburu panorama sunrise sebelum mereka berpisah.

3. Objek Wisata Alam yang Memiliki Arti Nama yang Unik

Nama wisata alam ini berasal dari bahasa jawa dan memiliki arti yang unik. Punthuk artinya gundukan atau perbukitan, sedangkan setumbu artinya tumbu atau tempat nasi yang terbuat dari anyaman. Maka, objek wisata alam ini berarti sebuah bukit yang mempunyai bentuk seperti tempat nasi yang terbuat dari anyaman.

BACA:  16 Tempat Wisata di Klaten Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Alamat & Rute Menuju Lokasi Punthuk Setumbu

Alamat Punthuk Setumbu

Image Credit: Google Maps (Yofan Indriyanto)

Objek wisata alam satu ini terletak di Desa Karangrejo, tepatnya di Kecamatan Borobudur, Magelang. Ya, destinasi wisata ini memang tidak jauh dari lokasi wisata populer Candi Borobudur.

Untuk menuju ke tempat ini, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil karena belum ada transportasi umum yang beroperasi menuju kesini. Jalur yang akan Anda lewati adalah keluar dari jalan poros kemudian masuk ke jalan kecil. Sudah tersedia petunjuk arah selama perjalanan menuju ke tempat ini sehingga Anda tidak akan tersesat.

Anda dapat memilih keberangkatan dari Kota Yogyakarta maupun Kota Magelang dengan titik poin utamanya adalah Candi Borobudur. Bagi Anda yang berencana ingin menikmati sunrise dari atas bukit Punthuk Setumbu, Anda disarankan untuk berangkat sebelum pukul 5 pagi karena Anda diharuskan untuk trekking selama 15-20 menit menuju ke puncak dan mencegah membludaknya para wisatawan lain yang berkunjung.

Apabila berangkat dari Kota Yogyakarta, perjalanan yang akan Anda tempuh adalah kurang lebih 2 jam dengan jarak tempuh sekitar 44 km. Dari Candi Borobudur Anda dapat mengikuti jalan lurus ke arah perbukitan menoreh. Setelah menemukan Hotel Manohara, Anda akan bertemu papan petunjuk bertuliskan ‘Borobudur Nirwana Sunrise’. Kemudian Anda dapat mengikuti petunjuk yang tersedia.

Apabila berangkat dari Kota Magelang, Anda akan lebih cepat sampai di lokasi karena hanya berjarak sekitar 20 km dari pusat Kota Magelang. Dari Kota Magelang, Anda dapat mengambil rute Tanjung. Sebelum sampai di Candi Borobudur, Anda ambil jalan ke arah kanan setelah melihat Hotel Plataran. Tidak jauh dari Hotel Plataran, Anda akan sampai di lokasi tujuan.

Harga Tiket Masuk Punthuk Setumbu Magelang

Harga Tiket Punthuk Setumbu

Image Credit: Google Maps (Ekohm Abiysa)

Dijuluki sebagai ‘Nirwana Sunrise’ yang menjadi daya tarik utamanya, maka objek wisata ini dibuka untuk umum setiap hari Senin-Jumat pukul 04.00-17.00 WIB dan dibuka selama 24 jam setiap hari Sabtu-Minggu maupun hari libur nasional.

Harga tiket masuk objek wisata alam ini adalah Rp 15.000 per orang untuk wisatawan domestik dan Rp 30.000 per orang untuk wisatawan mancanegara. Anda akan dikenakan biaya parkir Rp 5.000 jika membawa kendaraan roda empat dan Rp 2.000 jika Anda membawa kendaraan roda dua.

Semua fasilitas yang tersedia di objek wisata ini berbayar Rp 5.000. Untuk pengunjung yang ingin menikmati suasana dengan berkemah dikenakan biaya Rp 30.000 per orang.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Punthuk Setumbu

Kegiatan di Punthuk Setumbu

Image Credit: Google Maps (Ryan Cyrilla)

1. Trekking ke Puncak Bukit

Supaya bisa menikmati keindahan panorama alam yang disuguhkan bukit ini, Anda diharuskan trekking sekitar 15-20 menit untuk menuju ke puncak bukit. Anda disarankan untuk sampai ke puncak bukit sekitar pukul 03.30-04.00 supaya tidak terlambat menyaksikan sunrise. Anda yang tidak tahan dingin disarankan untuk membawa jaket tebal karena suhu udara disini sangat dingin saat pagi hari.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Purbalingga Paling Populer

Anda perlu berhati-hati karena kondisi jalan yang dilalui saat trekking becek dan licin ketika musim hujan. Waktu terbaik untuk berkunjung kesini adalah saat musim kemarau sekitar bulan Mei-Agustus karena kondisi jalan untuk trekking tidak becek dan tidak licin. Anda juga dapat menikmati pesona sunrise dengan maksimal karena langit tidak tertutup kabut maupun mendung saat musim kemarau.

2. Menikmati Pesona Sunrise yang Mempesona

Perjuangan Anda pada saat trekking ke puncak bukit Punthuk Setumbu akan terbayarkan dengan eksotisme sunrise yang mempesona. Segala rasa lelah yang Anda rasakan akan seketika hilang ketika melihat semburat warna langit yang cantik ditemani dengan pesona matahari terbit. Selain itu Anda juga akan melihat kemegahan Candi Borobudur dari puncak bukit ini.

3. Menyaksikan Sunrise Sambil Minum Teh atau Kopi

Sambil menyaksikan keindahan panorama sunrise, Anda juga dapat mampir ke warung-warung yang ada di sekitar puncak bukit untuk menghangatkan diri dengan memesan secangkir teh maupun kopi. Selain teh dan kopi, Anda juga dapat memesan berbagai cemilan dan makanan yang tersedia untuk mengisi perut Anda setelah trekking beberapa menit.

Penjual warung-warung tersebut tidak lain adalah para warga setempat yang mengais rezeki di objek wisata tersebut. Anda tidak perlu cemas jika tidak membawa bekal makanan maupun minuman karena di warung-warung tersebut menjual berbagai macam makanan, minuman, bahkan cemilan yang dapat Anda pesan menyesuaikan bekal uang yang Anda bawa.

4. Duduk Santai Sambil Menikmati Pemandangan

Kegiatan di Puntuk Setumbu

Image Credit: Google Maps (By. Hadi)

Di puncak bukit ini terdapat fasilitas berupa gazebo dan kursi kayu untuk Anda beristirahat. Anda dapat memanfaatkan fasilitas ini sambil menikmati pesona matahari terbit. Fasilitas di objek wisata ini berbayar Rp 5.000 per orang.

Di tempat ini Anda akan merasakan ketenangan dan kedamaian dengan udaranya yang sejuk. Disini Anda tidak akan menemui suara bising kendaraan bermotor namun Anda hanya akan menemui suara alam dengan kicauan burung-burung liar yang menentramkan hati. Berwisata ke tempat ini sangat cocok untuk Anda yang sedang jenuh dengan segala kepadatan rutinitas sehari-hari.

BACA:  17 Tempat Wisata di Magelang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

5. Mengabadikan Momen Sunrise Dengan Berfoto

Jangan sampai lupa untuk membawa kamera ketika berkunjung kesini. Disarankan untuk membawa kamera mirrorless maupun DSLR supaya mendapatkan hasil foto yang optimal. Kamera handphone biasanya kurang bagus untuk berfoto dalam kondisi cahaya minim. Anda juga sebaiknya membawa tripod ketika mengambil foto supaya hasil foto Anda tidak blur maupun buram.

6. Berfoto di Spot-Spot yang Sudah Tersedia

Di puncak bukit Punthuk Setumbu terdapat fasilitas berupa spot foto yang beraneka ragam. Jangan pernah terlewatkan untuk mengambil foto di spot-spot ini karena latar belakangnya sungguh menakjubkan. Spot-spot kekinian seperti gardu pandang, rumah pohon, ayunan langit yang membentang di atas jurang siap menyambut Anda untuk menambah koleksi foto feeds Instagram Anda.

7. Berkemah di Puncak Bukit

Pihak pengelola objek wisata ini sudah menyediakan area camping ground untuk Anda yang ingin bermalam disini. Anda diharuskan membayar Rp 30.000 untuk bisa menikmati suasana berkemah di tempat ini. Namun perlu diingat bahwa Anda harus membawa tenda sendiri karena disini tidak tersedia tempat penyewaan tenda.

8. Menginap di Sekitar Objek Wisata

Anda tidak perlu risau karena di sekitar objek wisata sudah tersedia penginapan-penginapan yang dapat Anda pilih menyesuaikan budget. Beberapa rumah penduduk yang dijadikan homestay mematok tarif kamar Rp 50.000-Rp 100.000. Tersedia juga penginapan lain seperti hotel maupun villa di sekitar objek wisata dengan harga yang lumayan terjangkau.

Fasilitas yang Tersedia di Punthuk Setumbu Magelang

Fasilitas di Punthuk Setumbu

Image Credit: Google Maps (Innal Rahman)

Pihak pengelola objek wisata alam ini sudah menyediakan berbagai fasilitas yang dapat Anda manfaatkan dengan baik. Fasilitas berupa kamar mandi, toilet dan mushola tersedia di bawah bukit. Petugas yang merupakan warga setempat akan membantu para wisatawan mengarahkan kendaraan ketika akan menuju ke lokasi dan berjaga di beberapa sudut jalan menuju ke atas bukit.

Tersedia juga fasilitas berupa spot foto untuk menambah koleksi foto Anda seperti gardu pandang, rumah pohon, dan ayunan langit yang membenatng di atas jurang. Selain itu pihak pengelola juga menyediakan gazebo dan kursi kayu untuk Anda yang ingin beristirahat setelah melakukan perjalanan trekking ke puncak bukit.

Fasilitas lain juga tersedia warung-warung di puncak bukit yang menjual berbagai makanan, minuman, bahkan cemilan untuk mengisi kekosongan perut Anda. Bagi Anda yang ingin menginap, pihak pengelola menyediakan area camping ground namun Anda perlu membawa tenda sendiri karena tidak ada tempat penyewaan tenda di objek wisata ini.

Objek wisata Punthuk Setumbu dapat menjadi pilihan destinasi liburan Anda karena menyuguhkan pemandangan lanskap Kota Magelang yang mempesona. Dari puncak bukit Anda akan melihat panorama kemegahan Candi Borobudur, Gunung Merapi dan Merbabu dan juga pegunungan menoreh. Anda jangan lupa untuk membawa budget yang cukup ketika berkunjung ke objek wisata ini.