Sumatera Utara yang populer dengan destinasi wisatanya Danau Toba juga memiliki objek wisata lainnya yang tak kalah menarik. Puncak Akui adalah salah satu objek wisata yang mempunyai spot-spot berfoto kekinian dan instagramable di Sei Bingai, Langkat. Meskipun termasuk destinasi wisata baru, namun keunggulan yang dimilikinya tak pernah menyurutkan minat wisatawan untuk berkunjung ke puncak ini.

Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Adin Tengah, Kec. Salapian, Kab. Langkat, Sumatera Utara; Map: Cek Lokasi

Berada di puncak perbukitan dengan beragam spotnya yang menarik, seolah mempunyai magnet tersendiri yang membuat pengunjungnya betah berlama-lama berada disana. Keindahan alam dengan pemandangan pegunungan Bukit Barisan yang terlihat hijau dan subur mampu menghilangkan rasa lelah yang dirasakan pengunjung selama di perjalanan.

Puncak tersebut merupakan puncak paling tinggi yang ada di daerah Langkat. Siapapun yang berkunjung kesini pasti akan merasakan suasana yang tenang, syahdu dengan semilir angin sejuk yang menemani. Udara khas pegunungan membuat pengunjung tidak ingin segera beranjak ketika berada disana karena tidak adanya polusi udara yang mengganggu seperti yang dirasakan di kota.

Daya Tarik yang Dimiliki Puncak Akui

Daya Tarik Puncak Akui
Image Credit: Google Maps (Jhon Fran A Sidauruk)

Jika Danau Toba menawarkan pesona alam perairan, maka Puncak Akui menawarkan pesona alam perbukitan hijau. Panorama alam yang ditawarkan oleh objek wisata ini mempunyai ciri khas tersendiri dengan sejuknya udara yang biasa ditemukan di dataran tinggi. Walaupun tergolong baru, namun objek wisata satu ini cukup populer di telinga wisatawan karena daya tariknya yang memikat hati mereka.

1. Terkenal dengan Sebutan ‘The Yo’s Hill’

Banyak orang yang mengenal objek wisata ini dengan sebutan ‘The Yo’s Hill’. Sebutan nama tersebut disesuaikan dengan lokasinya yang berada di dataran tinggi. Objek wisata ini merupakan destinasi wisata kebanggaan masyarakat Langkat. Keunggulan yang dimilikinya adalah berbagai spot foto yang disediakan dengan latar belakang perbukitan hijau yang cantik.

The Yo’s Hill lahir sekitar tahun 2015 yang lalu, namun dengan keindahan alamnya membuat namanya semakin populer di telinga wisatawan. Perhatian Pemerintah Langkat terhadap objek wisata ini terlihat dari adanya beberapa perkembangan yang membuat The Yo’s Hill semakin menarik untuk dikunjungi baik dari segi fasilitas, akses jalan, hingga infrastrukturnya.

2. Surga Tersembunyi di Sumatera Utara

Hampir semua orang di Indonesia pasti tidak asing dengan wisata Danau Toba namun sebagian dari mereka kemungkinan besar masih asing dengan Puncak Akui. Sehingga tidak mengherankan jika objek wisata tersebut dianggap sebagai surga tersembunyi karena Sumatera Utara juga menyimpan wisata alam yang memukau selain Danau Toba.

Surga tersembunyi ini juga memiliki berbagai wahana seru dan spot foto menarik untuk para pecinta fotografi yang hobi berpetualang. Wahana yang paling menguji adrenalin dan membutuhkan nyali besar yakni ayunan langit. Wahana tersebut akan mengajak pengunjung untuk menikmati sensasi berayun di atas perbukitan dengan peralatan safety yang lengkap.

Daya Tarik Dimiliki Puncak Akui
Image Credit: Facebook.com @ichandarhany

3. Terdapat Pengembangbiakkan Bunga ‘Sakura’

Jika Anda mengenal bunga sakura dengan ciri khas warna merah muda yang cantik, maka disana Anda akan menemui bunga tabebuya yang karakteristiknya sangat mirip dengan bunga sakura yang ada di Jepang. Pemerintah setempat mengembangbiakkan bunga ‘sakura’ tersebut di puncak bukit Akui.

Ketika sedang mekar, bunga tabebuya terlihat seperti bunga Sakura. Meski bukan bunga sakura asli, namun para pengunjung sangat menikmati keindahan bunga ini dan tak lupa untuk berfoto dengan latar belakang bunga tersebut. Kecantikan bunga satu ini mampu menghipnotis siapapun yang berkunjung ke Puncak Akui, terutama wisatawan wanita.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Puncak Akui

Alamat Puncak Akui
Image Credit: Facebook.com @diecky.ck

Destinasi wisata alam satu ini terletak di Desa Adin Tengah. Di daerah tersebut memang ada beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi wisatawan. Lokasinya dekat dengan wisata Rumah Pohon Habitat.

Akses jalan menuju ke objek wisata tersebut masih bebatuan terjal belum diaspal namun masih bisa dilalui dengan motor dan mobil. Meskipun melelahkan namun akan terbayar lunas ketika sampai lokasi.

Rute yang bisa ditempuh bisa melalui Medan. Berangkat dari Medan, Anda bisa melalui Binjai, Desa Telagah dan Dusun Pertuguhen dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 4-5 jam tergantung dengan kecepatan kendaraan. Kondisi jalan besar menuju ke lokasi sudah cukup bagus. Hanya saja Anda akan melewati jalan bebatuan dan belum beraspal dari kaki bukit menuju ke lokasi.

Namun, tidak perlu khawatir karena jalanan masih bisa dilalui dan segala rasa letih akan sirna setelah Anda sampai ke lokasi tujuan. Lokasi wisata berada di Desa Telagah dan masuk sebagai wilayah administratif di Kecamatan Sei Bingai. Bagi Anda yang ingin menikmati nuansa alam dengan udara yang segar dan sejuk khas pegunungan, jauh dari kebisingan kota, objek wisata ini sangatlah tepat.

Harga Tiket Masuk Puncak Akui Langkat

Harga Tiket Puncak Akui
Image Credit: Google Maps (R Ryanto)

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Puncak Akui bersama dengan keluarga, wisata The Yo’s Hill ini dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam. Untuk bisa menikmati pemandangan di objek wisata tersebut dan berfoto di spot-spot yang telah disediakan, Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp 15.000 per orang.

Anda juga bisa camping disana dengan biaya menginap Rp 25.000 per satu tenda. Khusus untuk wahana ayunan langit, Anda dikenakan biaya sebesar Rp 5.000. Wahana satu ini paling banyak dicoba oleh siapapun yang pernah berkunjung kesana.

Anda yang membawa anak kecil harus selalu mengawasi anak-anaknya karena perbukitan ini mempunyai jurang yang cukup dalam. Orang dewasa juga harus tetap berhati-hati saat berfoto supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Puncak Akui

Aktivitas di Puncak Akui
Image Credit: Instagram.com @ayuhandari1498_

1. Menikmati Suasana Perbukitan yang Sejuk

Puncak Akui yang berada di perbukitan akan membuat Anda dan keluarga merasakan kesejukan yang berasal dari udara pegunungan Bukit Barisan. Nuansa seperti itulah yang dinantikan para wisatawan supaya segala kepenatan dan kejenuhan yang dirasakan dalam aktivitas sehari-hari dapat hilang dan tubuh menjadi rileks kembali.

Hamparan hijaunya sangat menenangkan jiwa sehingga tempat wisata ini cocok untuk dikunjungi siapapun yang sedang membutuhkan suasana tenang. Jauh dari hiruk pikuk dan polusi udara perkotaan seolah menjadikan The Yo’s Hill ini adalah moodbooster bagi siapapun yang berkunjung.

2. Camping di Area Bukit

Dengan menyiapkan budget Rp 25.000 per tenda, Anda bisa melakukan kegiatan camping disana. Sensasi berkemah di atas bukit tentu menjadi kegiatan seru dan menarik yang jarang dirasakan oleh Anda jika terbiasa hidup di area perkotaan. Sehingga kesempatan untuk camping di Puncak Akui jangan disia-siakan supaya pikiran dan tubuh bisa refresh.

Anda tidak perlu khawatir jika tidak membawa tenda sendiri dari rumah karena disana para pengelola wisata sudah menyediakan penyewaan tenda yang bisa digunakan untuk Anda dan keluarga bermalam. Anda hanya perlu membawa makanan dan minuman selama berkemah karena biasanya warung makanan di sekitar tempat wisata hanya beroperasi hingga sore saja.

3. Menikmati Sunset dari Atas Bukit

Pecinta sunset juga bisa merasakan indahnya matahari terbenam dari atas bukit ini. Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen tersebut. Tentu ini adalah momen langka jika Anda sangat jarang berkunjung ke area perbukitan demi mencari keindahan sunset. Latar belakang perbukitan hijau dengan sunset menjadi pemandangan yang sempurna.

Puncak Akui sangat cocok untuk Anda yang hobi berburu sunset. Semburat langit senja yang cantik menjadi perhatian utama para pengunjung yang memiliki kecintaan pada dunia fotografi. Mereka mengambil sudut angle foto terbaik dengan latar belakang perbukitan hijau dengan langit senja yang menghiasinya. Tentunya pemandangan tersebut akan menghipnotis Anda.

Aktivitas Menarik di Puncak Akui
Image Credit: Google Maps (Dodi Kurniawan)

4. Menaiki Wahana Ayunan Langit

Wahana ayunan langit menjadi wahana favorit di The Yo’s Hill. Anda akan menikmati sensasi berayun dari atas bukit dengan latar belakang perbukitan hijau dan jurang yang cukup dalam di bawahnya. Tidak perlu khawatir karena wahana ini sudah dilengkapi peralatan safety yang aman, namun tidak disarankan untuk pengunjung yang takut ketinggian.

5. Selfie di Berbagai Spot Keren

Salah satu daya tarik Puncak Akui adalah tersedianya beberapa spot selfie yang memfasilitasi para pengunjung untuk berfoto ria. Setelah lelah di perjalanan menuju ke lokasi, para pecinta selfie bisa menghilangkan segala keletihan dengan berselfie di beberapa spot selfie seperti Rumah Hobbit, Rumah Burung, Balon Udara, hingga Ayunan Langit.

Fasilitas yang Tersedia di Puncak Akui Langkat

Fasilitas di Puncak Akui
Image Credit: Google Maps (R Ryanto)

Objek wisata ini tidak akan mengecewakan Anda dan keluarga karena sudah tersedia berbagai fasilitas memadai yang bisa dimanfaatkan. Pihak pengelola wisata menyediakan beberapa fasilitas seperti penyewaan tenda untuk camping, air bersih untuk MCK, tempat ibadah, spot-spot foto selfie, wahana ayunan langit, dan lain sebagainya.

Meskipun baru berdiri sekitar tahun 2015, namun objek wisata alam Puncak Akui ini menjadi wisata kebanggaan masyarakat Langkat. Keindahan alamnya semakin lengkap dengan berbagai spot foto yang menarik menjadikan objek wisata ini diakui oleh pemerintah setempat dan semakin dikenal masyarakat luas.