Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam Alamat: Desa Perkebunan Bukit Lawang, Kec. Bahorok, Kab. Langkat, Sumatera Utara; Map: Cek Lokasi

Bukit Lawang merupakan salah destinasi wisata yang terletak di Pulau Sumatra, tepatnya Sumatra Utara. Kawasan bukit satu ini masuk dalam area Taman Nasional Gunung Leuser. Dengan mengujungi wisata perbukitan Lawang, wisatawan secara tidak langsung telah mengujungi habitat asli hewan mayoritas di sana, yakni hewan Orangutan.

Wisatawan yang berkunjung ke sana bisa menikmati beragam flora dan fauna yang hidup di seluruh area bukit. Wisatawan juga bisa menikmati panorama hutan tropis yang ada di sekitar kawasan Lawang. Wisatawan juga mendapat kesempatan untuk melihat Bunga Rafflesia Arnoldi, bunga bangkai yang hanya hidup di wilayah hutan Sumatra.

Destinasi ini cocok dijadikan sebagai tempat edukasi anak, utamanya untuk lebih mengenal kehidupan flora dan fauna yang hidup di kawasan Bukit Lawang. Pemandangan alam perbukitan Lawang pun juga tak kalah menarik untuk dinikmati. Banyaknya pepohonan yang rindang, pasti akan membuat wisatawan semakin betah datang ke mari.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Lawang

Daya Tarik Bukit Lawang
Image Credit: Google Maps (Orangutan Experience)

Bukit Lawang menjadi salah satu destinasi wisata yang masuk dalam area Taman Nasional Gunung Leuser. Menjadi tempat tinggal bagi para Orangutan asli Sumatra, menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh wisata perbukitan yang berada di kawasan Gunung Leuser ini. Suguhan pemandangan yang indah dijamin akan disukai wisatawan.

1. Beragam Flora dan Fauna yang Hidup di Kawasan Perbukitan

Perlu diketahui bahwa kawasan Perbukitan Lawang banyak dihuni oleh flora dan fauna yang beragam. Daya tarik yang tidak bisa dilewatkan, yakni bunga bangkai Raflessia Arnoldi. Bunga ini menjadi salah satu kekayaan flora hutan Indonesia yang hanya ditemukan di wilayah hutan Sumatra. Faunanya yang terkenal, yakni Orangutan Sumatra.

Tidak heran jika kearifan lokal Lawang banyak digemari wisatawan, utamanya wisatawan mancanegara. Banyak dari mereka penasaran dengan bentuk Raflessia Arnoldi secara langsung. Destinasi yang berada di Sumatra ini hampir tidak pernah sepi pengunjung. Akan sangat ramai utamanya saat musim liburan sekolah atau menjelang tahun baru.

2. Menjadi Tempat Konservasi Orangutan Sumatra

Orangutan Sumatra masuk dalam daftar satwa Indonesia yang mulai punah. Populasinya yang terus berkurang akibat perburuan liar atau terusiknya habitat asli hewan ini, menjadi penyebab mengapa satwa satu ini terancam punah. Bahkan beberapa Orangutan nekad memasuki area pemukiman warga karena habitatnya sudah dirusak oleh manusia.

Demi mengurangi, membantu, serta mengatasi permasalahan tersebut, pemerintah Sumatra menetapkan kawasan Bukit Lawang masuk dalam area Taman Nasional Gunung Leuser. Dengan penetapan tersebut, wilayah ini menjadi tempat konservasi Orangutan Sumatra yang sudah mulai punah dan kehilangan tempat tinggal asli mereka di hutan.

3. Menikmati Panorama Pemandangan Perbukitan Lawang

Area Perbukitan Lawang mencakup salah satu hutan tropis yang ada di Sumatra. Wisatawan juga bisa menemukan aliran Sungai Bahorok. Sungai ini terkenal akan kejernihan airnya, serta kesegaran yang luar biasa. Sepanjang sungai, pengunjung akan menjumpai bebatuan yang secara alami terletak di area sungai.

Pemandangan semacam ini tentu menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh Perbukitan Lawang. Berjejer pula pepohonan yang menjulang tinggi di sekitaran bukit. Sudah dipastikan suasana di sana sangat segar, nyaman, dan menciptakan rasa tenang. Liburan semacam ini akan sangat cocok bagi wisatawan yang suntuk di perkotaan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Bukit Lawang

Alamat Bukit Lawang
Image Credit: Twitter.com @AviatourTwit

Lokasi destinasi wisata Bukit Lawang terletak di Provinsi Sumatra Utara. Tepatnya berada di Desa Perkebunan, Kecamatan Barokoh, dan masuk wilayah Kabupaten Langkat. Untuk bisa mencapai kawasan Perbukitan Lawang, pengujung biasanya melewati rute keberangkatan pada umumnya, yakni berangkat dari kawasan Kota Medan.

Wisatawan diharuskan menempuh jarak setidaknya sejauh 120 kilometer dari pusat Medan. Setelahnya, Anda bisa menaiki kendaraan umum, berupa bus yang melayani perjalanan antar kota. Perjalanan tersebut memakan waktu setidaknya 3-4 jam perjalanan. Anda bisa menaiki bus di Terminal Pinang Baris dan pilih tujuan Perbukitan Lawang.

Perlu diingat, jika bus tujuan Lawang hanya tersedia di jam 09.00 sampai dengan 17.00 waktu setempat saja. Usahakan untuk tidak memilih waktu keberangkatan atau pun waktu kembali diluar jam operasional tersebut. Hal ini tentu untuk memudahkan Anda dan wisatawan lainnya yang pergi ke Lawang dengan menaiki bus antar kota tersebut.

Sedikit informasi pula, walaupun tujuan keberangkatan dari Pinang Baris adalah menuju Perbukitan Lawang, Anda tidak bisa langsung sampai di area tersebut. Bus dari Pinang Baris hanya akan mengantar pengunjung sampai lokasi Terminal Gotong Royong saja. Dari terminal inilah, Anda baru bisa menaiki bus tujuan Lawang dengan 1 jam perjalanan.

Harga Tiket Masuk Bukit Lawang Langkat

Harga Tiket Lawang Langkat
Image Credit: Google Maps (Lili Suheli)

Tidak jauh berbeda dengan lokasi-lokasi wisata pada umumnya, pengelola Bukit Lawang juga membebankan tiket masuk kepada setiap pengunjung yang datang. Harga tiket masuk yang dikenakan pun cukup murah, yakni hanya Rp 5.000,00 saja tiap orang. Harga yang tidak sepadan dengan cantiknya pemandangan yang bisa dinikmati selama di sini.

Wisatawan yang membawa kendaraan pribadi, juga diberi fasilitas lahan parkir dengan biaya sebesar Rp 20.000,00 saja untuk satu kendaraan. Jika wisatawan memasuki kawasan hutannya, ada sebuah jembatan milik perorangan yang sengaja dibuat. Dengan merogoh kocek Rp 2.000,00, pengujung bisa menikmati indahnya bukit dari jembatan.

Biaya sewa wahana-wahana alam yang ada di kawasan bukit juga cukup murah dan sangat ramah di kantong. Tidak hanya melihat rindangnya kawasan perbukitan, fasilitas yang disediakan pengelola pun pasti akan membuat wisatawan semakin betah dan nyaman menghabiskan waktu liburan di kawasan bukit terkenal Sumatra Utara satu ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Bukit Lawang

Kegiatan di Bukit Lawang
Image Credit: Instagram.com @sumut_adventure

1. Memberi Makan Orangutan

Sudah menjadi rahasia umum jika Orangutan merupakan satwa mayoritas yang ada di area Perbukitan Lawang. Bahkan bukti ini, masuk dalam kawasan konservasi Orangutan Sumatra di sana. Tidak heran, jika Anda menemukan Orangutan hampir di seluruh kawasan bukit. Area ini sudah menjadi habitat asli bagi segerombolan Orangutan.

Karena area ini menjadi kawasan konservasi Bukit Lawang, maka di jam-jam tertentu pengelola akan memberi makan Orangutan di sana. Bahkan jika pengunjung berkesempatan melihat kegiatan tersebut, pengelola memberi ijin wisatawan untuk ikut memberi makan. Namun, wisatawan tidak diperbolehkan memberi makan sembarangan yang dibawa dari luar.

2. Melakukan Jungle Trekking

Kegiatan menarik yang tak kalah seru, ialah jungle trekking. Tanah di kawasan bukit tersebut bisa dibilang aman dan cocok jika digunakan sebagai tempat jungle trekking. Selain itu, bentuk tanah yang sedikit berbukit, memberikan sensasi tantangan tersendiri bagi wisatawan yang menyukai trekking.

Kondisi tanahnya sendiri termasuk basah dan sedikit berlumpur. Mengenai kondisi tanah yang semacam ini tetap perlu kewaspadaan untuk berjaga-jaga. Namun, juga memberi kesan seru yang menantang karena bermain lumpur-lumpuran. Pengunjung tidak perlu risau tentang teriknya panas matahari, sebab kawasan ini banyak ditumbuhi pepohonan.

3. Bermain di Air Terjun

Siapa sangka jika kawasan Bukit Lawang juga terdapat air terjun. Air terjun yang deras dengan segarnya suasana alam sekitar, menjadikan siapa pun pasti betah bermain air di area air terjunnya. Wisatawan dapat melakukannya setelah lelah menyusuri hutan di sekitar area Perbukitan Lawang. Pasti akan menjadi kegiatan yang mengasyikkan.

Pengujung yang tidak ingin berbasah-basahan, juga bisa sekadar duduk santai di bebatuan yang ada di sekitaran area air terjun. Merendam kaki sambil menikmati pemandangan alam yang menakjubkan, akan menjadi kegiatan menarik tersendiri yang bisa dilakukan selama berlibur ke kawasan bukit Sumatra Utara ini.

Kegiatan Dilakukan di Bukit Lawang
Image Credit: Google Maps (Awk Malhotra TV)

4. Menikmati Sensasi Fun Tubing

Fun tubing merupakan kegiatan susur sungai yang dilakukan di sungainya langsung, Namun, dengan menggunakan bantuan pelampung atau ban. Jungle Trekking tentu membuat Anda lelah karena berjalan kaki sepanjang jalan dan sepanjang hari. Hal ini tentu membuat Anda merasa malas untuk kembali ke area penginapan dengan jalan kaki.

Sebagai siasat hal tersebut, Anda bisa melakukan fun tubing. Sebelumnya jangan lupa untuk menyewa pelampung atau ban yang sudah disediakan pengelola bukit di area sekitar. Harga sewa yang ditetapkan tidak terlalu mahal dan cukup terjangkau. Dengan fun tubing, pengunjung akan dibuat menikmati sensasi terombang-ambing arus sungai.

5. Berkunjung ke Goa Kelelawar

Bagi Anda yang belum tahu, di kawasan Bukit Lawang terdapat sebuah goa yang diberi nama Goa Kelelawar. Bukan tanpa alasan, pemberian nama tersebut karena memang terdapat banyak kelelawar yang hidup di dalamnya. Di siang hari, wisatawan bahkan bisa melihat kelelawar menggantung di langit-langit goa.

Pengujung yang suka menguji adrenalin, bisa mencoba mengunjungi goa satu ini. Sebenarnya tidak terlalu mencekam di siang hari. Hal ini dikarenakan kelelawar termasuk hewan nokturnal. Mereka cenderung beraktifitas di malam hari, seperti mencari makan. Sedang di siang hari, kelelawar menggunakan waktunya untuk tidur sepanjang hari.

Fasilitas yang Tersedia di Bukit Lawang Langkat

Fasilitas di Bukit Lawang Langkat
Image Credit: Google Maps (Danilo Papi)

Fasilitas yang disediakan pengelola Bukit Lawang bisa dibilang sudah cukup lengkap dan memadai. Wisatawan yang membawa serta kendaraan pribadi mereka tidak perlu khawatir. Ada kawasan khusus yang memang sengaja dijadikan lahan parkir bagi pengunjung yang menaiki kendaraan pribadi. Biaya parkirnya juga terjangkau.

Selain itu, walaupun wisata ini termasuk destinasi yang berada di alam bebas, pengelola tetap memberi akses toilet umum yang bisa dipakai kapan saja. Wisatawan Muslim juga diberikan fasilitas Musholla yang memadai. Fasilitas semacam ini tentu untuk menjaga kenyamanan siapa pun yang datang berkunjung dan berlibur ke area Perbukitan Lawang.

Tidak ketinggalan, kawasan Lawang juga menyediakan fasilitas food court, kantin, warung makan, bahkan restaurant yang menjual berbagai macam makanan khas daerah Sumatra. Namun, bagi Anda yang tidak menyukai cita rasa Sumatra, juga tersedia rumah makan yang menjual makanan lokal khas dari seluruh daerah di Indonesia.

Tempat bersantai, seperti gazebo dan penginapan juga sudah tersebar merata di seluruh kawasan bukit Sumatra satu ini. Akomodasi hotel bintang lima, namun tetap dengan tarif yang ramah kantong, pasti membuat Anda semakin ingin berlibur ke destinasi wisata satu ini. Anda bisa berlibur bersama dengan keluarga atau bersama para rekan kerja.

Informasi singkat mengenai Bukit Lawang di atas bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum memilih wisata ini sebagai tujuan liburan Anda. Fasilitas yang memadai dan juga lengkap tentu akan membuat Anda tenang dan aman selama berlibur di sana. Kawasannya pun juga termasuk mudah dijangkau dan aksesnya cukup mudah.