Liburan Seru ke Taman Buaya Indonesia Jaya

Taman Buaya Indonesia Jaya

Lokasi: Jl. Raya Cikarang – Cibarusah No.18, Sukaragam, Kec. Serang Baru, Kab. Bekasi.
MapCek Lokasi

Bekasi selain dikenal dengan oleh-oleh dodolnya yang khas, ternyata juga memiliki wisata yang sangat banyak. Wisata tersebut banyak dikunjungi oleh para wisatawan domestik maupun manca negara. Bekasi juga tergolong dengan kota yang maju karena jumlah tempat industrinya yang sangat banyak.

Selain itu, Bekasi juga memiliki satwa endemik yang sangat langka yaitu Lutung Jawa yang kini hanya tinggal sekitar 100 ekor saja. Maka jangan heran jika Anda akan menemukan tempat penangkaran hewan langka di Kota Bekasi. Salah satu tempat penangkaran hewan yang paling populer di Bekasi adalah Taman Buaya Indonesia Jaya (TBIJ).

Taman Wisata Indonesia Jaya adalah tempat penangkaran sekaligus objek wisata ekologi yang terletak di Kota Bekasi. Bagi Anda pencinta hewan reptil, tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi karena banyak jenis buaya di sana Meskipun mengerikan, buaya ternyata memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Dengan melihat langsung, pasti akan mengobati rasa penasaran Anda tentang buaya.

Berwisata ke Penangkaran Buaya Terbesar di Asia

Berwisata ke Penangkaran Buaya Terbesar di Asia

Image Credit: Triptrus.com

Seperti namanya, di Taman Buaya Indonesia Jaya tentu saja Anda akan menemukan banyak hal yang berkaitan buaya. Tempat ini berupa kolam yang isinya adalah buaya dan juga juga bisa menjadi tempat wisata bagi orang-orang yang ingin lebih dekat dengan hewan ganas ini.

Taman Buaya Indonesia Jaya bisa dikatakan sebagai tempat penangkaran atau perlindungan buaya terbesar di Asia. Mengapa? Karena penangkaran ini memiliki koleksi sekitar 100 ekor buaya dengan beragam spesies. Bahkan juga ada jenis buaya albino yang sangat cantik. Disana juga terdapat koleksi ular langka yang bisa Anda temui.

BACA:  Devoyage Bogor, Wisata Kampung Eropa yang Lagi Hits!

Di Taman Buaya ini terdapat 5 kolam buaya yang setiap kolamnya mampu menampung 100 ekor buaya. Buaya yang terdapat di kolam ini didominasi oleh buaya muara Sumatra yang berjumlah sekitar 400 ekor. Kemudian juga terdapat buaya Kalimantan yang memiliki moncong panjang serta buaya irian. Jumlah buaya Kalimantan sekitar 40 ekor sedangkan buaya irian sebanyak 2 ekor saja.

Jika menengok ke belakang, dahulu pada tahun 1983 Taman Buaya di Bekasi sudah dibangun namun terletak di daerah Pluit, Akan tetapi pada tahun 1990, taman ini dipindahkan ke daerah Sukaragam. Karena pada saat itu Pluit akan dibangun sebuah Mall. Mal tersebut juga masih ada sampai sekarang

Lokasi penangkaran buaya ini sangat sejuk dengan pepohonan yang cukup lebat di sekitarnya. Dari pepohonan tersebut, Anda diperbolehkan untuk memetik buah sawo secara gratis bila sedang berbuah. Anda juga akan merasa betah disana karena suasananya tidak terlalu ramai pengunjung. Sangat pas bagi Anda yang ingin liburan ke tempat yang tenang dan anti mainstream.

Taman Buaya Indonesia Jaya sudah seperti surga bagi orang-orang pecinta reptil khususnya buaya. Tempat ini juga bisa menjadi objek wisata edukasi karena akan banyak informasi yang akan Anda dapatkan disini.

Taman ini juga dilengkapi dengan ruang penetasan telur serta kolam untuk bayi buaya. Sayangnya telur tersebut ditetaskan di Tangerang dulu sebelum bayinya ditaruh di kolam khusus bayi buaya. Selain buaya ternyata juga terdapat beberapa spesies monyet yang ditangkarkan.

Taman buaya ini dibangun agar kelestarian buaya tetap terjaga sehingga terhindar dari kepunahan. Selain itu, penangkaran ini juga berfungsi sebagai wisata edukasi masyarakat.

Aktivitas Menarik yang Dapat Dilakukan di Taman Buaya

Aktivitas Menarik yang Dapat Dilakukan di Taman Buaya

Image Credit: Cnnindonesia.com

Karena ini adalah wisata edukasi maka Anda bisa mengamati sekaligus belajar tentang buaya secara langsung. Anda bisa mengajak anak untuk menambah pengetahuan tentang hewan berdarah dingin tersebut. Dengan melihat secara langsung tentu akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Untuk menjaga keselamatan, kolam buaya memiliki pagar setinggi 1.5 meter.

BACA:  Taman Wisata Matahari, Tempat Rekreasi Favorit di Bogor

Yang paling menarik dari lokasi penangkaran ini adalah adanya pertunjukan ekstrim bersama buaya. Pertunjukan ini biasa disebut dengan atraksi Joko Tingkir. Atraksi ini mungkin bisa membuat jantung Anda terasa mau copot karena ada adegan dimana sang pawang memasukkan kepala ke mulut buaya. Tentu saja buaya yang di ajak atraksi adalah buaya khusus yang sudah terlatih.

Karena lokasinya begitu sejuk, sangat mendukung bagi Anda yang ingin sekedar merefresh otak dan jalan-jalan bersama teman atau keluarga. Anda akan mulai paham bahwa melihat buaya tidak se mengerikan yang dibayangkan. Apalagi Anda juga bisa melihat buaya albino berwarna putih yang sangat cantik di taman buaya ini.

Yang terakhir Anda bisa botram bareng keluarga atau pasangan di gazebo yang disediakan pengelola. Gazebo tersebut terbilang cukup nyaman untuk Anda yang ingin makan bersama.

Fasilitas yang di Tawarkan Taman Buaya Indonesia Jaya

Fasilitas yang di Tawarkan Taman Buaya Indonesia Jaya

Image Credit: Aroengbinang.com

Fasilitas yang ditawarkan oleh pengelola wisata ini bisa dibilang cukup lengkap. Anda bisa memanfaatkan semua fasilitas yang ada selama berada di Taman Buaya Indonesia Jaya. Fasilitas pertama yang sangat penting adalah tempat parkir cukup luas.

Anda juga akan menemukan tempat makan disana jika perut tidak dapat diajak kompromi lagi. Selain itu disediakan semacam bale kecil untuk Anda yang ingin beristirahat atau menikmati makanan bersama teman atau keluarga. Anda bisa membawa makanan sendiri dari rumah masing-masing.

Tak lupa toilet serta taman bermain untuk anak kecil bagi Anda yang membawa anak. Wahana yang ditawarkan di taman bermain cukup lengkap seperti jungkat-jungkit dan perosotan. Dijamin anak Anda akan betah di tempat wisata ini. Tentu saja mereka juga akan merasa senang dan tidak rewel.

BACA:  15 Air Terjun (Curug) di Sukabumi Paling Hits Dikunjungi

Lokasi & Harga Tiket Masuk Taman Buaya Indonesia Jaya

Lokasi & Harga Tiket Masuk Taman Buaya Indonesia Jaya

Image Credit: Kaburdarirumah.wordpress.com

Taman Buaya Indonesia Jaya terletak di Kota Bekasi tepatnya dijalan Raya Cibarusah. Bisa Anda tempuh menggunakan sepeda motor maupun mobil. Akses jalannya sangat nyaman Karena sudah beraspal. Disarankan untuk lewat jalur Tol agar perjalanan Anda bisa lebih cepat.

Untuk Anda yang datang dari arah Jakarta, Anda bisa masuk lewat Tol Cikampek dan keluar melalui Tol Cikarang. Kemudian tinggal belok kanan menuju arah Cibarusah sejauh 11 kilometer. Letak penangkaran buaya ini berada di sebelah kanan jalan. Atau bisa lewat Lippo Cikarang menuju Jonggol, Kota Bogor.

Taman Buaya Indonesia jaya Buka setiap hari mulai jam 08.00 pagi sampai jam 4 Sore. Harga tiketnya pun relatif murah yaitu Rp 12.000 untuk pengunjung dewasa dan 6.000 untuk anak-anak. Namun, bagi balita berumur di bawah 3 tahun gratis. Harga tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari pengelola wisata.

Itulah ulasan singkat tentang Taman Buaya Indonesia jaya atau biasa disingkat TBIJ yang terletak di Kota Bekasi. Meskipun tidak terlalu populer, tempat ini bisa menjadi destinasi wisata alternatif bagi Anda yang bosan dengan wisata alam yang hanya itu-itu saja. Jika Anda berkunjung ke Bekasi, tidak ada salahnya untuk berkunjung sejenak ke Taman Buaya ini.