19 Tempat Wisata di Bekasi

Kota Bekasi mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda, terutama yang tinggal di wilayah Jabodetabek atau pulau Jawa. Kota yang memiliki julukan kota patriot atau kota pejuang ini dikenal sebagai sentra industri dan pabrik sehingga termasuk kota yang padat.

Dibalik keramaiannya sebagai kota metropolitan, Bekasi memiliki sejuta keindahan wisata tersembunyi yang sayang untuk Anda lewatkan. Meskipun wilayahnya tidak terlalu luas dibandingkan kota lain, namun Tempat Wisata di Bekasi yang bisa Anda kunjungi cukup banyak dan beragam.

Berikut ini 19 tempat wisata yang harus Anda datangi dan sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke Bekasi. Apa saja itu? Simak ulasannya berikut.

1. Pantai Muara Beting

Pantai Muara Beting

Lokasi: Pantai Bahagia, Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat. – Image Credit by KSMTour.com

Pantai Muara Beting terletak di Desa Pantai Bahagia, Muara Gembong, Bekasi Barat. Sama seperti pantai pada umumnya, pantai ini memiliki pasir yang putih dan air jernih yang memanjakan mata. Udara di sekitar pantai masih asri dan segar sehingga bisa membuat Anda tambah nyaman berada di sini.

Ombak di pantai Muara Beting juga tidak terlalu besar, jadi aman untuk bermain di dekat pantai. Yang menjadikan pantai ini cukup spesial adalah pemandangan hutan bakau seluas 70 hektare yang mengelilingi pantai.

2. Taman Buaya Indonesia Jaya

Taman Buaya Indonesia Jaya

Lokasi: Jl. Raya Serang – Cibarusah KM.3, Sukaragam, Kec. Serang Baru, Bekasi, Jawa Barat. – Image Credit by Detik.com

Untuk Anda yang tertarik dengan binatang buas terutama buaya, tempat wisata Taman Buaya Indonesia Jaya cocok untuk dikunjungi. Terdapat setidaknya 500 ekor buaya yang dipelihara di taman penangkaran yang sudah berdiri sejak tahun 1990 ini.

Anda tidak perlu khawatir akan keamanannya, karena terdapat pagar besi untuk memisahkan buaya dengan pengunjung yang ingin melihat. Jika berkunjung pada waktu yang tepat Anda bisa melihat acara Debus Banten yaitu pertunjukan jawara melawan buaya dan ular.

3. Pantai Mekar

Pantai Mekar

Lokasi: Kec. Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat. – Image Credit by Ihategreenjello.com

Berwisata ke pantai memang salah satu solusi untuk menghilangkan penat Anda setelah lelah beraktifitas di kota yang padat. Salah satu pantai yang bisa Anda datangi adalah Pantai Mekar yang terletak di Jalan Raya Muara Gembong, Bekasi.

Anda bisa berkeliling melihat pemandangan laut atau beristirahat di gazebo tengah laut dengan menyewa perahu nelayan. Dan yang menjadi daya tarik tersendiri dari pantai ini adalah aktivitas nelayan yang terlihat secara jelas. Jika tertarik, Anda bisa ikut membantu aktivitas nelayan untuk merasakan kegiatannya secara langsung.

4. Danau Marakas

Danau Marakas

Lokasi: Bahagia, Babelan, Bekasi, Jawa Barat. – Image Credit by Instanbooking.id

Danau Marakas menjadi salah satu objek wisata favorit warga bekasi untuk menghabiskan liburan mereka, danau ini banyak dikunjungi ketika malam hari. Karena di saat malam hari Danau Marakas memberikan pemandangan yang indah dari berbagai lampu yang menyala.

Selain menikmati pemandangan, Anda juga bisa menikmati kuliner khas Bekasi, memancing, dan membeli pernak pernik sebagai souvenir. Tempat wisata yang berlokasi di Pondok Ungu Permai, Bekasi Utara ini tidak memungut biaya untuk wisatawan yang ingin masuk.

5. Curug Parigi

Curug Parigi

Lokasi: Desa Cikiwul, Kec. Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat. – Image Credit by Bisniswisata.co.id

Curug Parigi merupakan air terjun dengan debit ketinggian rendah yang berasal dari aliran kali Bekasi. Curug ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1980an, namun baru populer di tahun 2000an. Lokasinya yang relatif tersembunyi dan tidak banyak diketahui orang membuat Curug Parigi telat populer.

Udara di sekitar yang masih asri dengan air yang bersih membuat Anda akan betah bermain air di sini. Terdapat cukup banyak spot foto yang bagus jika Anda unggah ke sosial media. Ketika debit air tinggi yaitu saat musim hujan, Curug Parigi menampilkan keindahannya secara maksimal.

6. Danau Cibeureum

Danau Cibeureum

Lokasi: Lambangjaya, Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat. – Image Credit by Sportourism.id

Danau Cibeureum menjadi lokasi wisata favorit penggemar sepeda gunung karena spot untuk bersepeda cukup mendukung. Danau dengan luas 2 hektare ini memiliki pesona yaitu sebuah pulau kecil yang berada di tengahnya.

Terdapat pohon yang menjadi favorit pengunjung untuk digunakan sebagai background berfoto. Untuk masuk ke danau yang terletak di dua desa ini Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun. Semua fasilitas dan pemandangan yang ada bisa Anda nikmati secara gratis.

7. Rumah Pohon Jatiasih

Rumah Pohon Jatiasih

Lokasi: Jl. Raya Parpostel, Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat. – Image Credit by Kiostix.com

Melihat pemandangan dari ketinggian adalah salah satu sensasi liburan yang juga menyenangkan. Di Rumah Pohon Jatiasih Anda bisa menikmati pemandangan dari rumah yang dibangun di atas pohon dengan ketinggian sedang. Tidak hanya pemandangan saja, tempat ini juga menyajikan berbagai permainan outbond.

Permainan yang bisa Anda coba di Rumah Pohon Jatiasih diantaranya adalah Wall Climbing dan Flying Fox. Anda bisa mengunjungi tempat wisata yang berlokasi di Jalan Raya Parpostel, Jatiasih ini setiap hari mulai pukul 09.00 pagi hingga 17.00 sore.

8. Snow World International

Snow World International

Lokasi: Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 1, Kel. Pekayon Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Bekasi, Jawa Barat. – Image Credit by Detik.com

Di Indonesia khususnya Bekasi, Anda bisa menikmati salju tanpa harus ke luar negeri. Hanya dengan mengunjungi Snow World International di Bekasi, Anda sudah bisa merasakan sensasi musim salju yang ada di negara Eropa. Lebih uniknya Anda bisa menikmati dinginnya salju ketika panas matahari.

Snow World International menawarkan keindahan berupa pameran berbagai ukiran es yang unik dan cantik, Anda juga bisa mencoba berseluncur di es yang dingin. Biaya masuk dari tempat wisata satu ini adalah Rp 60.000 untuk dewasa dan Rp 50.000 untuk anak-anak.

9. Taman Rusa Kemang Pratama

Taman Rusa Kemang Pratama

Lokasi: Jl. Niaga Raya Blok C No. 3, Sepanjang Jaya, Rawalumbu, Bojong Rawalumbu, Bekasi, Jawa Barat. – Image Credit by Bekasibae.com

Apakah Anda penggemar rusa? Jika iya, Anda tidak boleh melewatkan berwisata di Taman Rusa Kemang Pratama. Di sini Anda bisa bersantai bersama keluarga atau teman sambil menikmati pemandangan aktivitas rusa.

Taman rusa ini memiliki beberapa jenis rusa salah satunya adalah rusa tutul. Anda bisa menikmati pemandangan rusa tersebut secara gratis mulai pukul 08.00 hingga 18.00 di Jalan Niaga Raya Blok C No. 3, Bojong Rawalumbu, Bekasi, Jawa Barat.

10. Gedung Juang 45

Gedung Juang 45

Lokasi: Jl. Sultan Hasanudin No. 39, Setiadarma, Kec. Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat. – Image Credit by Wikipedia.org

Tidak hanya wisata untuk menghilangkan stress saja, Anda juga bisa berwisata sejarah di Bekasi dengan mengunjungi Gedung Juang 45. Gedung yang juga dikenal dengan nama Gedung Tinggi ini merupakan monumen bersejarah warga Bekasi.

Gedung yang berada di Jalan Sultan Hasanudin No. 39 ini memiliki beberapa spot menarik untuk Anda foto. Hanya dengan Rp 2.000 per orang saja Anda sudah bisa mengenang perjuangan rakyat Bekasi melawan penjajahan Belanda.

11. Jembatan Magnetica

Jembatan Magnetica

Lokasi: Jl. Majapahit No. 10, Cibatu, Cikarang Selatan, Bekasi, Jawa Barat. – Image Credit by Wisatasia.com

Awalnya jembatan ini tidak begitu dilirik dan dikunjungi banyak orang. Karena pernah digunakan untuk syuting film akhirnya Jembatan Magnetica menjadi populer dan banyak dikunjungi.

Banyak remaja yang memanfaatkan jembatan ini untuk berfoto, bahkan ada pasangan yang menjadikannya sebagai lokasi prewedding. Berada di kawasan Lippo Cikarang sehingga dekat dengan pusat kota.

12. Pantai Muara Gembong

Pantai Muara Gembong

Lokasi: Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat. – Image Credit by Toplintas.com

Pantai Muara Gembong berada tidak jauh dari Pantai Muara Beting, Anda bisa menikmati 2 pantai sekaligus jika berkunjung ke Desa Pantai Bahagia. Daya tarik dari pantai ini adalah hutan mangrove dan beberapa fauna seperti lutung hitam dan kelompok burung yang terbang bersama.

Masyarakat sekitar banyak yang memiliki tambak di sekitar pantai. Jika ingin membeli ikan dan udang yang masih segar Anda bisa langsung membelinya ke nelayan sekitar.

13. Saung Ranggon

Saung Ranggon

Lokasi: Saung Ranggon, Cikarang Selatan, Cikedokan, Kec. Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat. – Image Credit by Okezone.com

Saung Ranggon merupakan tempat wisata sejarah yang terletak di desa Cikedokan, Cikarang Barat. Saung ini berada di wilayah yang cukup asri dengan banyak pepohonan di sekitarnya.

Meskipun sudah mengalami renovasi sejak dibangun pada abad ke 16, namun semua bangunan dan ornamennya masih asli. Untuk Anda yang hobi berwisata sejarah, tempat satu ini tidak boleh ditinggalkan.

14. Jababeka Botanical Garden

Jababeka Botanical Garden

Lokasi: Jl. Cikarang Baru Raya, Sertajaya, Kec. Cikarang Timur, Bekasi, Jawa Barat. – Image Credit by Blog.airyrooms.com

Hutan memang salah satu alternatif tempat wisata yang menyenangkan untuk dikunjung, terutama untuk Anda yang sering beraktifitas di kota besar. Jababeka Botanical Garden merupakan hutan kota yang asri dan menyegarkan untuk melepas lelah.

Masyarakat memanfaatkan Objek Wisata di Bekasi ini untuk jogging, bersepeda, atau sekedar berjalan sambil menghirup udara segar. Terletak di Jalan Cikarang Baru Raya, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk menikmati pemandangannya.

15. Waterboom Lippo Cikarang

Waterboom Lippo Cikarang

Lokasi: Jl. Madiun Kav. 115, Lippo Cikarang, Cikarang, Cibatu, Cikarang Selatan, Bekasi, Jawa Barat. – Image Credit by Traveloka.com

Waterboom merupakan salah satu tempat wisata yang bisa Anda kunjungi bersama anak-anak atau keluarga. Dengan fasilitas dan dekorasi yang unik dan nyaman akan membuat Anda betah berada di tempat ini.

Wahananya yang dihadirkan diantaranya perosotan, kolam renang, dan kolam arus. Untuk menikmati wahana yang diberikan Anda harus membayar biaya masuk sebesar Rp 60.000 saat weekday, dan Rp 95.000 di saat weekend.

16. Fun Park Waterboom

Fun Park Waterboom

Lokasi: Jl. Bekasi Timur Regensi Blok C No. 1, Cimuning, Kec. Mustika Jaya, Bekasi, Jawa Barat. – Image Credit by Travelspromo.com

Wahana waterboom dengan harga yang lebih terjangkau di Bekasi adalah Fun Park Waterboom. Terdapat 4 kolam utama dengan kedalaman berbeda, perosotan, dan air mancur yang bisa anak Anda nikmati.

Hanya dengan Rp 15.000 di hari biasa, dan Rp 20.000 di hari libur Anda sudah bisa masuk dan menikmati wahana yang diberikan. Lokasinya berada di Jalan Bekasi Timur dan buka mulai pukul 07.30 hingga 18.00.

17. Situ Gede

Situ Gede

Lokasi: Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Bekasi, Jawa Barat. – Image Credit by Anekatempatwisata.com

Situ Gede merupakan danau dengan luas mencapai 7 hektare. Danau ini menjadi objek wisata yang cocok untuk Anda yang ingin melepas penat dari keramaian kota Bekasi.

Danau yang terletak di Jalan Kampung Bojong Menteng ini bisa Anda kunjungi kapan saja dengan gratis. Tidak hanya menikmati pemandangan, Anda bisa memancing atau menyewa perahu untuk melihat-lihat danau.

18. Piramida Terbalik Summarecon

Piramida Terbalik Summarecon

Lokasi: Jl. Boulevard Ahmad Yani Kav. 1, Marga Mulya, Kec. Bekasi Utara, Bekasi, Jawa Barat. – Image Credit by Roosvansia.com

Piramida terbalik merupakan tempat wisata yang sayang untuk Anda lewatkan meskipun hanya mampir sebentar. Tempat ini terlihat indah ketika malam hari karena lampu yang terpancar dari piramida membuatnya menjadi terlihat cantik dan menarik.

Lokasinya berada di Marga Mulya, Bekasi Utara berada di pusat keramaian juga. Untuk Anda yang hobi berfoto sayang sekali jika tidak mengabadikan momen berfoto di tempat ini. Tidak hanya wisatawan saja yang suka berfoto di tempat ini, namun banyak fotografer yang menjadikannya sebagai objek.

19. Grand Wisata Bekasi

Grand Wisata Bekasi

Lokasi: Kec. Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat. – Image Credit by Grandwisatabekasi.com

Grand wisata bekasi merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi ikon dari kota Bekasi. Kontruksi jembatan yang berupa jembatan cable stayed dengan pylon miring menjadi keunikan tersendiri karena merupakan yang pertama di dunia.

Untuk Anda yang hobi berfoto dan bingung mencari spot untuk foto selanjutnya, tempat ini tidak bisa dilewatkan begitu saja. Di malam hari tempat ini juga terlihat menarik dan indah karena lampu yang meneranginya.

Itulah informasi mengenai 19 Destinasi Wisata di Bekasi yang direkomendasikan untuk Anda. Berwisata adalah hal yang wajib dilakukan terutama untuk Anda yang setiap hari berkutat dengan pekerjaan yang monoton.