11 Tempat Makan Enak di Tasikmalaya Favorit Wisatawan

Tempat Makan Tasikmalaya

Di propinsi Jawa Barat terdapat sebuah kawasan yang yang cukup besar dan mempunyai peran penting di wilayah Priangan, yaitu Tasikmalaya. Terletak di tenggara Priangan, kawasan ini terkenal dengan pertanian dan hasil hutannya. Sebagian besar kawasan ini merupakan kawasan hijau dengan pusat pemerintahan berada di kota Tasikmalaya.

Jika Anda berkunjung ke Tasikmalaya, jangan lewatkan mencicipi beraneka macam kuliner yang ditawarkan kawasan ini. Mulai dari aneka jenis masakan hingga kudapan bercita rasa khas wajib Anda coba. Biasanya kuliner Tasikmalaya memiliki rasa khas masakan Sunda, yaitu dominan rasa gurih dan sedap.

Beberapa tempat makan berikut ini bisa menjadi pilihan menu saat Anda berwisata ke Tasikmalaya. Tidak sulit menemukan tempat-tempat makan di Tasik berikut ini, karena beberapa diantaranya merupakan kuliner khas dan legendaris, sehingga cukup terkenal dan mudah ditemukan.

1. Nasi Tutug Oncom Mr. Rahmat

Nasi Tutug Oncom Mr. Rahmat

Lokasi: Jl. Cikalang Girang, Kahuripan, Kec. Tawang, Kota Tasikmalaya. – Image Credit by Rizkiabdillah.wordpress.com

Tutug oncom memang menjadi salah satu kuliner khas Tasikmalaya. Salah satu yang terkenal adalah tutug oncom Mr. Rahmat yang terletak di kota Tasikmalaya. Tempat makan ini menawarkan suasana makan yang nyaman dengan konsep lesehan khas Sunda. Tempat makan ini buka 24 jam sehingga Anda bisa berkunjung kapan saja.

Nasi tutug oncom sendiri adalah sajian khas nasi yang dicampur dengan oncom. Oncom dengan bumbu-bumbu dan rempah-rempah seperti bawang dan kencur menambah cita rasa masakan ini. Selain tutug oncom, di sini Anda juga dapat mencicipi beberapa masakan khas Sunda lainnya yang tidak kalah lezat.

2. Saung Ranggon

Saung Ranggon

Lokasi: Jl. Leuwi Dahu No.81, Indihiang, Kec. Indihiang, Kota Tasikmalaya. – Image Credit by Babymoontravelling.wordpress.com

Di Jawa Barat banyak ditemui tempat makan dengan suasana saung khas Sunda, salah satunya Saung Ranggon di daerah Indihiang, Tasikmalaya. Saung Ranggon menjadi salah satu tempat makan favorit, karena selain menawarkan berbagai masakan yang lezat, tempat ini juga menghadirkan suasana pedesaan yang asri dan sejuk.

Saung Ranggon menyediakan berbagai masakan Sunda, namun yang menjadi menu andalan tempat makan ini adalah gurame asam manis dan gurame cobek gombyang. Namun, jika Anda hendak kesini, sebaiknya Anda melakukan reservasi terlebih dahulu, karena tempat ini tidak pernah sepi pengunjung terutama musim liburan dan akhir pekan.

3. Nasi Cikur Panyerutan Kantin 43

Nasi Cikur Panyerutan Kantin 43

Lokasi: Jl. Tentara Pelajar, Empangsari, Tawang, Nagarawangi, Kec. Cihideung, Kota Tasikmalaya. – Image Credit by Mytravellie.wordpress.com

Kuliner ini dapat Anda temukan di jalan Penyerutan, Tasikmalaya. Sudah berjualan sejak puluhan tahun, nasi cikur Kantin 43 menjadi salah satu kuliner khas dan legendaris di Tasikmalaya.

Yang istimewa dan berbeda dari nasi cikur di sini dibandingkan tempat lain adalah pemilihan cikur atau kencur yang digunakan, yaitu menggunakan kencur muda yang bertunas serta umbinya berwarna putih. Nasi cikur disajikan lengkap dengan sambal goreng kentang, telur, sambal dan kerupuk.

4. Soto Ayam Pataruman

Soto Ayam Pataruman

Lokasi: Jl. Pataruman, Yudanagara, Kec. Cihideung, Kota Tasikmalaya. – Image Credit by Facebook.com @Nabila.aulia

Salah satu kuliner soto yang populer di Tasikmalaya adalah soto ayam Pataruman. Soto Pataruman juga termasuk kuliner legenda di Tasikmalaya karena telah berjualan sejak tahun 60-an.

Yang menjadi ciri khas Soto Pataruman adalah, tempat makan ini menggunakan ayam kampung yang memiliki cita rasa lebih gurih. Anda dapat juga memilih berbagai isian dalam mangkok soto Anda, seperti daging dada, paha, kepala, ceker, kulit ayam atau ati ampela sesuai dengan selera.

5. Pecel Oranye

Pecel Oranye

Lokasi: Jl. Empang No. 27, Empangsari, Tawang, Kec. Cihideung, Tasikmalaya. – Image Credit by Info.pikiran-rakyat.com

Tempat makan dengan kuliner legenda lainnya di Tasikmalaya adalah pecel oranye. Rasanya yang masih terjaga sejak awal buka menjadikan tempat makan ini selalu ramai pengunjung termasuk para wisatawan.

Sesuai namanya, menu utama di sini adalah sajian pecel dengan perpaduan rasa manis, asin dan asam lengkap dengan sayur-sayuran. Selain pecel, kedai ini juga menjual surabi sebagai kudapan.

6. Kupat Tahu Mangunreja

Kupat Tahu Mangunreja

Lokasi: Jl. Garut – Tasikmalaya, Mangunreja, Kec. Mangunreja, Kota Tasikmalaya. – Image Credit by Republika.co.id

Berlokasi di jalan Garut, Mangunreja, kupat tahu ini menjadi kuliner legenda Tasikmalaya, karena berjualan sejak jaman Belanda. Dahulu kupat tahu ini dijajakan dengan berkeliling menggunakan pikulan.

Satu porsi kupat tahu, terdiri dari potongan kupat dan tahu yang ditambah bumbu kacang kental dengan cita rasa gurih dan sedap. Karena cara memasaknya pun masih tradisional, yaitu dengan cara ditumbuk dan menggunakan kayu bakar, cita rasa khasnya tetap terjaga.

7. Bubur Haji Zaenal

Bubur Haji Zaenal

Lokasi: Jl. R. Ikik Wiradikarta No.33, Tawangsari, Kec. Tawang, Kab. Tasikmalaya. – Image Credit by Exsotikatasik.blogspot.com

Sarapan pagi dengan bubur ayam yang lezat memang pas. Di Tasikmalaya terdapat salah satu bubur ayam yang terkenal yaitu bubur Haji Zaenal yang telah berjualan sejak tahun 1969 dan tetap mempertahankan rasa bubur yang khas sejak dahulu.

Bubur di sini bertekstur agak encer dan semakin nikmat dengan siraman kuah kental yang gurih umami. Tambahan topping seperti suwiran ayam, daun bawang, ati ampela dan cakwe diberikan melimpah. Ayam yang digunakan adalah ayam kampung sehingga menambah cita rasa bubur ayam.

8. Mie Bakso Laksana

Mie Bakso Laksana

Lokasi: Jl. Pemuda No.5, Yudanagara, Kec. Cihideung, Kota Tasikmalaya. – Image Credit by Budimayo.blogspot.com

Di Tasikmalaya Anda juga bisa merasakan bakso dengan rasa yang enak, yaitu di kedai mie bakso Laksana. Mie bakso Laksana terkenal akan rasanya yang lezat, gurih, dengan racikan bumbu yang pas.

Kedai bakso ini menawarkan beragam menu, seperti bakso yamien lengkap dengan bakso, pangsit, dan tambahan babat yang lezat. Buka mulai pagi, kedai ini juga membandrol menu yang disediakan dengan harga bersahabat.

9. Rumah Makan Pantai Dadaha

Rumah Makan Pantai Dadaha

Lokasi: Jl. Terusan BCA, Tuguraja, Kec. Cihideung, Kota Tasikmalaya. – Image Credit by Jabarzone.com

Walaupun namanya Pantai Dadahan, tempat makan ini tidak berada di tepi pantai, namun mewakili menu-menu yang disediakan yaitu aneka olahan seafood. Semua makanan di rumah makan ini diolah dengan bumbu-bumbu lengkap dan bahan-bahan pilihan.

Berbagai olahan ikan, seperti gurame bakar menjadi menu andalan rumah makan Pantai Dadahan. Selain gurame, ikan-ikan lain dapat Anda pilih sebagai menu makan Anda. Tambahan sambal dengan rasa yang khas menambah cita rasa masakan di sini. Selain seafood, Anda dapat menemukan menu lain seperti ayam bakar atau ayam goreng.

10. Warung Kopi Lawas E18

Warung Kopi Lawas E18

Lokasi: Jl. Empang No 18, Empangsari, Tawang, Yudanagara, Kec. Cihideung, Kota Tasikmalaya. – Image Credit by Hayutravelling.blogspot.com

Ingin duduk dan menikmati secangkir kopi sore hari di Tasikmalaya, Anda dapat mengunjungi warung kopi Lawas E8 yang terletak di daerah Yudanegara, Cihideiung. Di warung kopi ini Anda dapat menikmati secangkir kopi dengan pilihan biji kopi dari seluruh penjuru Nusantara.

Selain itu, di sini juga menyediakan berbagai kopi dengan aroma yang unik seperti kopi dengan aroma dan rasa buah-buahan. Karena memiliki varian biji kopi yang cukup lengkap, para pecinta kopi tentu tidak boleh melewatkan kedai kopi ini.

11. Susu Murni Si Doel

Susu Murni Si Doel

Lokasi: Jl. Bkr, Kahuripan, Kec. Tawang, Kota Tasikmalaya. – Image Credit by Mimimiladiary.blogspot.com

Jika Anda senang menikmati sajian susu murni segar, tidak ada salahnya mengunjungi tempat yang menjual susu murni ini. Susu murni Si Doel menawarkan minuman sehat dengan bahan susu murni. Di sini Anda bisa menikmati segelas susu murni yang disajikan hangat maupun dingin.

Selain itu, untuk menemani menikmati segelas susu dan bercengkrama dengan keluarga atau sahabat, Anda dapat memesan aneka kudapan seperti surabi dan roti bakar. Atau untuk mengganjal perut yang lapar, di sini juga menyediakan menu spagheti yang lebih mengenyangkan.

Beberapa rekomendasi tempat makan di Tasikmalaya tersebut semoga dapat menjadi inspirasi saat Anda berkunjung ke kawasan ini.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata Muara Enim
12 Tempat Wisata di Muara Enim Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Tempat Wisata Lahat
16 Tempat Wisata di Lahat Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Tempat Wisata Sawahlunto
13 Tempat Wisata di Sawahlunto Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Tempat Makan Mojokerto
10 Tempat Makan Enak di Mojokerto Favorit Wisatawan
Wisata Kuliner Mojokerto
10 Wisata Kuliner di Mojokerto yang Enak & Wajib Anda Coba
Oleh-Oleh Khas Mojokerto
10 Oleh-Oleh Khas Mojokerto Paling Populer
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Minuman Makanan Khas Manado
26 Minuman & Makanan Khas Manado yang Populer
Tempat Makan Manado
13 Tempat Makan Enak di Manado Favorit Wisatawan
Wisata Kuliner Manado
10 Wisata Kuliner di Manado yang Enak & Wajib Anda Coba
Tempat Wisata Sumbawa
15 Tempat Wisata di Sumbawa Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Tempat Wisata Bima
21 Tempat Wisata di Bima Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Tempat Makan Ubud Bali
12 Tempat Makan di Ubud Bali Paling Enak
Tempat Makan Denpasar Bali
13 Tempat Makan di Denpasar Bali Paling Enak
Wisata Pantai Balikpapan
8 Wisata Pantai di Balikpapan Paling Recommended
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata di Samarinda Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata di Banjarbaru Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata di Bontang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi