Lokasi: Cikiwul, Kec. Bantargebang, Kota Bekasi.
MapCek Lokasi

Bagi Anda yang berada di kota besar seperti Jakarta dan Bogor yang terkenal penuh kesibukan, Anda tentunya sangat mendambakan liburan yang menyenangkan untuk menyegarkan pikiran dari rutinitas yang tak ada hentinya. Oleh karena itu bagi kebanyakan orang, berlibur ke tempat yang berkonsep wisata alam tentunya akan menjadi pilihan yang tepat.

Namun bagi sebagian orang tentunya menganggap bahwa sulit untuk menemukan wisata alam di tengah perkotaan yang penat. Jangan khawatir, karena ternyata masih terdapat beberapa tempat wisata alam yang berlokasi dekat dengan kota besar. Salah satunya adalah Curug Parigi. Curug Parigi merupakan air terjun yang eksotis di Kota Bekasi.

Curug Parigi merupakan destinasi wisata alam yang dapat Anda kunjungi di sela-sela waktu berlibur Anda. Tak perlu mengkhawatirkan perjalanan yang ekstrim dan jauh, karena untuk mencapai kawasan Curug Parigi ini cukup mudah dan tidak menyulitkan pengunjung. Untuk selengkapnya Anda dapat menyimak beberapa informasi mengenai Curug Parigi sebagai berikut:

Lokasi Curug Parigi yang Memesona

Lokasi Curug Parigi yang Memesona
Image Credit: Enaknyakemana.com

Curug Parigi berlokasi di Kelurahan Cikiwul, Kecamatan Bantar Gebang, Kota Bekasi. Merupakan salah satu air terjun yang banyak diminati pengunjung karena lokasinya yang tentunya berdekatan dengan kota besar. Kawasan Curug Parigi ini dapat dikatakan berbatasan dengan Kota Bogor. Hal ini menjadikan kawasan Curug Parigi mudah untuk ditemukan.

Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa kawasan Curug Parigi ini berdekatan dengan Desa Ciangsana yang termasuk kedalam wilayah Kecamatan Gunung Putri di Kota Bogor. Lokasi ini tentunya dapat memungkinkan Anda yang berada di wilayah Kota Bogor untuk berkunjung. Ataupun Anda juga dapat dengan mudah mengunjungi beberapa wisata alam lainnya di Kota Bogor.

Lokasi Curug Parigi juga berdekatan dengan TPU Bantar Gebang dan villa yang ada di Nusa Indah. Hal ini tentunya dapat memberikan gambaran kepada Anda bahwa lokasi Curug Parigi atau Air Terjun Parigi ini sangatlah mudah untuk dijangkau.

Daya Tarik dari Curug Parigi, Bekasi

Daya Tarik dari Curug Parigi, Bekasi
Image Credit: Pegipegi.com

Curug Parigi seringkali dikatakan sebagai miniatur dari Niagara Falls. Hal ini tidak dipungkiri lagi karena panorama yang ada pada Curug Parigi ini memang menyerupai Air Terjun Niagara. Daya tariknya terletak pada bentuk air terjun yang membentang lebar sekitar 20 meter. Curug Parigi ini memiliki ketinggian sekitar 2 meter.

Selain itu Anda tentunya dapat dimanjakan dengan bebatuan cadas yang ada dibawahnya. Bebatuan cadas ini tentunya ikut menambah keindahan alam di kawasan Curug Parigi. Anda dapat memanfaatkannya untuk bersantai dan berfoto ria. Selain itu di sekitar air terjun juga terdapat beberapa tetumbuhan dan pepohonan yang tentunya menambah suasana asri pada lingkungan.

Terdapat dua aliran di Curug Parigi ini, di sebelah kiri air terjun air yang mengalir tidak terlalu deras sehingga Anda dapat bermain-main dan berenang di bawah air terjun. Sedangkan di sebelah kanan, air yang mengalir cukup deras. Sehingga tidak disarankan bagi Anda yang tidak mahir berenang. Anda perlu berhati-hati pada aliran sebelah kanan karena arusnya dapat terbilang cukup kuat.

Keindahan Curug Parigi ini semakin menarik apabila Anda kunjungi pada musim penghujan. Hal ini dikarenakan debit air pada air terjun menjadi lebih banyak dibandingkan pada musim kemarau. Namun tetap perlu diperhatikan bahwa jangan mengunjunginya apabila hujan sangat deras, karena arusnya akan membahayakan pengunjung.

Keindahan dari Curug Parigi ini telah banyak dikenal oleh masyarakat luas. Maka dari itu tak mengherankan lagi apabila banyak kalangan pecinta alam dan fotografi mengunjungi kawasan ini untuk berburu panorama yang menakjubkan. Kawasan Curug Parigi juga seringkali menjadi pilihan lokasi pengambilan foto pre-wedding ataupun lokasi syuting.

Harga Tiket Masuk Curug Parigi

Harga Tiket Masuk Curug Parigi
Image Credit: Merahputih.com

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Curug Parigi, tak perlu khawatir dengan tiket masuk. Karena untuk memasuki kawasan Curug Parigi ini Anda hanya perlu mengeluarkan biaya 2.000 rupiah saja. Memang terdengar tidak masuk akal mengingat keindahan dari Curug Parigi ini begitu menawan. Hal ini dikarenakan pengelolaan administrasi di Curug Parigi masih belum terancang dengan baik.

Diketahui kawasan Curug Parigi ini termasuk kedalam tanah yang dimiliki pihak swasta. Sehingga pemerintah daerah belum dapat memiliki peran penuh untuk mengelola kawasan ini. Hal inilah yang menjadikan warga sekitar Curug Parigi berinisiatif untuk mengelola kawasan ini sekedarnya.

Dengan tiket masuk 2.000 rupiah per orang dan biaya parkir 5.000 rupiah ini merupakan biaya yang dipungut warga setempat untuk menjaga kendaraan yang diparkir serta untuk merawat lingkungan Curug Parigi agar tetap bersih dan ramah pengunjung. Hal ini tentunya menjadikan pengunjung tak ragu untuk sering berkunjung.

Fasilitas yang Ada di Sekitar Curug Parigi

Fasilitas yang Ada di Sekitar Curug Parigi
Image Credit:Aepkomo.com

Untuk saat ini, fasililitas yang tersedia di sekitar curug masih minim. Yaitu hanya terdapat beberapa tempat makan yang dimiliki oleh warga setempat. Beberapa warga yang tinggal di sekitar curug membuka tempat makan untuk para wisatawan agar mereka merasa nyaman berada di Curug Parigi.

Ketika Anda mengunjungi Curug Parigi, Anda dapat mencoba kuliner yang dibuat oleh masyarakat sekitar tersebut. Masakan rumahan yang disediakan tentunya akan memiliki rasa yang lezat. Maka dari itu tak perlu ragu untuk mencoba kuliner di sekitar curug. Selain itu Anda juga dapat memakan santapan Anda sembari menikmati keindahan curug yang memukau.

Anda dapat mengajak keluarga maupun teman untuk berkunjung ke Curug Parigi ini. Bersantai di sekitar curug sambil merasakan kuliner lezat tentunya akan menjadikan pengalaman berlibur berkesan. Jangan lupa untuk mengabadikan momen menyenangkan Anda dengan berfoto.

Kisah Mistis Curug Parigi

Kisah Mistis Curug Parigi
Image Credit: Twitter.com @Curugparigi_bks

Curug Parigi diketahui memiliki kisah mistis yang banyak dikenal oleh masyarakat sekitar. Konon katanya di Curug Parigi ini terdapat sosok mistis yang selalu meminta tumbal atau persembahan. Oleh karena itu dikatakan ada orang yang menghilang atau meninggal ketika berada di kawasan Curug Parigi ini sebagai bentuk dari persembahan kepada sosok tersebut.

Hal ini menjadikan banyak orang menilai bahwa kawasan Curug Parigi terkenal angker karena kisah tersebut. Namun disamping itu sebenanya terdapat alasan yang lebih masuk akal. Yaitu orang-orang yang meninggal atau hilang tersebut dikarenakan terseret arus yang begitu deras di aliran air terjun sebelah kanan. Hal tersebut tentunya memungkinkan seseorang pada kondisi berbahaya.

Namun kisah ini tak menjadikan kawasan Curug Parigi sepi pengunjung. Pengunjung tentunya tetap ingin berdatangan untuk menyaksikan keindahan Curug Parigi yang juga tidak dapat dikalahkan dengan cerita mistis saja.

Itulah beberapa informasi mengenai Curug Parigi. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mengunjunginya? Jika Anda berkunjung di sela-sela waktu berlibur Anda tentunya akan mendapatkan pengalaman yang tak kalah berkesan. Apalagi ketika Anda mengajak keluarga atau kerabat, pastinya akan lebih menyenangkan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat!