15 Air Terjun (Curug) di Cianjur Paling Hits Dikunjungi

Curug Cianjur

Kabupaten Cianjur merupakan daerah yang terletak di dataran tinggi. Kondisi inilah yang menyebabkan Kota Cianjur memiliki kontur berupa perbukitan dan pegunungan. Hal inilah yang menjadikan daerah ini memiliki suasana alam yang sejuk dan asri. Terdapat beberapa destinasi wisata yang ditawarkan seperti air terjun.

Bagi Anda yang ingin mengisi waktu libur dengan bertamasya, Anda dapat mengunjungi Kota Cianjur ini. Karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari kota besar, tentunya akan memudahkan Anda untuk berkunjung di Cianjur untuk menikmati beragam pesona keindahan alam yang ditawarkan.

Bagi Anda yang ingin berwisata ke Cianjur atau sekedar berkunjung, tak perlu bingung untuk menentukan destinasi wisata manakah yang patut dikunjungi. Karena Anda dapat menyimak ulasan 15 wisata curug di Cianjur yang tentunya memiliki pesona keindahan yang luar biasa.

1. Curug Ciismun

Curug Ciismun

Image Credit: Triptrus.com

Curug Ciismun merupakan kawasan air terjun yang terletak di Kebun Raya Cibodas. Disini Anda akan menyaksikan air terjun yang mengalir diantara celah bukit yaitu Bukit Agropolitan dan Bukit Cibodas. Ketinggian dari bukit ini sekitar 1275 mdpl. Menjadikan Curug Ciismun memiliki pesona alam yang luar biasa menakjubkan.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Curug Ciismun ini, Anda diharuskan berjalan terlebih dahulu dengan jarak sekitar 2 kilometer melewati bebatuan yang licin. Medan yang menantang ini tentunya akan menggungah jiwa siapa saja yang ingin berkunjung. Cocok bagi Anda yang menyukai liburan bertemakan petualangan.

Lokasi: Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur.

2. Curug Cisampay

Curug Cisampay

Image Credit: Ngadem.com

Curug Cisampay ini dapat dikatakan belum begitu terkenal oleh banyak orang. Justru hal inilah yang menjadikan kawasan Curug Cisampay ini memiliki keindahan yang tiada tara. Anda dapat menikmati sejuknya udara dan jernihnya air disini.

Kondisi lingkungan yang masih bersih dan alami pun tentunya akan sangat digemari oleh banyak wisatawan. Oleh karena itu, Anda tak perlu ragu mengunjunginya. Selain itu, untuk menjangkau lokasi Curug Cisampay ini Anda perlu berhati-hati karena akses masih terbilang sulit.

Lokasi: Mekarwangi, Kec. Cikadu, Kab. Cianjur.

3. Curug Dengdeng

Curug Dengdeng

Image Credit: Udaindra.blogspot.com

Curug Dengdeng dapat dikatakan merupakan lokasi wisata alam yang terbilang baru. Belum banyak pengunjung yang datang kesini. Namun, jangan meragukan keindahan pesona air terjun ini. Terdapat tiga aliran air terjun yang berdampingan menuruni tingginya tebing. Inilah yang menjadikan air terjun ini memiliki keunikan tersendiri.

BACA:  Cikadongdong River Tubing, Wisata Arum Jeram Favorit di Majalengka

Di samping tebing pun dipenuhi oleh tetumbuhan yang asri. Curug Dengdeng ini terletak di Kecamatan Pacet. Memiliki ketinggian mencapai 85 meter. Selain itu air yang menuruni tebing terbilang tidak cukup deras. Kondisi ini memungkinkan Anda untuk bermain-main di dekat air terjun.

Lokasi: Gunung Putri, Kec. Pacet, Kab. Cianjur.

4. Curug Ciastana

Curug Ciastana

Image Credit: Ridwanderful.com

Curug Ciastana ini terletak di Kabupaten Cianjur bagian selatan. Merupakan salah satu air terjun yang tersembunyi dibalik perbukitan dan rimbunnya pepohonan. Namun, pesona alam yang tidak banyak diketahui orang inilah yang seringkali memiliki keindahan yang menakjubkan. Curug Ciastana menghadirkan keindahan dari air terjun yang berundak.

Selain itu, dibawah air terjun ini juga terdapat kolam yang tidak terlalu dalam. Sehingga aman ketika Anda ingin bermain-main air disini. Bagi Anda yang bersungguh-sungguh menuju Curug Ciastana ini, Anda tentunya tidak akan bermasalah dengan akses yang masih terbilang sulit. Karena disitulah justru letak keseruan dalam perjalanan liburan Anda.

Lokasi: Jl. Ciastana, Bojongkasih, Kec. Kadupandak, Kab. Cianjur.

5. Curug Aki Toto

Curug Aki Toto

Image Credit: Wisatalengkap.com

Curug Aki Toto terletak di Desa Pamoyanan Kecamatan Cibinong. Air terjun ini memiliki keindahan bak surga dunia yang tersembunyi. Saat Anda mengunjungi kawasan Curug Aki Toto ini, Anda akan disuguhkan keindahan alam yang masih asri dan tentunya tidak banyak tercemar. Di sekeliling air terjun juga ditumbuhi tetumbuhan yang tentunya sangat menyegarkan.

Curug Aki Toto merupakan kawasan air terjun yang belum banyak diketahui orang. Hal inilah yang menjadikan beberapa wisatawan tertarik untuk menjelajahi keindahannya. Selain itu untuk menuju lokasi Curug Aki Toto ini juga memerlukan usaha yang cukup keras karena medan yang ditempuh masih terbilang sulit.

Lokasi: Pamoyanan, Kec. Cibinong, Kab. Cianjur.

6. Curug Kubang

Curug Kubang

Image Credit: Wisatalengkap.com

Curug Kubang merupakan salah satu air terjun yang memiliki pesona yang sangat menarik untuk dikunjungi. Bagaimana tidak, karena lokasinya yang terletak diantara persawahan dan bukit inilah menjadikan Curug Kubang memiliki suasana yang menentramkan hati. Ditambah oleh kesejukan udara di sekitarnya yang tentunya dapat membuat Anda betah berada di sini.

BACA:  Curug Bandung, Wisata Alam yang Memukau di Karawang

Disini Anda dapat bersantai sembari menikmati panorama yang cantik. Suasana yang asri juga menyejukkan akan membuat Anda terhipnotis. Bagi yang ingin mengunjunginya, pastikan untuk mempersiapkan fisik dan mental yang matang. Karena Anda akan melewati perjalanan yang tidak mudah untuk menuju kesana.

Lokasi: Padasuka, Kec. Cibinong, Kab. Cianjur.

7.  Curug Walanda

Curug Walanda

Image Credit: Senengpiknik.com

Jika Anda mengunjungi Cianjur, jangan lupa untuk singgah sebentar di Curug Walanda. Disini Anda akan disuguhkan panorama alam yang dapat membuat Anda takjub. Air Terjun Walanda ini memiliki keindahan berupa air terjun yang mengalir dari tebing yang sangat tinggi. Air yang mengalir itu akan terpecah pada bebatuan yang sangatlah besar.

Keunikan inilah yang menjadikan pesona di Curug Walanda semakin memikat. Keindahan ini tentunya akan sangat disayangkan apabila tidak diabadikan dengan foto. Maka dari itu jangan melewatkan pesona Curug Walanda yang mempesona ini.

Lokasi: Batulawang, Kec. Cibinong, Kab. Cianjur.

8. Curug Cibule

Curug Cibule

Image Credit: Wisatalengkap.com

Curug Cibule merupakan destinasi wisata air terjun yang populer di kalangan wisatawan. Hal ini dikarenakan lokasinya yang terletak di perbatasan Bogor sehingga menjadikan kawasan Curug Cibule ini mudah dijangkau.

Namun selain lokasinya yang mudah dijangkau, Anda tidak perlu ragu tentang keindahan yang ditawarkan. Karena walaupun tempat ini mudah dijangkau, keindahan yang tersimpan juga sangatlah menawan. Kesejukan air jernih yang menuruni bebatuan tentunya akan menjadikan Anda betah singgah disini.

Lokasi: Mekar Sari, Kec. Cikalongkulon, Kab. Cianjur.

9. Curug Kemang

Curug Kemang

Image Credit: Arocki.com

Curung Kemang merupakan air terjun yang aliran airnya termasuk dalam Sungai Cirangkong. Merupakan air terjun yang terletak di Kecamatan Bojong Picung Cianjur. Disini Anda dapat menikmati keindahan alam yang masih sangat asri dan terjaga.

Suasana yang begitu menenangkan akan membuat Anda singgah lebih lama di kawasan ini. Terdapat bebatuan yang ditumbuhi oleh lumut yang menjadikan air terjun ini terlihat eksotis.

Lokasi: Kemang, Kec. Bojongpicung, Kab. Cianjur.

10. Curug Dadali

Curug Dadali

Image Credit: Wisatamantap.com

Curug Dadali merupakan air terjun yang memiliki keindahan yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Disini Anda akan menyaksikan air terjun yang bentuknya melebar jatuh dari ketinggian. Yang tentunya membuat siapapun akan terpukau oleh kemegahannya.

BACA:  10 Taman Keren di Bogor untuk Mengisi Akhir Pekan

Selain itu, di sekitar air terjun juga terdapat pepohonan rimbun yang dapat Anda manfaatkan untuk berteduh sembari menikmati suasana yang sangat menyegarkan. Jika Anda ingin mengunjunginya, Anda diharuskan untuk berjalan kaki dari area parkir yang terbilang cukup jauh.

Lokasi: Wargaasih, Kec. Kadupandak, Kab. Cianjur Selatan.

11. Curug Siuh

Curug Siuh

Image Credit: Doyanjalan.com

Curug Siuh merupakan air terjun yang terletak tidak jauh dari Kota Cianjur. Tidak seperti kebanyakan curug atau air terjun yang berada di Cianjur Selatan. Cocok bagi Anda yang ingin berlibur ke kawasan wisata alam namun tidak ingin menempuh perjalanan yang melelahkan.

Disini Anda dapat bermain air dan mengabadikan kesenangan dengan berfoto ria. Anda dapat mengajak teman ataupun keluarga untuk menghabiskan waktu bersama yang menyenangkan.

Lokasi: Salagedang, Kec. Cibeber, Kab. Cianjur.

12. Curug Citambur

Curug Citambur

Image Credit: Wisatabaru.com

Curug Citambur merupakan air terjun yang wajib Anda kunjungi karena keindahannya yang sangat menakjubkan. Disini Anda akan menyaksikan kemegahan air yang terjun dari ketinggian disertai dengan alam yang masih sangat asri dan hijau.

Keindahannya dapat Anda manfaatkan sebagai objek fotografi. Untuk menuju Curug Citambur, Anda perlu menyiapkan stamina yang kuat. Karena untuk menjangkaunya Anda akan melewati perjalanan yang terjal.

Lokasi: Karangjaya, Kec. Pasirkuda, Kab. Cianjur.

13. Curug Cijampang

Curug Cijampang

Image Credit: Arocki.com

Curug Cijampang merupakan air terjun yang memiliki pesona keindahan yang masih tersembunyi di Cianjur. Inilah yang menjadikan kawasan ini masih terjaga kealamiannya.

Untuk menjangkaunya, Anda perlu mempersiapkan diri untuk melewati perjalanan yang cukup jauh. Namun, letih akan terbayarkan apabila Anda telah sampai di Curug Cijampang ini.

Lokasi: Situhiang, Kec. Pagelaran, Kab. Cianjur.

14. Curug Ngebul

Curug Ngebul

Image Credit: Galamedianews.com

Bagi Anda yang hobi berburu objek fotografi, Anda wajib mengunjungi Curug Ngebul. Keindahannya sangat populer terutama bagi kalangan penggiat social media. Karena pesonanya yang sangat cantik.

Air terjun disini sangatlah tinggi. Sehingga menawarkan kemegahan yang sulit untuk diabaikan. Ditambah tebing coklat yang sangat eksotis.

Lokasi: Bunijaya, Kec. Pagelaran, Kab. Cianjur.

15. Curug Pancur Desa Kemang

Curug Pancur Desa Kemang

Image Credit: Arocki.com

Curug Pancur Desa Kemang juga merupakan air terjun yang sangatlah eksotis. Air terjun mengalir diiringi dengan bebatuan yang kokoh disampingnya.

Curug Pancur Desa Kemang ini terlihat seperti tirai air yang tentunya sangat menakjubkan. Maka jangan ragu untuk mengunjunginya.

Lokasi: Kemang, kec. Bojongpicung, Kab. Cianjur.

Itulah 15 air terjun atau curug di Cianjur yang paling hits dikunjungi wisatawan. Bagi Anda yang ingin melepas penat dari kesibukan, Anda patut mengunjunginya untuk menyegarkan pikiran.