15 Tempat Wisata di Pandeglang

Liburan menjadi salah satu kebutuhan manusia secara psikologis. Banyak tempat yang menyuguhkan keindahan obyek wisatanya yang cocok untuk berlibur, salah satunya Kabupaten Pandeglang. Terletak di bagian ujung Pulau Jawa dan lahir sebagai ibukota provinsi baru.

Kota yang memiliki Penangkaran Badak Bercula satu ini terkenal akan surga wisatanya, disana Anda dapat memilih beragam tempat untuk dikunjungi bersama keluarga ataupun teman-teman. Tak hanya itu banyak sarana dan prasarana yang tersedia di kota ini sehingga memudahkan untuk Anda ketika berkunjung.

Selain budayanya yang unik, warga kota Pandeglang juga memiliki sopan santun dan keramahan terhadap wisatawan yang datang baik lokal maupun mancanegara. Setiap berkunjung Anda akan disambut dengan baik oleh masyarakat sekitar. Singkatnya, berikut beberapa Tempat Wisata di Pandeglang yang menarik dikunjungi saat berlibur.

1. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon

Lokasi: Kec. Sumur dan Kec. Cimanggu, Kab. Pandeglang, Banten. – Image Credit by Pegipegi.com

Berkunjung ke Pandeglang jangan lupa untuk mampir ke Taman Nasional Ujung Kulon, tempat penangkaran untuk spesies Badak Jawa. Disini memang dijadikan sebagai tempat berkembang dan dilestarikannya populasi Badak Jawa yang hampir punah.

Dengan lahan seluas hampir 123.000 hektare penangkaran ini menampung Badak Jawa sebanyak 67 ekor. Sebagai tempat konservasi untuk badak jawa tempat ini sangat dijaga keamanannya oleh pemerintah setempat juga dari wisatawan yang hendak berkunjung.

2. Pantai Badul

Pantai Badul

Lokasi: Kec. Sumur, Kab. Pandeglang, Banten. – Image Credit by Maringetrip.com

Pantai Badul terletak dekat dengan Taman Nasional Ujung Kulon, pantai ini hampir mirip dengan sebuah pulau yang cantik. Pasalnya berbentuk sangat unik dan memiliki daya tarik wisata yang tinggi.

Disana Anda bisa bermain-main diatas pasir putihnya atau berenang di sekitar bibir pantai. Ombaknya yang tidak terlalu besar membuat pantai ini aman jika digunakan untuk berenang. Untuk bisa sampai di pantai ini Anda perlu menyewa kapal yang akan mengantarkan sampai ke Pulau Badul.

3. Surga di Pulau Peucang

Pulau Peucang

Lokasi: Ujungjaya, Sumur, Kab. Pandeglang, Banten. – Image Credit by Jalanjalanyuk.com

Pandeglang memang memiliki banyak sekali pulau dan pantai didalamnya, salah satunya Pulau Peucang. Keindahan yang disuguhkan di pulau ini dapat membuat siapapun yang berkunjung akan betah untuk berlama-lama.

Airnya yang sangat jernih mampu menghipnotis setiap mata yang memandang, selain itu di pulau ini Anda dapat menyaksikan secara langsung fauna yang hidup disekitar pulau seperti monyet ekor panjang dan rusa.

4. Cikoromoy

Cikoromoy

Lokasi: Jl. Batu Tulis, Lebak, Munjul, Kab. Pandeglang, Banten. – Image Credit by Turtransjawa.id

Cikoromoy adalah sebuah pemandian yang memiliki sumber dari mata air murni. Tempat ini mulai dibuka pada tahun 2015 dan menarik banyak minat masyarakat. Pasalnya pemandian ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan sekedar untuk berwisata ataupun berobat refleksi.

Untuk bisa menikmati pemandian ini Anda perlu merogoh kocek dengan tarif sebesar Rp5.000 untuk setiap orang. Jika hendak datang kesini pilihlah waktu yang tepat agar tidak terlalu ramai pengunjung.

5. Pulau Panaitan

Pulau Panaitan

Lokasi: Ujungjaya, Sumur, Kab. Pandeglang, Banten. – Image Credit by Bantenwisata.com

Pulau lain yang ada di Pandeglang yaitu Pulau Panaitan, pulau dengan jembatan panjangnya yang membentang sampai ke pantai ini memang sangat indah. Tidak salah jika jumlah wisatawannya kian meningkat setiap tahunnya.

Keunikan lain dari pulau ini yaitu terdapat kumpulan batu karang yang membentang luas di sekitar pesisir pantai, Anda dapat melihat secara lebih dekat karena kawasannya yang cukup aman didatangi.

6. Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung

Lokasi: Tanjung Jaya, Kec. Panimbang, Kab. Pandeglang, Banten. – Image Credit by Pegipegi.com

Ketika memilih untuk mengunjungi pantai, Pantai Tanjung Lengsung dapat dijadikan sebagai salah satu pilihannya. Pantai ini sangatlah cantik dengan pasir putihnya yang menyatu dengan birunya air laut mampu memanjakan setiap mata yang melihat.

Terdapat beberapa spot foto di area pantai ini yang sangat instagramable, mampu melengkapi galeri dokumentasi Anda. Untuk mencapai pantai ini tidak dibutuhkan akses yang sulit, cukup menggunakan kendaraan dan sedikit berjalan kaki.

7. Curug Kembar Ciajeng

Curug Kembar Ciajeng

Lokasi: Cinoyong, Carita, Kab. Pandeglang, Banten. – Image Credit by Tibisam.wordpress.com

Curug berarti sebuah air terjun, Curug Kembar Ciajeng adalah sebuah air terjun kembar yang berada di kawasan dekat Pantai Carita. Keunikan dari curug ini yaitu adanya dua air terjun yang terletak bersebelahan dan memiliki ketinggian yang hampir sama.

Untuk bisa sampai di tempat ini Anda harus melewati jalan setapak yang cukup menguras tenaga, namun setelah sampai semua lelah akan terbayar akan keindahan curug ini. Airnya pun sangat segar dan masih terjaga kealamiannya.

8. Sungai Cigenter

Sungai Cigenter

Lokasi: Ujungjaya, Kec. Sumur, Kab. Pandeglang, Banten. – Image Credit by Indonesiakaya.com

Sungai ini bukanlah sungai biasa namun sebuah tempat menakjubkan dengan keindahan pemandangannya yang masih sangat asri. Bagi Anda yang menyukai petualangan tempat ini menjadi destinasi wajib yang harus dikunjungi.

Disini Anda akan dapat menikmati suasana sungai di tengah hutan menggunakan sebuah perahu kayu. Tidak perlu jauh-jauh pergi ke sungai Amazon, karena di sungai ini Anda juga bisa merasakan sensasi alam yang masih liar dan alami.

9. Gunung Karang

Gunung Karang

Lokasi: Saninten, Kec. Kaduhejo, Kab. Pandeglang, Banten. – Image Credit by Triptrus.com

Untuk Anda yang senang mendaki wajib untuk mencoba puncak gunung karang, memiliki ketinggian 1778 mdpl gunung ini cukup mampu menguras tenaga setiap pendaki yang berkunjung. Meski tidak terlalu tinggi pemandangan diatas puncak cukup menakjubkan.

Terdapat banyak sekali mitos dan legenda tentang gunung ini yang sampai sekarang masih dipercaya oleh masyarakat. Untuk bisa mendaki di gunung ini Anda harus membayar tarif sebesar Rp 50.000 untuk pendirian satu buah tenda.

10. Waterpark Cikole

Waterpark Cikole

Lokasi: Jl. AMD Lintas Timur Cikole, Sukaratu, Kec. Majasari, Kab. Pandeglang, Banten. – Image Credit by Wisatatempatku.com

Jika ingin mencoba wahana bermain di kota Pandeglang cobalah untuk datang ke Waterpark Cikole, disana terdapat cukup banyak wahana bermain yang bisa Anda coba. Dan tidak perlu khawatir masalah fasilitas, sarana dan prasarana ditempat ini sudah cukup untuk menemani aktivitas Anda disana.

Letaknya yang tidak jauh dari pusat kota membuat waterpark ini cukup mudah untuk ditemukan. Perjalanan yang ditempuh selama kurang lebih 2 jam dari kota, meski memakan cukup banyak waktu namun sepanjang perjalanan Anda akan menyaksikan pemandangan yang cukup indah.

11. Curug Gendang

Curug Gendang

Lokasi: Sukarame, Kec. Carita, Kab. Pandeglang, Banten. – Image Credit by Amyunus.com

Curug Gendang menjadi salah satu Objek Wisata di Pandeglang yang cukup terkenal, banyak wisatawan yang datang berkunjung setiap harinya. Tarifnya pun cukup murah hanya sebesar Rp 15.000 Anda sudah dapat masuk ke kawasan curug ini.

Letaknya berada di desa Sukarame dekat dengan tempat wisata yang lainnya, jadi Anda mampu mampir ke obyek wisata yang lainnya. Curug Gendang memilik jam buka operasional selama 24 jam, Anda bisa datang kemari kapan saja Anda mau.

12. Pulau Handeuleum

Pulau Handeuleum

Lokasi: Ujungjaya, Kec. Sumur, Kab. Pandeglang, Banten. – Image Credit by Triptrus.com

Berada di kawasan konservasi Taman Nasional Ujung Kulon, pantai ini juga tidak kalah terkenalnya dengan wisata yang lain. Namanya yang unik bisa menarik minat banyak pengunjung untuk datang menengok keindahan alamnya.

Pulau Handeuleum memiliki luas sekitar 220 hektare dan dikelilingi oleh tanaman bakau. Di pulau ini Anda dapat menemukan hewan rusa dan spesies ular phyton. Selain itu Anda dapat berkeliling di sekitar pulai ini menggunakan perahu sampan, sangat mengasyikkan bukan.

13. Pantai Cipenyu

Pantai Cipenyu

Lokasi: Tanjungjaya, Panimbang, Kab. Pandeglang, Banten. – Image Credit by Pokdarwisbanyuasih.blogspot.com

Terletak di bagian ujung pulau pantai ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan pantai yang lainnya. Anda dapat menyaksikan Gunung Krakatau dari kawasan pantai ini, cukup menarik bukan.

Disana Anda juga dapat menikmati pasir putih dan alam yang masih sangat asri, beberapa bagian pantai ini nampak belum terjamah oleh manusia karenanya cukup dijaga kelestariannya. Untuk bisa sampai di pantai ini Anda akan menempuh perjalanan selama 3-4 jam dari pusat kota.

14. Kadujangkung Pandeglang

Kadujangkung Pandeglang

Lokasi: Kadujangkung, Kec. Mekarjaya, Kab. Pandeglang, Banten. – Image Credit by Wisatalengkap.com

Untuk Anda yang menyukai foto-foto, tempat ini patut dikunjungi. Pasalnya terdapat banyak sekali spot foto yang bisa Anda coba, selain itu pemandangan yang ada di Kadungjangkung sangatlah menarik untuk disaksikan.

Kumpulan pohon-pohon berbaris rapi memikat setiap mata yang melihat, untuk bisa datang ke tempat ini pengunjung tidak dipungut biaya sepeserpun. Namun sayang tempatnya yang belum banyak diketahui oleh masyarakat banyak menjadikan tempat ini masih sepi pengunjung.

15. Curug Leuwi Bumi

Curug Leuwi Bumi

Lokasi: Ramea, Kec. Mandalawangi, Kab. Pandeglang, Banten. – Image Credit by Faktapandeglang.co.id

Ada lagi tempat wisata yang bisa Anda coba kunjungi yaitu Curug Leuwi Bumi. Curug ini masih sangat terjaga baik air terjun maupun hutannya. Meski bukanlah sebuah cagar alam namun oleh warga setempat tempat ini sangat dijaga dari para perusak alam.

Tarif yang ditetapkan pada tempat ini cukup terjangkau yakni sebesar Rp10.000. Keunikan dari tempat ini terletak pada bentuk curugnya yang hampir mirip dengan sungai namun memiliki sumber mata air yang berbeda-beda dan cukup deras. Tentu bagi Anda yang senang berpetualang akan sangat cocok ketika berada disini.

Itulah daftar Destinasi Wisata di Pandeglang yang dapat Anda kunjungi menghabiskan masa liburan bersama orang yang disayangi. Selamat berlibur di akhir pekan menikmati suasana baru untuk melepas penat setelah bekerja sepanjang waktu.