Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Lembang Terusan No.D-59, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta; Map: Cek Lokasi

Taman Situ Lembang menjadi tempat yang dibangun untuk menciptakan lingkungan yang tetap aman dari pemanasan global. Destinasi menawan ini dilengkapi dengan pohon asam, bunga anggrek, hamparan rumput, dan masih banyak lagi. Taman selalu terlihat ramai saat akhir pekan karena banyak wisatawan yang melakukan aktivitas disana.

Danau yang ada di tengah Taman serta dilengkapi air mancur juga menjadi ciri khas dari wisata alam tersebut. Taman Situ memang dibangun di atas lahan yang luas dengan dikelilingi pesona alam yang memukau. Bahkan tempat rekreasi itu menjadi salah satu pemasok oksigen di tengah kota Jakarta.

Bagi pelancong yang liburan tidak perlu takut merasa lapar karena banyak makanan tradisional yang dijual. Anda bisa pula membawa perlengkapan piknik sambil menikmati keelokan alam yang begitu mempesona di kawasan Taman.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Situ Lembang

Daya Tarik Taman Situ Lembang
Image Credit: Twitter Enjoy Jakarta

1. Dekat Danau

Taman Situ Lembang memang cukup dekat dengan salah satu danau. Para tamu kerap melihat air yang tenang ketika bersantai di area Taman. Bagi Anda yang sibuk bekerja dan ingin melepas penat sejenak saat hari libur bisa melipir ke wisata alam ini. Kecantikan Taman serta danau yang hijau pasti membuat tubuh lebih rileks selama bersantai disana.

Landskap dari danau itu juga sudah tidak jarang digunakan sebagai spot hunting foto. Keindahan alam yang masih natural ini memang patut dilestarikan. Apalagi tidak semua Taman memiliki aliran danau yang begitu luas seperti di destinasi Situ Lembang. Pengunjung memang wajib datang kesana jika ingin mencari suasana indah dengan potret danau.

2. Tanaman Rindang

Taman tentu mempunyai keindahan tanaman di setiap sudut yang tersebar rata. Tumbuhan di kawasan Taman Situ Lembang diketahui masih hijau segar. Bahkan pelancong yang berkunjung dapat memilih duduk di kursi yang langsung menghadap danau. Anda bisa merasakan semilir angin yang berasal dari tanaman segar di sekitar, traveller juga boleh keliling melihat tumbuhan.

Hamparan rumput hijau yang ada di dalam Taman pun terlihat masih terjaga dengan baik. Tak hanya itu, wisatawan bisa pula melihat beragam jenis bunga. Pohon yang rimbun tersebar di pinggir danau serta menjadi spot paling nyaman untuk berteduh. Pengunjung tidak salah pilih jika berlibur ke taman karena bisa mendapatkan udara sejuk.

3. Tempat Bermain

Taman Situ Lembang menyiapkan taman bermain yang boleh dipakai oleh orang dewasa dan anak-anak. Pengelola menyediakan jungkat-jungkit, ayunan, hingga perosotan. Tempat bermain sengaja disediakan supaya siapapun yang liburan tidak jenuh. Bahkan biasanya banyak pelancong yang sengaja melipir ke tempat bermain untuk hunting foto.

Wisatawan yang lelah juga boleh istirahat sebentar sambil bermain ayunan. Udara sejuk pasti terasa semilir ketika Anda bersantai dan bermain. Tempat bermain itu kerap mengalami perbaikan jika ada beberapa yang terlihat sudah rusak. Bagi yang membawa anak-anak pun dapat melipir kesana agar lebih betah ketika menikmati suasana Taman.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Taman Situ Lembang
Image Credit: Google Maps Gabreil Arganata

Taman Situ Lembang terletak di Jalan Lembang Terusan, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Destinasi cantik ini hadir di tengah kota sebagai salah satu ikon penghasil udara segar. Lokasi yang sangat strategis serta berada di pinggir jalan raya tentu lebih memudahkan setiap pengendara. Pelancong bisa naik motor, mobil, atau sewa saja angkutan umum.

Traveller yang sudah datang dari Jakarta Pusat tidak perlu takut tersasar. Apalagi waktu tempuh dari kota itu hanya 15 menit dan banyak sekali papan petunjuk. Pengunjung bisa lurus menuju Jalan Medan Merdeka Selatan, lalu lurus ke Jalan Imam Bonjol. Anda dapat menemukan Jalan Taman Suropati dan disana sudah mulai terlihat Jalan Syamsu Rizal.

Selang beberapa menit saja Anda dapat menemukan lokasi dari Taman Situ. Wisatawan pasti senang karena perjalanan tidak terlalu sulit, apalagi aspal juga sudah terlihat bagus. Bagi para tamu yang datang dari luar Jakarta dapat menyewa travel atau berkendara sambil melihat navigasi. Tenang saja disana sudah terlihat banyak rute yang bisa menuju Taman.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Taman Situ Lembang
Image Credit: Google Maps ekosugeng widodo

Taman Situ Lembang buka setiap hari dari pagi hingga malam karena tidak ada batasan jam kunjung. Traveller yang merasa lelah dengan kepadatan aktivitas dapat bersinggah sejenak di Taman sambil menghirup udara segar. Tenang saja masuk ke area wisata hits ini masih gratis untuk umum. Disana tidak ada harga tiket dengan tarif tertentu.

Rekreasi di destinasi wisata ini juga membuat sebagian orang senang karena bisa naik delman. Tarif berkeliling kota dengan delman mulai dari Rp 10.000 saja. Lalu tempat bermain disana masih gratis, Anda tidak membutuhkan banyak budget ketika liburan. Sedangkan biaya mancing juga gratis dan ikan yang diperoleh pun boleh dibawa pulang ke rumah.

Wisatawan yang ingin memanjakan perut bisa membeli kuliner di warung maupun melipir ke pedagang kaki lima. Makanan yang ditawarkan hanya Rp 15.000 sampai Rp 25.000 per porsi. Lalu parkir kendaraan roda dua biasanya perlu membayar Rp 2.000. Tetapi bagi pengendara bus maupun mobil bisa menyiapkan budget Rp 5.000 selama parkir.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Taman Situ

Aktivitas Menarik Taman Situ
Image Credit: Google Maps aysha wicaksono

1. Piknik di Taman

Suasana sejuk yang mudah diperoleh setiap orang ketika datang ke Taman Situ Lembang pasti cocok untuk menikmati piknik. Kuliner yang telah dibawa pengunjung dapat dinikmati sambil menggelar tikar. Piknik ini membuat liburan terasa semakin menyenangkan.

2. Memancing

Taman Situ memang dikelilingi danau yang indah. Memancing di area danau sudah menjadi hobi sebagian orang saat berkunjung ke taman cantik ini. Apalagi di dalam danau ada ikan lele serta mujair. Setelah memancing Anda dapat memasak ikan atau membawa pulang hasil tangkapan tersebut.

3. Bermain

Taman bermain sudah tampak tersedia mulai dari ayunan, perosotan, hingga jungkat-jungkit. Tempat bermain memang tidak begitu jauh dari kawasan Taman. Orang tua yang mengajak anak kecil bisa melipir ke tempat bermain itu. Bahkan para tamu bisa sekedar melepas penat sambil menikmati permainan.

4. Memotret Foto

Aktivitas Menarik di Taman Situ
Image Credit: Google Maps Fahroji 1989

Kecantikan Taman Situ yang memukau dapat dijadikan salah satu latar berfoto. Memotret setiap keindahan destinasi alam ini membuat kunjungan semakin seru. Selain itu pengunjung dapat memotret danau atau air mancur selama di Taman. Keelokan alam pasti membuat hasil foto terlihat seperti lukisan yang begitu memikat hati.

5. Jogging

Para tamu yang suka olahraga pagi dapat mencoba jogging dalam kawasan taman. Tenang saja area jogging track sudah tampak luas bagi siapa saja yang ingin berjalan santai. Tumbuhan yang rindang dengan angin sepoi-sepoi pasti tidak membuat jogging terasa lelah. Bahkan traveller dapat mengajak teman atau keluarga untuk olahraga pagi.

6. Duduk Santai

Taman Situ Lembang memiliki kursi yang tidak sedikit jumlahnya. Duduk santai sambil melihat air mancur yang ada di tengah danau pasti menyenangkan. Meskipun Taman cukup dekat jalan raya, namun kawasan ini masih memiliki suasana yang tenang. Pengunjung yang bersantai ketika pagi atau sore hari juga dapat mendengar suara kicauan burung.

7. Berkeliling

Wisatawan yang berkunjung ke Taman Situ biasanya suka berkeliling. Anda dapat menjelajah destinasi sambil jalan kaki untuk menghirup udara segar. Selain itu para tamu bisa pula naik delman agar berkeliling area Taman semakin seru. Kegiatan ini memang sudah tidak jarang lagi dilakukan, apalagi lahan yang dibangun untuk wisata termasuk cukup luas.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Taman Situ Lembang
Image Credit: Google Maps si bosh

Taman Situ Lembang memiliki beragam fasilitas penunjang yang dapat dipilih traveller saat melakukan aktivitas berlibur. Kamar mandi yang disediakan pengelola cukup terawat karena tampak begitu bersih. Tempat ibadah seperti mushola ada di seberang wisata alam ini. Pos penjaga berdampingan dengan pintu masuk yang bisa dijumpai saat berada di depan.

Kursi yang nyaman sudah tersebar secara rata di setiap sudut Taman. Para tamu yang ingin melihat danau serta air mancur bisa duduk di kursi itu. Tempat sampah tampak banyak di sekitar destinasi hits ini untuk menjaga lingkungan. Penjual makanan mudah ditemukan, bahkan warung pun sudah menyediakan tempat yang nyaman dengan kursi dan meja.

Taman ini juga sudah mempunyai lahan parkir yang cukup luas serta memadai. Disana tidak hanya menampung mobil dan motor saja, tetapi bus juga boleh parkir di lahan tersebut. Area pemancingan dan tempat piknik terlihat sudah disediakan. Lalu tempat bermain anak bisa digunakan oleh siapa saja yang berkunjung supaya tidak merasa bosan.

Taman Situ Lembang memang termasuk tempat wisata keluarga yang tepat untuk dipilih. Pohon, hamparan rumput, serta bunga pasti membuat setiap traveller lebih mudah mendapatkan udara yang sejuk. Selain itu Anda juga bisa bermain sesuka hati saat berada di dalam Taman. Pengunjung bisa mengajak kerabat dekat untuk bermain dan berfoto di area.