15 Tempat Wisata di Jakarta Pusat Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Jakarta Pusat

Temukan Beragam Pilihan Tempat Wisata Menarik di Jakarta Pusat. Objek Wisata Terbaik dan Terbaru yang Paling Hits untuk Liburan yang lebih Berkesan.

Jakarta menjadi ibukota Indonesia sekaligus kota terbesar. Seperti halnya kota besar lain, Anda akan melihat gedung tinggi dan pemukiman padat penduduk serta dukungan infrastruktur yang lengkap. Namun, Jakarta bukan berarti tidak ada hal menarik. Sebaliknya, banyak lokasi wisata yang bisa Anda temui meskipun di area Jakarta Pusat.

Setiap area di Jakarta mempunyai keunikan tersendiri. Jakarta Pusat terkenal dengan pusat perkantoran dan pemerintahan serta pemukiman yang sudah ada sejak era Belanda. Anda bisa menjelajah setiap lokasi dan tempat di Jakarta Pusat dengan mudah.

Berbagai jenis objek wisata ada di area ini. Anda sudah bosan dengan mall maka cobalah berkunjung ke museum dan taman. Keduanya merupakan tempat wisata yang kini sudah berbenah dan lebih baik. Taman-taman baru di buat dan yang lama dikembangkan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai tempat wisata di Jakarta Pusat, simak daftar dan ulasan berikut ini.

1. Monumen Nasional atau Monas

Museum Nasional

Berkunjung ke Jakarta tidak lengkap tanpa melihat langsung Monumen Nasional atau dikenal dengan nama Monas. Bentuknya adalah tugu yang menjulang tinggi dengan ruangan didalamnya. Monas adalah ikon Jakarta dan Indonesia.

Akses ke Monas sangat mudah bahkan sudah banyak transportasi langsung. Jika Anda sempat berkunjung, masuklah dan naik ke bagian atas. Anda akan melihat langsung suasana Jakarta dari tempat tinggi. Monas terbuka untuk umum.

Lokasi: Gambir, Kec. Gambir, Kota Jakarta Pusat.

2. Taman Merdeka

Taman Merdeka

Image Credit: Wartawisata.ID

Monas terletak di suatu area bernama Taman Merdeka. Sebenarnya, keduanya tempat tersebut berada di satu lokasi. Anda sudah mengunjungi Monas dan kini saatnya berkeliling sekitar. Area taman Merdeka banyak memiliki spot bagus yang cocok untuk beristirahat.

Taman ini akan ramai ketika hari libur dan akhir pekan. Berbagai hiburan dan pertunjukan sering diselenggarakan di area ini. Anda juga bisa berolahraga sembari menikmati suasana rindang. Taman ini ibarat oasis yang dibutuhkan oleh Jakarta.

Lokasi: Gambir, Kec. Gambir, Kota Jakarta Pusat.

3. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal

Image Credit: Simas.kemenag.go.id

Salah satu ikon Jakarta adalah Masjid Istiqlal. Lokasinya berada di Jakarta Pusat dan dibangun dengan arsitektur modern. Masjid ini termasuk yang megah dan besar di Asia Tenggara. Luasnya mampu menampung jamaah yang sangat banyak sekali. Selain itu, Anda akan kagum dengan desain interior dan ornamen masjid yang sangat menarik.

Meskipun sebagai tempat ibadah, masjid ini terbuka untuk umum. Wisatawan bisa menelusuri setiap area masjid atau ikut serta di acara-acara tertentu. Masjid mendapatkan beberapa kali pemugaran dan renovasi sehingga menjadi lebih luas dari sebelumnya.

BACA:  13 Tempat Makan Romantis di Jakarta Untuk Momen Spesial

Lokasi: Jl. Taman Wijaya Kusuma, Pasar Baru, Kec. Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat.

4. Gereja Katedral

Gereja Katedral

Image Credit: Rumah123.com

Gereja dengan desain klasik dapat Anda lihat dan kunjungi di Jakarta Pusat. Namanya adalah Gereja Katedral. Eksterior sangat menarik dengan perpaduan gaya klasik dan sentuhan modern sebagai ciri khas gereja tersebut. Lokasinya tepat berada di seberang Masjid Istiqlal. Anda bisa mengunjungi keduanya secara langsung.

Gereja ini dibangun pada masa Belanda. Pada mulanya, bangunan untuk urusan pemerintahan. Setelah itu, pemerintah Indonesia mengambil alih dan menjadikannya gereja. Selain acara keagamaan, pengunjung akan mendapatkan materi sejarah terkait gereja dan agama Katolik di Indonesia.

Lokasi: Jl. Katedral No.7B, Pasar Baru, Kec. Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat.

5. Museum Nasional

Museum Nasional

Image Credit: TravelBlog.id

Jakarta Pusat adalah tempat dimana Anda bisa berkunjung ke berbagai museum. Salah satunya adalah Museum Nasional. Nama lainnya adalah Museum Gajah karena ada patung ganesha di bagian depan. Museum ini menyimpan banyak koleksi terkait sejarah Indonesia dan beberapa artefak dunia.

Berkunjung ke museum ini akan membawa Anda kembali ke masa lampau. Setiap ruangan sudah dibagi menjadi beberapa kategori dan periode. Wisatawan bisa menelusuri satu per satu koleksi. Layanan lainnya adalah pusat informasi dimana pengunjung akan mendapatkan penjelasan terkait koleksi tertentu.

Lokasi: Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Kec.Gambir, Kota Jakarta Pusat.

6. Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki

Image Credit: Tempatwisataseru.com

Hiburan rakyat dan pertunjukan adalah tujuan utama pendirian Taman Ismail Marzuki. Orang Indonesia pasti mengenal nama tersebut sebagai salah satu seniman terbaik anak bangsa. Taman ini kemudian berkembang menjadi sebuah wahana seni, pendidikan, dan kebudayaan.

Anda akan melihat beberapa spot dan bangunan khusus untuk pertunjukan. Selain itu, ada pula planetarium dan perpustakaan. Berkunjung ke Taman Ismail Marzuki mungkin berbeda dengan taman yang banyak pohon rindang. Sebaliknya, Anda akan takjub dengan suasana taman ini yang ditata rapi dan nyaman.

Lokasi: Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat.

7. Taman Suropati

Taman Suropati

Image Credit: Tempatwisataseru.com

Jakarta termasuk kota yang panas karena berada di tepi laut dan dataran rendah. Pembangunan gedung dan jalan membuat suhu naik. Anda akan mudah gerah ketika berada di area ini terutama Jakarta Pusat. Akan tetapi, semuanya akan sirna setelah berkunjung ke Taman Suropati.

Ini adalah taman umum dimana Anda tidak perlu membayar tiket saat masuk. Suasananya tampak asri dan nyaman. Pengunjung akan mendapat suguhan pertunjukan dan aktivitas lainnya. Taman ini cocok untuk wisata keluarga yang murah dan aman.

BACA:  22 Tempat Makan Enak di Jakarta Favorit Wisatawan

Lokasi: Jl. Taman Suropati No.5, RT.5/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat.

8. Museum Taman Prasasti

Museum Taman Prasasti

Image Credit: Wikipedia.org

Tempat wisata selanjutnya adalah Museum Taman Prasasti. Anda mungkin jarang mendengarnya karena memang tidak banyak pemberitaan. Akan tetapi, museum ini cocok untuk edukasi dan pendidikan.

Koleksi dan konten berkaitan dengan batu prasasti, tugu, dan nisan. Anda bisa belajar mengenai sejarah masa lalu. Selain itu, museum sudah berbenah dan kini bisa untuk berfoto ria di spot menarik.

Lokasi: Jl. Tanah Abang I No.1, RT.11/RW.8, Petojo Selatan, Kec. Gambir, Kota Jakarta Pusat.

9. Tugu Proklamasi

Tugu Proklamasi

Image Credit: Goodnewsfromindonesia.id

Tugu Proklamasi adalah salah satu tempat wisata di Jakarta Pusat. Secara umum, ini adalah tugu untuk memperingati kemerdekaan Indonesia saat dikumandangkan proklamasi. Anda akan melihat patung sebagai representasi proklamator Indonesia.

Selain berbentuk tugu, bangunan ini juga memiliki beberapa relief. Isinya menggambarkan sejarah proklamasi. Meskipun hanya singkat, tempat ini layak untuk dikunjungi untuk mengenal lebih dekat momen kemerdekaan Indonesia di masa lalu.

Lokasi: Jl. Proklamasi No.10, RT.10/RW.2, Pegangsaan, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat.

10. Taman Menteng

Taman Menteng

Image Credit: Nongkidong.wordpress.com

Taman lainnya di Jakarta Pusat adalah Taman Menteng. Lokasi tempat ini cukup unik karena berada di kepadatan Jakarta. Perlu Anda ketahui, Menteng adalah daerah pemukiman dan pemerintahan yang sudah dibangun sejak zaman Belanda. Anda akan melihat bangunan kuno dan klasik.

Di sisi lain, taman memiliki komposisi tanaman dan pohon hijau dengan variasi spesies yang cukup banyak. Taman ini digunakan sebagai pusat olahraga secara umum. Di akhir pekan, Anda akan menemukan banyak orang berada di taman ini.

Lokasi: Jl. HOS. Cokroaminoto, RT.3/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat.

11. Pecenongan

Pecenongan

Image Credit: Sabigaju.com

Wisata selanjutnya adalah Pecenongan yaitu Pusat kuliner. Berbeda dengan tempat lain, Pecenongan sudah ada sejak tahun 1970 an. Artinya, banyak orang sudah mengenalnya dan berkunjung. Bagi wisatawan dari luar daerah, ini adalah lokasi yang tepat untuk mencoba kuliner setempat.

Pecenongan menawarkan berbagai jenis makanan dari kaki lima hingga restoran. Anda dapat mencoba sajian khas di Jakarta atau kuliner lain yang sudah dijual di tempat tersebut sejak lama. Masakan khas Indonesia juga tersedia dengan berbagai variasi. Satu tempat untuk semua kuliner adalah konsep wisata yang tepat.

Lokasi: Jl. Pecenongan, Kebon Kelapa, Kec. Gambir, Kota Jakarta Pusat.

BACA:  15 Cafe Instagramable di Jakarta yang Bikin Betah Nongkrong

12. Istana Merdeka

Istana Merdeka

Image Credit: Worldtourismindonesia.blogspot.com

Jakarta memiliki tempat untuk kantor kepala pemerintahan dan para staf. Lokasinya adalah di Istana Merdeka. Anda hanya bisa mengunjunginya di hari sabtu dan minggu. Lokasinya dekat dengan Monas dan taman Merdeka. Jadi, Anda tidak perlu melakukan perjalanan yang jauh.

Istana Merdeka memiliki bangunan yang khas dan terkesan resmi. Anda bisa menelusuri beberapa area seperti wisma negara dan masjid yang berlokasi di komplek istana tersebut. Ketika sedang ada acara, pengunjung dapat menyaksikan secara langsung upacara resmi dan kenegaraan.

Lokasi: Jl. Medan Merdeka Utara No.3, RT.2/RW.3, Gambir, Kec.  Gambir, Kota Jakarta Pusat.

13. Museum Sumpah Pemuda

Museum Sumpah Pemuda

Image Credit: Dream.co.id

Sejarah Indonesia sangat menarik untuk dipelajari. Anda bisa melihat langsung apa saja yang terjadi dari hasil rekonstruksi di beberapa museum. Salah satunya adalah Museum Sumpah Pemuda. Ini adalah tempat yang menyimpan galeri, konten, koleksi, dan benda terkait sejarah Sumpah Pemuda.

Anda akan menemukan banyak hal menarik di museum ini. Lokasinya mudah dijangkau serta koleksi baru juga tersedia setelah melewati seleksi ketat. Peristiwa Kongres Pemuda di tahun 1928 merupakan bagian sejarah yang tidak boleh dilupakan oleh warga negara Indonesia.

Lokasi: Jl. Kramat Raya No.106, RT.2/RW.9, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat.

14. Perpustakaan Nasional

Perpustakaan Nasional

Image Credit: Perpusnas.go.id

Berwisata sembari belajar adalah ide yang baik. Anda bisa mencoba beberapa museum di Jakarta Pusat. Jika ingin sesuatu yang lengkap, tujuan yang tepat adalah Perpustakaan Nasional. Ini adalah lembaga sekaligus tempat yang mengelola perpustakaan dengan koleksi lengkap dari penjuru Indonesia dan dunia.

Daya tarik pertama adalah gedung baru yang telah diresmikan. Selanjutnya, gedung tersebut masih memiliki hal menarik yaitu koleksi non digital berupa buku, manuskrip, dan sebagainya. Anda bisa meminjam langsung setelah menjadi member.

Lokasi: Jl. Medan Merdeka Selatan No.11, RW.2, Gambir, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat.

15. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah

Image Credit: Anekatempatwisata.com

Satu tempat sebagai representasi dari wisata di Jakarta adalah Taman Mini Indonesia Indah. Ini adalah komplek yang terdapat berbagai museum, area pertunjukan, dan wahana permainan.

Anda bisa memulai dari berkunjung ke wahana sesuai dengan provinsi di Indonesia. Selain itu, banyak sekali museum di tempat ini serta beberapa wahana untuk pendidikan dan seni. Selain itu, pengunjung juga bisa berkeliling atau olahraga menikmati beberapa taman yang rindang. Inilah lokasi yang harus berada di daftar Anda ketika sedang berada di Jakarta.

Lokasi: Ceger, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur.

Jakarta Pusat memang tidak luas tetapi banyak memiliki tempat wisata menarik. Anda dapat berkunjung ke masing-masing tempat yang sudah dijelaskan pada daftar sebelumnya. Selain itu, masih ada tempat lain yang tidak kalah menarik. Inilah Jakarta Pusat dengan keunikan dan daya tarik tersendiri.