17 Tempat Wisata di Subang

Jika Anda berkunjung ke Subang, maka pastikan untuk bisa menyempatkan diri mengunjungi destinasi wisata menarik yang ada di Provinsi Jawa Barat ini. Subang adalah salah satu Kabupaten yang letaknya berada di Jawa Barat yang banyak menghadirkan pesona alam yang cocok dijadikan sebagai tempat liburan Anda.

Banyak pilihan destinasi wisata yang bagus untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam, budaya, edukasi, bahkan wisata religi. Anda bisa menikmati semua tempat wisata tersebut dengan keluarga maupun teman terdekat.

Mengunjungi Tempat Wisata di Subang dapat menghilangkan penat dari segala aktivitas yang telah dilalui. Dengan begitu, banyak wisatawan yang tertarik untuk berlibur ke Subang karena banyaknya pilihan tempat wisata yang bagus dan bervariasi. Berikut ini beberapa objek wisata yang terdapat di Subang yang bisa Anda kunjungi.

1. Capolaga Adventure Camp

Capolaga Adventure Camp

Lokasi: Kampung Panaruban Desa, Jl. Raya Cicadas, Cicadas, Sagalaherang, Kab. Subang, Jawa Barat. – Image Credit by Subang.indonesia-tourism.com

Capolaga Adventure Camp merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi dengan keluarga. Destinasi wisata ini menghadirkan pemandangan alam yang indah dan suasana alam yang asri sehingga wisatawan akan merasa betah untuk berlama-lama disini. Disini juga terdapat air terjun Cimuja, Karembong, dan Sawer yang masih terjaga kelestariannya.

Selain dapat menikmati air terjun, tempat wisata ini juga menghadirkan fasilitas bermain yang tidak kalah menarik seperti outbound, adventure sport, kolam memancing, tea walk, dan masih banyak lagi. untuk mengunjungi tempat wisata ini, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit dari pusat Kota Subang.

2. Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian Air Panas Ciater

Lokasi: Jl. Raya Ciater, Nagrak, Ciater, Kab. Subang, Jawa Barat. – Image Credit by Tempatwisataterdekat.com

Liburan tidak akan lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Pemandian Air Panas Ciater. Pemandian air panas ini sangat cocok dikunjungi wisatawan untuk berendam di air hangat sambil menghilangkan bebas pikiran dan melepas stres. Pemandian Air Panas Ciater termasuk salah satu destinasi wisata yang digemari oleh banyak orang.

Lokasinya berada di sekitar Gunung Tangkuban Perahu. Selain airnya yang panas, pemandian ini juga bisa berkhasiat untuk tubuh karena air tersebut mengalir dengan membawa kandungan yang bagus untuk kesehatan tubuh. Sehingga tidak hanya perasaan nyaman saja yang didapatkan saat berendam, namun juga dapat menghilangkan penyakit seperti penyakit kulit, gangguan tulang, serta rematik.

3. Kawah Tangkuban Perahu

Kawah Tangkuban Perahu

Lokasi: Cicadas, Sagalaherang, Kab. Subang, Jawa Barat. – Image Credit by Pegipegi.com

Tangkuban Perahu merupakan salah satu gunung aktif yang terletak di Subang, Jawa Barat. Walaupun begitu, terdapat destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di sekitaran gunung tersebut, yaitu Kawah Tanngkuban Perahu.

Kawah Tangkuban Perahu memiliki pesona alam yang indah. Banyak wisatawan yang berkunjung ke sini untuk sekedar melihat kawah, menikmati keindahan di area tersebut, melakukan penelitian, dan banyak kegiatan lainnya. Walaupun kawah tersebut tergolong aktif, namun sampai saat ini Kawah Tangkuban Perahu masih menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi oleh orang.

4. Pantai Kalapa Patimban

Pantai Kalapa Patimban

Lokasi: Patimban, Pusakanagara, Kab. Subang, Jawa Barat. – Image Credit by Blog.elmuha.net

Objek wisata yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi saat berada di Subang adalah Pantai Kalapa Patimban. Pantai ini menjadi primadona banyak wisatawan karena menghadirkan panorama alam yang sangat indah untuk dilihat. Selain itu, terdapat aktivitas menarik yang bisa dilakukan seperti main voli pantai, sepak bola, sky boat, dan aktivitas lainnya.

Pantai ini juga memiliki kedalaman laut yang tidak terlalu dalam sehingga aman untuk dikunjungi. Selain itu, terdapat beberapa fasilitas yang disediakan seperti area parkir, tempat istirahat, dan warung makanan yang berada di sepanjang garis pantai.

5. Curug Cina

Curug Cina

Lokasi: Curugagung, Sagalaherang, Kab. Subang, Jawa Barat. – Image Credit by Travelnatic.com

Wisatawan yang ingin melihat pemandangan air terjun bertingkat dapat mengunjungi destinasi wisata ini. Curug Cina memiliki keindahan alam yang tidak kalah bagus dengan air terjun lainnya. Lokasi Curug Cina berada di Desa Curugagung. Destinasi wisata ini cukup baru di Kota Subang karena baru diresmikan pada tahun 2016.

Untuk bisa mencapai lokasi Curug Cina, wisatawan harus melalui pemukiman, persawahan, dan perkebunan yang letaknya tidak jauh dari curug terebut. Namun, wisatawan harus berhati-hati karena kondisi jalannya yang kurang. Namun, setelah melewati itu semua, Curug Cina yang sangat cantik itu akan tersedia di depan mata para wisatawan.

6. Penangkaran Buaya Blanakan

Penangkaran Buaya Blanakan

Lokasi: Blanakan, Kab. Subang, Jawa Barat. – Image Credit by Subang.go.id

Jika wisatawan ingin mengunjungi tempat yang lumayan menguji adrenalin, maka Penangkaran Buaya Blanakan menjadi salah satu destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi. Disini, terdapat sekitar 200 ekor buaya baik jantan maupun betina. Wisatawan dapat melihat buaya-buaya tersebut di tempat yang sudah disediakan.

Destinasi wisata ini memiliki luas sekitar 1,5 ha dari luas keseluruhan wilayah hutan Tegal sekitar 8 ha. Selain menikmati pertunjukan buaya, wisatawan juga bisa menikmati kuliner khas Kota Subang yang ditawarkan di tempat tersebut.

7. Pemandian Tirta Alam, Sagalaherang

Pemandian Tirta Alam, Sagalaherang

Lokasi: Jl. Sagala Herang, RT. 11/14, Sagalaherang Kaler, Sagalaherang, Kab. Subang, Jawa Barat. – Image Credit by Bukuwisata.com

Destinasi wisata ini menawarkan pemandian air berupa kolam renang yang banyak disukai oleh anak-anak. Lokasinya terletak di kampung Cibinong, Kecamatan Sagalaherang. Disini, wisatawan hanya perlu menyiapkan uang sebesar Rp.16.500 per orang untuk bisa menikmati fasilitas yang tersedia di pemandian ini.

Selain kolam renang, ada juga kolam terapi ikan yang sangat membantu untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Pemandian Tirta Alam juga dikelilingi oleh suasana alam yang indah dan bagus sehingga menarik untuk dikunjungi.

8. Desa Wisata Sri Bunihayu

Desa Wisata Sri Bunihayu

Lokasi: Jalancagak, Kab. Subang, Jawa Barat. – Image Credit by Jejakpiknik.com

Salah satu tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi dengan teman ataupun keluarga. Disini, para wisatawan akan melepaskan penatnya dan menikmati pemandangan indah yang telah disediakan di desa wisata ini. Desa Wisata Sri Bunihayu terkenal karena panorama alamnya yang indah dan tempatnya yang asri.

Desa wisata ini memiliki luas 3 hektar dan terletak pada ketinggian 1700 mpdl. Desa wisata ini masih terjaga kelestariannya sehingga masih banyak pemandangan alam yang hijau dan tumbuh subur di sana. Selain itu, untuk bisa datang ke sini juga tidak memerlukan biaya yang mahal dan wisatawan malah mendapatkan pengalaman yang menarik.

9. Curug Mandala

Curug Mandala

Lokasi: Cicadas, Sagalaherang, Kab. Subang, Jawa Barat. – Image Credit by Travelblog.id

Objek Wisata di Subang ini menghadirkan pemandangan yang eksotis dan cantik. Curug Mandala dapat dengan mudah ditemukan karena memiliki akses yang cukup mudah. Untuk bisa menikmati kesegaran dan keindahan air terjun, wisatawan hanya perlu menyiapkan uang Rp 5.000 untuk bisa masuk ke destinasi wisata tersebut.

Selain dapat memandangi keindahan air terjun yang terdapat dalam Curug MAndala, wisatawan juga bisa menemukan warung yang menawarkan makanan enak sehingga wisatawan tidak akan merasa kelaparan saat berkunjung ke sana.

10. Pantai Cirewang

Pantai Cirewang

Lokasi: Legonkulon, Pangarengan, Pamanukan, Kab. Subang, Jawa Barat. – Image Credit by Subang.go.id

Selain Pantai Kalapa Patimban, ada juga destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Cirewang. Pantai ini menghadirkan suasana asri dan tenang. Pantai Cirewang ini merupakan salah satu pantai yang lokasinya cukup tersembunyi sehingga tidak banyak orang yang tahu.

Untuk bisa sampai ke Pantai ini, pengunjung harus menaiki perahu dan melewati sungai selama 15 menit untuk bisa sampai ke Muara Teluk Cidaon. Dari teluk tersebut, wisatawan akan melihat pantai Cirewang yang cantik dan mempesona. Apalagi ditambah suasananya yang tenang dan cukup sepi sehingga cocok untuk dikunjungi.

11. Curug Ciangin

Curug Ciangin

Lokasi: Cibeusi, Ciater, Kab. Subang, Jawa Barat. – Image Credit by Rehabilitasijalanjalan.blogspot.com

Slah satu destinasi wisata yang menjadi primadona di Subang adalah Curug Ciangin. Air terjun yang berlokasi di Kampung Neglasari ini banyak menyita perhatian wisatawan karena menawarkan panorama alam yang indah.

Curug Ciangin berada diantara pepohonan yang rindang dan menyejukkan. Lokasinya juga tidak jauh dari Wisata Air Panas Ciater sehingga air terjun ini mudah ditemukan. Suasana yang ada dalam Curug Ciangin adalah sejuk dan alami. Banyak tumbuhan hijau yang akan tampak di area tersebut. berlibur ke sini sangat cocok dilakukan untuk sekedar melepas penat maupun menjelajah alam.

12. Pemancingan Lembah Gunung Kujang

Pemancingan Lembah Gunung Kujang

Lokasi: JL. Raya Gunung Tua, No. 11 KM. 8, Gunungtua, Kec. Subang, Kab. Subang, Jawa Barat. – Image Credit by Oliviawidiaputri.blogspot.com

Selain wisata alam, ada juga wisata edukasi yang ditawarkan saat liburan ke Subang. Salah satunya adalah Pemancingan Lembah Gunung Kujang. Disana, Anda akan diajarkan bagaimana cara memancing ikan dengan benar tanpa merusak ekosistem yang ada di dalamnya. Selain itu, diajarkan pula untuk melempar umpan saat memancing agar ikan bisa ditangkap.

Untuk bisa pergi berlibur ke pemancingan, wisatawan tidak perlu takut untuk tersesat karena lokasinya yang mudah diketahui dan cukup terjangkau. Selain itu, wisatawan juga tidak perlu takut jika nantinya kelaparan karena disana disediakan tempat makan yang menawarkan makanan khas kota Subang.

13. Pantai Pondok Bali

Pantai Pondok Bali

Lokasi: Mayangan, Legonkulon, Kab. Subang, Jawa Barat. – Image Credit by Gaiaasrihotel.com

Salah satu wisata pantai yang banyak dikunjungi oleh wisatawan adalah Pantai Pondok Bali. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sana, seperti bermain istana pasir, voli pantai, menikmati matahari terbenam, dan aktivitas lainnya.

Untuk bisa menuju ke Pantai Pondok Bali, wisatawan hanya perlu menempuh jarak sekitar 40 menit dari pusat Kota Subang dengan menggunakan kendaraan pribadi. Selain bisa menikmati permainan yang bisa dilakukan disana, wisatawan juga bisa menikmati deburan ombak dan hembusan angin yang bertiup dengan sejuk.

14. Gedung Wisma Karya

Gedung Wisma Karya

Lokasi: Jl. Ade Irma Suryani Nasution No. 2, Karanganyar, Cigadung, Kec. Subang, Kab. Subang, Jawa Barat. – Image Credit by Backpackerjakarta.com

Berlibur sambil belajar merupakan hal yang bisa dilakukan jika wisatawan berkunjung ke Gedung Wisma Karya. Gedung ini merupakan salah satu gedung tua yang berada di Subang. Selain itu salah satu ruangan yang terdapat di Gedung Wisma Karya juga dijadikan sebagai museum.

Banyak sekali pembelajaran yang bermanfaat saat mengunjungi destinasi wisata ini. Disini juga diperlihatkan peralatan-peralatan zaman dahulu yang dapat menambah ilmu pengetahuan. Banyak peninggalan-peninggalan lain yang disimpan di Gedung Wisma Karya sehingga gedung ini sangat menarik untuk dikunjungi.

15. Desa Wisata Cibeusi

Desa Wisata Cibeusi

Lokasi: Jl. Cibeusi, Nagrak, Ciater, Kab. Subang, Jawa Barat. – Image Credit by Twitter @indobangetRTV

Desa Wisata Cibeusi termasuk salah satu wisata alam yang wajib dikunjungi oleh wisatawan. Disini, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang hijau, asri, dan indah. Desa wisata ini masih terjaga kelestariannya dan pesona alamnya yang masih alami.

Banyak sekali pemandangan-pemandangan alam yang akan membuat takjub saat berada di tempat wisata ini. Dari pemandangan alam berupa curug, hamparan pertanian padi, hingga bukit hijau yang sangat menyegarkan.

16. Desa Wisata Wangunharja

Desa Wisata Wangunharja

Lokasi: Jalancagak, Sanca, Kab. Subang, Jawa Barat. – Image Credit by Tozsugianto.com

Di Subang, terdapat desa wisata lain yang bernama Desa Wisata Wangunharja. Desa wisata ini menarik untuk dikunjungi karena keadaan desanya yang masih terjaga adat istiadat dan kebudayaannya. Desa ini merupakan cermin dari masyarakat Sunda yang masih tradisional.

Pengunjung yang datang ke Desa Wisata Wangunharja bisa melihat aktivitas masyarakat yang sifatnya masih tradisional. Selain melihat aktivitas keseharian masyarakat asli, wisatawan juga bisa menikmati keindahan alam yang sudah tampak di depan mata.

17. Kolam Renang Ciheuleut

Kolam Renang Ciheuleut

Lokasi: Jl. Emo Kurniaatmaja, Pasirkareumbi, Kec. Subang, Kab. Subang, Jawa Barat. – Image Credit by Subang.go.id

Banyak wahana permainan anak yang disediakan di tempat ini selain kolam renang. Destinasi wisata yang memiliki luas 2 hektar ini sangat cocok dijadikan sebagai liburan keluarga. Selain arena bermain anak, ada juga fasilitas outbound dan waterboom yang tidak kalah menarik. Wisatawan hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp 8.000 untuk orang dewasa dan Rp 7.000 untuk anak-anak.

Itulah beberapa tempat wisata yang bisa menjadi referensi untuk dikunjungi saat berada di Subang. Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata yang belum disebutkan. Namun, Anda bisa mencoba untuk mendatangi salah satu tempat wisata yang sudah disebutkan di atas. Dengan begitu, liburan Anda akan semakin menyenangkan karena bisa pergi ke Destinasi Wisata di Subang yang terkenal, populer, bahkan tersembunyi di daerah Subang.