Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 04.30–20.00 WIB, Alamat: Situmandala, Kec. Rancah, Kab. Ciamis, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Puncak Bangku tergolong sebagai destinasi wisata Ciamis yang terlihat menarik. Pengunjung yang suka travelling cocok liburan ke Puncak tersebut. Apalagi disana memiliki jalur trek yang tidak terlalu susah, namun membutuhkan tenaga ekstra. Siapapun yang hobi trekking pasti merasa senang saat melewati lintasan menuju Puncak.

Liburan ke wisata menawan itu menjadi pilihan traveller ketika ingin bersantai sejenak. Disana memang masih jauh dari keramaian warga karena dikelilingi oleh pemandangan alam saja. Anda dapat mengambil video atau foto dengan menelusuri setiap tempat yang ada di sekitar.

Biasanya pelancong dari berbagai daerah mengajak kerabat untuk liburan ke Puncak Bangku. Wisata yang cantik dengan lahan luas memang menjadi pilihan yang tepat ketika ada waktu libur. Maka dari itu ciptakan momen seru dengan berkunjung ke Puncak sekaligus melakukan kegiatan yang disukai.

Daya Tarik yang Dimiliki Puncak Bangku

Daya Tarik Puncak Bangku
Image Credit: Google Maps Warung kuliner Puncak Bangku

1. Tempat Camping

Puncak Bangku memang menyediakan sebagian lahan untuk tempat camping pengunjung. Lahan itu boleh dimanfaatkan berkemah selama menikmati liburan. Bahkan wisatawan dapat membawa tenda sendiri serta alat masak. Berkemah di sekitar Puncak hits ini pasti membuat suasana liburan semakin seru karena terasa dekat dengan alam.

Biasanya tempat kemah itu selalu ramai ketika hari libur saja. Pelancong yang camping dapat melihat langsung fenomena matahari terbit hingga tenggelam. Apalagi dari atas Puncak tampak sangat indah karena pergantian langit semakin jelas. Hal tersebut menjadi daya tarik pengunjung yang camping di destinasi itu.

2. Spot Foto di Puncak Bangku

Wisata cantik ini dikenal menyuguhkan pilihan spot foto yang membuat hasil terlihat instagramable. Pengelola sengaja menyediakan beragam replika yang bagus untuk dijadikan latar foto. Mulai dari replika bentuk love, jembatan, hingga sarang burung menjadi spot andalan Puncak. Banyak orang yang mengincar background tersebut.

Beberapa spot foto ini ada yang dikenai biaya tambahan. Tetapi tidak perlu khawatir karena harga sangat murah dan sebanding dengan replika yang bagus. Selain itu Anda bisa pula hunting foto di sekitar Puncak sambil berburu pesona alam yang terlihat indah. Jadi jangan sampai tidak mengabadikan momen selama liburan.

3. Beragam Pemandangan Alam

Berkunjung ke Puncak Bangku membuat wisatawan terpanah ketika melihat semua pemandangan alam yang berjejer. Bahkan setiap orang yang datang sering berjelajah untuk melihat semua panorama yang ada di kawasan. Anda yang berkeliling harus tetap hati-hati karena jalan tanah yang ada di area Puncak masih berbahaya.

Para pelancong tidak pernah kecewa selama datang ke wisata karena bisa mencari tempat bersantai. Apalagi setiap saung langsung mengarah ke bukit serta gunung yang menjadi daya tarik utama wisata. Traveller hanya perlu duduk atau sekedar berjalan santai untuk menghirup udara sejuk sekaligus memanjakan mata.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Puncak Bangku
Image Credit: Google Maps Odhy Ciptad M.R

Puncak Bangku berada di Desa Situmandala, Ciamis, Jawa Barat. Jalan yang berada di area ini cukup sulit karena menanjak dan berkelok-kelok. Tetapi jangan khawatir semua kendaraan masih boleh lewat sana asalkan tetap hati-hati. Usahakan datang mulai pagi karena ketika siang jalan yang tidak lebar itu sering macet sehingga butuh waktu lama.

Wisatawan yang berangkat dari pusat kota Ciamis bisa mengetahui rute jalan melalui papan petunjuk. Jika Anda telah sampai di Alun-alun Ciamis maka butuh jarak beberapa kilo meter. Lurus sampai menuju Baregbeg yang dipenuhi keramaian kota. Kemudian belok sampai Sukadana dan lurus ke arah Desa untuk mengetahui lokasi dari wisata cantik tersebut.

Perjalanan dari Kota Ciamis ini hanya perlu waktu berkisar 50 menit saja. Para tamu akan senang selama berkendara karena sudah banyak sawah dan kebun yang tampak indah. Bahkan setiap sudut selalu ramai, apalagi jika Anda datang saat hari libur. Siapkan kendaraan yang sesuai untuk melewati jalan yang cukup terjal dan menguras tenaga.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Puncak Bangku
Image Credit: Google Maps Elis Sulastri

Destinasi alam ini menarik dikunjungi di kala waktu luang karena tiket masuk masih gratis. Para tamu tidak perlu membayar tiket masuk selama di kawasan Puncak Bangku meskipun ingin berjelajah ke tiap sudut. Selain itu, harga tiket juga tetap gratis meskipun saat hari libur. Anda dapat membawa budget secukupnya saja untuk parkir atau membeli makanan disana.

Selama berkeliling dan menikmati liburan di Puncak para tamu harus menitipkan kendaraan. Petugas hanya menarik karcis untuk sepeda motor Rp 3.000 dan bagi yang membawa mobil perlu membayar Rp 5.000. Traveller akan diberi karcis selama parkir serta tidak perlu takut kendaraan hilang. Anda juga boleh konfirmasi harga sebelum menitipkan kendaraan.

Beranjak ke sudut lain traveller dapat melihat sebagian kios yang tersedia. Meskipun warung tidak berjejer banyak, namun tarif yang dibrandol masih ramah di kantong semua orang. Selain itu ada tarif di beberapa spot foto Rp 3.000 saja bagi yang ingin hunting. Nikmati liburan dengan mengeluarkan budget yang sedikit karena di area tidak ada harga mahal.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Puncak Bangku

Aktivitas di Puncak Bangku
Image Credit: Instagram Syarif Hidayatulloh

1. Mencicipi Kuliner

Puncak Bangku mempunyai pusat kuliner di saung yang menyediakan aneka makanan dan minuman. Bahkan sudah ada meja dan kursi yang dilengkapi atap dari jerami. Pelancong yang menikmati makan siang tidak perlu khawatir karena sudah cukup nyaman di saung tersebut. Apalagi ketika mencicipi kuliner Anda bisa sekaligus melihat Puncak yang indah.

2. Camping

Kawasan wisata alam cantik ini sangat luas boleh digunakan camping untuk menikmati liburan lebih lama. Tetapi wisatawan hanya boleh berkemah di sudut yang telah disediakan dekat saung. Anda diharap membawa pakaian hangat karena wisata ini sering kabut. Rasakan momen seru dengan mendirikan tenda bersama kerabat di area Puncak sambil memasak makanan.

3. Hunting Foto

Para tamu yang hobi mengoleksi foto bertema alam harus berkunjung ke destinasi hits ini. Obyek gambar yang akan diperoleh cukup banyak dengan berbagai latar replika. Gunung yang terlihat jelas sering menjadi panorama yang diburu. Tak hanya itu, lingkungan yang asri pun tidak pernah terlewatkan ketika pengunjung hunting foto karena banyak pohon disana.

4. Bersantai

Puncak Bangku memiliki kecantikan yang membuat wisatawan ingin bersantai. Meskipun tempat wisata itu selalu ramai, Anda tetap bisa memilih tempat duduk di saung. Bersantai sambil menikmati kuliner dan melihat pesona alam memang wajib dilakukan. Apalagi udara masih bersih karena wisata yang jauh dari polusi, sehingga akan menunjang kegiatan itu.

Aktivitas Menarik di Puncak Bangku
Image Credit: Google Maps Ratna Arumnasari

5. Melihat Sunrise

Tempat yang nyaman dan jauh dari suasana kota tentu menarik untuk spot menikmati sunrise. Namun, pengunjung perlu datang lebih awal karena fenomena ini hanya muncul sebentar. Biasanya Puncak tersebut juga berkabut karena dekat dengan gunung. Jadi pastikan memakai baju tebal selama melihat sunrise dan potret kecantikan alam tersebut.

6. Trekking

Perjalanan sampai ke Puncak Bangku memang butuh tenaga fit karena cukup menanjak. Wisatawan yang masih muda lebih suka trekking karena bisa sambil olahraga. Setiap akhir pekan banyak pula traveller yang sengaja membawa peralatan untuk naik tebing. Trekking sekaligus memanjat tebing itu sudah tidak asing lagi menjadi aktivitas di Puncak yang wajib dicoba.

7. Menikmati Panorama

Para tamu yang berada di atas Puncak dapat melihat semua panorama alam. Anda dapat menikmati udara sambil melihat bukit dan gunung yang terlihat sangat jelas. Bahkan biasanya pelancong lebih memilih berkunjung dengan waktu lama untuk menikmati pesona alam. Maka dari itu, pilih spot yang disukai agar Anda betah selama melihat sekeliling wisata.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Puncak Bangku
Image Credit: Google Maps Ginanjar Saputra

Puncak Bangku tampak memiliki fasilitas yang dapat membuat liburan wisatawan semakin seru. Gazebo dan sejumlah saung yang masih tradisional berjejer sebagai tempat melepas penat. Semua saung ini menghadap ke Puncak sehingga pengunjung tidak akan jenuh selama beristirahat. Pada bagian pojok ada toilet umum yang dapat dipakai oleh tamu.

Warung makan dan minum ada di dekat saung dengan pilihan olahan yang nikmat. Semua menu yang dijual tidak mahal serta dijamin membuat Anda ketagihan. Area spot mengambil foto tampak tersebar luas, apalagi banyak background yang bisa dijadikan obyek. Pengunjung memang wajib membawa kamera untuk berburu tempat hunting di Puncak itu.

Lahan sebagai tempat parkir tidak sulit dijumpai di pintu masuk Puncak Bangku. Kawasan ini sudah diberi tanda penitipan kendaraan serta penyekatan. Bagi yang ingin camping, disana belum menyediakan tempat sewa tenda maupun tikar. Jadi Anda perlu membawa perlengkapan pribadi yang ingin digunakan serta pastikan selalu menjaga fasilitas wisata.

Demikian penjelasan lengkap terkait Puncak Bangku yang menjadi pilihan tempat bersantai. Udara sepoi-sepoi yang melengkapi tempat wisata mampu membuat betah. Traveller harus mencoba datang ke tempat ini karena menarik untuk dijadikan spot foto. Selain itu siapkan tenaga yang fit untuk melewati perjalanan yang cukup menanjak dan ajak pula kerabat.