Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 09.00–17.00 WIB, Alamat: Cikatomas, Handapherang, Kec. Cijeungjing, Kab. Ciamis, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Berbicara soal tempat wisata di Jawa Barat maka pasti akan sangat banyak tempat yang bisa dibahas, namun kali ini kita hanya akan membahas sebuah tempat wisata hits Ciamis yang dikenal dengan nama Grand Sayang Kaak. Tempat wisata ini terletak di dataran tinggi Desa Handapherang dengan pemandangan alam yang benar-benar menakjubkan.

Hal tersebut karena dari tempat wisata alam ini anda dapat melihat indahnya bukit sekitar dengan hutan yang masih sangat hijau dan aliran Sungai Citanduy yang memukau. Sekitar tempat wisata populer ini juga banyak sekali ditumbuhi pepohonan rindang yang membuat udaranya menjadi sejuk dan nyaman.

Selain memiliki alam yang luar biasa indah, tempat wisata yang berada di atas bukit Ciamis ini juga memiliki beberapa wahana permainan dan spot foto yang bagus. Baik wahana maupun spot foto tersebut berhasil menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk datang berlibur ke wisata asal Desa Handapherang, Jawa Barat ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Grand Sayang Kaak

Daya Tarik Grand Sayang Kaak
Image Credit: Google Maps Dizay Production

1. Alam

Karena Grand Sayang Kaak merupakan tempat wisata alam keluarga maka tidak heran jika alam itu sendiri yang akan menjadi daya tarik paling utamanya. Hal ini didukung dengan keberadaan hutan di tempat wisata cantik ini yang masih sangat asri sehingga membuat udara menjadi sejuk dan sangat nyaman.

Dengan kondisi tersebut membuat beberapa wisatawan yang sengaja datang bukan untuk bersenang-senang namun hanya untuk melakukan refreshing. Tidak hanya hutannya saja yang menjadi daya tarik namun indahnya pemandangan bukit dan Sungai Citanduy dari kejauhan juga turut serta menambah indahnya alam sekitar tempat wisata populer ini.

2. Spot Foto

Daya tarik berikutnya adalah spot foto yang disediakan oleh pihak pengelola Grand Sayang Kaak. Karena berfoto kini menjadi sebuah kegiatan wajib saat liburan membuat rata-rata tempat wisata modern pasti memiliki spot foto yang bagus, begitu juga dengan tempat wisata hits yang ada di Ciamis ini dimana dia memiliki beberapa spot foto unik dan instagramable.

Spot-spot foto tersebut adalah Sayap Kupu-Kupu, Lantai Kaca di atas ketinggian, dan Meja Makan di atas ketinggian. Semua spot foto ini memiliki background alam dari ketinggian jadi hasil foto yang diambil jelas akan sangat menarik. Selain spot-spot foto tersebut anda juga bisa berfoto di pondok diatas ketinggian dan masih ada beberapa spot menarik lainnya.

3. Wahana Permainan

Daya tarik terakhir yang dimiliki oleh Grand Sayang Kaak adalah wahana permainan. Terdapat 3 wahana permainan yang bisa anda rasakan di tempat wisata cantik ini yaitu Flying Fox, Off Road, dan Arum Jeram. Semua wahana permainan tersebut akan memacu adrenalin anda jadi apakah anda siap untuk merasakan sensasinya?

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Grand Sayang Kaak
Image Credit: Google Maps Lara Pamungkas

Lokasi dari Grand Sayang Kaak berada di Kecamatan Cijeungjing, Desa Handapherang, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat. Untuk rute perjalanannya anda bisa menggunakan Gedung Sate Kota Bandung sebagai patokan, jadi dari Gedung Sate di Jl Diponegoro No. 22 silahkan ambil jalur menuju pertigaan Jl. Layang Pasupati kemudian belok kiri.

Terus ikuti Jl. Layang Pasupati sampai masuk ke Jl. Dr. Djunjunan kemudian melewati Jl. Sukawarna dan masuk ke Jl. Tol Pasteur. Dari Jl. Tol Pasteur terus lurus kemudian ambil jalur keluar ke arah Pasir Koja lalu melewati ke Jl. Tol Padaleunyi sampai menemukan Gerbang Tol Cileunyi dan ambil jalur keluar menuju Jl. Nasional III.

Setelah tiba di pertigaan Jl. Nasional III anda harus belok kanan dan terus di Jl. Nasional III melewati Tasikmalaya. Setelah keluar dari Tasikmalaya anda harus terus mengikuti Jl. Nasional III sampai tiba di pertigaan dekat Samsat Ciamis. Dari pertigaan ini silahkan belok kanan untuk masuk ke Jl. Raya Cirahong.

Terus di jalan tersebut sampai menemukan pertigaan Jl. Pawindan 1 lalu belok kiri dan terus lurus sampai tiba di pertigaan Jl. Ro. Otto Iskandardinata. Silahkan belok kiri di jalan tersebut dan terus lurus sampai melewati Jl. Otista dan menemukan pertigaan Jl. Raden Patih.

Silahkan belok kanan di pertigaan ini kemudian belok kanan lagi di pertigaan pertama dari Jl. Raden Patih. Setelah belokan tersebut anda akan menemukan lokasi Grand Sayang Kaak yang berada tepat di ujung jalan. Panjang rute perjalanan ini kurang lebih sekitar 145 km dengan waktu tempuh menggunakan mobil (karena lewat Jalan Tol) sekitar 3 jam 44 menit.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Grand Sayanag Kaak
Image Credit: Google Maps Cusoget

Untuk menikmati pesona dari wisata Grand Sayang Kaak, maka pengunjung dibebankan tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Harga tiket masuk ini belum termasuk retribusi parkir kendaraan bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi.

Tiket parkir untuk sepeda motor akan dikenakan retribusi parkir sebesar Rp 2.000 per unit sedangkan untuk mobil adalah sebesar Rp 5.000 per unit.

Aktivitas yang Menarik di Grand Sayang Kaak

Aktivitas di Grand Sayang Kaak
Image Credit: Google Maps Nunu Ramdani

1. Berfoto

Kegiatan menarik pertama adalah berfoto. Memang kegiatan yang satu ini merupakan salah satu hal wajib untuk dilakukan seseorang ketika berlibur. Maka dari itu ketika anda menginjakan kaki di tempat wisata alam ini berfoto merupakan sebuah kegiatan yang harus dilakukan.

Hal ini kemudian didukung oleh alam yang cantik mulai dari bukit, hutan, dan sungai. Selain itu adanya beberapa spot foto instagramable seperti Sayap Kupu-Kupu, Meja Makan di atas ketinggian, dan Lantai Kaca yang ada di atas ketinggian akan melengkapi tempat-tempat unik untuk berpose di depan kamera.

Bagi wisatawan yang phobia ketinggian pasti akan ada rasa takutnya namun begitu melihat hasil foto yang menakjubkan mereka pasti ketagihan untuk berfoto lagi dan lagi. Maka dari itu ketika anda berlibur ke Grand Sayang Kaak pastikan berfoto harus dilakukan terlebih di spot-spot yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

2. Mencoba Wahana Permainan

Kegiatan menarik berikutnya adalah mencoba beberapa wahana permainan yang tersedia di tempat wisata asal Ciamis tersebut. Pertama ada Flying Fox yang membuat anda akan terjun melewati tali yang diikatkan pada 2 tempat menggunakan roda. Ketika meluncur akan ada suara teriakan yang terdengar namun begitu tiba di titik akhir malah anda akan tertawa.

Wahana permainan selanjutnya yaitu area Off Road yang bisa digunakan oleh sepeda motor atau mobil yang memiliki kemampuan untuk melewati lintasan tidak rata. Area Off Road ini sendiri memiliki beberapa titik menantang salah satunya adalah kubangan lumpur yang akan membuat ban kendaraan anda tertanam.

Terakhir ada Arum Jeram yang bisa anda coba di Sungai Citanduy. Wahana terakhir ini cukup menantang namun anda juga perlu kewaspadaan ekstra karena banyak hal yang bisa terjadi selama melewati aliran sungai tersebut.

Aktivitas Menarik di Grand Sayang Kaak
Image Credit: Google Maps Yuli Nurmalasari

3. Menyaksikan Indahnya Alam Sekitar

Beralih ke kegiatan menarik berikutnya yang bisa anda lakukan di Grand Sayang Kaak yaitu menyaksikan indahnya alam sekitar. Kegiatan ini cukup bisa membuat ketenangan batin tersendiri karena dari kejauhan anda bisa melihat hutan yang kaya akan warna hijau, aliran sungai yang cantik, dan indahnya perbukitan yang ada di sekitarnya.

4. Melakukan Refreshing

Kegiatan menarik terakhir adalah melakukan refreshing atau bersantai. Kegiatan ini cukup bisa dilakukan karena alam yang ada di tempat wisata asal Ciamis ini masih sangat asri dan memiliki udara yang sangat sejuk. Lokasinya juga cukup jauh dari kota besar jadi masalah polusi udara dan suara tidak akan terasa di tempat wisata populer ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Grand Sayang Kaak
Image Credit: Google Maps Dizay Production

1. Tempat Parkir Kendaraan

Fasilitas pertama adalah tempat parkir kendaraan yang dapat menampung beberapa jenis kendaraan mulai dari sepeda motor dan mobil yang dibawa oleh wisatawan ketika berlibur. Ukuran dari fasilitas ini juga cukup luas sehingga masalah kehabisan tempat parkir atau susah mencari tempat parkir akan jarang terjadi di Grand Sayang Kaak.

2. Pondok Kayu

Beralih ke fasilitas berikutnya yaitu pondok kayu yang berada di atas ketinggian. Pondok kayu ini sering digunakan untuk wisatawan duduk bersantai dan ada juga yang menggunakannya sebagai tempat berfoto. Untuk menggunakan fasilitas ini juga tidak perlu membayar biaya sewa dulu jadi silahkan gunakan pondok kayu tersebut sepuasnya.

3. Warung Makan

Fasilitas terakhir adalah warung makan yang menjual beberapa jenis makanan dan minuman mulai dari makanan berat, snack, minuman panas, minuman dingin, bahkan rokok. Dengan adanya fasilitas ini sudah membantu wisatawan yang datang berlibur tanpa membawa bekal, jadi wisatawan tersebut sudah tidak perlu khawatir soal urusan makan dan minum.

Itu dia beberapa review mengenai Grand Sayang Kaak yang berlokasi di Ciamis, Jawa Barat. Perlu diketahui bahwa tempat wisata cantik ini buka setiap hari dengan rincian hari Senin sampai hari Jumat buka mulai pukul 09.00 sampai 17.00 WIB, kemudian untuk hari Sabtu dan hari Minggu buka mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB.