Pantai Batu Karas Pangandaran, Wisata Bahari Idaman Turis Mancanegara

Pantai Batu Karas Pangandaran

Lokasi: Desa Batu Karas, Kec. Cijulang, Kab. Pangandaran.
MapCek Lokasi

Pulau Jawa dikenal dengan wisata bahari “Pantai Laut Selatan”, dimana pesona setiap pantai satu berbeda dengan pantai lainnya. Terutama Jawa Barat, Yogyakarta dan Jawa Timur. Pantai Batu Karas merupakan salah satu pantai di Jawa Barat, tepatnya di Kabupaten Pangandaran.

Pantai ini merupakan perpaduan antara pantai Pangandaran dan pantai Hiu karena ketiganya berada pada satu garis pantai. Memang Laut Selatan memiliki banyak pantai yang dijadikan tempat wisata namun setiap pantai memiliki ciri khas masing-masing. Pantai Batu Karas memiliki ombak yang tenang dan panjang sehingga cocok untuk dijadikan area selancar.

Maka dari itu, untuk Anda yang suka berselancar silahkan mencoba tantangan dari ombak Batu Karas ini. Karena ombak di Batu Karas ini memiliki tingkatan yang berbeda untuk yang ingin mencoba berselancar. Di bawah ini ulasan tentang Pantai Batu Karas yang menarik perhatian wisata domestik dan mancanegara.

1. Pantai Batu Karas, Pantai Tenang Incaran Para Surfer

Pantai Batu Karas, Pantai Tenang Incaran Para Surfer

Image Credit: Galeriwisata.wordpress.com

Jika Anda bukan hanya sekedar penikmat keindahan pantai, namun menyukai tantangan ombak pantai juga Anda harus mencoba berwisata ke pantai Batu Karas ini. Pantai Batu Karas memiliki 3 titik yang bisa digunakan untuk berselancar. 3 titik tersebut disebut Legok Pari, Karang dan Bulak Pendak.

Spot selancar Legok Pari cocok untuk beginner karena ombak di spot ini tidak terlalu tinggi. Spot selancar Karang bisa Anda lakukan ketika laut sedang pasang. Sedangkan Bulak Pendak memiliki tingkatan paling sulit dimana jarak jauh yang mengharuskan Anda menyewa perahu serta ombaknya panjang dan tinggi.

Di sisi lain Pantai Batu Karas bukan cocok saja untuk peselancar. Anda yang tidak ingin berselancar pun dipersilahkan mengunjungi pantai ini dengan seorang diri maupun dengan keluarga anda. Sebenarnya pantai ini bisa dikatakan ramai pengunjung namun tidak seramai pantai lain yang sudah terkenal sejak lama. Jadi Anda benar-benar bisa menikmati desir ombak.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Cianjur Paling Populer

Ketika Anda datang ke tempat wisata satu ini, Anda akan menemui banyak turis asing. Karena memang pesona pantai ini sudah tidak bisa diragukan lagi. Pesonanya menarik perhatian wisata domestik maupun mancanegara. Turis asing tersebut mayoritas tertantang ingin menaklukkan gulungan ombak pantai ini.

Untuk Anda yang ingin berenang diperbolehkan tapi harus melihat ombak dulu apakah ombaknya tidak terlalu tinggi juga amankah? Jika Anda datang bersama anak-anak Anda pastikan mereka tidak lengah dari pandangan mereka. Sarankan saja mereka untuk bermain pasir di tepi pantai.

Memang, wisata bahari Pantai Batu Karas ini cocok untuk semua usia dan kalangan, untuk anak-anak pun sudah disediakan area bermain. Jadi mereka dijamin tidak akan bosan untuk berlama-lama di sini.

2. Harga Tiket Masuk Pantai Batu Karas

Harga Tiket Masuk Pantai Batu Karas

Image Credit: Indonesiakaya.com

Untuk harga tiket masuk pantai Batu Karas ada bermacam-macam harga yakni dari Rp 1.500 hingga Rp 80.500. Harga tersebut berlaku untuk pejalan kaki (per orang) hingga kendaraan bus besar. Untuk mengantisipasi perubahan tarif tiket Anda sebaiknya membawa uang lebih, bukankah sayang sekali jika Anda sudah datang dari jauh ternyata harga tiket masuk sudah naik.

Anda tidak perlu cemas karena pantai ini buka selama 24 jam. Anda bisa sesuka hati datang jam berapapun yang Anda mau. Jadi, pantai ini sangatlah cocok bagi wisatawan yang berasal dari luar daerah karena tidak perlu takut jika pantai ini tutup.

Terlebih Anda sudah di tempat menjelang terbenamnya matahari. Keindahan matahari terbenam terlihat sangat indah di pantai ini. Anda juga dapat menikmati indahnya pemandangan laut sambil menikmati bekal ataupun makanan dari pedagang sekitar.

3. Penginapan, Camping Ground & Tempat Makan

Penginapan, Camping Ground & Tempat Makan

Image Credit: Heikaku.com

Karena Pantai Batu Karas buka selama 24 jam Anda tidak perlu khawatir dimana Anda bisa bermalam karena sudah ada di sekitar pantai penginapan berupa hotel ataupun Anda bisa memilih camping ground sebagai tempat bermalam anda. Jadi Anda bisa tenang untuk tinggal lebih lama di wisata ini. Jika Anda suka adventure camping ground bisa menjadi opsi anda.

BACA:  Destinasi Wisata Sehat Taman Herbal Insani di Depok

Tempat wisata akan serasa kurang sempurna jika tidak menyediakan aneka kuliner. Di Pantai Batu Karas ini terdapat sejumlah warung makan dan restoran dimana yang jual adalah aneka jenis makanan laut serta makanan lokal khas Indonesia lainnya.

Jika Anda memiliki masalah dengan budget, Anda bisa mengatasi masalah ini dengan membawa bekal sekaligus camping bersama keluarga dan makan bersama sambil melihat ombak yang begitu menenangkan.

Di sekitar pantai terdapat toko yang menjual macam-macam kaos dan pakaian renang. Tak lupa terdapat pula toko souvenir yang menjual aneka kerajinan seperti kerajinan dari kerang, pasir dan kerajinan lainnya yang terbuat dari bahan yang berasal dari lautan. Untuk harga sendiri Anda bisa melakukan penawaran karena barang yang dijual bukanlah harga pas.

4. Wahana Air Favorit di Pantai Batu Karas

Wahana Air Favorit di Pantai Batu Karas

Image Credit: Westjavainc.org

Selain Anda bisa berselancar, camping bersama, atau sekedar menikmati desir ombak telah disediakan fasilitas yang bisa Anda gunakan untuk lebih berpetualang lebih jauh dengan wisata bahari satu ini. fasilitas tersebut berupa jet sky, kereta kuda dan banana boat. Untuk banana boat sendiri dikenakan biaya sebesar Rp 35.000 per orang.

Ketika Anda bermain dengan wahana di atas Anda tidak perlu cemas karena akan didampingi oleh pemandu dan pastikan Anda mengikuti prosedur yang dituntun oleh pemandu dengan benar untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan.

5. Fasilitas Pendukung di Pantai Cantik Pangandaran

Fasilitas Pendukung di Pantai Cantik Pangandaran

Image Credit: Mypangandaran.com

Ketika Anda memutuskan untuk berlibur di Pantai Batu Karas tidak ada yang perlu Anda khawatirkan karena fasilitas sudah lengkap dan memadai. Fasilitas lain yang dimaksud adalah tempat ibadah, kamar mandi dan tempat makan yang berjajaran.

BACA:  Goa Sunyaragi, Situs Sejarah Unik di Tengah Kota Cirebon

Demikian akomodasi dari wisata bahari Jawa Barat yang menjadi andalan Kabupaten Pangandaran, Pantai Batu Karas. Tempat wisata yang satu ini dinilai sangat layak menjadi tujuan destinasi para wisatawan domestik maupun mancanegara.

Selain harga cukup terjangkau, banyak yang bisa Anda lakukan di sini, fasilitas lengkap dan memadai juga jam operasional yang 24 jam serta terdapat juga penginapan yang berupa hotel maupun camping ground.

Di sisi lain destinasi ini diperuntukkan untuk wisatawan dengan segala usia dan kalangan. Anda tidak perlu bingung bagaimana jika berlibur dengan anak-anak anda. Cukup ajak ke Pantai Batu Karas ini dan nikmati keindahan panorama pantai yang landai dengan suara ombak yang menenangkan.

Perlu Anda ketahui Pantai Batu Karas dekat dengan hutan mangrove, dan ini menjadi nilai plus untuk Anda yang suka dengan fotografi. Anda juga bisa memotret indahnya momen terbenamnya matahari. Mungkin di pantai lain ada yang tidak mendapat spot yang ini. Selain itu pasir di pantai ini berwarna hitam. Jadi bagi Anda yang hobi fotografi Anda pasti tidak akan melewatkan destinasi wisata ini.