13 Tempat Wisata di Pangandaran

Jawa Barat menjadi salah satu provinsi dengan banyaknya tujuan wisata, salah satunya Kabupaten Pangandaran. Kota pesisir yang terletak di sebelah tenggara Jawa Barat ini memiliki banyak sekali tempat wisata terutama pantai.

Berada dekat dengan wilayah pantai menjadikan penduduk yang tinggal mayoritas bekerja sebagai nelayan. Namun, tidak hanya laut yang menjadi mata pencaharian para penduduk karena kedatangan para turis dan wisatawan juga menjadi sumber penghasilan mereka sehari-hari.

Setiap momen liburan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Pangandaran mencapai puluhan hingga ratusan ribu orang. Jumlah ini terus meningkat setiap tahunnya terlebih pada hari libur dan tahun baru. Oleh karena itu, pilihlah hari yang tepat jika Anda ingin berlibur bersama teman atau keluarga dan berikut rekomendasi objek wisata favorit yang sayang jika dilewatkan.

1. Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas

Lokasi: Desa Batu Karas, Kec. Cijulang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat. – Image Credit by Swaragapura.com

Pantai yang satu ini sangatlah cocok bagi Anda yang memilik anak kecil, karena bentuknya yang landai banyak wisatawan yang menyukai pantai ini. Terletak sejauh 34 km dari Pangandaran membuatnya mudah untuk dijangkau.

Selain menikmati pasir dan ombak pantai Anda juga dapat berkemah, berselancar juga menggunakan perahu di bengawan. Disana juga terdapat sebuah pondok wisata dan camping ground sebagai wahana berinteraksi langsung dengan alam.

2. Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran

Lokasi: Desa Pangandaran, Kec. Pangandaran, Kab. Pangandaran, Jawa Barat. – Image Credit by Mytrip123.com

Bisa disebut sebagai salah satu wisata paling populer di kota ini Pantai Pangandaran akan menyajikan pemandangan alam yang indah dengan pasir putihnya. Pantai ini terbagi menjadi dua daerah yaitu bagian barat dan timur.

Tarif masuk Pantai Pangandaran berkisar antara Rp 3.000 untuk pejalan kaki sampai Rp 169.000 untuk sebuah BUS besar. Banyak terdapat spot foto di tempat ini yang bisa Anda nikmati secara gratis.

3. Green Canyon

Green Canyon

Lokasi: Jl. Raya Cijulang – Green Canyon, Cijulang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat. – Image Credit by Blog.airpaz.com

Jika Anda bosan dengan pantai obyek wisata yang satu ini bisa Anda coba yaitu Green Canyon atau orang Sunda sering menyebutnya dengan Cukang Taneuh. Mirip dengan sungai yang mengalir melewati goa yang penuh dengan batuan stalakmit, berkunjung ke tempat ini akan membuat Anda merasa seperti di obyek-obyek wisata luar negeri.

Letaknya yang tidak jauh dari kota membuatnya mudah untuk dikunjungi, meskipun nampak sangat alami namun jalur untuk menempuh tempat ini tidak sulit untuk dilalui.

4. Desa Wisata Selasari

Desa Wisata Selasari

Lokasi: Selasari, Parigi, Kab. Pangandaran, Jawa Barat. – Image Credit by Wisatapro.com

Awalnya desa ini adalah sebuah desa biasa seperti yang lainnya, namun karena keindahan wisata alamnya para penduduk sepakat untuk menjadikannya sebagai obyek wisata. Mulai dibuka dan diresmikan oleh Bupati Pangandaran pada tahun 2014, desa wisata ini mendapat respon yang baik oleh wisatawan terbukti dengan antusiasme mereka.

Mengunjungi desa ini Anda akan diajak berkeliling desa dan menikmati suasana desa yang masih asri, belum lagi dengan wisata sungai desa Selasari dan budaya masyarakatnya.

5. Citumang Pangandaran

Citumang Pangandaran

Lokasi: Bojong, Parigi, Kab. Pangandaran, Jawa Barat. – Image Credit by Pergidulu.com

Citumang Pangandaran yang terkenal dengan rafting sungainya ini menawarkan wisata alam yang menarik untuk dicoba, dapat memacu adrenalin bagi Anda pengunjung yang menyukai tantangan. Peminat dari Tempat Wisata di Pangandaran ini pun cukup tinggi mengingat akan anak muda yang gemar berpetualang dan mencoba hal-hal baru.

Pengunjung yang datang pun tidak hanya wisatawan lokal namun juga banyak dari mancanegara. Untuk bisa menikmati obyek wisata ini dipatok tarif sebesar Rp 70.000 per orang. Biaya yang relatif terjangkau membuat tempat ini selalu ramai didatangi pengunjung.

6. Situ Cisamping

Situ Cisamping

Lokasi: Jl. Pantai Indah, Batukaras, Cijulang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat. – Image Credit by Seputarpangandaran.com

Ada sebuah legenda bahwasannya dahulu Situ Cisamping pernah dipakai sebagai tempat mandi para dayang-dayang, dan itu masih saja menjadi kepercayaan oleh penduduk. Pemandian ini sudah ada sejak lama dan mulai dibuka untuk obyek wisata sejak tahun 2013.

Pengunjung yang datang pun setiap harinya selalu ada, mulai dari yang masih anak-anak sampai orang tua. Biaya masuk ke obyek wisata ini sebesar Rp 40.000 per orang. Meski tarif yang dipatok lumayan tinggi, namun akan sebanding dengan apa yang Anda dapatkan.

7. Pangandaran Waterpark

Pangandaran Waterpark

Lokasi: Putrapinggan, Kec. Kalipucang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat. – Image Credit by Picssr.com

Untuk Anda yang lebih senang dengan wisata yang berada dekat dengan kota, Pangandaran Waterpark bisa menjadi rekomendasi tempat yang cocok. Berbagai macam wahana air dapat Anda nikmati bersama keluarga dan teman-teman.

Untuk biaya masuknya sendiri pada hari biasa sebesar Rp 15.000 dan pada hari libur sebesar Rp 20.000. Area taman bermain ini sangatlah luas, untuk bermain ATV saja terdapat lahan seluas 10 hektare. Membawa keluarga Anda kesini menjadi pilihan yang sangat tepat untuk mengisi waktu berlibur bersama.

8. Hutan Bakau Batu Karas

Hutan Bakau Batu Karas

Lokasi: Batu Karas, Kec. Cijulang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat. – Image Credit by Pergidulu.com

Di Kabupaten Pangandaran juga terdapat sebuah hutan bakau bernama Hutan Bakau Katu Karas, keunikan dari tempat ini adalah Anda dapat menyaksikan secara langsung pohon bakau dan juga ekosistem yang terdapat di sekitarnya. Benar-benar sajian indah yang bisa dinikmati untuk masa liburan Anda.

Letaknya pun tidak jauh dari pantai dan juga pusat kota, Anda dapat menemukan tempat ini dengan bantuan maps dari internet. Tarif yang perlu Anda keluarkan untuk bisa masuk ke kawasan hutan mangrove ini sebesar Rp 20.000 untuk tiap orangnya. Pastikan ketika berkunjung Anda tidak memilih pada hari libur, karena akan sangat ramai pengunjung dan wisatawan.

9. Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu

Lokasi: Ciliang, Karangbenda, Parigi, Kab. Pangandaran, Jawa Barat. – Image Credit by Weziee.com

Jika dilihat dari namanya mungkin Anda akan berpikir bahwa pantai ini dipenuhi oleh banyak ikan hiu, namun bukan itu alasannya. Di pantai ini terdapat sebuah batu karang besar di tengahnya lebih tepat di tepi pantai dan bentuknya yang menyerupai moncong ikan hiu. Itulah kenapa dinamakan Pantai Batu Hiu.

Tempatnya yang dipenuhi oleh tebing-tebing rendah menjadi daya tarik tersendiri untuk pantai ini, Anda juga akan disajikan dengan spot-spot foto yang beragam. Pantai ini terletak kurang lebih sejauh 14 km dari Pantai Pangandaran. Biaya masuknya pun murah yaitu sebesar Rp 7.000 untuk Anda pengguna sepeda motor dan Rp 19.500 bagi Anda yang membawa mobi pribadi.

10. Goa Sutra Reregan

Goa Sutra Reregan

Lokasi: Selasari, Parigi, Kab. Pangandaran, Jawa Barat. – Image Credit by Survive-giezag.org

Sebagian wisatawan pastilah ada yang menyukai sejarah, jika Anda termasuk di dalamnya maka cobalah berkunjung ke Goa Sutra Reregan. Disana Anda akan disajikan pemandangan goa yang penuh dengan batuan stalakmit, juga ekosistem alam yang lainnya. Berwisata juga bisa sambil belajar.

Keberadaannya yang masih belum banyak diketahui oleh masyarakat membuat goa ini masih sepi pengunjung, meski begitu setiap hari selalu ada wisatawan yang datang untuk berwisata atau melakukan penelitian. Tarif tiketnya pun cukup murah, cukup dengan merogoh kocek sebesar Rp 7.000 Anda sudah dapat mengunjungi goa ini.

11. Pepedan Hills

Pepedan Hills

Lokasi: Selasari, Parigi, Kab. Pangandaran, Jawa Barat. – Image Credit by Phinemo.com

Terletak di desa Selasari Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran, Pepedan Hills adalah sebuah Objek Wisata di Pangandaran yang menyajikan pemandangan alam desa Selasari. Berbeda dari tempat wisata yang lainnya, disini Anda akan lebih banyak menemukan spot berfoto dengan latar belakang pemandangan hutan dan alam yang lainnya.

Untuk Anda yang lebih tertarik dengan penampakan alam tempat ini sangat cocok menjadi rekomendasi obyek wisata Anda. Tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya untuk bisa menikmati tempat ini, cukup dengan Rp 10.000 Anda sudah bisa puas berfoto ria di tempat ini.

12. Cagar Alam Pananjung

Cagar Alam Pananjung

Lokasi: Pananjung, Kec. Pangandaran, Kab. Pangandaran, Jawa Barat. – Image Credit by Wanawisatakita.wordpress.com

Cagar alam seluas 530 hektare ini menjadi tempat tinggal dan berkembang hidup banyak fauna dan flora. Orang-orang yang berkunjung tidak hanya berwisata namun ada juga yang melakukan penelitian untuk kepentingan tertentu.

Mulai diresmikan pada tahun 1934 tempat ini pada awalnya adalah sebuah taman wisata yang dibuka untuk umum, namun setelah oleh pemerintah ditetapkan sebagai cagar alam tempat ini lebih dijaga keasrian dan kealamiannya. Untuk bisa sampai ke lokasi ini akan ditempuh waktu selama kurang lebih 4-5 jam dari kota Bandung. Meskipun membutuhkan waktu yang relatif lama, cagar alam ini tidak pernah sepi pengunjung.

13. Pantai Muaragatah

Pantai Muaragatah

Lokasi: Kertamukti, Cimerak, Kab. Ciamis, Jawa Barat. – Image Credit by Survive-giezag.org

Namanya yang cukup unik bisa menarik minat wisatawan untuk berkunjung, keberadaanya yang sudah cukup banyak diketahui oleh masyarakat menjadikan tempat ini untuk terus ramai dikunjungi pada setiap tahunnya, terutama libur tahun baru. Keunikan dari tempat ini adalah adanya batu karang yang cukup luas di pesisir pantainya dimana hidup banyak biota laut dan para pengunjung dapat menyaksikannya secara langsung.

Meski begitu letak pantai ini cukup jauh yakni di Tasikmalaya, tapi tetap saja banyak warga Bandung yang singgah ke tempat ini juga beberapa pelancong luar negeri. Disana Anda juga dapat menyaksikan sunset sore hari yang indah.

Itulah daftar Destinasi Wisata di Pangandaran yang bisa Anda jadikan sebagai referensi wisata selanjutnya atau saat berlibur bersama keluarga. Tempat manakah yang paling ingin Anda kunjungi?