Lokasi: Jl. Raya Cijulang – Green Canyon, RT.02/RW.10,Kertayasa, Kec. Cijulang, Kab. Pangandaran.
MapCek Lokasi

Berbicara tentang Pangandaran, pasti kebanyakan dari Anda tahu betul kota yang satu ini. Pangandaran memang sudah sangat dikenal terutama dalam hal pariwisata. Tidak hanya tentang pantainya saja melainkan ada beragam destinasi wisata alam lain yang kalah keren.

Kebanyakan dari wisatawan tentu tahu keindahan pantai Pangandaran. Hamparan pasir putih yang memanjang disertai air biru jernih menambah eksotis pemandangan pantai. Namun jika Anda bosan berada di pantai, masih banyak destinasi wisata menarik di Pangandaran.

Salah satu destinasi wisata yang patut Anda kunjungi ketika berada di Pangandaran ialah Green Canyon. Pesona dari wisata air ini menampilkan keindahan yang menakjubkan. Berada di Green Canyon akan cocok menghilangkan rasa penat. Berikut ulasan selengkapnya.

Mengenal Green Canyon yang Eksotis

Mengenal Green Canyon yang Eksotis
Image Credit: Wiki-wisata.blogspot.com

Green Canyon atau Cukang Taneuh merupakan wisata air yang sangat populer di Pangandaran. Berbeda dari wisata lain, di tempat wisata ini pengunjung akan di tantang mengacu adrenalin selama mengikuti beberapa aktivitas. Namun, keadaan demikian akan semakin seru mengingat pemandangan di setiap perjalanan akan terlihat natural dan menawan.

Ketika pertama datang ke Green Canyon maka Anda harus menaiki perahu kayuh yang siap mengantar ke lokasi wisata. Aktivitas sesungguhnya memang belum di mulai tapi di sini Anda akan merasakan kesejukan luar biasa mulai dari keanekaragaman alam yang ciamik dipadukan dengan bebatuan unik nan eksotis. Belum lagi hamparan bukit yang terlihat dari sisi kanan kiri.

Ketika berkunjung ke tempat ini ada baiknya datang bersama rekan atau keluarga. Hal itu agar Anda tidak sendirian dalam melihat pemandangan indah yang ditawarkan tempat wisata populer yang satu ini. Segala aktivitas penat seketika akan langsung hilang melihat kesejukan nuansa yang ada di perjalanan seakan Anda sedang di Grand Canyon.

Kisah mengenai penamaan Green Canyon itu sendiri begitu menarik. Awalnya nama tersebut dikenakan oleh warga negara Prancis yang melihat hamparan bebatuan dan air yang berwarna hijau. Maka nama Green Canyon di pilih karena dianggap sesuai. Selain itu nama tersebut juga merupakan plesetan dari Grand Canyon yang ada di Colorado, Amerika Serikat.

Daya Tarik dari Green Canyon di Pangandaran

Daya Tarik dari Green Canyon di Pangandaran
Image Credit: Wisataoke.com

Nama asli dari lokasi wisata air ini ialah Cukang Taneuh. Atau dalam bahasa Indonesia berarti Jembatan tanah. Nama demikian di rasa pas mengingat pemandangan alam yang terhampar terlihat begitu ciamik. Anda akan melihat beragam bukit indah di sertai stalaktit-stalaktit ketika melewati rongga bukit ketika dalam perjalanan perahu.

Perjalanan awal memang harus dengan perahu dari dermaga Ciseureuh. Perjalanan bisa mencapai 30-45 menit tapi tidak akan berasa karena melihat beragam pemandangan alam sekitar. Mengenai keamanan, pengunjung juga tak perlu khawatir mengingat adanya pemandu yang siap melayani ramah sampai pengunjung sampai ke lokasi tujuan.

Bagi Anda pecinta adrenalin dan suka tantangan, Green Canyon akan menjadi pilihan tepat. Sebab setelah sampai ke lokasi, Anda dapat mengikuti beberapa aktivitas air seru dan yang pasti tidak membosankan. Berkunjung bersama rekan jelas menambah keseruan serta menjalin hubungan silaturahmi yang tetap terjaga.

Adrenalin Anda akan semakin terasa bila memutuskan melakukan loncat dari bebatuan. Ada beberapa spot yang memang digunakan untuk berenang. Keseruan akan semakin terasa mengingat pemandangan dan air hijau toska yang ada di Green Canyon.

Kegiatan Body Rafting di Green Canyon

Kegiatan Body Rafting di Green Canyon
Image Credit: Dakatour.com

Setelah puas melihat kecantikan pemandangan alam di Pangandaran, Anda bisa mengikuti kegiatan Body rafting. Body rafting merupakan aktivitas unggulan yang ditawarkan di Green Canyon. Pastikan Anda menyiapkan mental dan stamina prima karena perjalanan akan menyusuri sungai panjang yang mendebarkan.

Bagi Anda yang tertarik mengikuti body rafting ada dua pilihan penelusuran. Artinya dua hal ini menawarkan keseruan menelusuri sungai tapi dengan durasi dan trek yang berbeda. Pertama yakni trek panjang dengan biaya 225.000. Anda akan di ajak berpetualang seru selama 4-5 jam dengan panjang trek 10km. Pengunjung dijamin akan merasa puas melewati setiap medannya.

Pilihan kedua ialah dengan trek yang lebih singkat yakni sepanjang 5km. Namun tetap saja tak kalah seru mengingat medan yang dilewati cukup berkelok dan menantang. Harga yang ditawarkan ialah sebesar 220.000. Melewati trek ini biasanya menghabiskan waktu selama 1,5- 3 jam.

Biaya yang dikenakan untuk Body Rafting mungkin terdengar mahal namun bila dicerna lebih dalam maka harga demikian wajar. Hal itu mengingat pembayaran demikian sudah mencakup perjalanan awal dengan mobil, pemandu, makan satu kali dan tentunya peralatan. Perjalanan Anda juga akan aman mengingat pemandu yang siap mengawasi dan mengkoordinir terus.

Akses Jalan Menuju Lokasi Wisata Green Canyon

Akses Jalan Menuju Lokasi Wisata Green Canyon
Image Credit: Airpaz.com

Mengenai akses jalan, Anda tidak perlu khawatir tersesat. Petunjuk jalan sudah banyak terpampang sehingga pengunjung akan lebih mudah menemukan area lokasi wisata. Apalagi jarak antara pantai Pangandaran hanyalah sekitar 31 km. Jadi Anda wajib mampir bila ingin mendapat kesenangan lebih ketika berada di destinasi tempat wisata di Jawa barat ini.

Bila Anda dari arah Jakarta maka waktu tempuh bisa mencapai 6-8 jam. Hal itu mengingat jalur yang harus dilalui meliputi jalur Bandung – Tasikmalaya – Ciamis – Pangandaran – Cijulang. Akses jalan sudah di buat sedemikian rupa sehingga memudahkan pengunjung ketika datang. Anda dapat datang baik dengan kendaraan pribadi maupun alat transportasi yang ada.

Apabila Anda tidak ingin repot dalam hal perjalanan maka ada beberapa pilihan lain yang bisa ditempuh. Salah satunya dengan mendaftar di beberapa paket trip yang tersedia. Hal itu jelas ada mengingat Green Canyon sudah menjadi destinasi wisata air yang populer.

Harga Tiket Masuk Wisata Green Canyon

Harga Tiket Masuk Wisata Green Canyon
Image Credit: Triphemat.com

Biaya tiket masuk menuju Green Canyon tidaklah mahal. Malah tergolong gratis mengingat pembayaran hanya dilakukan sebagai alat transportasi menuju destinasi. Untuk sampai ke Green Canyon memang harus menyewa perahu yang sudah di sediakan di dermaga. Biaya penyewaan mencakup 150.000.

Biaya perjalanan tersebut dapat dibagi dengan 5 sampai 6 orang bergantung kapasitas perahu kayuh. Jadi lebih baik Anda mengajak rekan agar dana bisa bayar patungan. Dengan begitu biaya jadi semakin murah. Apalagi pemandangan selama perjalanan sangat menakjubkan dengan bebatuan dan air berwarna hijau toska.

Masalah keselamatan Anda tidak perlu risau karena di dampingi ahlinya langsung. Tidak hanya ahli tetapi juga berpengalaman. Biaya tambahan bisa dikenakan saat wisatawan mengikuti aktivitas body rafting ataupun berwisata kuliner. Bagaimanapun perubahan biaya bisa terjadi. Jadi Anda sebaiknya selalu update biaya terbaru dengan mengecek secara berkala.

Itulah beberapa informasi menarik tentang Green Canyon. Dengan segala keindahan dan aktivitas seru yang bisa di ikuti maka Anda tidak akan pernah bosan berlama-lama di lokasi wisata. Segala kepenatan dan kesibukan aktivitas sehari-hari bisa dilupakan sejenak. Jangan lupa pula abadikan momen berkesan dengan memfoto aktivitas seru Anda di Green Canyon.