15 Wisata Pantai di Pangandaran Paling Hits Dikunjungi

Wisata Pantai Pangandaran

Pangandaran merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki banyak potensi pariwisata. Daerah ini juga dikenal dengan Pantai Pangandaran yang sudah dari dulu menjadi tempat wisata andalan bagi masyarakat sekitar atau bahkan dari luar Jawa Barat.

Pantai Pangandaran memang menjadi primadona, tetapi masih ada banyak pantai eksotis lainnya di Kabupaten Pangandaran. Lokasinya yang berada di sisi selatan Pulau Jawa, membuat Pangandaran memiliki banyak pantai, mulai dari pantai berpasir, pantai karang, dan pantai-pantai unik lainnya.

Pantai Pangandaran mungkin sudah menjadi bagian dari kenangan banyak orang. Selain itu, Pangandaran menawarkan banyak pantai seperti Madasari, Batu Karas, dan masih banyak lagi. Beberapa pantai di Pangandaran bahkan seperti pantai pribadi karena belum ramai pengunjung. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Pantai Madasari

Pantai Madasari

Image Credit: Mypangandaran.com

Pantai di ujung barat Pangandaran ini merupakan salah satu pantai eksotis tersembunyi yang kini mulai ramai dikunjungi. Tempat yang dikelola oleh masyarakat sekitar tersebut menjadi salah satu spot terbaik untuk berburu sunset.

Nama pantai ini sendiri diambil dari salah satu legenda masyarakat Bugis yang namanya diubah menjadi Madasari. Ombak di pantai ini cukup tinggi, sehingga pengunjung sebaiknya tidak terlalu jauh ke tengah laut.

Lokasi: Jl. Pantai Wisata, Masawah, Kec. Cimerak, Kab. Pangandaran.

2. Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu

Image Credit: Pergidulu.com

Nama pantai ini sudah sangat populer sebagai salah satu tempat wisata di Kabupaten Pangandaran. Pengunjung dapat menikmati pemandangan pantai dan tebing yang mengelilinginya.

Tersedia gazebo untuk pengunjung yang ingin bersantai atau makan-makan bersama rombongan. Ombak yang besar di pantai ini menjadi pemandangan utama yang dapat dinikmati pengunjung, termasuk saat sunset.

Lokasi: Ciliang, Kec. Parigi, Kab. Pangandaran.

3. Pantai Keusik Luhur

Pantai Keusik Luhur

Image Credit: Topijelajah.com

Pesona keindahan pantai di Kabupaten Pangandaran ini menarik banyak wisatawan untuk datang. Keindahan laut biru dengan ombak yang cukup tinggi dapat dinikmati pengunjung dari atas bukit.

Wisatawan yang datang bisa menghabiskan liburan di pantai ini dengan bersantai, berfoto-foto, dan lain sebagainya. Perbukitan di sekitar pantai dengan bentuk pantai yang melengkung membuat tempat ini bagus untuk spot foto.

Lokasi: Kertamukti, Kec. Cimerak, Kab. Pangandaran.

4. Pantai Karapyak

Pantai Karapyak

Image Credit: Mypangandaran.com

Pantai yang satu ini menawarkan pemandangan pantai dan laut yang masih tergolong alami. Lokasinya yang tidak terlalu ramai seperti pantai-pantai populer lain di Pangandaran membuat Karapyak masih alami.

Fasilitas di pantai ini masih terbatas, namun wisatawan bisa menikmati pantai dengan bersantai, makan-makan, berfoto ria, atau mencari biota-biota laut di sekitar pantai. Beberapa spot juga bisa dijadikan tempat untuk memancing ikan.

Lokasi: Bagolo, Kec. Kalipucang, Kab. Pangandaran.

5. Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas

Image Credit: Swaragapura.com

Batu Karas dikenal sebagai salah satu pantai dengan ombak yang cukup besar. Banyak surfer yang memburu tempat ini, baik surfer lokal maupun dari mancanegara. Pantai di sini juga bisa menjadi tempat terbaik untuk belajar surfing.

Kawasan pantai ini cukup asri dan lebih tenang dibandingkan pantai populer di Pangandaran lainnya. Namun, fasilitas di Pantai Batu Karas sudah cukup lengkap. Selain penginapan, wisatawan juga bisa menikmati kuliner khas laut di warung-warung sekitar pantai.

Lokasi: Jl. Pantai Indah No.Desa, RT.08/RW.04, Batukaras, Kec. Cijulang, Kab. Pangandaran.

6. Pantai Karang Nini

Pantai Karang Nini

Image Credit: Mypangandaran.com

Seperti namanya, pantai ini menyajikan pemandangan batu karang yang menjadi daya tarik utama dari objek wisata ini. Berdasarkan bahasa Sunda, karang Nini berarti karang mirip nenek.

Wisatawan dapat menikmati pemandangan dari batu karang yang memecah ombak ini. Suasana di tempat wisata ini masih tergolong asri dan cukup tenang. Cocok untuk wisatawan yang ingin melepas penat atau mengisi liburan di akhir pekan.

Lokasi: Emplak, Kec. Kalipucang, Kab. Pangandaran.

7. Pantai Pananjung

Pantai Pananjung

Image Credit: Produkwisatapnd.blogspot.com

Pantai yang masih alami dengan pasir putih yang lembut dapat pengunjung nikmati di objek wisata Pantai Pananjung, Pangandaran. Pengunjung dapat menjumpai kera-kera yang berkeliaran di pantai karena pantai ini memang masih dalam wilayah konservasi.

Pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seru di tempat wisata ini, termasuk snorkeling dan berselancar. Laut yang masih terjaga membuat biota di dalamnya dapat diamati wisatawan yang datang ke Pananjung.

Lokasi: Pananjung, Kec. Pangandaran, Kab. Pangandaran.

8. Pantai Lembah Putri

Pantai Pasir Putih

Image Credit: Ksmtour.com

Dari atas bukit, wisatawan dapat melihat pemandangan menakjubkan dari Pantai Lembah Putri. Pengunjung juga bisa memancing, berkemah, hingga mencoba gantole di tempat wisata ini.

Wisatawan dapat menaiki tangga menuju bukit yang biasa disebut miniatur tembok Cina. Tangga tersebut merupakan salah satu spot foto bagi para pengunjung. Selain pantai, wisatawan juga bisa melihat sebuah gua di sekitar pantai yang disebut Gue Ronggeng.

Lokasi: Putrapinggan, Kec. Kalipucang, Kab. Pangandaran.

9. Pantai Karang Tirta

Pantai Karang Tirta

Image Credit: Topijelajah.com

Pantai di Pangandaran yang satu ini memiliki ombak yang cukup tenang. Pantai dengan pasir putih kecokelatan yang bersih dan tidak berkarang.

Selain bersantai di pantai, pengunjung juga bisa berenang, memancing, mencari biota-biota laut yang terdampar di pantai, atau menikmati kuliner khas Pangandaran.

Fasilitas di Pantai Karang Tirta sudah termasuk lengkap. Ada tempat parkir, warung makan, gazebo di sekitar pantai. Di sekitar pantai ini juga terdapat hutan kecil yang ditanami berbagai jenis tumbuhan.

Lokasi: Sukaresik, Kec. Sidamulih, Kab. Pangandaran.

10. Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran

Image Credit: Mytrip123.com

Pantai ini menjadi salah satu tempat wisata populer yang memiliki pemandangan pantai mempesona. Lokasi pantai ini juga biasa dijadikan spot favorit untuk berburu matahari terbenam atau sunset.

Karakteristik pantai yang menjorok ke tengah laut ini juga menjadikan pantai Pangandaran bisa menjadi tempat terbaik menikmati keindahan matahari terbit. Jika wisatawan ingin pantai yang lebih tenang, di sisi timur bisa menjadi tempat terbaik untuk menikmati suasana pantai.

Lokasi: Pangandaran, Kec. Pangandaran, Kab. Pangandaran.

11. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih

Image Credit: Pergidulu.com

Pantai Pasir Putih di Pangandaran merupakan salah satu pantai yang banyak dikunjungi wisatawan. Keindahan pantai ini bahkan tidak kalah bagus dengan pantai-pantai yang ada di Bali. Pasir putih di pantai ini cukup halus dan bisa menjadi arena bermain untuk wisatawan, terutama anak-anak.

Aktivitas lain yang bisa dilakukan di Pantai Pasir Putih adalah snorkeling. Wisatawan bisa menyewa peralatan snorkeling dan meminta pemandu untuk mengajarkan cara snorkeling yang benar.

Lokasi: Pangandaran, Kec. Pangandaran, Kab. Pangandaran.

12. Pantai Cikaracak

Pantai Cikaracak

Image Credit: Survive-giezag.org

Tempat wisata pantai yang wajib dikunjungi di Pangandaran adalah Pantai Cikaracak. Pesona batu karang di tepi pantai dengan ombak yang bertubi-tubi menghantam karang membuat pemandangan di pantai ini kian eksotis.

Disi juga terdapat tebing dengan pepohonan hijau yang mengelilingi area pantai. Daya tarik lainnya dari tempat wisata ini adalah tebing karang yang tidak terlalu tinggi yang memiliki air terjun mini.

Aliran airnya memang tidak terlalu deras, tetapi keberadaannya membuat banyak wisatawan tertarik untuk datang. Pantai ini juga bisa menjadi lokasi untuk wisatawan menikmati pemandangan sunset.

Lokasi: Cimerak, Kec. Cimerak, Kab. Pangandaran.

13. Pantai Muaragatah

Pantai Muaragatah

Image Credit: Survive-giezag.org

Tempat wisata yang belum terlalu ramai pengunjung ini memiliki pemandangan cantik dari batuan karang dan perbukitan di sekitarnya. Pada saat air laut surut, wisatawan bisa mencari ikan-ikan kecil yang terjebak di bebatuan karang di pantai.

Tidak jauh dari pantai, pengunjung bisa mencoba pengalaman memasuki goa alam dengan jalur sekitar 60 meter. Sungai yang bermuara ke laut di pantai ini juga bisa dijadikan spot memancing bagi wisatawan.

Lokasi: Kertamukti, Kec. Cimerak, Kab. Pangandaran.

14. Pantai pangelek

Pantai pangelek

Image Credit: Topijelajah.com

Pemandangan matahari terbit maupun matahari terbenam dapat dinikmati di Pantai Pangelek, Pangandaran. Pantai dengan ombak yang tidak begitu besar ini memiliki kawasan pantai yang cukup luas sehingga wisatawan dapat bermain di pantai dengan leluasa.

Tempat wisata ini belum terlalu populer sehingga fasilitasnya masih cukup terbatas. Namun untuk wisatawan yang ingin merasakan liburan di pantai pribadi, bisa mencoba sensasinya di Pantai Pangelek ini.

Lokasi: Batukaras. Kec. Cijulang, Kab. Pangandaran.

15. Pantai Palatar Agung

Pantai Palatar Agung

Image Credit: 86News.co

Pantai dengan pasir putih ini memiliki garis pantai yang cukup panjang dengan bentuk sedikit melengkung. Pepohonan khas pantai seperti kelapa juga dapat ditemui di tempat wisata ini.

Pengunjung pantai dapat melakukan banyak aktivitas seru seperti memancing, berburu sunset, atau sekedar berfoto-foto. Pada saat tertentu, pantai ini sering dijadikan lokasi upacara adat seperti sedekah laut.

Jika beruntung, wisatawan bisa melihat langsung acara adat yang diselenggarakan di Pantai Palatar Agung. Jika lelah, wisatawan bisa berburu kuliner seperti seafood dan ikan bakar yang banyak dijual di sekitar pantai.

Lokasi: Pamotan, Kec. Kalipucang, Kab. Ciamis.

Itulah 15 wisata pantai di Pangandaran yang menarik untuk dikunjungi. Wisata pantai ini bisa menjadi alternatif liburan murah meriah bersama keluarga atau orang-orang terdekat. Sebaiknya membawa bekal untuk persiapan apabila tidak ada fasilitas warung makan di objek wisata yang dikunjungi.