Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Desa Gajahrejo, Kec. Gedangan, Kab. Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Pantai Ungapan terletak di kota Malang merupakan salah satu wisata yang terkenal di Jawa Timur. Kota ini memang dikenal sebagai salah satu tempat yang memiliki banyak sekali destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi.

Terdapat berbagai macam destinasi wisata yang bisa dikunjungi oleh para Anda. Pantai ini sendiri merupakan salah satu wisata bahari yang cukup populer di kota tersebut. Banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini untuk menikmati pemandangan alam berhias bukit karang yang menawan.

Saat Anda kebetulan berada di kota Malang, maka menyempatkan waktu untuk mengunjungi Pantai Ungapan merupakan ide yang tepat. Pantai ini sangatlah menawan dan eksotis. Ada banyak sekali keindahan alam yang disajikan oleh pantai tersebut. Berikut ini ulasan lebih lengkap mengenai daya tarik yang dimiliki, fasilitas, rute dan hal-hal lain terkait pantai ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ungapan

Daya Tarik Pantai Ungapan
Image Credit: Google Maps Andreas Matulandi

1. Panorama Pantai yang Elok

Keindahan yang disuguhkan oleh pantai yang ada di kota Malang memang sangatlah luar biasa. Salah satunya dimiliki oleh Pantai Ungapan itu sendiri. Daya tarik utama dari pantai ini yaitu panorama yang sangat memanjakan mata.

Anda bisa menyaksikan pemandangan laut lepas yang begitu mengagumkan. Ketika telah sampai di lokasi, pemandangan batu karang yang begitu kokoh dan menjulang tinggi bisa Anda saksikan. Karang-karang tersebut tampak gagah melawan ombak pantai. Warna dari air laut yang bergradasi juga semakin menambah keelokan itu.

Di bagian tengah-tengah laut, Anda pun akan menemukan dua buah pulau. Selain itu Anda juga dapat menemukan pemandangan berupa bukit kecil. 2 hal tersebut menjadikan Pantai Ungapan memiliki panorama yang lain dibanding pantai-pantai lainnya. Tak jarang wisatawan yang berkunjung ke pantai tersebut berasal dari luar negeri.

2. Pemandangan Gazebo Berbaris Rapi

Daya tarik berikutnya yang juga dimiliki oleh pantai tersebut yaitu terdapat banyak gazebo yang berjajar rapi. Properti tersebut memang sengaja disediakan oleh pihak penyedia pantai untuk memikat para wisatawan agar mau berkunjung ke tempat ini.

Anda akan menemukan gazebo membentang dari arah timur hingga ke arah barat. Dan jumlahnya pun juga cukup banyak. Gazebo itu dibuat dari material berupa kayu dan bambu.

Banyak para wisatawan yang memanfaatkan gazebo untuk bersantai bersama dengan saudara, keluarga, sahabat ataupun pasangan mereka. Terlebih ketika menjelang sore hari, maka banyak sekali orang yang mulai mengerumuni gazebo yang ada di sana.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Ungapan
Image Credit: Google Maps iFirdaus Albert Audrey _fir

Untuk Anda yang berniat mengunjungi Pantai Ungapan, maka tentunya perlu untuk mengetahui lokasi serta rute menuju pantai. Pantai ini terletak di Gedangan Malang. Lokasi ini berada dekat dengan samudera Hindia yang merupakan batas dari kota Malang sebelah selatan. Pantai tersebut juga berada dekat dengan lokasi Pantai Bajul mati.

Dari pusat Kota Malang sendiri, lokasi pantai mempunyai jarak cukup jauh, yaitu sekitar 70 km. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi menuju ke Pantai dari kota Malang, maka waktu yang diperlukan hingga akhirnya tiba yaitu sekitar dua setengah jam.

Sekalipun jarak tempuh dirasa cukup jauh, tapi karena pemandangan yang ditawarkan oleh pantai ini begitu mengagumkan, maka tak membuat wisatawan mengurungkan niatnya. Untuk bisa sampai di Pantai Ungapan sendiri Anda bisa memilih dua rute yang bisa ditempuh nantinya.

Rute pertama yaitu dari pusat Malang menuju Turen kemudian Sumbermanjing Wetan. Jika disini Anda melalui rute tersebut, maka nantinya lebih dulu akan melalui rute Pantai Sendang Biru yang berada setelah jembatan Bajul Mati.

Sedangkan pilihan kota kedua yang bisa Anda tempuh saat ingin menuju ke kawasan pantai yaitu dari pusat Kota Malang yang menuju ke daerah Kepanjen kemudian Pagak lalu diteruskan menuju Bantur. Setelah nantinya Anda melewati Bantur, maka selanjutnya melewati Balaikambang agar bisa sampai di Pantai tersebut.

Rute kedua ini memang jauh lebih direkomendasikan dibanding rute pertama. Hal itu dikarenakan kondisi jalan yang dimiliki jauh lebih baik. Mengenai jam bukanya sendiri, Pantai Ungapan tersebut dibuka hingga 24 jam.

Oleh karena itulah, disini Anda bebas untuk berkunjung ke tempat tersebut kapanpun Anda mau. Akan tetapi disini sebaiknya Anda berkunjung saat sore atau pagi hari saja. Ketika musim liburan seperti halnya tempat wisata lain, maka wisata pantai ini akan ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Pantai Ungapan
Image Credit: Google Maps Rendro Edy Wibowo

Memutuskan untuk berkunjung ke Pantai Ungapan dalam rangka berlibur merupakan keputusan yang sangatlah tepat. Hal itu dikarenakan pantai ini memiliki tarif masuk yang cukup terjangkau bagi kantong para pengunjung.

Di tempat ini nantinya Anda hanya akan ditarik biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000 saja untuk tiap orangnya. Harga itu terbilang murah jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya yang ada di kawasan Jawa timur.

Selain Anda perlu membayar tiket, Anda pun juga akan dikenakan biaya parkir. Untuk kendaraan roda dua, biaya parkir yang perlu dibayarkan yaitu Rp 10.000. Sedangkan untuk kendaraan roda empat sebesar Rp 15.000 saja.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Ungapan

Aktivitas Pantai Ungapan
Image Credit: Google Maps sna azah

1. Berenang

Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan ketika Anda berkunjung ke pantai, yaitu berenang. Sekalipun Pantai Ungapan memiliki ombak yang cukup besar, namun Anda masih bisa berenang di tempat tersebut.

Agar lebih aman sebaiknya Anda memilih area yang berada di bibir pantai saja. Jika memang Anda ingin berenang di area yang lebih tengah, maka sebaiknya Anda menunggu waktu hingga sore hari.

Hal itu dikarenakan pada waktu sore hari ombak laut mulai tenang dan air laut juga mulai surut. Air laut yang ada di sekitar pantai ini memang terkenal begitu segar untuk berenang. Terlebih ketika Anda berenang saat sore hari.

2. Berkemah

Aktivitas menarik berikutnya yang juga sangat mungkin untuk Anda lakukan yaitu berkemah. Pantai yang satu ini memang terkenal sekali dengan aktivitas tersebut. Anda akan menemukan tulisan ‘Pantai Ungapan bumi perkemahan’ ketika berada di pintu masuk. Karena itulah banyak sekali orang atau wisatawan yang datang untuk berkemah di pantai ini.

Berkemah di tepi pantai tentunya akan terasa berbeda jika Anda berkemah di tempat lain. Selain Anda bisa menikmati keseruan berkemah bersama teman-teman, di sini Anda juga akan disuguhkan pemandangan pantai yang begitu indah. Terlebih ketika malam hari, Anda bisa membuat api unggun bersama teman-teman Anda.

Aktivitas Seru Pantai Ungapan
Image Credit: Google Maps abdul sany

3. Mengelilingi Pantai

Seperti yang telah dikatakan di atas, bahwa pantai cantik ini memang memiliki panorama yang begitu indah. Karena itulah tidak sedikit para wisatawan yang berkeliling ke area pantai untuk menikmati pemandangan tersebut. Mereka biasanya akan menyewa perahu sehingga bisa mengelilingi pantai dengan lebih santai lagi.

4. Menikmati Festival Pantai Malang

Festival pantai Malang umumnya akan diselenggarakan di Pantai Ungapan ini. Festival tersebut dilakukan di momen-momen tertentu saja. Tujuan diadakannya festival tersebut yaitu sebagai salah satu bentuk syukur masyarakat pada Tuhan yang maha esa.

Penginapan Murah Terdekat

Penginapan Pantai Ungapan
Image Credit: Google Maps Anton J Antz

1. Mirabell Hotel & Concention Hall

Rekomendasi penginapan terdekat ini hanya berjarak sekitar 35 km dari pantai. Harga sewa kamar juga cukup terjangkau, yaitu berada di kisaran Rp 200.000 an. Fasilitas yang terdapat di penginapan juga cukup memadai.

Seperti contohnya wifi, cleaning service, kolam renang, ruang keluarga dan lain sebagainya. Menginap di tempat tersebut tentunya Anda akan sangat dimanjakan oleh fasilitas yang ada.

2. Hotel Mutiara Baru

Hotel ini juga berada di jarak 30 km dari Pantai Ungapan. Harga untuk sewa kamar di tempat tersebut cukup terjangkau, yaitu berada di kisaran Rp 100.000 an. Dengan harga itu Anda sudah dapat menikmati fasilitas berupa kolam renang, tempat parkir, restoran, wi-fi, AC serta cliningserfis.

3. D’Shario Hotel

Untuk rekomendasi penginapan terakhir yang bisa Anda tuju ketika ingin bermalam di daerah dekat lokasi pantai yaitu D’Shario Hotel. Ada banyak sekali fasilitas yang bisa Anda dapat ketika memutuskan untuk menginap di tempat ini. Fasilitas tersebut seperti contohnya wi-fi, tempat parkir, kamar yang boleh memilih dan lain sebagainya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Ungapan
Image Credit: Google Maps Aulia Cahya Wiguna

Setiap tempat wisata tentunya akan memiliki fasilitas pendukung yang sengaja dibuat agar membuat para wisatawan merasa betah. Begitu juga dengan Pantai Ungapan ini. Ada banyak sekali fasilitas yang bisa didapat oleh para wisatawan, sehingga mereka akan merasa nyaman berkunjung di sana.

Fasilitas tersebut seperti contohnya toilet umum, tempat parkir kendaraan yang luas dan juga aman serta gazebo yang diletakkan di sepanjang tepi pantai. Dengan adanya gazebo tersebut Anda bisa bersantai sambil menikmati pemandangan laut lepas.

Selain itu, Anda juga tidak perlu bingung ketika merasa lapar ataupun ingin menjalankan ibadah shalat. Karena memang di pantai ini telah disediakan banyak warung makan yang bisa Anda pilih dan juga terdapat mushola bagi Anda yang beragama muslim untuk menjalankan ibadah shalat.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai Pantai Ungapan di Malang yang perlu untuk Anda ketahui. Pantai ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang kebetulan berada di kota Malang dan tengah mencari wisata bahari dengan panorama yang indah. Mengunjungi tempat tersebut dipastikan tidak akan membuat Anda kecewa.