15 Tempat Wisata di Ciamis Terbaru & Terhits Dikunjungi

15 Tempat Wisata di Ciamis Terbaru & Terhits Dikunjungi

Butuh Liburan yang Seru? Periksa Daftar Tempat Wisata Terbaik di Ciamis, Jawa Barat. Destinasi Wisata Kekinian, Terbaru & Paling Hits yang Cocok untuk Anda Kunjungi Bersama Orang Tercinta.

Camis merupakan salah satu kabupaten yang terletak di bagian paling timur Provinsi Jawa Barat serta berbatasan langsung dengan Kabupaten Cilacap. Lokasinya yang juga berbatasan dengan laut membuat kabupaten ini memiliki pesonanya sendiri.

Disamping itu, Ciamis juga didapuk menjadi daerah yang paling banyak mengalami perkembangan. Hal ini menimbulkan dampak pada batas dan luas wilayah Kabupaten Ciamis. Meski demikian, Ciamis masih mampu menyuguhkan berbagai jenis objek wisata yang siap menghibur para wisatawan lokal maupun dari luar kota.

Mengingat lokasi Ciamis yang memang sangat strategis, tidak heran jika destinasi wisata di daerah yang satu ini selalu ramai dengan pengunjung dari sekitar wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah. Berencana berlibur ke Ciamis? Berikut adalah tempat-tempat wisata yang bisa Anda kunjungi begitu menginjakkan kaki di Kabupaten Ciamis.

1. Kampung Adat Kuta

Kampung Adat Kuta

Image Credit: Instagram.com @ciamisku_

Destinasi wisata pertama yang wajib Anda kunjungi saat berada di Ciamis adalah Kampung Adat Kuta. Meski kata “Kuta” identik dengan wilayah di Bali, objek wisata yang berada di Desa Karangpaninggal ini justru sama sekali tidak ada hubungannya dengan Bali. Nama “Kuta” dalam bahasa Sunda artinya adalah pagar tembok dan berdirinya kampung ini masih berkaitan erat dengan Kerajaan Galuh.

Dari namanya sudah jelas bahwa Kampung Adat Kuta merupakan wisata budaya yang masih mempertahankan adat-adat setempat hingga masa kini. Adat serta kebiasaan para warga di sekitar objek wisata yang satu ini menjadi magnet bagi para wisatawan untuk berkunjung dan melihat lebih dekat seperti apa kebiasaan yang masih dipegang teguh oleh masyarakat setempat.

Tertarik mengunjungi Kampung Adat Kuta? Maka persiapkan fisik Anda untuk menempuh perjalanan yang terbilang cukup sulit karena objek wisata budaya ini terletak di sekitar tebing perbukitan dan lembah yang curam.

Lokasi: Karangpaningal, Kec. Tambaksari, Kab. Ciamis.

2. Situ Lengkong Panjalu

Situ Lengkong Panjalu

Image Credit: Wikipedia.com

Keindahan alam di Kabupaten Ciamis memang tidak perlu diragukan lagi. Situ Lengkong Panjalu misalnya, wisata yang berupa danau dengan kedalaman mencapai empat hingga enam meter dan berada di ketinggian 70 meter di atas permukaan laut ini menyuguhkan pemandangan alam yang mampu menghipnotis para wisatawan.

Uniknya, di tengah danau ini terdapat pulau yang bernama Nusa Larang atau Nusa Gede. Selain pesona alamnya yang masih terjaga, kawasan wisata ini juga memiliki udara sejuk yang kerap menjadi pilihan berlibur bagi para masyarakat dari sejumlah kota besar yang ingin melepas penat dari hiruk-pikuk kota.

Lokasi: Desa Panjalu, Kec. Panjalu, Kab Ciamis

3. Curug Tujuh Cibolang

Curug Tujuh Cibolang

Image Credit: Wisatabaru.com

Ciamis memang kaya akan destinasi wisata alamnya yang mampu menarik banyak wisatawan termasuk salah satunya adalah Curug Tujuh Cibolang. Curug yang dalam bahasa Sunda berarti air terjun ini berada di ketinggian sekitar 800 hingga 900 mdpl. Jadi tidak heran jika suasana di sekeliling wilayah Curug Tujuh Cibolang sangat sejuk dengan air terjun sebanyak tujuh tingkat.

BACA:  16 Tempat Wisata di Kuningan Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Perpaduan keindahan alam sekitar dan air tejun tersebut menjadi lukisan alam yang sangat mempesona dan membuat para wisatawan takjub. Curug Tujuh Cibolang juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang siap untuk mengakomodasi semua kebutuhan para wisatawan.

Lokasi: Sandingtaman, Kec. Panjalu, Kab Ciamis.

4. Cukang Taneuh

Cukang Taneuh

Image Credit: Yukpiknik.com

Tak perlu jauh-jauh pergi ke Amerika Serikat untuk menikmati keindahan Grand Canyon karena Kabupaten Ciamis memiliki satu objek wisata yang dikenal dengan sebutan Cukang Taneuh atau Green Canyon. Setibanya di Cukang Taneuh, pengunjung akan disambut dengan pemandangan alam yang lengkap dengan jernihnya air sungai serta pepohonan yang rindang.

Pesona alam yang menyerupai Grand Canyon tersebut mampu memanjakan mata setiap wisatawan yang berkunjung. Di sini para wisatawan bisa melakukan berbagai kegiatan seperti menyusuri aliran Sungai Cijulang yang berada di tengah-tengah bukit serta menembus gua. Kegiatan tersebut jelas sangat menantang namun inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari Cukang Taneuh ini.

Lokasi: Desa Kertayasa, Kec. Cijulang, Kab. Ciamis.

5. Ciung Wanara

Ciung Wanara

Image Credit: Dongenganakdunia.com

Membahas soal Kabupaten Ciamis memang tidak bisa lepas dari keberadaan Kerajaan Galuh yang menjadi awal mula berdirinya Ciamis. Hal itulah yang membuat salah satu kabupaten di Jawa Barat ini memiliki banyak sekali situs peninggalan Kerajaan Galus termasuk diantaranya adalah Ciung Wanara atau yang juga disebut dengan Situs Karangmuyan.

Ciung Wanara sendiri merupakan situs purbakala yang didominasi dengan kebudayaan Hindu-Budha dari Kerajaan Galuh. Bagi Anda yang ingin melepas penat dari aktivitas sehari-hari namun juga ingin belajar sejarah, Ciung Wanara menjadi pilihan yang tepat bagi Anda.

Lokasi: Jl. Raya Banjar, Karangkamulyan, Kec. Ciamis, Kab. Ciamis.

6. Cagar Alam Pananjung

Cagar Alam Pananjung

Image Credit by Wanawisatakita.wordpress.com

Masih membahas soal destinasi wisata di Kabupaten Ciamis yang kabarnya namanya akan diubah menjadi Kabupaten Galuh. Objek wisata yang wajib dikunjungi kali ini adalah Cagar Alam Pananjung. Destinasi wisata yang berada di sekitar wilayah Pantai Pangandaran ini menyimpan beragam jenis flora dan fauna yang mampu menarik banyak wisatawan.

Jenis tumbuhan yang berada di Cagar Alam Pananjung sangat beragam antar lain seperti merong, kisegel, pohon kondang, dan masih banyak lagi. Sementara untuk jenis hewan, cagar alam ini dihuni oleh kawanan banteng, rusa, lutung, kalong, tando, dan landak serta berbagai jenis burung dan reptil.

BACA:  Pantai Tirtamaya, Destinasi Wisata Bahari Unggulan Indramayu

Selain menikmati aneka ragam flora dan fauna, para wisatawan juga bisa mengunjungi objek lainnya yang cukup menarik seperti batu kaide, gua panggung, dan gua lanang. Harga tiket masuknya pun cukup terjangkau sehingga pengunjung tidak perlu khawatir harus menyiapkan biaya yang menguras kantong.

Lokasi: Desa Pangandaran, Kec. Pangandaran, Kab. Pangandaran.

7. Puncak Bangku Rancah

Puncak Bangku Rancah

Image Credit: Suryatourtrans.com

Kabupaten Ciamis memiliki segudang objek wisata yang patut dikunjungi termasuk diantaranya adalah Puncak Bangku Rancah. Objek wisata ini menyuguhkan udara yang sangat sejuk dan menyatu dengan pesona alam di sekitarnya. Hal ini karena dari Puncak Bangku Rancah, para wisatawan bisa menyaksikan hamparan sawah hijau yang membentang luas serta mampu memanjakan mata.

Suasana khas dataran tinggi ini jelas menjadi pilihan untuk melepas penat bagi sebagian besar warga kota tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Jangan lupa juga untuk mengabadikan pemandangan dari objek wisata yang satu ini. Apalagi saat malam hari di mana pengunjung bisa menyaksikan kerlap-kerlip lampu di Kota Ciamis dari ketinggian.

Lokasi: Situmandala, Kec. Rancah, Kab. Ciamis.

8. Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran

Image Credit: Mytrip123.com

Rasanya kurang lengkap jika berkunjung ke Ciamis tanpa mampir sejenak ke Pantai Pangandaran. Pantai ini cukup populer di Indonesia bahkan hingga ke luar negeri karena memiliki ombak yang cocok untuk berselancar.

Pantai ini dibagi menjadi dua wilayah yakni Pantai Pangandaran Barat dan Timur. Biasanya pantai bagian barat kerap digunakan sebagai lokasi bermain air sementara di bagian timur untuk mencicipi berbagai kuliner dari olahan laut.

Lokasi: Desa Pananjung, Kec. Pangandaran, Kab Pangandaran.

9. Mega Wisata Icakan

Mega Wisata Icakan

Image Credit: Jabarnews.com

Tempat wisata selanjutnya di Kabupaten Ciamis yang sayang untuk dilewatkan adalah Mega Wisata Icakan. Objek wisata yang satu ini layak untuk dianggap sebagai salah satu wisata yang terbaik di Kabupaten Ciamis dan senantiasa menjadi pilihan berlibur para wisatawan lokal maupun dari luar kota.

Mega Wisata Icakan menyuguhkan wisata berupa danau buatan yang terletak di sekitar kawasan perbukitan sehingga memiliki udara yang sejuk dan cocok untuk melepas penat. Berkunjung ke Mega Wisata Icakan tentu tidak akan lengkap tanpa mencoba sejumlah wahana yang ditawarkan seperti sepeda air, flying fox, ATV, waterboom, menunggang kuda, dan sebagainya.

Lokasi: Desa Sukamulya, Kec. Baregbeg, Kab. Ciamis.

10. Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas

Image Credit: Galeriwisata.wordpress.com

Selain Pantai Pangandaran, Ciamis masih memiliki pantai lainnya termasuk salah satunya adalah Pantai Batu Karas. Uniknya, pantai yang satu ini tidak seperti pantai di Jawa Barat pada umumnya yang berpasir putih, melainkan berwarna hitam.

Tidak perlu jauh-jauh pergi ke Pulau Bali untuk menyaksikan pemandangan sore hari di pantai. Cukup ke Pantai Batu Karas saja dan Anda sudah bisa menikmati keindahan pantai sambil menunggu matahari terbenam.

BACA:  Mengintip Keindahan Telaga Biru Situ Cicerem di Kuningan

Lokasi: Desa Batu Karas, Kec. Cijulang, Kab. Pangandaran.

11. Batu Ngampar

Batu Ngampar

Image Credit: Tour.koropak.co.id

Objek wisata di Ciamis yang satu ini memang memiliki sebutan yang unik. Namun nama “ngampar” sendiri merupakan bahasa Sunda yang artinya terhampar. Wisata ini menawarkan air terjun yang berada di sekitar kaki Gunung Syawal.

Tidak heran jika nuansa pegunungan di Batu Ngampar ini sangat terasa apalagi ditambah dengan udaranya yang sejuk. Rute untuk menempuh kawasan wisata ini memang sudah termasuk mudah namun disarankan untuk menggunakan motor agar aman saat melewati jalur yang berupa tanah.

Lokasi: Medanglayang, Kec. Panumbangan, Kab. Ciamis.

12. Pantai Karang Nini

Pantai Karang Nini

Image Credit: Mypangandaran.com

Satu lagi wisata pantai yang wajib dikunjungi di Ciamis, yakni Pantai Karang Nini. Tidak seperti pantai-pantai di Ciamis, pantai ini dipenuhi dengan batu karang yang jika diperhatikan secara seksama hampir menyerupai wujud seorang nenek.

Selain itu, Pantai Karang Nini juga menyuguhkan pemandangan birunya air laut yang mampu memanjakan mata. Udara di kawasan pantai ini juga cukup sejuk karena berdekatan dengan hutan jati sehingga sangat cocok menjadi tempat bersantai.

Lokasi: Emplak, Kec. Kalipucang, Kab. Pangandaran.

13. Sungai Citumang

Sungai Citumang

Image Credit: Ayotraveling.com

Ingin merasakan sensasi berlibur sekaligus memacu adrenalin? Tidak ada salahnya mencoba melakukan rafting di sepanjang aliran Sungai Citumang dan rasakan sensasinya. Arus di sungai ini cukup deras sehingga cocok untuk melakukan kegiatan ekstrim seperti rafting.

Sambil bermain rafting, Anda juga bisa menikmati pesona alam di sepanjang Sungai Citumang yang mampu membius siapapun yang melihatnya. Pepohonan di pinggiran sungai juga cukup rindang sehingga memberikan nuansa yang sangat berbeda.

Lokasi: Desa Bojong, Kec. Parigi, Kab. Pangandaran.

14. Sukahaji Waterboom

Sukahaji Waterboom

Image Credit: Ihategreenjello.com

Tempat wisata di Kabupaten Ciamis ini merupakan destinasi wisata yang menawarkan wisata air lengkap dengan berbagai jenis wahana permainan air. Selain itu, tempat ini juga dikelilingi dengan pemandangan alam yang mempesona yakni Gunung Galunggung.

Sukahaji Waterboom sangat cocok untuk dijadikan tujuan berlibur bagi Anda yang memiliki buah hati. Di sini pengunjung bisa mencoba sejumlah atraksi wahana permainan air yang sangat sayang sekali untuk dilewatkan.

Lokasi: Jl. Raya Cihaurbeuti, Sukahaji, Kec. Cihaurbeuti, Kab. Ciamis.

15. Taman Raflesia

Taman Raflesia

Image Credit: Fitryanb.com

Akhir-akhir ini Taman Raflesia menjadi kawasan wisata yang ramai diperbincangkan di Ciamis. Taman dengan air mancur berbentuk menyerupai Bunga Raflesia ini sangat monumental bagi warga lokal. Ini karena Bunga Raflesia pertama kali ditemukan di Pangandaran yang kala itu masih bergabung dengan Ciamis.

Daya tarik dari Taman Raflesia adalah atraksi air mancur yang menarik. Lampu berwarna-warni mampu memanjakan mata semua pengunjung di malam hari tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman,Kec. Ciamis Kab. Ciamis.

Itulah rekomendasi tempat wisata yang wajib dikunjungi di Ciamis. Sejumlah objek wisata di atas bisa Anda gunakan sebagai referensi apabila ingin berkunjung ke Ciamis bersama keluarga, rekan, dan orang-orang terdekat Anda.