20 Wisata Pantai di Sukabumi Paling Hits Dikunjungi

Wisata Pantai Sukabumi

Sukabumi terletak pada wilayah provinsi Jawa Barat. Kota Sukabumi merupakan wilayah yang terkenal memiliki bentang pantai yang sangat indah. Keindahan inilah yang menarik banyak pengunjung dari kota besar untuk menikmati dan menghabiskan waktu liburan disini. Oleh karena itu, tak heran pantai di Sukabumi menjadi pilihan favorit bagi banyak orang.

Pantai di Sukabumi memiliki pesona yang dapat menarik minat wisatawan. Bagi Anda yang mendambakan liburan bersama keluarga maupun sahabat yang menyenangkan, Anda dapat mengunjungi pantai. Anda tentunya akan menikmati keindahan panorama, hamparan laut biru, pasir putih, dan angin yang sepoi-sepoi yang tentunya membuat liburan Anda berkesan.

Sukabumi menyimpan pesona pantai yang patut Anda kunjungi di sela-sela kesibukan Anda untuk sekedar menyegarkan pikiran. Letaknya yang dekat kota besar pun tidak terlalu menyulitkan Anda untuk mencapainya. Bagi Anda yang tertarik dan penasaran tentang pesona pantai disini, Anda dapat menyimak 20 rekomendasi pantai di Sukabumi sebagai berikut:

1. Pantai Citepus

Pantai Citepus

Image Credit: Sukabumiku12.wordpress.com

Pantai Citepus merupakan pantai yang dapat Anda kunjungi karena kondisi pantainya yang masih bersih. Warna pasir di Pantai Citepus tidaklah putih, melainkan warna kecoklatan hampir sama seperti warna pasir di Pantai Kuta Bali. Air laut juga masih bebas dari pencemaran. Selain itu ombaknya yang tenang dapat Anda gunakan untuk bermain-main di bibir pantai.

Pantai Citepus juga memiliki berbagai fasilitas yang menunjang kenyamanan para wisatawan. Disini Anda dapat mengunjungi restoran atau rumah makan yang menyediakan makanan khas laut dan air kelapa. Selain itu apabila Anda ingin singgah sementara Anda dapat mengunjungi penginapan yang juga terdapat di sekitar pantai.

Lokasi: Citepus, Kec. Pelabuhan Ratu, Kab. Sukabumi.

2. Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng

Image Credit: Hellosemarang.com

Pantai Ujung Genteng memiliki pesona alam yang indah. Hal ini dikarenakan Pantai Ujung Genteng masih memiliki kondisi lingkungan yang bersih dan alami. Cocok untuk dikunjungi saat rekreasi bersama keluarga maupun sanak saudara.

Disini juga terdapat beberapa fasilitas seperti restoran, toko, penginapan, dan yang paling unik adalah terdapat penangkaran penyu. Bagi Anda yang mengunjungi Pantai Ujung Genteng ini Anda dapat ikut melepaskan anak penyu yang lucu ke laut lepas. Kegiatan ini tentunya akan memberikan liburan yang berkesan.

Lokasi: Ujung Genteng, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi.

3. Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu

Image Credit: Pegipegi.com

Pantai Pelabuhan Ratu merupakan pantai yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berada di Kota Sukabumi. Hal ini dikarenakan pantai ini terkenal akan keindahan panorama alam yang memukau setiap mata. Hamparan pasir putih dan lingkungan yang sangat bersih membuat Anda nyaman dan betah singgah di pantai ini.

Selain itu, Pantai Pelabuhan Ratu juga telah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap seperti tempat makan, dan area parkir yang luas. Anda juga dapat menaiki kuda saat menyusuri bibir pantai, yang tentunya akan menjadikan liburan Anda sangat berkesan. Keindahan pantai saat matahari terbenam juga sangatlah menakjubkan.

Lokasi: Jl. Raya Cisolok – Pelabuhanratu No.16, Citepus, Kec. Pelabuhan Ratu, Kab. Sukabumi.

4. Pantai Minajaya

Pantai Minajaya

Image Credit: Pasirpantai.com

Pantai Minajaya merupakan destinasi wisata pantai selanjutnya yang ada di Sukabumi. Disini Anda dapat menikmati hamparan pasir putih dan laut biru disertai lingkungan pantai yang juga masih terjaga keasriannya. Anda dapat mengunjunginya dengan anak-anak untuk bermain air di bibir pantai karena ombaknya tidak terlalu besar.

Selain itu, Anda juga dapat menikmati suasana matahari tenggelam yang sangat cantik disini. Anda dapat singgah di gazebo yang ada di sepanjang pantai untuk bersantai dan menikmati suasana. Anda juga dapat mencoba beberapa kuliner lezat yang disediakan oleh pedagang sekitar. Menghabiskan waktu di pantai ini tentunya akan sangat berkesan dan romantis.

Lokasi: Pasiripis, Kec. Surade, Kab. Sukabumi.

5. Pantai Karang Hawu

Pantai Karang Hawu

Image Credit: Triptrus.com

Pantai Karang Hawu terletak di Sukabumi bagian selatan. Inilah yang menyebabkan ombak di sekitar Pantai Karang Hawu cenderung besar. Ombak yang besar ini kadang dimanfaatkan beberapa orang untuk berselancar. Selain itu Anda juga dapat melihat keindahan karang ketika air sedang surut. Anda juga dapat menjumpai rumput laut.

Di sepanjang Pantai Karang Hawu juga terdapat beberapa tempat makan, sehingga Anda juga dapat melakukan wisata kuliner disini. Anda dapat mengajak anggota keluarga dan teman-teman untuk menikmati suasana menyenangkan disini.

Lokasi: Caringin, Kec. Cisolok, Kab. Sukabumi.

6. Pantai Cikembang

Pantai Cikembang

Image Credit: Pemburuombak.com

Pantai Cikembang terletak di kawasan Pelabuhan Ratu. Daerah di Pantai Cikemang ini merupakan perbatasan antara provinsi Jawa Barat dan Banten. Pantai ini memiliki kondisi lingkungan yang masih bersih dan tidak tercemar, maka jangan khawatir untuk mengunjunginya. Ombak di Pantai Cikembang juga cenderung besar.

Disini Anda dapat melakukan aktifitas seperti belajar berselancar. Bagi Anda yang ingin singgah sebentar di Pantai Cikembang, Anda dapat mengunjungi penginapan yang ada di sekitar pantai.

Lokasi: Pasir Baru, Kec. Cisolok, Kab. Sukabumi.

7. Pantai Cibuaya

Pantai Cibuaya

Image Credit: Topijelajah.com

Pantai Cibuaya merupakan tempat wisata yang dapat Anda kunjungi saat masa liburan. Panorama di pantai ini sangatlah indah. Pasir putih yang masih bersih, air laut yang biru, serta terdapat tempat duduk, dan lokasi yang dapat Anda manfaatkan untuk membangun tenda. Agar lebih menyenangkan, Anda dapat mengajak sahabat terdekat Anda.

Selain itu juga terdapat penginapan di sekitar pantai dengan harga yang terjangkau. Anda juga dapat menikmati kuliner khas laut yang sangat memanjakan lidah. Maka dari itu jangan ragu untuk mengunjungi Pantai Cibuaya saat berlibur.

Lokasi: Ujung Genteng, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi.

8. Pantai Amanda Ratu

Pantai Amanda Ratu

Image Credit: Rahmaliza.weebly.com

Pantai Amanda Ratu merupakan pantai yang cocok Anda kunjungi ketika ingin menyegarkan pikiran dari kesibukan sehari-hari. Pantai ini memiliki pemandangan pohon kelapa yang eksotis serta bibir pantai yang masih bersih.

Bagi Anda yang ingin singgah di pantai ini juga terdapat resort yang tentunya telah menyediakan fasilitas memadai. Anda dapat menikmati matahari terbit dan tenggelam yang sangat cantik di pantai ini.

Lokasi: Purwasedar, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi.

9. Pantai Cicaladi

Pantai Cicaladi

Image Credit: Angkasa.co.id

Pantai Cicaladi memiliki pesona berbeda dari pantai yang lain. Hal ini dikarenakan pantai tersebut memiliki bukit rerumputan yang luas, tebing yang tinggi, serta karang bolong. Hal inilah yang menjadikan keunikan tersendiri.

Disini kondisi ombak cenderung besar sekitar 15 meter, sehingga pengunjung dilarang berenang ataupun bermain air. Namun jangan khawatir, Anda tetap dapat menikmati suasana pantai yang sangat menakjubkan.

Lokasi: Cicaladi, Sukatani, Kec. Surade, Kab. Sukabumi.

10. Pantai Cimaja

Pantai Cimaja

Image Credit: Travelblog.id

Pantai Cimaja dapat dikatakan merupakan tempat wisata pantai favorit terutama bagi yang tinggal di kota besar seperti Jakarta karena lokasinya yang dekat. Disini Anda dapat menikmati panorama indah dari pantai yang masih bersih. Tiket masuknya pun cukup dengan Rp 5.000 rupiah per orang.

Di Pantai Cimaja ini terdapat bebatuan kali berukuran kecil hingga sedang. Cocok Anda jadikan sebagai background foto menarik Anda.

Lokasi: Cimaja, Kec. Cikakak , Kab. Sukabumi.

11. Pantai Karang Sari

Pantai Karang Sari

Image Credit: Pemburuombak.com

Pantai Karang Sari merupakan salah satu pantai yang terletak dekat dengan Pelabuhan Ratu. Di pantai ini tersedia berbagai wahana air yang tentunya sangat mengasyikkan. Seperti banana boat, kayak layar, boggie board, dan arung gelombang.

Pantai Karang Sari memiliki ombak yang cukup besar. Anda dapat memanfaatkannya untuk berselancar. Usai bersenang-senang dengan berbagai wahana, Anda dapat menikmati kuliner laut sedap yang ditawarkan oleh pedagang sekitar.

Lokasi: Pelabuhanratu, Kec. Pelabuhan Ratu, Kab. Sukabumi.

12. Pantai Cipanarikan

Pantai Cipanarikan

Image Credit: Backpackology.me

Pantai Cipanarikan merupakan pantai dimana Sungai Cipanarikan bermuara. Disini Anda dapat menyaksikan keindahan pantai dengan hamparan pasir yang luas serta bebatuan yang mempercantik panorama.

Pantai Cipanarikan merupakan pantai yang sepi pengunjung. Hal ini dikarenakan lokasinya yang jauh dari Pelabuhan Ratu serta aksesnya yang masih terbilang sulit. Namun, keindahan pantai ini sepadan dengan perjuangan Anda untuk kemari.

Lokasi: Gunungbatu, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi.

13. Pantai Ombak Tujuh

Pantai Ombak Tujuh

Image Credit: Flickr.com @Chocky Halomoan S

Pantai Ombak Tujuh merupakan pantai yang wajib Anda kunjungi terutama bagi peselancar. Hal ini dikarenakan sesuai namanya, ombak di pantai ini memiliki tujuh gulungan ombak yang datang secara bergantian menyapu bibir pantai. Rata-rata ketinggian ombak mencapai 6 meter. Cocok bagi Anda yang ingin belajar berselancar atau yang profesional.

Lokasi pantai ini dapat dikatakan masih tersembunyi. Sehingga untuk mencapainya Anda perlu bantuan warga sekitar untuk mengarahkan Anda menuju lokasi.

Lokasi: Cibenda, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

14. Pantai Pangumbahan

Pantai Pangumbahan

Image Credit: Wwf.or.id

Pantai Pangumbahan adalah salah satu pantai yang memiliki penangkaran penyu didalamnya. Hal inilah yang menyebabkan pengunjung berdatangan untuk merasakan pengalaman melepaskan penyu ke alam bebas. Disini Anda juga dapat menyaksikan telur-telur penyu yang menetas.

Cocok bagi Anda yang ingin mengedukasi anak tentang alam. Cara ini tentunya akan sangat menarik bagi anak. Oleh karena itu jangan ragu mengunjunginya bersama keluarga.

Lokasi: Jl. Cipinang-Gunung Batu, Pangumbahan, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi.

15. Pantai Penganten

Pantai Panganten Sukabumi

Image Credit: Senengpiknik.com

Pantai Penganten ini juga memiliki nama lain yaitu Pantai Pamunguan. Dinamakan Pantai Penganten karena dalam pantai ini terdapat dua pulau kecil yang diibaratkan sebagai pasangan pengantin. Pantai ini cocok Anda kunjungi untuk bermain air ataupun bersantai menikmati matahari terbenam. Pemandangan dari pantai ini juga terbilang sangat cantik.

Pantai Penganten seringkali digunakan sebagai lokasi pengambilan foto pre-wedding bagi beberapa pasangan. Hal ini dikarenakan panoramanya yang menarik serta filosofi dari Pantai Penganten itu sendiri. Maka jangan ragu mengajak kekasih Anda untuk mengunjungi pantai ini untuk sekedar bersenang-senang.

Lokasi: Purwasedar, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi.

16. Pantai Keusik Urug

Pantai Keusik Urug

Image Credit: Pariwisata-sukabumi.blogspot.com

Pantai Keusik Urug merupakan salah satu pantai yang dapat Anda kunjungi. Di pantai ini Anda akan menikmati panorama laut biru serta pantai yang bersih dan bebas dari pencemaran. Kondisi laut cenderung tenang sehingga Anda dapat bermain-main air ataupun berenang.

Selain itu, Anda juga dapat mencoba menaiki perahu untuk menikmati indahnya biru laut. Bersantai bersama keluarga di Pantai Keusik Urug tentunya juga akan menambah pengalaman berlibur semakin menyenangkan. Maka dari itu jangan ragu untuk mengajak sanak saudara maupun teman untuk mengunjunginya bersama-sama.

Lokasi: Buniasih, Kec. Tegal Buleud, Kab. Sukabumi.

17. Pantai Cibangban

Pantai Cibangban

Image Credit: Nisarentalmobilsukabumi.com

Pantai Cibangban merupakan salah satu pantai di Sukabumi yang memiliki panorama yang indah. Disini Anda dapat menemukan bebatuan yang terhampar di bibir pantai. Yang tentunya dapat Anda jadikan lokasi pengambilan foto yang menarik. Anda juga dapat sekedar bersantai di bebatuan menikmati hembusan angin sepoi-sepoi.

Pantai Cibangban memiliki ombak yang cenderung tenang. Sehingga dapat Anda manfaatkan untuk sekedar bermain air dan berenang. Anda juga dapat menghabiskan waktu di pantai ini sembari menunggu matahari terbenam untuk menyaksikan keindahannya.

Lokasi: Jl. Raya Cisolok, Pasir Baru, Kec. Pelabuhan Ratu, Kab. Sukabumi.

18. Pantai Cibongkok

Pantai Cibongkok

Image Credit: Wwwkampungbaru.blogspot.com

Jika Anda mengunjungi Sukabumi jangan melewatkan pesona Pantai Cibongkok. Pantai ini memiliki keindahan luar biasa seperti hamparan laut yang biru jernih serta pasir putih yang masih bersih.

Anda dapat mengunjunginya untuk sekedar bersantai bersama keluarga. Atau Anda juga dapat mengajak teman untuk berkemah disini.

Lokasi: Cimahpar, Kec. Kali Bunder, Kab. Sukabumi.

19. Pantai Pajagan

Pantai Pajagan

Image Credit: Senengpiknik.com

Pantai Pajagan merupakan pantai yang patut Anda kunjungi karena keindahan panoramanya. Disini Anda dapat berburu spot foto yang menarik atau sekedar bersantai.

Terdapat bebatuan yang menghiasi pantai sehingga Anda dapat duduk-duduk bersantai disana. Ataupun juga dapat menjadikan bebatuan tersebut sebagai background foto Anda.

Lokasi: Cikahuripan, Kec. Cisolok, Kab. Sukabumi.

20. Pantai Batu Naga

Pantai Batu Naga

Image Credit: Ayobandung.com

Pantai Batu Naga memiliki keindahan bebatuan yang unik dari pantai yang lain. Disini Anda dapat menyaksikan keindahan bebatuan besar yang megah menghiasi pantai. Anda dapat memanfaatkan panorama tersebut sebagai objek fotografi Anda.

Mengajak teman untuk berkunjung ke pantai ini tentunya akan sangat mengasyikkan. Selain itu, Anda juga dapat menyegarkan pikiran.

Lokasi: Ciwaru, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

Itulah 20 wisata pantai yang ada di Kota Sukabumi yang paling hits dikujungi wisatawan. Terdapat deretan pantai di kota ini, maka jangan ragu untuk mengunjunginya selagi waktu berlibur. Semoga bermanfaat!