Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Kabupaten Gunung Kidul memiliki banyak sekali pantai menarik dengan nuansa yang berbeda dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya. Salah satu pantai tersebut yaitu Pantai Sanglen yang terdapat di Kecamatan Tanjungsari. Pas untuk pengunjung yang ingin mencari nuansa tenang serta damai.

Pantai ini memiliki banyak sekali daya tarik, hingga akhirnya membuat wisatawan ingin mengunjunginya. Untuk Anda yang suka sekali kegiatan berkemah, di lokasi tersebut sudah disediakan area khusus untuk traveller yang ingin mendirikan tenda.

Berkemah di Pantai Sanglen tentunya akan menawarkan pengalaman seru dan berbeda. Anda bisa mengajak teman ataupun anggota komunitas Anda untuk berlibur sekalian mendirikan di tenda tempat ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sanglen

Daya Tarik Pantai Sanglen
Image Credit: Google Maps Nurhesa Mutiara

1. Tersedia Area Memancing

Berlibur di area pantai atau laut akan semakin lengkap rasanya jika melakukan kegiatan memancing. Karena memang tidak semua pantai yang ada di Jogja menyediakan area memancing untuk wisatawan yang datang. Pantai Sanglen termasuk salah satu pantai yang memiliki spot memancing yang bisa Anda gunakan nantinya.

Laut di pantai ini memang begitu bersih, sehingga membuat banyak sekali biota-biota laut yang hidup di sana. Pengunjung nantinya bisa membawa peralatan memancing sendiri dari rumah. Karena di tempat ini masih belum disediakan penyewaan alat-alat memancing.

2. Spot Foto yang Sangat Alami

Untuk pengunjung yang sangat suka dengan aktivitas berupa fotografi, maka pantai yang terdapat di Gunung Kidul ini bisa dijadikan alternatif lokasi untuk menghasilkan foto yang mengagumkan. Pantainya memang sangat cantik dan bersih, pastinya hal itu akan membuat hasil jepretan yang didapat begitu luar biasa.

Tidak sedikit wisatawan yang gemar menggunakan latar foto berupa laut serta langit yang biru. Di bagian timur serta barat, Anda bisa menyaksikan perbukitan karang yang mengapit. Jika pengunjung ingin melihat panorama Pantai Sanglen yang jauh lebih luas dan memukau, maka sangat disarankan untuk naik ke atas bukit tersebut.

Sekalipun nantinya akan dibutuhkan energi yang cukup besar, tapi semua rasa lelah pengunjung akan terbayar lunas ketika sudah tiba di atas. Wisatawan bisa leluasa menyaksikan keindahan Pantai Sanglen sambil menikmati kesejukan angin laut.

Namun bagi pengunjung yang takut untuk naik ke bagian atas bukit, maka bisa mengambil foto di bagian kaki-kaki bukit yang tentunya juga tak kalah indah. Terlebih lagi di bagian dinding karang, dinding tersebut menyajikan gurat alami yang mampu menciptakan panorama memukau untuk hasil potret Anda.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Sanglen
Image Credit: Google Maps Nella Irawati Diah

3. Keindahan Cemara Laut

Daya tarik selanjutnya yang bisa disaksikan oleh pengunjung saat berada di Pantai Sanglen yaitu pepohonan Cemara Laut. Tempat ini memang dipenuhi dengan pohon tersebut. Masyarakat juga seringkali menamakan pohon Cemara Laut sebagai Cemara Udang. Tentunya dengan keberadaan pohon akan membuat suasana di sekitar pantai jadi lebih teduh.

Tidak hanya keberadaan dari pohon Cemara Laut saja, melainkan di sana Anda juga akan melihat beragam biota laut yang unik dan menarik. Tidak sedikit biota laut itu menampakkan diri dan Anda bisa menyaksikan hewan-hewan eksotis tersebut secara langsung tanpa harus menyelam ke bawah laut.

4. Tersedia Area Kemah

Seperti yang sudah disinggung di atas, di Pantai Sanglen terdapat area untuk wisatawan yang ingin mendirikan tenda. Spot tersebut memang banyak sekali diminati sebagai salah satu tempat kemah favorit karena memiliki suasana yang begitu tenang dan cenderung sepi. Suasana tersebutlah yang membuat tidur jadi terasa begitu nyenyak di tengah alam sekitar.

Bagi Anda yang ingin berkemah, maka nantinya akan dikenakan biaya tersendiri. Namun Anda tidak perlu merasa khawatir, karena biaya kemah relatif terjangkau. Di sana juga telah tersedia toilet dan sumber listrik serta warung yang buka hingga 24 jam penuh.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Sanglen
Image Credit: Google Maps Teguh Kwatno

Lokasi dari Pantai Sanglen memang berada dekat dengan Pantai Watu Kodok, yaitu di Dusun Kelor, Desa Kemadang. Anda yang berencana untuk berlibur ke pantai tersebut, maka harus segera meluncur ke Provinsi Yogyakarta. Jika wisatawan berangkat dari pusat Kota Jogja, maka setidaknya akan memerlukan waktu perjalanan 2 jam untuk sampai di sana.

Anda bisa mengikuti jalan menuju ke Wono Sari, selanjutnya arahkan kendaraan Anda menuju ke Baron hingga akhirnya tiba di Kemadang. Ketika sudah sampai di tempat tersebut, maka ambil jalan lurus hingga akhirnya tiba di pos retribusi. Akses jalan untuk menuju ke tempat ini sudah sangat baik, karena itu perjalanan pun akan terasa sangat nyaman.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Pantai Sanglen
Image Credit: Google Maps setyo pambudi

Saat Anda sudah memasuki wilayah Pantai Sanglen, maka untuk bisa menikmati beragam aktivitas seru dan daya tariknya yang luar biasa, wisatawan perlu membayar tarif tiket masuk. Untuk tiket masuk sendiri yaitu sebesar Rp 10.000. Pengunjung yang membawa kendaraan pribadi juga akan dikenakan biaya parkir.

Jika kendaraan yang dibawa merupakan kendaraan roda dua, biaya parkirnya sebesar Rp 3.000, sedangkan jika pengunjung membawa kendaraan roda empat, biaya parkirnya sebesar Rp 5000. Untuk yang ingin mendirikan tenda dan bermalam di sana, akan dikenakan biaya Rp 5.000 tiap orangnya.

Mengenai jam operasionalnya sendiri Anda tidak perlu merasa khawatir, karena bisa mengunjungi pantai tersebut kapanpun Anda mau. Pantai ini di buka 24 jam penuh, tempat tersebut sepi peminat, maka suasana tempat akan sangat tenang dan cenderung sepi.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Sanglen

Aktivitas Menarik Pantai Sanglen
Image Credit: Google Maps Teguh Kwatno

1. Melakukan Kegiatan Olahraga

Salah satu aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Sanglen yaitu melakukan kegiatan olahraga. Kegiatan olahraga yang bisa Anda coba adalah voli pantai, jogging, sepak bola dan lain sebagainya. Jika menginginkan suasana yang sepi dan tenang, maka sebaiknya hindari datang ke pantai saat hari libur.

2. Menikmati Area Pesisir

Pantai ini memang masih kalah populer jika dibandingkan dengan Pantai Sepanjang ataupun Pantai Watu Kodok. Lahan yang dimiliki oleh pantai tersebut cenderung lebih sempit dan fasilitas yang dimiliki memang masih belum terlalu lengkap. Namun, siapa sangka hal tersebut malah menarik minat pengunjung dari kalangan tertentu.

Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Sanglen adalah menikmati area pesisir sambil duduk santai. Ketika Anda berkunjung ke tempat ini pada hari biasa, maka pengunjung yang datang relatif sedikit, karena itu momen untuk bersantai bisa dilakukan dengan puas.

Ketenangan yang mampu dihadirkan oleh ombak yang bergulung merupakan sesuatu yang menarik. Pasirnya yang berwarna putih, halus dan lembut tentunya membuat siapapun merasa ingin bermain di area pesisirnya.

Jika Anda merasa khawatir oleh terik matahari yang terlalu panas, maka Anda bisa segera menepi dan menggunakan kanopi dari pohon cemara laut sebagai tempat bernaung. Di bawah pepohonan tersebut Anda masih bisa menyaksikan keindahan laut. Karena itu bagi siapa pun yang ingin melepaskan penat aktivitas sehari-hari, segeralah datang ke tempat ini.

3. Berburu Foto Instagenic

Pastikan untuk Anda mempersiapkan kamera saat hendak berangkat ke Pantai Sanglen. Karena tentunya Anda tidak ingin melewatkan kesempatan berburu foto yang menarik di sekitar pantai Gunung Kidul tersebut. Pantai eksotis ini memang relatif mudah untuk Anda temukan, karena berada sejajar dengan pantai-pantai lain yang terdapat di kabupaten tersebut.

Sekalipun diapit oleh pantai lain yang lebih populer, namun suasana di pantai ini memang cenderung sfot. Dan mengenai masalah panoramanya sendiri, tak perlu dipertanyakan lagi. Di sinilah nantinya Anda bisa menyaksikan perbukitan karang yang berdiri begitu gagah dan patut untuk dijadikan sebagai spot foto.

Bisa dikatakan hampir semua wilayah dan tiap sudut dari pantai menyajikan keindahan untuk diabadikan dalam sebuah foto. Karena itu, hobi fotografi Anda di tempat tersebut bisa tersalurkan dengan sangat baik. Untuk yang ingin melangsungkan foto prewed, menjadikan pantai satu ini sebagai lokasi, juga merupakan ide yang tepat.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Sanglen
Image Credit: Google Maps Teguh Kwatno

Pantai Sanglen merupakan pantai yang sederhana, namun mampu menyajikan panorama yang begitu memukau dan membuat siapa pun takjub. Fasilitas yang tersedia memang tidak selengkap seperti pantai-pantai lain yang ada di Gunung Kidul. Tapi meski begitu dengan adanya fasilitas tersebut sudah cukup menunjang beragam kegiatan pengunjung.

Anda tidak perlu kesusahan untuk mencari makanan atau minuman, di sana sudah terdapat warung makan. Selain itu tersedia pula kamar mandi bagi yang ingin membilas tubuh setelah beraktivitas seharian di atas pasir putih yang halus. Pihak pengelola wisata juga telah menyediakan mushola untuk pengunjung yang ingin menjalankan salat saat berada di pantai.

Mengenai area parkirnya sendiri, Anda tidak perlu merasa was-was, karena sudah dijaga dengan baik, sehingga kendaraan Anda akan aman. Untuk yang ingin bermalam dan berkemah di pantai pasir putih ini, maka sebaiknya membawa perlengkapan tenda sendiri dari rumah, karena di tempat tersebut masih belum disediakan penyewaan tenda.

Pantai Sanglen memang termasuk pantai dengan landscape elok yang bisa ditemukan di Gunung Kidul, Yogyakarta. Tidak perlu ragu untuk menjadikan pantai satu ini sebagai salah satu daftar destinasi wisata yang wajib dikunjungi selama berada di Yogyakarta.