Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 08.00–18.00 WIB, Alamat: Gebang, Kanigoro, Kec. Saptosari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Provinsi Yogyakarta memang dikenal memiliki banyak sekali wisata alam menarik dan sangat layak untuk dijadikan sebagai destinasi berlibur. Satu lagi pantai yang tak boleh dilewatkan selama berada di Provinsi terswbut, yaitu Pantai Nguyahan.

Pantai yang berada di Kabupaten Gunung Kidul ini memang memiliki banyak sekali keanggunan yang bisa membuat siapa saja terbius. Terutama bagi Anda yang memang tengah berburu wisata pantai. Pantai tersebut terbilang cukup populer di kawasan Gunung Kidul. Karena itu, wajar saja jika Anda bisa menemukan beberapa wisatawan lokal ataupun asing.

Berkunjung ke Pantai Nguyahan bersama dengan kerabat, teman ataupun keluarga merupakan ide yang sangat tepat. Terdapat berbagai macam aktivitas menarik serta keindahan yang akan membuat liburan Anda jadi terasa lebih menyenangkan. Fasilitas yang tersedia di Pantai Gunung Kidul ini juga cukup memadai, sehingga membuat Anda merasa betah.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Nguyahan

Daya Tarik Pantai Nguyahan
Image Credit: Google Maps Via Ristiani

1. Eloknya Sunset Pantai

Beragam daya tarik ditawarkan oleh Pantai Nguyahan, salah satunya yaitu keelokan dari panorama sunset. Senja langit yang begitu indah membuat siapa saja merasa takjub ketika menatapnya. Di sinilah Anda akan melihat warna oranye dan jingga yang berpadu kemudian hilang.

Tak jarang wisatawan yang datang memang sengaja berangkat ketika menjelang sore hari. Langit dari pantai tersebut akan berubah dari biru menjadi jingga akan membuat jiwa dan hati Anda merasa tenang menyaksikannya. Maka dari itu, saat berada di tempat tersebut menjelang sore, jangan lupa untuk mengabadikan momen tersebut.

2. Pantai dengan Pasir Putih

Yang perlu untuk Anda ketahui lagi mengenai Pantai Nguyahan yang hits di Kabupaten Gunung Kidul adalah pasirnya yang berwarna putih dan juga lembut. Kombinasi pantai landai dengan pasirnya yang berwarna putih merupakan keindahan yang tak bisa ditemukan di semua pantai.

Aktivitas bermain bisa dilakukan oleh karena pantai yang landai tersebut. Anda bisa bermain voli pantai, bola dan lain sebagainya. Dan jika kebetulan Anda membawa buah hati, maka jangan lupa untuk mengajak mereka untuk membuat istana pasir.

3. Panorama Bukit

Pantai Nguyahan dikelilingi oleh area perbukitan yang relatif tinggi. Hal itulah yang akhirnya menambah keindahan dari pantai, sehingga tampak begitu kehijauan. Dari atas bukit itu pulalah Anda akan menyaksikan penuh pemandangan laut.

Namun penting untuk diperhatikan, agar Anda selalu berhati-hati saat memutuskan untuk mendaki bukit. Selain itu, sebaiknya Anda memilih waktu yang benar-benar tepat, seperti cuaca yang tengah cerah, agar kegiatan mendaki bukit tidak terganggu oleh turunnya hujan.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Nguyahan
Image Credit: Google Maps Pantai nguyahan dan pantai ngobaran

4. Budidaya Rumput Laut

Di area pantai ini banyak sekali terdapat rumput laut yang tumbuh di area bebatuan karang dan area sekitarnya. Rumput laut itu sendiri dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar. Jika Anda beruntung, maka Anda bisa menyaksikan warga sekitar yang mulai memanen rumput laut.

Hal tersebut tentu menjadi pemandangan unik yang tentunya tidak bisa Anda saksikan tiap hari. Anda yang merasa penasaran dengan rumput laut pun juga bisa bertanya kepada masyarakat sekitar tentang cara budidayanya.

Tidak semua pantai yang ada di Kabupaten Gunung Kidul dijadikan sebagai tempat mengembangbiakkan rumput laut. Karena itulah, pemandangan ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri yang bisa didapat ketika mengunjungi Pantai Nguyahan.

5. Bebatuan Karang

Salah satu pemandangan luar biasa yang juga bisa disaksikan selama berada di Pantai Gunung Kidul yaitu saat air laut tengah surut. Saat itulah nantinya Anda akan disuguhi panorama batuan karang yang sungguh indah dan unik. Seperti umumnya batu karang, di tiap selanya Anda akan menemukan adanya ikan kecil yang sangat cantik dan bervariasi.

Karena itu, ketika berada di tempat ini bersama dengan anak Anda, maka jangan lupa mengajak mereka untuk berburu ikan kecil di sela-sela bebatuan karang. Pastinya aktivitas tersebut sangat seru dan membuat anak Anda selalu bersemangat. Bisa jadi hal itu akan menjadi pengalaman terbaik dalam hidup mereka.

6. Berdiri Banyak Gubuk

Hal unik lain yang bisa didapatkan yaitu Anda akan menemukan banyak sekali gubuk sederhana yang sengaja dibangun oleh pihak pengelola Pantai Nguyahan bagi para pengunjung. Dengan begitu nantinya Anda bisa menggunakan gubuk tersebut untuk bersantai sambil lalu menikmati hidangan makanan yang Anda bawa dari rumah.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Nguyahan
Image Credit: Google Maps Ns Mutaslimah

Rute untuk menuju Pantai Nguyahan relatif mudah, Anda hanya cukup meluncur ke Desa Kanigoro, Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Dari pusat kota, jarak yang harus Anda lalui supaya bisa sampai ke tempat ini yaitu kurang lebih sejauh 75 km. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, maka memerlukan waktu kurang lebih satu setengah jam.

Anda bisa menggunakan kendaraan roda empat ataupun kendaraan roda dua. Di tempat ini juga tersedia area parkir. Bagi yang masih merasa bingung dengan rute menuju lokasi, Anda bisa menggunakan bantuan dari Google Maps. Di kolom pencarian Anda tinggal mengetikkan nama pantai, lalu Anda tinggal mencari rute terbaik yang bisa digunakan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Nguyahan
Image Credit: Google Maps Nurul Latifa

Untuk bisa memasuki area Pantai Nguyahan, Anda sebenarnya tidak akan dikenakan tiket masuk sama sekali. Namun di hari-hari tertentu Anda perlu membayar biaya retribusi yang cukup terjangkau, yaitu hanya Rp 5.000 saja. Perlu untuk diketahui, pantai ini berada dekat dengan pantai-pantai lain.

Sehingga ketika Anda membayar uang Rp 5.000 tersebut, Anda sudah bisa menikmati panorama di pantai lain yang berada dekat dengan area Ngayahan. bagi wisatawan yang kebetulan membawa kendaraan, maka perlu menitipkan kendaraan tersebut di area parkir.

Untuk biaya parkirnya sendiri sebesar Rp 5.000 jika Anda membawa mobil dan Rp 2.000 bagi Anda yang membawa sepeda motor. Dari area parkir ini nantinya Anda perlu jalan kaki untuk menuju ke wilayah pantai.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Nguyahan

Aktivitas di Pantai Nguyahan
Image Credit: Google Maps Fela Wardana

1. Memancing

Terdapat banyak sekali kegiatan dan aktivitas seru bisa dilakukan selama melancong ke Pantai Nguyahan. Salah satu aktivitas yang sangat direkomendasikan bagi Anda yaitu memancing. Pantai ini memang dikenal memiliki banyak sekali spesies ikan laut yang beraneka ragam. Karena itulah, jangan heran jika Anda menemukan warga sekitar yang banyak memancing.

Warga lokal yang ada di area pesisir terkenal sangat ramah pada pengunjung yang datang. Anda yang sangat hobi memancing tentu tidak boleh melewatkan kesempatan tersebut saat berada di sana. Memancing sambil lalu menikmati keindahan sunset adalah ide yang tepat dan menarik untuk segera diaplikasikan.

2. Camping di Pantai Nguyahan

Bagi wisatawan yang ingin bermalam, maka di kawasan pantai indah ini juga diperbolehkan untuk mendirikan tenda. Anda bisa memanfaatkan area camping yang sengaja disediakan oleh pihak pengelola wisata. Namun oleh karena di sana masih belum disediakan tempat penyewaan tenda, maka Anda perlu membawa perlengkapan camping sendiri.

Saat Anda memutuskan untuk berkemah di tempat tersebut, jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan kemilau gemintang saat malam hari. Hal itu tentunya merupakan pengalaman menarik dan tak bisa Anda lupakan. Aktivitas lain yang bisa dilakukan selama Anda berkemah yaitu menyalakan api unggun serta membakar ikan.

3. Banyak Spot Wisata

Objek wisata Pantai Nguyahan ini biasa dipakai oleh para pengunjung untuk bermain pasir dan berenang. Ada banyak sekali spot wisata menarik yang disuguhkan, sehingga beragam aktivitas pun bisa dilakukan. Disini Anda bisa menikmati beberapa hewan laut yang begitu unik dan lucu.

Pemandangan karang bisa dijadikan sebagai salah satu spot foto yang instgramable. Tidak sedikit pula pengunjung yang menjadikan ikan kecil serta rumput laut di sana sebagai objek foto mereka. Umumnya rumput laut tersebut dipanen oleh warga sekitar dan hasilnya dipakai untuk menunjang ekonomi keluarga.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Nguyahan
Image Credit: Google Maps Jogja City Tour Murah

Pantai Nguyahan merupakan salah satu tempat wisata yang sudah dikelola dengan cukup baik. Karena itu, fasilitas yang ada di tempat ini bisa memanjakan Anda dan menunjang berbagai macam aktivitas yang ingin dilakukan. Salah satu fasilitas gratis yang bisa di nikmati yaitu gubuk sederhana untuk duduk bersantai.

Gazebo yang sengaja dibuat tersebut memang sangat nyaman untuk digunakan bagi Anda dalam melepas penat bersama dengan keluarga. Jika kebetulan Anda tidak membawa bekal dari rumah, maka di sana juga bisa ditemukan warung makan. Anda bisa mamesan menu berupa hidangan laut yang terkenal nikmat dan lezat.

Untuk tempat parkirnya sendiri sudah terbilang cukup luas dan aman. Selain area parkir dan gazebo, fasilitas umum lain yang juga bisa dinikmati yaitu kamar ganti, toilet, mushola dan lain sebagainya. Pastikan selama mengunjungi tempat wisata Anda tidak membuang sampah secara sembarangan dan tetap menjaga kebersihan.

Pantai Nguyahan Gunung Kidul memang dikenal sebagai salah satu wisata yang indah dan populer di Yogyakarta. Karena itu, saat Anda kebetulan berada di Kabupaten Gunung Kidul, maka jangan lewatkan kesempatan untuk berada di tempat ini. Daya tarik yang disuguhkan oleh pantai akan membuat Anda merasa ketagihan untuk selalu mengunjunginya.