Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 09.00–17.00 WIB, Alamat: Bolang, Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pantai Nguluran tergolong sebagai referensi wisata yang dapat dipilih oleh pelancong. Sepanjang Pantai memang menawarkan beragam keindahan alam dengan replika foto yang lengkap. Lautan berwarna biru dan hamparan pasir menyatu begitu indah.

Destinasi ini juga dikenal dengan teras kaca yang menjadi spot hunting foto. Anda akan seperti berada di film terkenal ketika berfoto di teras kaca itu karena estetik. Biasanya pengunjung tidak lupa pula untuk melipir ke spot lain seperti glass boat dan becak terbang.

Berkunjung ke Pantai Nguluran bersama kerabat tidak akan merasa rugi. Apalagi di area sudah lengkap dengan sejumlah replika dan tempat bersantai. Anda juga akan dimanjakan dengan pohon kelapa yang membuat sejuk.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Nguluran

Daya Tarik yPantai Nguluran
Image Credit: Google Maps Wisata Jogja

1. Spot Instagramable

Pantai Nguluran memiliki daya tarik berupa spot instagramable yang sangat banyak di setiap sudut. Teras kaca yang ada di pinggir laut menjadi tempat mengambil foto paling favorit. Jika ingin kesana traveller perlu naik melalui gardu pandang yang terbuat dari beton. Dari atas spot kaca ini Anda bisa melihat pasang surut air laut yang cantik.

Pada area lain terlihat glass boat yang hampir mirip dengan teras kaca. Tetapi glass boat menyerupai kapal yang sering dipakai berfoto karena seperti di film Titanic. Pengunjung tidak perlu takut karena kaca yang digunakan sangat tebal dengan penyanggah besi. Sehingga selama berada di atas kaca Anda akan aman.

2. Panorama Indah

Keindahan alam yang terlihat cukup banyak di sekitar Pantai Nguluran mampu menjadi daya tarik yang membuat kunjungan semakin nyaman. Sejauh mata memandang akan disuguhi lautan biru yang terpancar indah karena memperoleh sinar dari matahari. Pelancong juga bisa berkeliling ke tepian untuk mendapatkan panorama indah.

Disana tersedia pula replika kursi yang ada di atas pasir. Biasanya pengunjung duduk di kursi itu sambil melihat pemandangan yang tersaji di sekitar pantai. Rasakan keasrian tempat dengan menghirup udara sepoi-sepoi yang berasal dari pohon. Jika perlu bawa camilan selama melihat sekeliling Pantai agar keseruan Anda terasa semakin lengkap.

3. Wahana Seru

Pantai Nguluran mempunyai beragam wahana seru yang menarik untuk dicoba oleh semua kalangan. Disana sudah tersedia permainan khusus anak dan orang dewasa yang dijaga oleh petugas. Terdapat pendapa yang menyediakan permainan tradisional untuk anak kecil. Setiap pergi berkunjung, Anda boleh melipir dan memilih permainan yang disukai.

Khusus pengunjung yang sudah dewasa bisa beranjak ke spot lain untuk mencoba ayunan. Permainan itu cukup memacu adrenalin karena dekat dengan tebing. Tetapi selama bermain Anda dapat melihat Pantai secara menyeluruh dari atas. Wisatawan juga akan dijaga oleh petugas sehingga tidak perlu khawatir jatuh dan nikmati liburan akhir pekan Anda.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Nguluran
Image Credit: Google Maps Widi Widex

Pantai Nguluran berada di Desa Girikarto, Gunung Kidul, Yogyakarta. Kawasan desa yang menjadi letak wisata berjarak kurang lebih 60 km dari pusat kota Yogyakarta. Pelancong tentu harus menyiapkan kendaraan yang nyaman selama perjalanan. Waktu tempuh yang akan dilalui pun tidak terlalu lama jika para tamu datang dari pusat kota ini menuju Pantai.

Rute awal yang dapat ditemui mulai dari Jalan Wonosari yang berada di pusat kota. Lurus ke Jalan Piyungan dan lanjutkan sampai Jalan Patuk. Jika wisatawan sudah sampai di pasar playen, maka perlu mengarah ke area Paliyan sambil melihat panorama kanan kiri. Kemudian Anda bisa masuk kawasan Girikarto dengan membaca papan petunjuk wisata.

Google maps sering menjadi salah satu pilihan dalam melihat rute jalan yang perlu dilewati. Pengunjung yang ingin segera sampai dapat membawa sepeda motor. Sepanjang jalan banyak keindahan alam yang menemani traveller. Pastikan mengajak orang terdekat saat menuju destinasi cantik ini agar terasa lebih ramai dan perjalanan tidak akan membosankan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Nguluran
Image Credit: Google Maps Trisno Ary Budi

Pantai Nguluran memiliki tiket masuk sebesar Rp 5.000 dan berlaku untuk semua orang. Traveller yang datang pada hari apapun dapat merasakan kesejukan tempat yang ada tiap sudut. Tiket yang murah menjadi salah satu hal yang membuat wisata selalu menjadi pilihan ketika ingin bersantai. Para tamu juga boleh memastikan harga lagi sebelum datang kesana.

Pada area Pantai terlihat spot foto di atas kaca yang selalu ramai. Namun spot itu berbayar dan mempunyai tarif yang masih murah Rp 5.000. Selama berfoto di spot kaca tersebut Anda hanya perlu membeli tiket 1 kali dan bisa dipakai sepuasnya. Jika pengunjung ingin mengambil obyek foto dari spot berbeda maka tidak perlu mengeluarkan budget lagi.

Selain membayar tarif itu, wisatawan juga harus mengeluarkan uang untuk biaya parkir kendaraan. Karcis yang berlaku pada sepeda motor Rp 3.000 dan mobil Rp 5.000. Lahan ini boleh dipakai selama liburan atau bagi siapapun yang ingin berkemah. Memilih berkunjung ke pantai cantik ini memang sangat tepat jika mencari referensi wisata indah dengan harga murah.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Nguluran

Aktivitas di Pantai Nguluran
Image Credit: Google Maps Amat Solaeman

1. Berburu Spot Foto

Pantai Nguluran menyediakan sejumlah spot untuk berfoto yang berbeda dengan Pantai lain. Terdapat replika becak terbang, teras kaca, dan glass boat yang mampu menawarkan keunikan saat mengambil potret gambar. Apalagi spot itu langsung menghadap Pantai yang terlihat cantik. Traveller yang ingin berburu spot foto harus bergantian karena selalu ramai.

2. Camping di Pantai Nguluran

Pesona alam yang ditawarkan memang membuat siapapun takjub. Bahkan setiap hari libur selalu terlihat ada kalangan muda yang mendirikan tenda sambil memasak bahan makanan. Camping di sekitar pantai eksotis ini wajib dicoba jika ingin melihat sunrise dan sunset. Tetapi jangan merusak alam dan bawa pulang kembali sampah Anda agar area tetap bersih.

3. Bermain Ayunan

Ayunan di dekat tebing dapat dicoba pengunjung jika ingin merasakan suasana alam. Ayunan tersebut dekat dengan pasir dan Pantai, tetapi Anda tidak perlu takut jatuh. Selama mencoba permainan akan ada pengaman yang akan dipasangkan. Selain memacu adrenalin, para tamu juga dapat menikmati keindahan Pantai dari atas ayunan yang telah dicoba itu.

4. Melihat Pemandangan

Pada kawasan Pantai terdapat kursi panjang logam serta giant chair yang dimanfaatkan untuk melihat pemandangan dari atas. Bentuk kursi memang masih unik karena design yang sangat lucu. Biasanya wisatawan tidak hanya melihat panorama saja, tetapi sering berfoto di kursi itu. Pantai Nguluran memang tergolong sebagai wisata cantik dengan replika yang estetik.

Aktivitas Menarik di Pantai Nguluran
Image Credit: Google Maps Ivan Susatya

5. Membeli Kuliner

Kedai yang menyuguhkan aneka masakan khas setempat membuat pelancong selalu tertarik untuk mampir kesana. Jika Anda ingin menikmati seafood maka wajib melipir ke warung bersama keluarga. Olahan yang disajikan masih fresh karena diambil langsung dari laut. Selain mendapatkan makanan yang enak, tamu juga dijamin betah selama duduk disana.

6. Bermain Pasir

Pantai Nguluran menyuguhkan pasir yang membentang luas dari tiap sudut. Kebersihan tempat membuat pasir semakin tampak putih. Bahkan banyak wisatawan yang menginjak pasir tanpa memakai alas karena tidak ada batu kecil di dalam pasir. Anda dapat bermain apapun dengan menyiapkan alat sendiri dan pengunjung juga boleh berjemur di pasir.

7. Berenang

Arus ombak memang tidak begitu besar meskipun ketika siang maupun sore. Pelancong selalu berenang karena ingin merasakan air yang jernih. Bahkan banyak pula orang yang sengaja menyiapkan kamera anti air ketika merekam momen berenang. Bagi yang tidak ingin berenang, juga boleh sekedar duduk di pasir sambil menghirup hembusan angin.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Nguluran
Image Credit: Google Maps suminosuka suka

Pantai Nguluran masih memiliki fasilitas minim karena tergolong sebagai destinasi baru. Namun pelancong dari berbagai penjuru mempunyai antusias yang sangat tinggi menuju Pantai ini karena cukup unik. Disana tersedia mushola yang tidak jauh dari pesisir. Jika ingin beribadah sebaiknya membawa peralatan sendiri dan Anda bisa memakai tempat wudhu.

Pendapa yang tampak di dekat area pasir memiliki sejumlah permainan untuk anak. Bagi traveller yang mengajak anak kecil dapat mencoba bermain di pendapa itu. Toilet sudah ada dengan bangunan yang cukup luas dan sering dipakai membersihkan diri ketika usai berenang. Tempat berfoto yang instagramable sudah tersebar luas di sepanjang pantai.

Pantai Nguluran juga mempunyai sejumlah kedai kuliner dengan penawaran makanan yang bervariasi. Tidak jauh dari sana ada camping ground yang dipadati pengunjung saat hari Sabtu dan minggu. Tempat parkir pun menjadi fasilitas penunjang yang tersedia luas sebagai lahan kendaraan tamu. Gazebo yang menjadi tempat bersantai juga tidak sulit ditemukan.

Demikian informasi yang berkaitan dengan Pantai Nguluran sebagai destinasi baru yang bisa dikunjungi. Para tamu dari berbagai daerah harus melipir ke wisata ini karena banyak penawaran tempat foto yang kekinian. Bahkan sepanjang Pantai tampak cantik karena pasir putih menyatu dengan air laut. Jadi datang ke Nguluran bersama kerabat wajib dicoba.