Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Tugurejo, Kec. Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Jawa Tengah memang merupakan salah satu Provinsi di Pulau Jawa yang banyak menghadirkan berbagai tempat wisata unik untuk dikunjungi. Salah satunya berada di Kota Semarang, sebagai pusat Ibu Kota, ada berbagai wisata indah yang dapat anda datangi ketika berkunjung ke kota ini salah satunya adalah wisata perairan yaitu Pantai Tirang.

Pantai ini dahulu merupakan bagian dari sebuah pulau kecil yang bernama Tirang dengan memiliki berbagai flora dan fauna. Lambat laun, oleh Pemerintah menjadikannya sebagai salah satu pantai yang indah untuk dikunjungi karena memiliki keindahan alam yang asri dan alami khas dengan suasana perairan.

Letak pantai sangat strategi karena berada diantara landasan dari perumahan Graha Padma dan Bandara Ahmad Yani. Pantai ini memiliki daya tarik yang kuat sehingga banyak yang mendatanginya bahkan puncak kepadatan pengunjung terjadi pada akhir pekan. Untuk lebih jelasnya, silakan disimak beberapa info penting dari pantai.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tirang

Daya Tarik Pantai Tirang
Image Credit: Google Maps Wahyu Asyari Muntoha

1. Keindahan Pantai

Pantai dengan luas sekitar 250 hektar ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Hamparan pasir pantai yang luas terlihat sangat menarik untuk dijelajahi.

Air laut di Pantai Tirang juga masih cukup bersih, cukup jauh dari polusi air laut yang diakibatkan oleh kapal-kapal nelayan ataupun kapal besar lainnya.

Warna jernih air pantai membuat suasana menjadi lebih menakjubkan. Pengunjung bahkan dapat menyaksikan sendiri ekosistem di dasar laut dengan snorkeling. Indahnya terumbu karang ditambah ikan-ikan yang ada di sekitarnya semakin menambah keindahan.

Warna pasir yang ada di pantai ini juga putih. Saking halusnya, Anda bisa langsung duduk diatas pasir tanpa menggunakan alas.

Di sekitar pantai juga terlihat tanaman khas pantai yakni mangrove. Keberadaan tumbuhan ini yakni mencegah adanya erosi air laut. Selain itu, mangrove juga menjadi rumah bagi binatang-binatang laut untuk bersarang ataupun bertelur. Sehingga ekosistem pantai akan tetap terjaga.

Tanaman ini juga dapat dijadikan sebagai tempat berteduh karena tinggi yang menjulang. Anda dapat bersantai di bawah pohon ini. Selain pepohonan mangrove, terdapat juga pohon-pohon rimbun lainnya yang sangat rindang dengan suasana yang sejuk.

2. Terumbu Karang

Menariknya, Pantai Tirang mempunyai banyak habitat dari terumbu karang yang hidup dengan baik di bawah dasar air laut. Pihak pengelola memberikan izin untuk menyelam maupun berenang di sekitar kawasan karena ombak yang datang sangat tenang dan bersahabat.

Anda dapat menyewa beberapa peralatan snorkeling untuk menyaksikan langsung pemandangan terumbu karang di dasar laut. Sangat menakjubkan untuk diamati. Selain itu, terumbu karang ini memiliki ekosistem yang sempurna dengan dihiasi oleh ikan-ikan yang berenang dan bersembunyi dibalik terumbu karang.

Di sekitar terumbu karang juga terdapat tanaman yang menghijau tumbuh dengan sendirinya. Tumbuhan ini sangat cantik dan dapat mempesona dengan lanskap keindahan yang hanya bisa di dapat ketika berada di sekitar laut. Anda juga dapat melihat terumbu karang saat berlayar dengan menggunakan perahu nelayan.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Tirang
Image Credit: Google Maps Riski Dimas

3. Rumput Laut

Tidak hanya terumbu karangnya yang masih terjaga, Pantai Tirang juga memiliki rumput laut yang melimpah. Ya, warga sekitar memanfaatkan lautnya bersih untuk menanam rumput laut.

Jika beruntung, Anda dapat menyaksikan kegiatan memanen rumput yang dilakukan oleh warga sekitar. Rumput laut disini sangatlah subur mengingat lautnya yang masih bersih dan ombaknya yang stabil hingga cocok untuk pertumbuhan rumput laut.

4. Pesona Sunset dan Sunrise

Pantai Tirang menawarkan pesona sunrise dan sunset yang menawan. Siapa yang tidak ingin melihat indahnya matahari yang terbit dari ufuk timur? Keindahan matahari merah mulai memunculkan warnanya perlahan dibalik laut lepas.

Bagi Anda yang berasal dari luar daerah bisa menginap semalaman di hotel sekitar pantai untuk bisa menikmati pemandangan indah ini. Atau bisa juga mendirikan tenda untuk bermalam disini.

Ketika sore tiba, pantai ini juga menawarkan pemandangan yang tak kalah menakjubkan. Indahnya matahari terbenam bisa Anda nikmati ketika sore tiba.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Tirang
Image Credit: Google Maps 爱XoXo [Ai`Lin]
Wisata perairan dengan khas tanaman mangrove ini hanya dapat dikunjung karena berada di Provinsi Jawa Tengah, lebih tepatnya terletak di Desa Tugurejo, termasuk dalam Kabupaten Semarang. Lokasi Pantai Tirang cukup strategis dapat dilalui oleh berbagai rute perjalanan.

Pertama, rute perjalanan yang ditempuh dari Bandara Ahmad Yani yaitu dengan memasuki Jalan Pantura Semarang. Setelah itu menuju ke jalan kendal dan jalan Siliwangi. Setelah sampai dapat melanjutkan lagi perjalanan menuju ke Jalan Hanoman raya ke Tugurejo dan sampai ke lokasi.

Kedua, rute perjalanan yang ditempuh dari stasiun tawang yaitu dengan mengambil alih Jalan Tawang menuju ke jalan Pemuda. Setelah itu lewati Jalan Soegiyiopronoto ke jalan jenderal Sudirman. Setelah sampai lanjutkan ke Jalan Hanoman Raya ke Tugurejo sampai datang ke depan gardu masuk wisata.

Ketiga, rute perjalanan yang ditempuh dari kota Yogyakarta dapat mengambil arah ke Sendangadi, setelah itu lewati jalan Semarang Yogyakarta masuk ke pintu Tol Ungaran bawen menuju ke Tol Tembalang Ungaran. Lanjutan perjalanan sampai ke jalan Adenia Raya menuju ke Tugurejo. Beberapa saat akan tiba di lokasi wisata yang dituju.

Keempat, rute perjalanan dari Terminal bus, dapat ditembus dari jalan Terminal terboyo menuju ke Jalan Kudus Semarang. Setelah itu lewati Jalan Kaligawe Raya menuju ke Jalan Pantura dan Jalan Pengapon. Lanjutkan perjalanan ke Jalan Raya Semarang Demak menuju ke Jalan Hanoman Raya sampai ke Tugurejo.

Selama perjalanan disarankan untuk selalu berhati-hati dan waspada karena jalanan menuju ke lokasi sangat berdebu jika di musim kemarau dan sangat becek dan licin saat memasuki musim penghujan. Sepanjang perjalanan, mata akan dimanjakan dengan pemandangan yang menghijau dari perkebunan dan sawah milik warga.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Tirang
Image Credit: Instagram Hermawan PraseTyo

Pemandangan indah Pantai Tirang yang eksotis ini hanya dibanderol biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000 per pengunjung. Dengan biaya tersebut, pengunjung sudah mendapatkan berbagai keindahan alam dan fasilitas yang cukup memadai dari pihak pengelola.

Adapun untuk biaya lainnya, seperti biaya parkir dibanderol dengan biaya sekitar Rp 5.000 per kendaraan baik yang beroda dua maupun yang beroda empat. Yang melegakan, pantai ini ternyata dibuka selama 24 jam penuh dari hari Senin hingga Minggu. Jadi, Anda bisa datang kesini setiap waktu.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Tirang

Aktivitas di Pantai Tirang
Image Credit: Google Maps annsika 90

1. Memancing

Pantai Tirang memiliki banyak jenis ikan-ikan yang dapat ditangkap. Jika Anda hobi memancing pastinya kegiatan ini tidak boleh untuk dilewatkan.

Pengunjung dapat memancing di pinggiran pantai atau di perahu milik nelayan dengan menyewa. Disarankan untuk membawa alat pancing atau jika enggan, pengunjung dapat menyewa beberapa peralatan pancing lengkap dari pihak pengelola. Ikan hasil pancingan juga bisa langsung dinikmati di pantai ini.

2. Berenang

Bermain di air merupakan kegiatan yang menarik ketika berada di pantai. Namun, sebelum melakukan kegiatan ini pastikan jika ombak di laut aman untuk berenang.

Untungnya, wisata pantai Semarang ini memiliki ombak yang tenang sehingga cukup aman untuk kegiatan air seperti berenang ataupun snorkeling. Anda bisa melihat keindahan bawah laut yang menakjubkan di pantai ini. Terumbu karang yang cukup terjaga serta ikan-ikan yang masih sehat bisa Anda temui.

Aktivitas Menarik di Pantai Tirang
Image Credit: Google Maps Rudy Wawur

3. Mengelilingi Pantai dengan Kano

Selain berenang, Anda juga bisa memanfaatkan perahu atau kano yang disewakan untuk pengunjung. Anda akan diantar untuk berkeliling menikmati keindahan Pantai Tirang lebih jauh.

Bagi anda yang takut dengan air ataupun tidak bisa berenang, Anda tidak perlu khawatir karena menikmati pemandangan dari pantai sudah cukup menarik.

4. Mengabadikan Momen Penting di Sekitar Pantai

Pantai Tirang memiliki banyak spot foto menarik yang harus anda ambil. Beberapa diantaranya seperti di pesisir pantai, hamparan pasir putih dengan air laut yang membentang luas.

Anda juga dapat berfoto di pondok-pondok istirahat dengan rindangnya pohon mangrove yang berjejer di sekitar pantai. Tentu Anda wajib membawa gadget yang mumpuni guna mengabadikan momen spesial di pantai ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Tirang
Image Credit: Google Maps tirza ge

Fasilitas merupakan elemen penting pada suatu tempat wisata. Dengan adanya fasilitas yang lengkap, maka pengunjung akan merasa sangat puas dan senang mengunjungi lokasi.

Begitu pun di Pantai Tirang, pantai ini memiliki beragam fasilitas yang bisa dimanfaatkan setiap pengunjung. Fasilitas pertama ada lahan parkir yang luas. Kedua tersedia pondok yang bisa digunakan wisatawan sebagai tempat istirahat dan berteduh.

Fasilitas lain yang tak kalah penting yakni adanya tempat penyewaan kano atau perahu yang bisa disewa untuk mengelilingi pantai. Anda tinggal menyiapkan budget untuk menyewa kano dan siap untuk berkeliling sekitar pantai.

Itulah berbagai informasi terkait Pantai Tirang, pantai yang ada di sekitar Semarang ini memang sangat layak untuk dikunjungi. Anda bisa mengajak keluarga ataupun orang tercinta ke pantai ini.