11 Wisata Pantai di Semarang

Semarang merupakan salah satu daerah yang menyimpan berbagai kekayaan wisata alam yang sangat mempesona. Sebagian besar wisata alam yang ada di Semarang memang merupakan pantai dengan keindahan yang mengagumkan. Namun, pantai-pantai yang ada di ibukota provinsi Jawa Tengah ini tidak sama dengan yang ada di daerah lainnya, karena setiap daerah memiliki keistimewaannya masing-masing.

Pantai-pantai yang ada di Semarang memiliki ciri khusus, yakni memiliki panjang pantai rata-rata lebih dari 104 km. Angka tersebut terbilang sangat panjang apabila dibandingkan dengan pantai-pantai di daerah lainnya. Selain itu, beberapa pantai yang ada di Semarang juga banyak yang dikelilingi oleh kawasan hutan mangrove, bahkan ada juga yang di sekitarnya terdapat hutan bakau.

Seperti diketahui, sebagian besar orang tentu menyukai wisata alam berbentuk pantai, karena pantai menciptakan berbagai suasana yang ingin dirasakan oleh setiap orang ketika lelah selama sepekan beraktivitas. Mulai dari suasana teduh, romantis, hingga menenangkan, semua bisa dirasakan apabila mengunjungi pantai. Jika kamu masih bingung destinasi wisata pantai mana yang ingin dikunjungi, maka berikut adalah 11 destinasi wisata pantai di Semarang yang sayang sekali untuk dilewatkan.

1. Pantai Ngebum Kendal

Pantai Ngebum Kendal

Lokasi: Mororejo, Kaliwungu, Kab. Kendal, Jawa Tengah. – Image Credit by Tempatwisataseru.com

Pantai ini terletak di Desa Mojorejo, dekat sekali dengan pusat kota Semarang, mungkin hanya membutuhkan jarak tempuh sekitar 30 menit. Pantai ini memiliki pesona yang masih sangat alami karena belum terlalu banyak wisatawan yang mengetahui pantai ini, padahal pemandangan yang dimiliki pantai ini sangatlah mempesona. Apalagi ditambah dengan letaknya yang dekat sekali dengan dermaga. Di sekeliling pantai juga banyak terdapat pepohonan yang rindang sehingga  suasana menjadi teduh dan menenangkan.

Biaya tiket masuk pantai ini juga terbilang sangat murah, yakni hanya Rp 3.000 saja. Sangat murah sekali bukan? Untuk kamu yang membawa kendaraan tidak perlu khawatir karena terdapat lahan parkir yang cukup luas, akan tetapi dikenai biaya sebesar Rp 2.000. Pantai ini memiliki ombak yang tidak terlalu besar sehingga masih terbilang aman untuk bermain di sekitarnya. Selain itu, para petugas juga menyediakan pelampung agar wisatawan bisa bermain ombak dengan leluasa.

2. Pantai Marina

Pantai Marina

Lokasi: Jl. Yos Sudarso, Kompleks PRPP, Tawang Sari, Semarang, Jawa Tengah. – Image Credit by Majider.web.id

Pantai Marina adalah salah satu pantai di Semarang yang terletak di Jl Yos Sudarso, Tawangsari. Pantai ini terbilang cukup eksotis karena suasana di sekitar pantai tidak terlalu banyak pepohonan, sehingga memang sakit panas. Namun, meskipun begitu banyak wisatawan yang memanfaatkan tempat tersebut menjadi wahana untuk berjemur. Apalagi saat sebelum jam 10 sinar matahari masih mengandung banyak vitamin yang bagus untuk menutrisi kulit.

Jika mengunjungi pantai ini jangan sampai melewatkan waktu matahari terbit dan juga tenggelam. Banyak wisatawan yang mengunjungi pantai ini khusus untuk menyaksikan momen tersebut. Warnanya yang kuning keemasan memang sangat menarik untuk dijadikan spot berfoto. Selain itu di sekitar pantai ini juga terdapat banyak sekali penginapan yang bisa membuatmu tenang meskipun berlibur lebih dari satu malam.

3. Pantai Morosari Sayung Demak

Pantai Morosari Sayung Demak

Lokasi: Bedono, Kec. Sayung, Kab. Demak, Jawa Tengah. – Image Credit by Idntimes.com

Tempat wisata di Semarang yang satu ini berlokasi di Desa Bedono, cukup dekat dengan pusat kota. Pantai ini terbilang sangat populer karena memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan juga kondisi sekeliling pantai yang dipenuhi dengan terumbu karang kecil yang sangat cantik. Apalagi terdapat  terowongan yang membelah pantai ini sehingga sering kali dimanfaatkan sebagai spot foto oleh para wisatawan.

Hal menarik lainnya yang ada di pantai ini  adalah karena lokasinya yang sangat dekat dengan makam Syekh Abdullah Mudzakir, ulama besar kota Semarang. Di sekitar pantai juga bisa ditemukan banyak sekali kawasan hutan mangrove yang juga dijadikan sebagai tempat konservasi. Bagi kamu yang ingin menikmati pemandangan pantai dengan lebih eksklusif maka bisa menyewa fasilitas berupa pantai yang disediakan oleh petugas.

4. Pantai Empu Rancak Jepara

Pantai Empu Rancak Jepara

Lokasi: Karanggondang, Mlonggo, Rw. 8, Karanggondang, Kec. Mlonggo, Kab. Jepara, Jawa Tengah. – Image Credit by Wikipedia.org

Pantai Empu Rancak Jepara merupakan salah satu destinasi wisata yang letaknya dekat dengan pusat keramaian Jepara, yakni lebih tepatnya di Desa Karanggondang. Deburan ombak yang dimiliki pantai ini sangat indah ditambah dengan air pantai yang sangat jernih. Di sekitar bibir pantai juga banyak ditemukan pecahan batu karang yang meskipun cantik masih bisa membahayakan kaki kamu. Oleh karena itu, diharap selalu berhati-hati apalagi saat tidak menggunakan alas kaki.

Petugas yang mengelola pantai ini juga menyediakan berbagai fasilitas menarik yang bisa dinikmati, salah satunya adalah tempat duduk dengan tenda yang punya banyak warna berbeda. Tempat tersebut bisa dimanfaatkan untuk istirahat maupun spot foto yang cantik. Tidak usah khawatir untuk masalah perut, karena di sekitar pantai ini terdapat banyak warung yang menjual makanan khas daerah Semarang.

5. Pantai Baruna

Pantai Baruna

Lokasi: Pelabuhan Mas, Tanjung, Bringin, Tj. Mas, Semarang Utara, Jawa Tengah. – Image Credit by Steemit.com

Pantai Baruna memiliki keistimewaan yang berbeda dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Semarang karena di sini kamu bisa menjumpai padang ilalang yang sangat hijau dan asri. Bahkan pantai ini sering kali dijadikan sebagai tempat pemotretan karena pemandangannya juga sangat eksotis. Rumput yang melambai-lambai semakin menambah pesona pantai ini menjadi sangat menarik untuk dikunjungi.

Tiket masuk menuju pantai ini juga sangat terjangkau, yakni hanya merogoh kocek sebesar Rp 3.000 setiap orangnya. Banyak wisatawan yang memanfaatkan tempat ini sebagai lahan untuk bersepeda ria, hal tersebut karena pantai ini memang sangat luas dan memiliki medan lintasan yang sangat halus. Maka hal tersebut juga dimanfaatkan oleh para petugas untuk menyediakan persewaan sepeda.

6. Pantai Maron

Pantai Maron

Lokasi: Tugurejo, Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah. – Image Credit by Beautynesiablog.id

Pantai Maron merupakan salah satu destinasi wisata di Semarang yang memiliki banyak sekali pesona keindahan. Tak hanya airnya yang jernih dan deburan ombaknya yang riang, pantai ini juga dikelilingi oleh kawasan hutan mangrove yang sangat menakjubkan. Selain itu, ada juga beberapa fasilitas lainnya yang sangat menarik untuk dirasakan, yakni budidaya tambak laut dan juga jembatan yang komposisinya merupakan susunan bebatuan.

Budidaya tambak laut menjadi daya tarik yang cukup penting karena bisa mendatangkan banyak sekali wisatawan. Masyarakat sering kali sengaja mengunjungi pantai ini hanya untuk melihat adanya budidaya tambak tersebut. Di sana mereka bisa mempelajari mengenai bagaimana proses pertumbuhan ikan-ikan laut dan cara merawatnya hingga bisa tumbuh menjadi besar.

7. Pantai Morodemak

Pantai Morodemak

Lokasi: Morodemak, Bonang, Kab. Demak, Jawa Tengah. – Image Credit by Twitter.com @Ppp_morodemak

Pantai Morodemak terletak di dekat alun-alun kota Semarang, yakni di Desa Morodemak. Pemandangan yang disuguhkan oleh pantai ini benar-benar menakjubkan karena juga dikelilingi oleh kawasan Hutan Bakau, sehingga pengunjung tidak hanya bisa menikmati pesona pantainya saja. Hutan Bakau tersebut menjadi kawasan konservasi dan dilindungi oleh pemerintah daerah.

Petugas yang mengelola pantai ini menyiapkan persewaan perahu agar kamu bisa puas mengeksplor keindahan pantai. Apalagi terdapat juga habitat burung bangau di sekitar kawasan hutan bakau, sehingga jika menggunakan perahu, kamu akan bisa melihatnya lebih jelas. Matahari terbenam juga menjadi salah satu momen yang sangat dinanti-nantikan oleh wisatawan saat berkunjung di tempat ini.

8. Pantai Jodo Batang

Pantai Jodo Batang

Lokasi: Dukuh Buntu, Sikluyu, Sidorejo, Kec. Gringsing, Kab. Batang, Jawa Tengah. – Image Credit by Ksmtour.com

Pantai Jodo Batang adalah pantai yang memiliki keunikan sangat menarik, yakni terdapat rel kereta api di sepanjang garis pantainya. Sudah bisa dibayangkan betapa indahnya pantai ini, apalagi cara melihatnya juga bisa melalui berbagai sisi. Alunan ombak yang relatif tenang membuat suasana pantai ini menjadi sangat romantis dan juga mengesankan. Maka tak heran jika banyak sekali wisatawan yang mencoba untuk mengabadikan momen di pantai ini.

Untuk biaya masuk ke pantai ini hanya dikenakan tarif sebesar Rp 3.000, sangatlah murah jika dibandingkan dengan keindahan yang nantinya di dapatkan di dalamnya. Selain itu, petugas juga menyediakan fasilitas-fasilitas penunjang lainnya agar bisa semakin memanjakan momen-momen liburan kamu. Beberapa diantaranya adalah gazebo, tempat duduk warna-warni yang sangat antic, dan juga hammock yang sangat enak jika dimanfaatkan untuk tempat beristirahat.

9. Pantai Tirang

Pantai Tirang

Lokasi: Tugurejo, Kec. Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah. – Image Credit by Flickr.com

Tirang adalah satu dari banyak pantai di Semarang yang di kelilingi oleh kawasan hutan mangrove, bahkan juga dilakukan proses pembudidayaan di dalamnya. Dengan adanya kawasan hutan mangrove dapat mengalihkan pemandanganmu sejenak apabila sudah tidak ingin menikmati suasana pantai. Namun, pantai ini benar-benar memiliki pesona keindahan yang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Tiket masuk menuju tempat wisata ini hanya sejumlah Rp. 500. Jumlah tersebut bisa membuatmu menikmati pesona keindahan Pantai Tirang sekaligus menikmati berbagai fasilitas yang disediakan oleh pengelola wisata. Di tempat ini kamu juga bisa memancing karena di pesisir pantai menyimpan banyak sekali kekayaan laut yang terdiri dari beberapa jenis ikan. Beberapa jenis-jenis ikan tersebut diantaranya adalah ikan kakap putih, kedokan, dan juga baramundi. Jenis –jenis ikan tersebut mungkin cukup asing, oleh karena itu agar mengetahuinya sebaiknya langsung saja mengunjungi pantai ini.

10. Pantai Cipta

Pantai Cipta

Lokasi: jl. Kw. Cipta |||, Bandarharjo, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah. – Image Credit by Pantainesia.com

Pantai ini berlokasi di Jl Kawasan Cipta III, dan letaknya sangatlah strategis karena berada di pusat bisnis kota. Jika mengunjungi tempat ini di dekatnya kamu akan menemui beberapa pusat perbelanjaan dan juga tempat wisata-wisata lainnya yang tentunya juga sangat menarik. Namun, hanya dengan mengunjungi pantai ini, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman liburan terbaik karena pesona keindahannya yang tidak pernah mengecewakan para wisatawan.

Biasanya hal yang dominan saat mengunjungi pantai adalah deretan pasir putih yang halus dan lembut, namun berbeda halnya jika mengunjungi  pantai ini, sebab pasir justru cukup sukar untuk ditemukan dan banyak dipenuhi dengan bebatuan. Mulai dari ukuran kecil hingga besar bebatuan di pantai ini tidak hanya sebagai benda mati, melainkan juga bisa sebagai aksesoris yang semakin membuat keberadaan pantai ini menjadi lebih menarik dan menakjubkan.

11. Pantai Cahaya Kendal

Pantai Cahaya Kendal

Lokasi: Klampok, Sendang Sikucing, Rowosari, Kab. Kendal, Jawa Tengah. – Image Credit by Ankercommunity1.blogspot.com

Tempat wisata di Semarang yang satu ini menyimpan berbagai keindahan di dalamnya. Bagaimana tidak? Di pantai ini kamu bisa menemukan berbagi wahana seru lainnya dan dapat dinikmati secara langsung hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 30.000. Beberapa wahana menarik dan seru tersebut di antaranya adalah kolam renang, kebun binatang dengan koleksi yang tidak terlalu banyak, atraksi lumba-lumba yang sangat mengagumkan, dan kawasan pesisir pantai yang sangat indah.

Pantai Cahaya Kendal menjadi satu-satunya pantai yang menyediakan banyak sekali fasilitas hanya dalam satu tujuan wisata. Kamu pun tidak akan menemui tempat wisata yang seperti ini jika tidak mengunjungi Pantai Cahaya Kendal secara langsung. Tak hanya daya tarik wahana, di sekitar kawasan pantai ini juga mudah sekali ditemukan beberapa tempat kuliner yang sangat menggugah selera. semua makanan-makanan tersebut tersedia dengan harga yang relatif sangat murah.

Nah, itu tadi 11 tempat wisata berupa pantai yang ada di Semarang. Kini, tak perlu bingung lagi hendak mengisi waktu luang maupun waktu liburan mengunjungi destinasi wisata mana. Sebab, deretan pantai yang ada di Semarang akan memberikan pengalaman liburan yang sangat mengesankan untuk kamu coba. Apalagi jika dilakukan bersama keluarga atau orang-orang tersayang. Yang terpenting selalu patuhi segala peraturan yang ditetapkan oleh pisah pengelola wisata, agar kelestarian pantai tetap terjaga.