Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 06.00-17.00 WIB, Alamat: Karanggondang, Kec. Mlonggo, Kab. Jepara, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Pantai Empu Rancak atau sering disebut Purancak adalah wisata Jepara pantai yang mempesona cocok dijadikan tempat berlibur bersama keluarga. Pantai yang cantik ini terletak di Jepara, Jawa Tengah. Kota yang terkenal oleh ukiran kayunya.

Hamparan pasir putih dengan balutan air laut yang jernih hijau tosca kebiruan merupakan pemandangan khas Pantai Purancak. Pada bibir pantai banyak dijumpai batu-batu karang berukuran kecil. Seolah menjadi perpaduan menawan bagi pasir putih yang di pinggirnya.

Pada musim liburan dan weekend, jumlah wisatawan yang berkunjung semakin banyak. Bahkan sering ada rombongan wisata menggunakan bus-bus besar. Biasanya mereka datang dari luar kota. Ingin menikmati keindahan Pantai Purancak yang terkenal dengan olahan seafoodnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Empu Rancak

Daya Tarik Pantai Empu Rancak
Image Credit: Google Maps Rifqi Yulianto

1. Pemandangan Pantai yang Cantik

Pantai Empu Rancak memiliki pesona pemandangan yang masih alami. Sesampainya di bibir pantai pengunjung pasti akan terpana oleh keeksotisannya. Hamparan pasir putih yang sangat luas serta air laut yang jernih menjadi pemandangan pertama yang menyambut kedatangan Anda.

Bahkan rasanya tak sabar lagi untuk segera terjun bermain air dan pasir yang lembut. Selain itu, di lokasi pantai yang kekinian ini juga banyak ditemukan pecahan batu karang. Di dasar pantai juga terdapat terumbu karang nan cantik.

Pengunjung bisa melihatnya dengan cara menyelam. Ikan-ikan hias berwarna warni serta biota laut yang lucu-lucu akan langsung menyambut kedatangan pengunjung. Seolah ingin mengajaknya berpetualang di dalam air. Melihat keragaman karang sebagai bukti bahwa kondisi pantai belum tercemar oleh aktivitas manusia.

2. Ombak yang Tenang

Air laut di Pantai Purancak tidak hanya jernih dan bersih, tetapi ombaknya juga tenang. Hanya saja di bagian tengah laut terlihat sedikit bergelombang. Namun, tetap aman jika digunakan sebagai area berenang para wisatawan.

Di sekitar lokasi juga tersedia jasa sewa ban. Mulai dari ukuran besar untuk usia dewasa maupun ban ukuran kecil yang bisa digunakan anak-anak. Harga sewa ban juga tergolong murah.

3. Populer dengan Menu Seafood Khas Pantai

Selain keindahannya, pantai yang hits ini juga terkenal dengan menu seafoodnya. Ada ikan bakar dan goreng yang lengkap dengan lalapan serta sambalnya. Cumi asam manis, udang, kerang, kepiting, serta lainnya yang memiliki kelezatan luar biasa.

Bagi Anda pecinta seafood wajib rasanya untuk mencoba makanan lezat yang satu ini. Apalagi seafoodnya benar-benar masih segar. Langsung dibeli dari hasil tangkapan nelayan yang melaut di kawasan Pantai Empu Rancak. Sehingga hasilnya mampu memanjakan lidah untuk terus menikmatinya.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Empu Rancak
Image Credit: Google Maps Devi Suhermanto

4. Menawarkan Spot Foto yang Hits

Sebelum berkunjung ke pantai nan menawan ini, perlu Anda siapkan kamera terbaik. Hal ini dikarenakan pemandangan di setiap sudut pantai sangat menakjubkan untuk diabadikan. Mulai dari view lautan luas hingga pemandangan di pinggir pantai yang banyak ditemukan pepohonan hijau.

Bahkan gapura selamat datang yang bertuliskan Pantai Empu Rancak dengan motif khas Jepara nya menjadi daya tarik pertama untuk diabadikan. Spot ini biasanya ramai oleh pengunjung yang ingin berfoto.

5. Kelestarian Budaya Jepara

Budaya Jawa khas Jepara masih sangat terlihat di Pantai Empu Rancak. Hal ini bisa dilihat dari ikon gapura selamat datang yang di desain dengan ukiran-ukiran khas Jepara. Selain itu, terdapat pula kursi atau bangku-bangku taman yang di desain dengan motif ukiran.

Pengunjung juga bisa menyaksikan payung-payung khas Jawa, gazebo, serta bangunan masjid yang dibagun mirip dengan Masjid Agung Demak.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Empu Rancak
Image Credit: Google Maps Juniah Sudrajat

Pantai Empu Rancak berada di Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Jepara, Kecamatan Mlongo. Di Desa Karang Gondang. Dari Kota Jepara hanya membutuhkan perjalanan kurang lebih 1 jam menggunakan kendaraan bermotor.

Adapun rute untuk menuju lokasi pantai yaitu dari alun-alun Jepara mengarah ke Jl. R.A Kartini hingga menuju Jl. Ahmad Yani. Setelah itu, ambil arah Jepara-Bangsri ke Jalan Mlongo-Bondo. Dari jalan ini pengunjung masih harus menempuh sekitar 2 kilometer.

Pengunjung akan melewati Pantai Pailus dan Blebak. Dilanjutkan terus ke arah pantai dengan mengikuti papan penunjuk jalan. Sesampainya di gapura Pantai Empu Rancak pengunjung masih memerlukan waktu 10 menit untuk sampai ke lokasi. Perjalanan ini akan melewati perkampungan warga dan area persawahan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Pantai Empu Rancak
Image Credit: Google Maps Feny Handayani

Harga tiket masuk menuju Pantai Empu Rancak tidaklah mahal. Pengunjung cukup membayar tiket seharga Rp 3.000 per orang. Sedangkan untuk parkir penetapan tarifnya cukup bervariasi.

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan bermotor cukup membayar Rp 3.000. Untuk parkir mobil dikenakan harga Rp 5.000. Sedangkan untuk pengunjung yang membawa rombongan menggunakan bus akan dikenakan tarif parkir seharga Rp 10.000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Empu Rancak

Aktivitas Menarik Pantai Empu Rancak
Image Credit: Google Maps Taufiq Rachman

1. Santai Bersama Keluarga

Pantai Empu Rancak memiliki suasana pantai yang tenang. Jauh dari hiruk pikuk keramaian kota. Oleh sebab itu, pengunjung bisa menikmati suasana santai di bibir pantai. Bisa menggunakan alas tikar ataupun memanfaatkan gazebo yang ada.

2. Berjemur

Aktivitas berjemur bukan berarti harus panas-panasan dibawah teriknya matahari seperti yang dilakukan para turis. Bagi Anda yang ingin berjemur dapat melakukannya di waktu menjelang sore ataupun pagi hari. Ketika cuaca tidak terlalu panas.

Bahkan ada fasilitas bangku untuk berjemur yang bisa Anda gunakan. Atau sekedar duduk di atas pasir menggunakan alas tikar. Semuanya dapat dilakukan untuk mendapatkan momen mengesankan ini.

3. Berenang

Ombak di Pantai Empu Rancak yang tidak begitu besar dapat digunakan sebagai area berenang. Pengunjung bisa menikmati sensasi kesegaran air laut dengan kondisinya yang bersih dan jernih. Bahkan Anda bisa menyewa ban untuk pelampung.

Jika ingin lebih menikmati keindahan pantai dengan batuan karang serta biota nya yang cantik, maka pengunjung bisa melakukan penyelaman. Tidak perlu terlalu dalam karena keindahan terumbu karang sudah bisa terlihat.

4. Bermain di Hamparan Pasir Putih

Aktivitas sederhana yang tak kalah seru adalah bermain pasir. Jika dilakukan bersama keluarga khususnya anak, maka aktivitas ini cukup menyenangkan.

Diantaranya membangun istana, membuat lubang, atau lomba mencari biota laut yang menyelinap di balik pasir. Hal ini menjadi momen kedekatan keluarga yang semakin harmonis.

Aktivitas Menarik di Pantai Empu Rancak
Image Credit: Google Maps Feri Rahman

5. Wisata Kuliner Khas Jepara

Makanan khas Jepara yang ada di Pantai Empu Rancak yakni olahan ikan pindang serani, dan aneka seafood. Banyak wisatawan yang berkunjung dengan alasan ingin berburu kuliner lezatnya.

Selain lezat, harga yang dibandrol oleh para pedagang juga terjangkau. Sebanding dengan rasa lezatnya kuliner. Sehingga banyak wisatawan yang merasa ketagihan dengan kuliner-kuliner di pantai populer ini.

6. Melihat Keelokan Matahari Terbenam

Momen matahari terbenam memang selalu menyuguhkan suasana yang romantis. Pemandangan alam yang cantik dengan khas langit berwarna jingga menjadi daya tarik untuk di dokumentasikan.

Suasana pantai berangsur menjadi terlihat lebih gelap. Hanya ada cahaya-cahaya lampu sebagai penerangnya. Wisatawan pun berangsur pergi meninggalkan lokasi pantai.

Jika anda ingin menikmati suasana sunset yang cantik khas Pantai Purancak, maka datanglah di saat cuaca sedang cerah pada sore hari. Anda akan merasakan bagaikan dimanja oleh pesona terbenamnya matahari. Apalagi jika ditemani dengan menikmati kuliner yang dijual para pedagang. Nuansanya menjadi lebih menyenangkan.

7. Berburu Foto Instagramable

Berkunjung ke Pantai Empu Rancak harus memiliki bukti dokumentasi yang cantik. Nah, untuk mendapatkan momen itu pengunjung bisa berfoto di spot-spot yang instagramable.

Misalnya di atas hommock yang terpasang diantara pohon pandan laut, bangku-bangku kayu, perahu nelayan dan hamparan pasir putih. Hampir semua titik di pantai Purancak ini memiliki keeksotisan yang beraneka ragam.

8. Menyaksikan Pertunjukan Budaya

Di momen tertentu biasanya terdapat pertunjukan budaya Jawa khas Jepara. Pengunjung bisa menikmatinya secara gratis. Karena sudah termasuk harga tiket yang dibayar awal masuk gerbang.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Empu Rancak
Image Credit: Google Maps Moch Zaenudin

1. Lokasi Parkir Kendaraan

Lahan di area parkir Pantai Empu Rancak ini sangat memadai dan luas. Bisa untuk menampung kendaraan pribadi maupun transportasi umum seperti bus.

2. Masjid

Bagi wisatawan umat muslim yang hendak melaksanakan sholat, bisa mendatangi masjid yang ada di sekitar lokasi. Bangunan masjid yang unik bagaikan Masjid Agung Demak menjadi ikon khas di pantai yang indah ini.

3. Rumah Makan

Sepanjang pinggir pantai terdapat rumah makan yang berdiri dengan kokoh. Pengunjung tidak lagi kesulitan mebeli kuliner khas Jepara. Salah satu makanan khasnya yakni ikan bakar atau ikan goreng.

4. Saung/ Gazebo

Gazebo yang ada di lokasi pantai bisa digunakan sebagai tempat istirahat ataupun menikmati kuliner.

5. Toilet

Keberadaan fasilitas toilet bisa dimanfaatkan untuk MCK. Pengunjung juga bisa sekaligus menggunakannya sebagai tempat bilas.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Pantai Empu Rancak di Jepara dengan suasana ramai, bisa memilih waktu weekend atau libur nasional. Begitu juga sebaliknya. Kapanpun waktunya, pesona keindahan Purancak tetap memikat untuk dinikmati.