Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Mororejo, Kec. Kaliwungu, Kab. Kendal, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Salah satu destinasi wisata yang cukup hits dan populer di Kabupaten Kendal yaitu Pantai Ngebum. Pantai tersebut sudah dikenal karena pesona alamnya yang begitu memukau. Namun tidak hanya itu saja, Anda akan menemukan aroma mistis yang begitu kental di tempat ini.

Pantai tersebut memang menjadi salah satu tempat menarik bagi wisatawan untuk melepaskan rasa penat ketika weekend maupun hari libur. Terlebih lagi jika Anda menghabiskan waktu bersama dengan sanak famili. Di Kabupaten Kendal sendiri memang banyak sekali wisata alam yang sangat recommended, salah satunya yaitu pantai ini.

Pantai yang sudah dikenal luas di kalangan masyarakat Kendal tersebut mampu menyembuhkan pengalaman berlibur yang tentunya tidak bisa Anda dapatkan di tempat lain. Karena itulah, destinasi wisata satu ini patut untuk dikunjungi, terlebih bagi Anda yang kebetulan berada di Kabupaten Kendal.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ngebum

Daya Tarik Pantai Ngebum
Image Credit: Instagram rahmathidayatoutsider

1. Lansekap Alam yang Indah

Daya tarik utama yang dimiliki oleh Pantai Ngebum yaitu lansekap alamnya yang begitu indah. Panorama tempat ini akan membuat siapapun jadi terpesona. Ada banyak sekali tanaman yang lebat dan asri tumbuh di area sepanjang pesisir pantai. Oleh karena itulah, ketika berada di sana Anda akan memperoleh udara yang begitu sejuk.

Pengunjung dapat bersantai di bawah naungan rimbun pohon sambil lalu merasakan semilir angin sejuk menerpa tubuh. Tak jarang dari para pengunjung membawa serta kamera untuk dapat mengabadikan semua momen indah yang mereka tangkap.

2. Pantai yang Masih Asri dan Indah

Bukan lagi rahasia umum jika Pantai Ngebum menyimpan berbagai macam keindahan, sehingga sangat cocok untuk dijadikan pilihan tempat berlibur. Laut di sana terlihat sangatlah jernih, serta memiliki deburan ombak yang tidak terlalu besar maupun ganas. Karena itu, aktivitas bermain air di tempat tersebut tidak dilarang.

Anda juga bisa menyaksikan perahu-perahu nelayan yang hilir mudik mencari ikan. Bagi Anda yang sangat suka dengan tempat wisata pantai, maka di pantai inilah Anda akan menyaksikan pemandangan yang masih begitu asri dan alami. Pasir di tempat tersebut begitu halus, sehingga Anda bisa bebas bermain di atasnya tanpa takut terluka oleh karang.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Ngebum
Image Credit: Instagram berlin

3. Tersedia Beragam Spot Wisata

Wisatawan yang sangat gemar sekali menyaksikan panorama matahari tenggelam dan matahari terbit juga dapat memilih Pantai Ngebum sebagai spot yang tepat. Di tempat tersebut telah tersedia kursi yang bisa dipakai untuk Anda bersantai sambil lalu menyaksikan keindahan Sunset maupun sunrise.

Tak jarang pengunjung yang berwisata memilih untuk menginap agar mereka lebih puas lagi menyaksikan keindahan dari Pantai Ngebum. Terlebih saat akhir pekan tiba, maka jangan heran jika Anda menemukan banyak wisatawan yang menginap di sana. Panorama tempat tersebut begitu megah, Anda bisa menemukan beragam fotonya tersebar di sosial media.

4. Fasilitas yang Memadai

Sebagai salah satu area wisata yang hits dan dikenal, maka wajar jika Pantai Ngebum memiliki fasilitas yang cukup memadai. Salah satunya yaitu Anda akan mudah menemukan tempat sewa ban yang bisa dipakai oleh Anda maupun anak dalam bermain air.

Selain itu, telah berdiri warung dan rumah makan di sekitar pesisir bagi siapapun yang merasa lapar. Hal itu melengkapi daftar daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Ngebum sebagai salah satu pantai yang sudah dikenal luas.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Ngebum
Image Credit: Instagram Hari Soepriyanto

Untuk menuju ke Pantai Ngebum memang tidaklah susah. Pantai ini berlokasi di kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Anda bisa menempuhnya hanya dalam waktu kurang lebih 20 menit saja dari pusat Kota Kendal. Sedangkan jarak yang harus Anda tempuh untuk bisa sampai di lokasi tujuan kurang lebih sejauh 14 km.

Supaya nantinya perjalanan liburan Anda bersama dengan teman maupun keluarga ke pantai ini berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan, maka sebaiknya Anda menggunakan bantuan navigasi dari perangkat smartphone. Anda bisa mengakses Google Maps dan mencari rute terbaik untuk mencapai tempat ini.

Oleh karena akses jalan yang sudah cukup baik, maka Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi. Menggunakan kendaraan pribadi pasti akan membuat perjalanan jadi lebih leluasa. Selain itu, Anda bisa memutuskan kapan harus berangkat maupun beristirahat di jalan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Pantai Ngebum
Image Credit: Instagram Kendal

Salah satu hal yang menjadi pertimbangan wisatawan ketika ingin mengunjungi tempat wisata selain karena tempat tersebut menyajikan keindahan alam, tapi juga harga tiketnya yang cukup terjangkau. Info menariknya yaitu harga tiket untuk pengunjung yang berencana berlibur ke Pantai Ngebum memang sangat murah.

Sekalipun pantai ini sudah cukup populer, utamanya di kalangan masyarakat lokal, tetapi hal tersebut tidak membuat harga tiket untuk bisa masuk ke pantai ini jadi mahal. Anda hanya cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 3.000 saja untuk tiap pengunjung. Dengan begitu Anda sudah bisa menghabiskan waktu liburan di tempat ini sepuasnya.

Sedangkan bagi Anda yang datang ke tempat tersebut dengan membawa kendaraan pribadi, maka terdapat biaya parkir yang harus dibayar. Untuk biaya parkir sepeda motor yaitu sebesar Rp 3.000 saja. Sedangkan bagi pengunjung yang membawa mobil ataupun kendaraan roda empat lainnya akan dikenakan biaya parkir Rp 5.000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Ngebum

Aktivitas Menarik Pantai Ngebum
Image Credit: Instagram nuryati6789

1. Bermain Air dan Berenang

Pantai Ngebum merupakan pantai yang di sini terbentang luas dan berbatasan langsung dengan pabrik kayu lapis. Di bagian barat Anda akan melihat adanya Dermaga Kendal yang memiliki pemandangan begitu menakjubkan.

Oleh karena kondisi pantai yang tidak terlalu landai seperti di pantai lain selat Jawa, maka ombak yang dimiliki tempat tersebut memang relatif kecil dan tidak terlalu ganas. Kondisi tersebut sangat memungkinkan bagi siapapun untuk bermain air ataupun berenang di tempat ini.

Namun meski begitu, sangat disarankan bagi Anda agar tidak bermain air terlalu ke tengah. Terlebih bagi pengunjung yang kurang pandai dalam berenang atau yang tengah membawa anak, maka sebagai langkah keamanan Anda bisa menyewa ban yang telah tersedia di tempat tersebut.

Tempat sewa ban sudah cukup lengkap, sehingga Anda bisa memilih ukuran dari pelampung maupun ban yang dibutuhkan nantinya. Pastinya kegiatan bermain air akan jadi semakin seru dilakukan.

2. Menikmati Suguhan Alam yang Indah

Aktivitas lain yang juga tak kalah seru untuk Anda coba selama berada di sana yaitu menikmati panorama alam yang elok bukan buatan. Anda bisa sekedar berjalan-jalan di area pasir untuk menikmati segala suguhan alam yang disajikan oleh Pantai Ngebum ini. Udaranya yang begitu sejuk, dipadu dengan pasir yang amat halus akan membuat Anda rileks.

Jika Anda berniat untuk bersantai, maka bisa memilih salah satu kursi yang terdapat di sana. Untuk bisa menikmati kursi Anda tidak harus membayar seperti di pantai-pantai lain. Setelah puas bersantai, Anda pun bisa pergi untuk mengabadikan momen. Ada banyak spot foto Instagenik yang bisa diabadikan selama berada di sana.

3. Menikmati Keindahan Matahari Tenggelam

Seperti yang telah di singgung di atas, bawah keindahan Pantai Ngebum akan semakin tampak maksimal saat momen matahari terbit maupun matahari tenggelam. Maka dari itulah, aktivitas menyaksikan keelokan matahari tenggelam tidak boleh Anda lewatkan. Anda bisa datang ke area wisata sebelum menjelang sore.

Setelah menunggu beberapa saat, Anda akan bisa menyaksikan warna langit yang perlahan berubah dari biru menjadi orange dan kemudian gelap. Selama perubahan warna yang terjadi di angkasa inilah yang merupakan momen-momen terbaik dan tak boleh Anda sia-siakan. Terlebih jika Anda datang bersama dengan pasangan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Ngembum
Image Credit: Instagram Harryastro Anung

Salah satu daya tarik yang ditawarkan oleh Pantai Ngebum adalah fasilitasnya yang amat memadai. Julukan sebagai pantai hits memang cocok disematkan pada pantai tersebut. Karena di sana Anda akan menemukan beragam spot wisata, wahana serta fasilitas yang lengkap. Beberapa fasilitas yang bisa Anda nikmati salah satunya yaitu gazebo.

Selain itu, bagi Anda yang sangat gemar dengan kuliner, maka telah tersedia warung yang berdiri di area pesisir pantai. Setelah lelah beraktivitas seharian, pasti Anda akan merasa lapar, di warung itulah nantinya Anda bisa menghilangkan rasa lapar dan haus tersebut. Begitu pula ketika Anda ingin menginap, telah tersedia penginapan di sana.

Jangan lupa pula untuk membawa kamera karena di tempat ini terhampar banyak sekali spot foto yang instagramable serta patut untuk dipamerkan di laman Instagram. Satu lagi fasilitas umum yang pastinya tidak susah untuk ditemukan yaitu kamar mandi dan toilet.

Pantai Ngebum adalah salah satu pantai yang jadi favorit bagi wisatawan di Kendal. Tak hanya mereka yang berasal dari area Kendal saja, melainkan wisatawan dari luar kota juga. Tempat ini selain memiliki suguhan alam yang begitu indah, nyatanya Anda tidak perlu membayar biaya yang terlalu mahal untuk bisa menikmati segala keindahan yang ada di sana.