Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sekuro, Kec. Mlonggo, Kab. Jepara, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Indonesia memang sudah terkenal akan keindahan alamnya sebut saja seperti Pulau Bali dan Labuan Bajo yang namanya bahkan sudah mendunia. Namun, di Pulau Jawa atau lebih tepatnya di Kabupaten Jepara sendiri terdapat sebuah pantai cantik dengan pasir pantai berwarna putih bernama Pantai Blebak.

Memang nama tempat wisata alam ini tidak sepopuler kedua nama sebelumnya namun pantai menawan tersebut sudah bisa membuat anda terkesan. Hal ini dikarenakan pasir pantainya yang berwarna putih bersih serta air lautnya yang jernih, belum lagi ombak di pantai populer ini juga tergolong kecil sehingga anda bisa bermain air sepuasnya.

Selain mengutamakan alam sebagai daya tariknya, tempat wisata cantik ini juga memiliki beberapa wahana air yang bisa digunakan oleh wisatawan. Berikut adalah sedikit review singkat mengenai pantai berpasir putih asal Kabupaten Jepara tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Blebak

Daya Tarik Pantai Blebak
Image Credit: Twitter Bangsri Terkini

1. Pantai dengan Pasir Putih

Kita mulai dari daya tarik pertama yang dimiliki oleh Pantai Blebak yaitu pantai berpasir putih. Memang rata-rata pantai di Indonesia yang memiliki pasir pantai berwarna putih pasti akan populer, hal ini juga dirasakan oleh pantai cantik tersebut. Dengan pasir putihnya yang bersih dan halus membuat anda dapat bermain atau berfoto sepuasnya.

Karena letaknya yang berada di daerah pedesaan dan dikelola oleh warga setempat membuat kebersihan pantai juga sangat terjaga. Hal ini tidak hanya membuat kondisi pasir pantai yang menjadi selalu bersih saja, namun air lautnya juga akan tetap terjaga kebersihannya.

2. Air Laut

Selanjutnya adalah air laut yang ada di pantai menawan tersebut, dimana seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kebersihan dari pantai dan laut di lokasi wisata alam ini sangat dijaga oleh masyarakat sekitar. Hal ini membuat anda bisa bermain air laut sepuasnya tanpa khawatir soal badan yang akan gatal karena kondisi air yang kurang bagus.

Selain kondisi airnya yang bersih, pantai asal Kabupaten Jepara ini juga memiliki ombak yang tergolong kecil jadi anak-anak juga bisa bermain air sepuasnya. Tidak hanya itu kedalaman dari Pantai Blebak juga tergolong dangkal karena sekitar 100 meter dari pinggir pantai anda akan mendapati kedalaman air laut kurang lebih sepinggang orang dewasa.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Blebak
Image Credit: Google Maps Anton Prasetyo

3. Wahana Air

Daya tarik berikutnya yang dimiliki oleh pantai cantik ini adalah wahana air seperti Banana Boat, Kano, Becak Air, dan Perahu yang bisa anda sewa dan gunakan. Selain itu ada juga tempat penyewaan ban dan pelampung bagi anda yang tidak bisa berenang namun ingin bermain air laut sepuasnya.

4. Kuliner di Pantai Blebak

Terakhir adalah wisata kuliner terkhususnya seafood. Dikarenakan tempat wisata nan indah ini berada di pinggir pantai dan rata-rata penduduk sekitar memiliki profesi sebagai nelayan membuat makanan laut di sekitar pantai populer ini sangat segar dan enak. Untuk harganya juga tergolong pas di kantong karena hasil tangkapan nelayan akan langsung dijual.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Blebak
Image Credit: Google Maps Muhammad Yahya Nur Efendi Official

Lokasi dari Pantai Blebak berada di Kabupaten Jepara, Desa Sekuro, Kecamatan Mlonggo, Provinsi Jawa Tengah. Sebagai patokan menuju lokasi tersebut anda bisa menggunakan Alun-Alun Jepara di Jl. Kartini, jadi dari Jl. Kartini silahkan ambil jalur menuju Jl. Ahmad Yani dan terus lurus melewati Jl. Shima.

Dari Jl. Shima anda akan memasuki Jl. Jenderal Ahmad Yani atau Jl. Jepara – Bangsri. Terus ikuti Jl. Jenderal Ahmad Yani atau Jl. Jepara – Bangsri tersebut sampai anda tiba di pertigaan Jl. Mlonggo – Bondo dekat MTs Mathalibul Huda yang berada di sebelah kiri jalan, kemudian belok kiri untuk masuk ke Jl. Mlonggo – Bondo.

Terus ikuti Jl. Mlonggo – Bondo sampai anda menemukan perempatan setelah SPBU Ds. Srobyong (sebelah kanan jalan) lalu belok kiri. Ikuti jalan tersebut sampai mentok di pertigaan kemudian belok kanan dan anda akan sampai di lokasi tujuan yang berada di sebelah kanan jalan.

Panjang rute perjalanan dari Alun-Alun Jepara di Jl. Kartini ke Pantai Blebak adalah sekitar 14 km dengan waktu tempuh menggunakan kendaraan bermotor kurang lebih selama 32 menit. Ketika memasuki area pedesaan nama jalan sudah tidak ada lagi jadi jika anda merasa bingung maka bertanya kepada masyarakat sekitar bisa menjadi saran yang tepat.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Bleak
Image Credit: Google Maps adi balola

Untuk bisa masuk ke Pantai Blebak anda harus membayar tiket masuk yang dibedakan menjadi beberapa jenis. Dimulai dari tiket masuk weekday (Senin sampai Kamis) adalah gratis, kemudian tiket masuk di weekend (Jumat sampai Minggu) untuk sepeda motor sebesar Rp 3.000, untuk mobil adalah Rp 5.000 dan untuk bus adalah Rp 10.000.

Jika anda berlibur di saat hari libur nasional maka akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor, Rp 10.000 untuk mobil, dan Rp 40.000 untuk bus. Selain tiket masuk wisatawan juga harus membayar retribusi parkir kendaraan yaitu sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor, Rp 5.000 untuk mobil, dan Rp 10.000 untuk bus.

Biaya lainnya yang ada di dalam kawasan pantai cantik ini adalah penyewaan ban kecil seharga Rp 5.000, penyewaan ban besar adalah Rp 10.000, dan penyewaan becak air sebesar Rp 15.000 per jam. Terakhir ada kamar mandi dan toilet umum yang memiliki harga penyewaan sebesar Rp 2.000 per orang untuk sekali pakai.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Blebak

Aktivitas di Pantai Blebak
Image Credit: Google Maps Muhammad Ridho

1. Bermain Air Laut

Kegiatan menarik pertama yang bisa anda lakukan di tempat wisata alam ini adalah bermain air laut sepuasnya. Kondisi laut di pantai cantik ini sendiri terbilang bersih dan ombaknya juga tergolong kecil sehingga baik wisatawan yang bisa berenang maupun wisatawan yang tidak bisa berenang tetap bisa bermain air laut sepuasnya.

Selain itu tingkat kedalaman dari air laut di Pantai Blebak juga tergolong dangkal jadi jangan khawatir soal kedalaman air laut yang tiba-tiba bisa membuat anda tenggelam, meskipun begitu anda tetap harus berhati-hati apalagi bagi anak kecil. Jika memang diperlukan anda juga bisa menyewa ban atau pelampung yang disediakan di pinggir pantai.

2. Mencoba Wahana Air

Selanjutnya anda juga bisa mencoba beberapa wahana air yang tersedia di pantai asal Kabupaten Jepara ini mulai dari Banana Boat, Kano, dan Becak Air. Setiap wahana permainan memiliki harga penyewaan yang berbeda-beda berdasarkan jam dan ukuran dari wahana itu sendiri.

Sedangkan untuk tingkat keseruan setiap wahana air sudah tidak bisa diragukan lagi. Banana Boat merupakan wahana yang cocok bagi anda yang ingin merasakan keseruan tingkat tinggi, sedangkan Kano dan Becak Air lebih ke wahana air santai yang bisa dinikmati bersama anak kecil atau pasangan.

3. Bermain di Pasir Pantai

Beralih ke kegiatan menarik berikutnya yaitu bermain di pasir pantai. Kegiatan ini meliputi beberapa jenis aktivitas olahraga sampai aktivitas santai seperti membuat istana pasir atau berjemur di pasir pantai.

Aktivitas Menarik di Pantai Blebak
Image Credit: Google Maps yuli aryuanda

4. Berfoto

Pantai Blebak juga memiliki pemandangan alam yang indah sehingga kegiatan berfoto merupakan salah satu yang sering dilakukan oleh wisatawan. Ada cukup banyak spot yang bisa anda gunakan untuk berpose di depan kamera mulai dari pasir putih pantai, birunya laut, bebatuan karang, dan kapal-kapal nelayan yang berlabuh di pesisir pantai.

5. Wisata Kuliner

Kegiatan menarik terakhir yang bisa anda lakukan di pantai menakjubkan ini adalah wisata kuliner terkhususnya untuk makanan laut. Karena banyak nelayan yang ada di Desa Sekuro (lokasi Pantai Blebak) membuat hasil tangkapan laut di sekitar pantai populer ini menjadi sangat bagus.

Hal ini kemudian membuat warung-warung makan yang berada di pinggir pantai berpasir putih tersebut menjual makanan laut yang masih segar. Oleh karena itu, ketika anda menginjakan kaki di tempat wisata alam ini tidak hanya alam saja yang menjadi hal yang bisa dinikmati namun kuliner di bidang seafood juga wajib anda coba.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Blebak
Image Credit: Google Maps Chabib noor za

1. Area Parkir Kendaraan

Fasilitas pertama yang ada di Pantai Blebak adalah area parkir yang cukup luas. Bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi bisa memarkirkan kendaraan tersebut di area parkir kendaraan ini.

2. Warun Makan

Beralih ke fasilitas berikutnya yaitu warung makan yang berada di pinggir pantai. Warung-warung makan tersebut kebanyakan menjual makanan laut namun ada juga beberapa makanan berat seperti lalapan ayam, bakso, mie ayam, dan beberapa jenis makanan ringan lainnya yang dijual di fasilitas ini.

3. Kamar Mandi dan Toilet Umum

Terakhir ada kamar mandi yang bisa anda gunakan untuk mengganti pakaian dan membersihkan badan dengan air bersih setelah puas bermain air laut. Sedangkan jika ingin membuang air besar atau kecil maka toilet umum yang ada di sebelah kamar mandi bisa anda gunakan.

Demikian review singkat mengenai Pantai Blebak yang berada di Desa Sekuro, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah tersebut. Pantai cantik ini buka setiap hari jadi silahkan atur sendiri kapan waktu yang pas untuk berlibur.