Pantai Asmara, Wisata Bahari Kaya Pesona di Tanah Laut

Pantai Asmara Tanah Laut

Pantai Asmara, wisata bahari yang memesona di Tanah Laut. Pantai pasir putih Asam Asam Muara tergolong pantai yang bersih dan memiliki spot foto unik.

Lokasi: Muara Asam Asam Jorong, Kec. Pelaihari, Kab. Tanah Laut.
Map: Cek Lokasi

Pantai Asmara ini ramai dikunjungi oleh wisatawan, khususnya ketika hari Sabtu dan Minggu. Banyak wisatawan yang memilih untuk mendirikan tenda dan bermalam di sekitar pantai. Wilayah tempat wisata ini berada dijaga oleh sekitar 35 orang petugas, yang tersebar dari pintu masuk tempat wisata sampai pengawasan di sekitar bibir pantai.

Petugas di tempat ini membawa perlengkapan berupa pengeras suara yang digunakan untuk memberikan teguran kepada pengunjung yang dianggap memasuki kawasan yang sudah tidak aman. Ombak yang tinggi, sering menjadi kekhawatiran tersendiri bagi para petugas di sana. Namun, nelayan pun melaut ketika ombak juga sedang tinggi. Hal tersebut terasa lumrah bagi mereka.

Pantai Asmara ini merupakan salah satu destinasi andalan di Kalimantan Selatan. Seiring bergulirnya waktu, jumlah wisatawan di pantai ini juga terus mengalami kenaikan. Terutama ketika memasuki libur setelah hari raya idul fitri dan tahun baru, tempat ini sangat terlihat ramai pengunjung. Kawasan ini juga telah dikunjungi oleh Bambang Alamsyah, Bupati Tanah Laut, dan Sahbirin Noor, Gubernur Kalsel.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Asmara

Daya Tarik Pantai Asmara

Image Credit: Google Maps (Zainal Abidin)

Keadaan di sekitar Pantai ini dapat dikatakan bersih, sehingga banyak pengunjung yang berdatangan ke tempat ini. Kebersihan di tempat ini bisa terjaga karena setiap harinya terdapat enam orang yang turun ke wilayah ini saat siang hari.

Mereka bertugas untuk merawat kebersihan di lingkungan pantai serta menjaga keamanan lingkungan sekitar ketika malam harinya. Namun, tak hanya hal tersebut yang menjadikan pantai ini ramai pengunjung. Ombak yang besar justru menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Sebagian besar wisatawan di sini berasal dari Banjarmasin.

Ketinggian ombak di Pantai Asmara bisa mencapai satu meter. Petugas di tempat wisata ini sering memperingatkan pengunjung agar tidak terlalu jauh bermain ke arah laut, akan tetapi mereka sering tidak mengindahkan himbauan tersebut.

Hal di atas disebabkan karena sebagian besar dari mereka yang berkunjung sangat jarang menikmati keindahan pantai. Sehingga, ketua pengelola memaklumi sikap para pengunjung. Apalagi destinasi ini termasuk tujuan wisata yang baru untuk masyarakat.

Daya Tarik Dari Pantai Asmara

Image Credit: Google Maps (Nolianto Ananda)

Keindahan di pantai ini cukup menarik. Pasir yang terhampar di Pantai Asmara memiliki warna yang putih dan tampak bersih. Keindahan ini juga menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin berkunjung di tempat ini.

BACA:  Pulau Kembang, Pulau Unik Rumah Para Kera di Sungai Barito

Di sekitar pantai ditumbuhi beberapa pepohonan yang dapat menciptakan suasana yang segar dan menambah kesejukan di pantai. Dari kejauhan akan tampak pelabuhan khusus untuk membongkar muatan batu bara dan kapal-kapal yang digunakan untuk mengangkut tambang batu bara yang tengah berlabuh.

Tempat ini menjadi tujuan destinasi wisata favorit untuk keluarga Anda, karena disebabkan oleh pantainya yang relatif panjang dan landai. Selain itu, juga tidak terdapat batu karang di area pantai, sehingga pengunjung dapat mandi di area pantai. Wisatawan dapat mengelilingi pantai dengan menggunakan sepeda motor, maupun berjalan kaki sembari bersantai.

Deburan ombak di pantai, jernihnya air di pantai, dan angin yang berhembus menhantam tubuh, membuat pengunjung ingin segera masuk dalam air dan berenang di pantai. Air di pantai ini sungguh menawarkan kesegaran, terutama ketika cuaca sedang panas.

Jika Anda ingin melepaskan penat atau stress, Anda bisa berkunjung kemari. Anda akan merasakan suasana yang tenang karena lokasi ini belum terlalu padat wisatawan seperti pantai yang lain. Sehingga Anda bisa merasa relax di sini.

Di tempat ini juga terdapat tempat khusus untuk mengaitkan gembok untuk para pasangan. Hal tersebut menjadi kenangan atau pertanda bahwa mereka pernah berkunjung di tempat ini. Tempat ini dikenal dengan nama gembok cinta.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Asmara

Alamat Pantai Asmara

Image Credit: Tribunnews.com

Bagi Anda yang tertarik untuk berwisata di Pantai Asmara, bisa mengunjungi Kabupaten Tanah Laut yang masih dalam wilayah Kalimantan Selatan. Kabupaten Tanah Laut sendiri menyimpan potensi sumber daya alam yang melimpah, baik di lautan maupun di daratan.

Beberapa potensi yang ada di daratan diantaranya emas, batubara, lahan perkebunan, serta bijih besi. Sedangkan untuk potensi lautnya berupa pantainya yang membentang luas sehingga sangat cocok sebagai destinasi wisata yang menarik. Selain itu, juga terdapat potensi perikanan yang melimpah.

Objek wisata ini sebenarnya memiliki nama Pantai Asam-Asam Muara, hanya saja lebih dikenal dengan sebutan Pantai Asmara. Nama Asam-Asam Muara merupakan nama desa letak pantai ini berada. Tidak jauh dari kawasan pantai, terdapat sebuah tempat yang biasa digunakan untuk pemukiman nelayan dan latihan para tentara.

BACA:  22 Tempat Wisata di Palopo Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Pantai ini berlokasi pada jarak sekitar 45 km dari daerah Pelaihari yang merupakan ibukota dari Kabupaten Tanah Laut, atau sekitar 5 km dari arah jalan poros trans Banjarmasin – Tanah Grogot. Apabila Anda memulai perjalanan dari Banjarmasin, maka waktu tempuhnya bisa mencapai 2,5 jam perjalanan dengan jarak tempuh kurang lebih sekitar 115 kilometer.

Dari wilayah Banjarmasin ini, wisatawan dapat menuju ke arah Pelaihari kemudian menuju Batulicin atau Jorong. Selanjutnya pengunjung hanya perlu mengikuti jalan besar yang ada hingga sampai di lorong. Kemudian, dilanjutkan hingga bertemu dengan tulisan Pantai Asmara atau hingga menemukan Pos TNI Angkatan Laut di sisi kanan jalan. Lalu, sejauh 8 km lagi wisatawan akan sampai di Kawasan pantai.

Akan tetapi akses jalan menuju tempat wisata ini tergolong sempit, sebab ketika terdapat bus yang akan masuk, maka semua bagian jalan hampir terpenuhi oleh badan bus. Sehingga hal ini bisa menjadi perhatian bagi pengelola maupun pemerintah setempat untuk pelebaran akses jalan serta peningkatan pada kualitas aspal yang digunakan, agar tetap aman dan nyaman digunakan.

Di kalangan anak muda, tempat wisata ini cukup dikenal luas serta banyak diviralkan di media sosial. Akses yang mudah menuju kawasan ini menjadikan pantai ini tak pernah sepi dari pengunjung. Wisatawan tak hanya dari masyarakat setempat, melainkan juga berasal dari luar daerah Provinsi, seperti Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur, bahkan tak jarang yang berasal dari luar pulau.

Harga Tiket Masuk Pantai Asam Asam Muara (Asmara)

Harga Tiket Asmara

Image Credit: Visitkalsel.com

Wisatawan yang datang di tempat wisata ini dikenakan biaya sejumlah Rp 10.000. Namun, harga ini bukanlah harga paten. Tarif juga bisa dihitung dengan sistem rombongan. Misalnya saja dalam sebuah bus, terdapat wisatawan berjumlah 30 orang, maka dikenakan biaya sejumlah Rp 200.000.

Tarif tersebut belum termasuk ongkos parkir. Bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan sendiri, maka akan dikenakan biaya parkir sejumlah Rp 5.000 apabila Anda membawa sepeda motor dan Rp 10.000 apabila menggunakan mobil.

BACA:  Pesona Keindahan Alam Bukit Telang di Kota Pelaihari yang Menawan

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Asmara

Kegiatan Pantai Asmara

Image Credit: Kumparan.com

1. Menikmati Keindahan Pantai

Kegiatan yang pasti dilakukan oleh pengunjung di tempat ini adalah menikmati keindahan alamnya yang masih sangat asri. Wisatawan di sini dapat menikmati indahnya suasana pantai yang tampak begitu bersih. Pasir putih yang ada di sini menjadikan suasana alami dan asri lebih terasa.

2. Bermain Air dan Pasir

Ketika ombak di sini cukup tenang, pengunjung dapat bermain air dan pasir. Saat ketika ombak sedang tenang menjadikan pantai ini terasa aman untuk dijadikan tempat olahraga air.

3. Hunting Foto

Rasanya kurang lengkap apabila berkunjung di tempat ini tanpa mengambil beberapa foto untuk diabadikan. Ada banyak spot foto menarik dan keren yang tersedia di sini. Ayunan dengan latar belakang berupa laut yang begitu cantik menjadi spot foto menarik yang bisa dipilih untuk mengambil gambar. Selain itu, pemandangan sunset juga tak jarang dijadikan spot foto yang pas untuk dijadikan foto profil.

4. Snorkeling

Kegiatan selanjutnya yang bisa dilakukan di pantai ini yaitu snorkeling. Karena air di pantai ini termasuk jernih, maka wilayah ini juga cocok untuk melakukan snorkeling. Dengan aktivitas ini, wisatawan dapat menikmati keindahan beragam terumbu karang yang begitu eksotis.

5. Banana Boat

Aktivitas berikutnya yang dapat dilakukan yaitu dengan memanfaatkan fasilitas banana boat yang tersedia di tempat wisata ini. Hanya saja untuk bisa merasakan wahana tersebut, para pengunjung harus membayarkan biaya tambahan sejumlah Rp 20.000 setiap orangnya.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Asmara

Fasilitas Pantai Asmara

Image Credit: Youtube.com @cerita banjar

Fasilitas yang ada di sini meliputi lahan parkir, toilet, gazebo, tempat ibadah, dermaga, dan lahan untuk pedagang berjualan yang biasanya berupa warung-warung makan dan minuman. Hal tersebut diharapkan dapat menciptakan kenyamanan bagi para pengunjung.

Selain itu, di wilayah pantai ini juga tersedia pedagang yang menjual pernak pernik khas yang bisa dijadikan buah tangan. Pernak pernik ini bisa digunakan sebagai kenangan pernah berkunjung di Pantai Asmara.

Kalimantan memang mempunyai banyak destinasi wisata alam yang menarik, alami, dan masih asri. Termasuk Pantai Asmara yang ada di Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Hamparan pasir putihnya sangat membius mata. Layaknya tempat wisata pada umumnya, terdapat banyak aktivitas yang dapat dilakukan oleh wisatawan di tempat ini. tempat ini dibuka setiap hari selama sehari penuh.