Intip Pesona Wisata Pantai Turki yang Menjadi Andalan Tanah Laut

Pantai Turki Tanah Laut

Pantai Turki (Tungkaran Kiri) memiliki pesona memukau dan menjadi destinasi andalan di Kabupaten Tanah Laut. Pantai yang eksotis bisa menjadi tujuan berlibur bersama keluarga.

Lokasi: Swarangan, Kec. Jorong, Kab. Tanah Laut.
Map: Cek Lokasi

Kalimantan Selatan merupakan provinsi di tanah air yang sering menjadi salah satu tujuan untuk berlibur. Objek wisata yang ditawarkan pun juga cukup beragam, mulai dari wisata alam seperti sungai hingga perbukitan. Akan tetapi, seiring berkembangnya zaman, Provinsi Kalimantan Selatan mulai menggali potensi wisata yang ada di setiap sudut daerah.

Provinsi yang satu ini memiliki garis pantai yang bisa dibilang cukup panjang. Oleh sebab itulah, masyarakat setempat mulai menggali potensi wisata bahari sebagai tempat wisata bagi masyarakat umum. Salah satu pantai yang cukup terkenal di Kalimantan Selatan adalah Pantai Turki.

Mungkin sebagian dari Anda bingung, Pantai Turki di Kalimantan Selatan? Yang dimaksud dengan Turki disini bukanlah nama negara di Eurasia, melainkan nama pantai di Provinsi Kalimantan Selatan. Nama Turki sendiri merupakan singkatan dari salah satu nama desa di Kabupaten Tanah Laut, yakni Tungkaran Kiri. Untuk lebih mengetahui tentang keindahan pantai yang satu ini, simaklah artikel di bawah ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Turki

Daya Tarik Pantai Turki

Image Credit: Google Maps (Rahma Lia)

Pantai ini merupakan lokasi wisata bahari yang baru saja diresmikan pada tahun 2017 silam. Wilayah pantai ini sebenarnya adalah pantai yang milik Keluarga Triswanto dan juga dikelola secara pribadi. Awalnya, banyak anggota Keluarga Triswanto yang banyak berdatangan ke Pantai Turki.

Dari situlah Keluarga Triswanto mendapatkan dukungan positif dari rekan dan anggota keluarga untuk menambah fasilitas di pesisir pantai ini. Semenjak saat itu, banyak para pelancong lokal maupun dari luar kota yang mulai berbondong-bondong datang menyaksikan keindahan garis pantai Kalimantan Selatan ini.

Panorama wisata bahari di Pantai Turki tergolong sedikit berbeda dibandingkan dengan sejumlah wisata pantai lainnya yang ada di Kalimantan Selatan. Begitu menginjakkan kaki di pantai ini, para pengunjung akan disambut dengan hamparan pasir putih yang lembut.

Daya Tarik dari Pantai Turki

Image Credit: Suarakalimantan.com

Akan tetapi, jika diperhatikan secara seksama, pasir di tempat ini tidak sepenuhnya berwarna putih, namun ada sedikit warna kekuningan. Warna inilah yang membuat hamparan pasir pantai terlihat berkilauan seperti emas saat terkena cahaya matahari.

BACA:  Pantai Angsana, Destinasi Bahari Nan Eksotis di Kalimantan Selatan

Melihat keelokan pasirnya saja sudah mampu membius para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Turki. Disamping itu, pantai berpasir putih ini juga masih menyuguhkan pesona alam lainnya yang tentunya bisa membius para pengunjung.

Laut biru yang membentang luas lengkap dengan pepohonan yang hijau nan rindang membuat siapapun betah berlama-lama berada di pantai ini. Pepohonan tersebut sebenarnya merupakan hutan di wilayah Kalimantan Selatan, namun mampu menambah daya tarik dari pesisir selatan Pulau Kalimantan ini.

Dengan pesona bahari Pantai Turki yang lain daripada yang lain, banyak wisatawan yang datang ke pantai ini memanfaatkan lokasi-lokasi menarik yang sekiranya cocok sebagai latar belakang untuk berswafoto maupun berfoto bersama keluarga dan rekan. Salah satu lokasi foto yang paling menarik adalah rumah pohon yang sengaja dibangun di sejumlah pohon yang besar dan rindang.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Turki

Alamat Pantai Turki

Image Credit: Aktualkalsel.com

Pantai Turki adalah salah satu pantai yang sangat terkenal di Provinsi Kalimantan Selatan, atau lebih tepatnya di Desa Swarangann, Kabupaten Tanah Laut. Lokasi pantai berpasir putih ini bisa dibilang cukup mudah untuk ditempuh karena jalur yang sudah diaspal serta bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua atau bahkan roda empat.

Disamping itu, para wisatawan yang baru pertama kali menyambangi Kabupaten Tanah Laut jika tidak akan kesulitan untuk menemukan lokasi pantai ini karena objek wisata bahari yang satu ini bisa ditemukan menggunakan Google Maps. Lokasi yang dicantumkan juga sangat akurat sehingga pengunjung tidak akan kebingungan maupun tersesat.

Untuk bisa mengunjungi Pantai Turki, wisatawan bisa menggunakan kendaraan dari Kota Pelaihari ke arah Kecamatan Jorong sekitar 45 kilometer. Meski jalur menuju pantai cukup lebar dan bisa dilewati oleh bus, pengguna kendaraan roda dua atau empat tetap harus berhati-hari karena banyak pengguna kendaraan roda empat yang saling menyalip untuk segera sampai ke Kawasan pantai.

Dari Kecamatan Jorong, wisatawan bisa terus mengambil arah lurus sampai menemukan pom bensi. Dari pom bensin, ambil arah kanan, lalu terus lurus sampai menemukan gerbang dengan tulisan “Pantai Turki”. Setelah menemukan gerbang kecil ini, para wisatawan bisa mengambil jalur ke kiri dan terus lurus mengikuti jalan.

BACA:  Pesona Keindahan Alam Bukit Telang di Kota Pelaihari yang Menawan

Harga Tiket Masuk Kawasan Pantai Turki

Harga Tiket Pantai Turki

Image Credit: Google Maps (Ardlian Zain)

Mengingat bahwa awalnya Pantai Turki dikelola secara pribadi oleh Triswanto dan keluarga, harga tiket masuk untuk bisa menikmati keindahan bahari pesisir selatan Pulau Kalimantan ini pun juga cukup terjangkau. Hanya sekitar 10.000 hingga 15.000 untuk orang dewasa dan untuk anak-anak dibawah umur 12 tahun sama sekali tidak dikenakan biaya.

Selain itu, juga ada pungutan retribusi sebesar 2.500 rupiah yang nantinya akan digunakan untuk membangun fasilitas di sekitar pantai seperti membangun sarana ibadah. Untuk biaya parkirnya sendiri, pengelola mematok biaya sebesar 10.000 rupiah untuk setiap jenis kendaraan.

Harga tiket masuk dan tiket parkir yang terjangkau ini membuat Pantai Turki menjadi objek wisata andalan bagi para pengunjung dari dalam maupun luar kota.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Turki

Kegiatan di Pantai Turki

Image Credit: Google Maps (Muhammad Saiful Amin)

1. Bermain Air

Apalagi tujuan berlibur ke pantai kalau tidak untuk bermain air? Di pantai ini, pengunjung bisa sepuasnya bermain dengan air tanpa harus takut terseret ombak. Ombak di pantai berpasir putih ini tidak terlalu kencang. Pengunjung juga bisa menyewa ban karet atau perahu karet kecil yang disediakan oleh para pengelola.

2. Bersantai di Pinggir Pantai

Kawasan Pantai Turki mulai dipadati dengan pengunjung begitu siang mulai menyongsong. Mengingat bahwa di sekitar pantai ini terdapat banyak sekali pohon-pohon besar dan rindang, tidak jarang para wisatawan membawa hammock untuk dipasangkan pada batang pohon agar bisa bersantai sambil menikmati deru ombak dan semilir angin pantai.

3. Berfoto di Atas Rumah Pohon

Pengelola pantai favorit di Tanah Laut ini sengaja memanfaatkan keberadaan pohon-pohon besar di kawasan pantai ini untuk membangun sejumlah rumah pohon. Rumah-rumah ini menjadi spot andalan bagi para wisatawan yang ingin berfoto dengan latar belakang hamparan laut biru di Pantai Tungkaran Kiri.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Turki

Penginapan Murah Di Pantai Turki

Image Credit: Google Maps (Ikan Teri Enak)

1. Penginapan Cici Pantai Asmara

Penginapan ini terletak sejauh seratus kaki dari bibir Pantai Asmara. Meski demikian, pengunjung tidak perlu memakan banyak waktu untuk bisa mengunjungi Pantai Turki. Fasilitas yang disediakan di penginapan ini antara lain adalah kipas angin, colokan listrik, kamar yang cukup luas untuk menginap bersama keluarga, kamar mandi terpisah, serta warung makan dengan harga yang terjangkau.

BACA:  Bukit Matang Kaladan, Wisata Alam Menawan di Kalimantan

2. Hotel Sabumi

Hotel Sabumi masih berada di kawasan Tanah Laut sehingga untuk bisa berkunjung ke pantai ini tidak perlu memakan banyak waktu. Harga per malamnya mulai dari 250.000 hingga 400.000 rupiah. Dengan harga ini, pengunjung bisa mendapatkan fasilitas berupa AC, kulkas kecil, Wi-Fi gratis, TV, dan sarapan.

3. Duta Hotel

Meski terbilang hotel tua, Duta Hotel memiliki konsep bangunan yang artistik. Fasilitas yang ditawarkan pun cukup lengkap mulai dari sarapan, parkir kendaraan yang luas, dan pelayanan yang ramah. Hotel ini berada di lokasi yang strategis sehingga pengunjung tidak perlu kesulitan untuk bisa menikmati keindahan Pantai Turki.

4. Hotel Deghan

Bagi solo traveler, hotel yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai akomodasi. Harga yang ditawarkan pun cukup beragam, mulai dari 150.000 hingga 250.000 rupiah per malam. Dengan harga ini, pengunjung akan mendapatkan fasilitas berupa AC, Wi-Fi gratis, dan sarapan serta pelayan yang sangat ramah.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Turki

Fasilitas di Pantai Turki

Image Credit: Temanborneo.blogspot.com

Bukan hanya pemandangan laut yang unik dan indah saja yang ditawarkan, namun pengunjung juga akan dimanjakan dengan sejumlah fasilitas yang ada di kawasan pantai berpasir putih ini. Fasilitas yang disediakan diantaranya adalah gazebo yang dibangun di sejumlah titik di pinggir bibir Pantai Turki.

Meski hanya ada sekitar delapan gazebo, para wisatawan bisa memanfaatkannya secara gratis. Keberadaan gazebo ini sangat membantu para pengunjung yang datang bersama keluarga atau rekan untuk melepas penat sekaligus berteduh dari terik matahari.

Pengelola Pantai Turki juga menyediakan fasilitas toilet, kamar mandi, serta tempat ibadah. Pengunjung sama sekali tidak dikenakan biaya untuk bisa menggunakan fasilitas tempat ibadah lengkap dengan peralatan ibadah. Namun untuk toilet dan kamar mandi, pengunjung biasanya dikenakan biaya sebesar 5.000 rupiah untuk kamar mandi dan 2.000 rupiah untuk toilet.

Masih banyak fasilitas lain yang disediakan untuk mendukung kegiatan wisata di pantai ini seperti penyewaan peralatan berenang hingga payung besar yang bisa dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk berteduh di bibir pantai.

Nah, itulah ulasan mengenai Pantai Turki yang berada di pesisir selatan Pulau Kalimantan. Cukup unik dan menarik untuk dikunjungi bukan? Terlebih lagi pantai berpasir putih ini memiliki ombak yang tenang serta rumah pohon yang bisa menjadi spot menarik untuk berfoto bersama keluarga maupun teman.