Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 08.00–17.00 WIB, Alamat: Lerep Satu, Lerep, Kec. Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Wisata alam memang menjadi tujuan wisata yang paling populer, salah satu wisata alam yang menjadi begitu populer di Ungaran, Semarang adalah Watu Gunung. Dengan hawa sejuk dari pepohonan sekitar membuat berlibur ke tempat wisata alam yang satu ini akan menjadi obat penenang yang paling mujarab.

Terletak jauh dari Kota dan menawarkan konsep yang kental dengan budaya Jawa menjadi salah satu daya tariknya. Dulunya tempat ini hanya ditumbuhi oleh cengkeh dan pohon pala, karena beberapa alasan akhirnya sang pemilik tempat tersebut membuka sebuah vila pribadi pada tahun 2004.

Setelah berjalan beberapa lama vila pribadi tersebut dijadikan tempat wisata dan dibuka untuk umum. Ciri khas dari Watu Gunung adalah bangunan joglo yang dijaga dan dirawat dengan baik. Tempat wisata alam ini memiliki luas sebesar 3,5 hektar dan memiliki beberapa fasilitas yang membuatnya begitu populer di Jawa Tengah.

Daya Tarik yang Dimiliki Watu Gunung

Daya Tarik Watu Gunung
Image Credit: Google Maps Gina Ariska

Setiap tempat wisata pasti memiliki daya tarik mereka tersendiri, begitu juga dengan Watu Gunung yang memiliki beberapa daya tariknya tersendiri dan mampu menjadikan tempat wisata alam ini digemari oleh pengunjung baik dari Jawa Tengah maupun dari luar Jawa Tengah. Berikut adalah beberapa daya tarik tersebut.

1. Alam

Jelas hal pertama yang harus dibahas ketika membicarakan daya tarik dari tempat wisata ini adalah alamnya. Dimulai dari pepohonan yang bisa ditemukan di setiap sudut tempat wisata akan membuat para wisatawannya merasakan kenyamanan tersendiri. Apalagi ketika ada suara kicauan burung yang hinggap di dahan pepohonan akan lebih membuat pengunjung lebih bersantai.

Kemudian ada gunung dan perbukitan yang bisa disaksikan keindahannya dari kejauhan. Keindahan alam tersebut bisa dinikmati sambil bersantai dan ditemani dengan suara angin yang berhembus di sela dedaunan pepohonan, seketika semua rasa penat akan hilang dengan sendirinya.

2. Kolam Renang

Selanjutnya ada kolam renang yang bisa menjadi solusi untuk bermain bersama keluarga. Ini merupakan salah satu daya tarik yang paling digemari oleh para pengunjung jika sudah menginjakan kaki ke tempat wisata alam ini. Terdapat 3 jenis kolam renang yang bisa digunakan, semuanya dibedakan berdasarkan ukuran dan kedalaman.

Semua kolam renang tersebut sangat sayang untuk dilewatkan ketika berlibur ke Watu Gunung Ungaran. Pasalnya air yang ada di dalam kolam renang ini sangat jernih dan segar. Bahkan di pinggir kolam renang tersebut ada sebuah air mancur yang membuatnya terlihat semakin indah.

Akan ada banyak sekali orang yang terlihat bersenang-senang di dalam kolam renang yang dikelilingi oleh pepohonan hijau ini. Suara tertawa anak-anak dan orang-orang di sekitar akan membuat kolam renang tersebut terdengar begitu ramai.

3. Bangunan Joglo

Bangunan joglo atau rumah tradisional jawa yang dibagun dengan 4 tiang utama akan menjadi daya tarik yang selanjutnya. Di sekitar area wisata alam ini terdapat sekitar 8 bangunan joglo yang dirawat dengan baik dan digunakan sebagai ciri khasnya. Uniknya setiap bangunan joglo tersebut memiliki nama mereka masing-masing.

Dari yang pertama bernama Progo yang bangunannya berbentuk mirip seperti rumah etnik Jawa Bali, Walang Kekek si rumah panggung, kantor utama yang diberi nama Griyo Pholo, kemudian ada Kemuning, Kodok Ngorek, Wono Sekar, Jeng Yuyu, dan yang terakhir ada Nyi Rumpung. Semua nama tersebut dinamai oleh sang pemilik tempat wisata itu sendiri.

Daya Tarik Dimiliki Watu Gunung
Image Credit: Google Maps Faisal Riza Rahman

4. Danau Buatan

Tidak hanya kolam renang saja yang ada di dalam tempat wisata alam ini. Ada juga sebuah danau buatan yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Di pinggir danau buatan tersebut terdapat bangunan semacam pondok dari kayu yang bisa digunakan oleh para pengunjung untuk duduk beristirahat.

Di dalam danau buatan tersebut terdapat beberapa jenis ikan hias yang berenang kesana kemari, para pengunjung bisa menikmati keindahan tersebut dari atas pondok kayu di pinggir danau buatan tersebut. Selain itu ada perahu yang bisa digunakan untuk mengelilingi danau buatan tersebut.

5. Sungai Buatan

Selain danau buatan ada sebuah sungai buatan kecil di dekatnya yang mengaliri air masuk kedalam danau buatan tersebut. Para pengunjung bisa menikmati keindahan sungai yang mengalir tersebut dari gazebo di sekitarnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Watu Gunung
Image Credit: Twitter Akavia Lifemark

Berlokasi di Kecamatan Ungaran Barat, Lerep, Lerep Satu, Semarang, Jawa Tengah. Watu Gunung berjarak sekitar 20 kilometer dari Kota Semarang yang bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor selama 42 menit.

Untuk rute dari Kota Semarang bisa dimulai dari simpang lima Semarang menuju Jl. Brigjen Katamso hingga melewati Rumah Sakit Bhayangkara dan belok kiri menuju Jl. Demak memasuki jalan tol. Kemudian ambil jalur Tol Tanjungmas – Srondol. Ikuti jalur tersebut hingga masuk ke Jl. Tol Srondol – Jatingaleh sampai menemukan Poltekkes Kemenkes Semarang lalu pindah jalur ke Jl. Tol Ungaran.

Setelah sampai di jalur 430 ambil jalan keluar, setelah sampai di pertigaan jalan keluar tol belok kiri menuju Jl. Letjen Suprapto. Kemudian ketika sampai di pertigaan Jl. Diponegoro belok kanan menuju Alun-Alun Lama Ungaran. Setelah sampai di Alun-Alun Lama Ungaran belok kiri ke Jl. Kaligarang.

Dari Jl. Kaligarang terus lurus sampai memasuki Jl. Srikandi Raya. Dari Jl. Srikandi Raya anda bisa menemukan tujuan wisata anda di sebelah kiri jalan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Watu Gunung
Image Credit: Google Maps Agustina DJ7

Sama halnya dengan objek wisata lainnya di Ungaran, Watu Gunung membebankan tiket masuk sebesar Rp 20.000 hingga 25.000 per orang. Harganya tergantung dengan kunjungi di hari biasa atau saat liburan. Namun dengan harga yang ditawarkan, Anda tentunya akan menikmati kesegaran air dan sejuknya daerah sekitar yang mampu menghilangkan penat, terlebih dengan keindahan alam di sekitarnya.

Jika Anda tertarik berkunjung, tempat wisata ini buka setiap hari dari pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Sebaiknya berkunjung di hari biasa, sehingga Anda bisa puas menikmati segala fasilitas yang tersedia.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Watu Gunung

Aktivitas Menarik di Watu Gunung
Image Credit: Facebook Vera

Ada beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan di wisata alam Watu Gunung. Kegiatan tersebut bisa dilakukan bersama keluarga, teman, atau bahkan bersama pasangan, berikut adalah beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan di tempat wisata alam yang berlokasi di Provinsi Jawa Tengah tersebut.

1. Berfoto

Berlibur memang identik dengan yang namanya berfoto, jadi wajar saja jika berlibur ke tempat wisata alam ini menjadikan berfoto sebagai kegiatan wajib yang pertama dilakukan. Para wisatawan bisa berfoto dengan bangunan joglo, atau dengan background pepohonan dan gunung, berfoto saat menaiki perahu di tengah danau buatan, bahkan berfoto saat berenang di kolam renang.

Semua itu bisa dilakukan bersama orang-orang terdekat. Mengabadikan momen bersama orang-orang terdekat akan menjadi begitu berkesan dan juga hasil foto tersebut bisa dijadikan sebagai bahan cerita di kemudian hari bersama-sama.

2. Berenang Atau Bermain Air

Salah satu kegiatan wajib bagi para pengunjung ketika berkunjung ke Watu Gunung adalah menikmati air jernih dan segar dari ke 3 buah kolam renang yang ada. Para pengunjung bisa berenang di kolam yang memiliki kedalaman dan luas yang cukup, atau bagi para pengunjung yang tidak bisa berenang ada kolam renang yang memang khusus dibuat untuk sekedar bermain air saja.

Ketiga kolam renang tersebut dikelilingi oleh pepohonan dan beberapa patung khas Jawa jadi akan sangat indah untuk berfoto di sekitar kolam renang tersebut. Ketika sudah cukup puas bermain air para pengunjung bisa beristirahat di gazebo yang berada tidak jauh dari kolam ke 3 renang tersebut.

3. Mendayung Perahu di Danau Buatan

Kegiatan selanjutnya adalah mendayung perahu kayu di tengah sebuah danau buatan. Kegiatan ini bisa dilakukan bersama orang terdekat seperti keluarga, teman, atau bahkan pasangan jika ingin lebih romantis. Ketika sudah sampai di sebuah titik yang cukup bagus para pengunjung bisa berhenti untuk berfoto sebentar.

Perahu yang disediakan tersebut bisa menampung hingga 4 orang, namun sebaiknya cukup diisi oleh 2 orang saja agar tetap stabil ketika mendayung. Ketika sudah puas berkeliling dengan perahu, para wisatawan bisa duduk di sekitaran danau buatan tersebut sambil melihat sebuah sungai kecil yang mengalir masuk ke dalam danau.

Aktivitas di Watu Gunung
Image Credit: Facebook Zaenatul Ironah

4. Melihat Ikan

Di danau buatan yang ada di Watu Gunung terdapat beberapa ikan hias. Ikan-ikan tersebut akan terlihat berenang bebas kesana-kemari bersama ikan-ikan lainnya. Dari gazebo yang berada di sekitar danau buatan para pengunjung bisa melihat ikan-ikan tersebut, para pengunjung juga boleh memberi mereka makan tetapi jangan membuang makanan yang bisa mengotori danau buatan itu.

5. Menikmati Alam

Bagi anda yang merasa capek dengan keramaian dan memiliki banyak pikiran maka berlibur ke tempat wisata alam yang satu ini bisa menjadi obat yang paling mujarab. Hal tersebut karena alam yang masih sangat asri akan membuat para pengunjungnya melupakan semua pikiran yang ada di kepala mereka.

Keindahan alam dari pepohonan hijau yang ramai dengan suara kicauan burung juga hembusan angin sepoi-sepoi membuat para pengunjung bisa lebih bersantai. Selain itu dari kejauhan akan terlihat gunung dan bukit yang menjadikan pemandangan alam sekitar menjadi begitu indah.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Kawasan Watu Gunung
Image Credit: Google Maps Kaptein Rio

1. Lahan Parkir Kendaraan

Yang pertama ada lahan parkir kendaraan bagi para pengunjung. Semua kendaraan akan aman untuk diparkirkan di lahan parkir kendaraan tersebut, namun untuk berjaga-jaga sebaiknya barang berharga milik pengunjung di bawah masuk dan jangan ditinggalkan di dalam kendaraan.

2. Toilet dan Kamar Mandi

Di Watu Gunung Ungaran juga terdapat kamar mandi yang bisa digunakan oleh para pengunjung ketika mengganti baju sebelum dan sesudah berenang di kolam renang. Kamar mandi ini juga bisa digunakan untuk mandi setelah puas bermain air di kolam renang. Kemudian ada toilet yang bisa digunakan untuk membuang air kecil atau besar bagi para pengunjung.

3. Warung Makan

Didalam lokasi wisata alam ini juga terdapat sebuah warung makan dengan konsep Jawa yang sangat kental. Para pengunjung bisa mencoba beberapa makanan dan minuman yang disediakan di warung makan tersebut ketika sudah lapar.

Sebuah tips bagi anda yang mau berlibur ke Watu Gunung Ungaran. Datanglah ketika hari biasa, karena pada hari libur tempat wisata alam ini akan ramai dengan pengunjung yang datang dari berbagai daerah. Ketika sudah berada di dalam area wisata perhatikan kebersihan agar tempat wisata ini tetap bisa dinikmati oleh pengunjung lain.