10 Tempat Wisata di Bandungan Semarang yang Paling Hits

10 Tempat Wisata di Bandungan Semarang yang Paling Hits

Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Bandungan, Semarang. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian dan Terhits yang Wajib Dikunjungi untuk Melihat Keindahan Panorama Alam Dataran Tinggi yang Memukau.

Bandungan merupakan sebuah tempat atau lokasi yang terletak di Jawa Tengah, tepatnya masih alam kawasan Kota Semarang. Area ini berada di sebuah dataran tinggi yang memiliki pemandangan yang luar biasa serta cuaca yang begitu sejuk sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat atau area hiburan wisata.

Panorama yang sangat mempesona akan menjadi sebuah daya tarik dari daerah Bandungan. Akan tetapi, tempat ini masih belum begitu populer di kalangan traveler-traveler baru. Sehingga tempat

Berbagai macam tempat wisata dapat Anda jumpai saat berkunjung di Bandungan. Di area ini juga terdapat bangunan-bangunan peninggalan yang sangat megah untuk dipandang. Tidak hanya itu, beberapa tempat wisata lainnya masih menggunakan keindahan dataran tinggi yang sangat diunggulkan. Berikut daftar tempat wisata yang wajib Anda kunjungi saat singgah di Bandungan.

1. Air Terjun 7 Bidadari

Air Terjun 7 Bidadari

Image Credit: Seputarsemarang.com

Panorama alam memang selalu memukau walaupun sudah sering melihatnya, salah satunya adalah Curug 7 Bidadari yang ada di Bandungan Kabupaten Semarang ini. Sesuai dengan namanya, kecantikan dari air terjun ini adalah yang menjadi highlight destinasi wisatanya.

Kejernihan dan kesegaran air yang terlihat pertama kali saat berada di area Air Terjun 7 Bidadari ini akan sangat terasa. Memang benar di tempat ini terdapat 7 buah air terjun yang mengalir deras dari lereng gunung. Serta ketujuh grojogan ini masing-masing memiliki kolam sendiri yang terbentuk secara alami.

Curug 7 Bidadari memiliki 3 tingkatan yang berbeda. Dari tingkat pertama ke tingkat kedua memiliki ketinggian 6 meter. Sedangkan pada tingkat kedua ke tingkat yang ketiga ketinggiannya mencapai 7 meter.

Untuk menikmati keindahan alam air terjun 7 Bidadari, Anda harus menerobos jalanan berliku yang terdapat dalam sebuah kawasan perbukitan. Curug ini terletak di lereng Gunung Ungaran yang memiliki keindahan panorama alam yang sangat mengagumkan, sehingga perjalanan Anda saat menuju ke curug tersebut akan terasa menenangkan.

Lokasi Air Terjun 7 Bidadari terletak di Kecamatan Sumowono tepatnya di Desa Keseneng. Untuk dapat menikmati kesegaran deburan air yang turun dari lereng gunung ini, Anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp 5.000,- sebagai tiket masuknya mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Lokasi: Keseneng, Kec. Sumowono, Kab.Semarang.

2. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo

Image Credit: Narayatrip.com

Candi Gedong Songo merupakan salah satu peninggalan bersejarah yang terdapat di Bandungan. Selain bersejarah, candi ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Meskipun terbilang sangat kuno, namun nyatanya tidak mengurangi jumlah wisatawan yang datang ke tempat ini.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Purbalingga Paling Populer

Candi Gedong Songo merupakan candi yang memiliki lokasi yang paling tinggi di Indonesia. Terdapat di lereng Gunung Ungaran, menjadikan tempat wisata ini sangat diminati karena kesejukkan serta panorama alam yang menjadi latar belakang dari candi ini yang begitu memikat mata para pengunjung.

Sebelum memperoleh nama Gedong Songo, candi ini mulanya disebut dengan Gedong Pitu oleh Thomas Stamford Raffles. Karena pada waktu itu hanya terdapat 7 candi saja. Akan tetapi, hingga sampai saat ini candinya bukan lagi berjumlah 9 atau 7, melainkan 5 candi saja. Selain itu jarak tiap candi lumayan jauh untuk menikmati semuanya.

Akan tetapi, untuk menjelajah komplek Candi Gedong Songo, Anda dapat menelusuri jalan setapak yang telah tersedia. Atau Anda juga dapat menyewa kuda untuk membantu dalam eksplorasi area tersebut. Setelah menjelajah, Anda juga dapat berendam di kolam air hangat di sekitar lokasi candi tersebut berdiri untuk melepas lelah.

Letak dari Candi Gedong Songo berada di Kecamatan Bandungan, tepatnya di Desa Candi. Cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 8.000 saja untuk dapat memasuki komplek bangunan dari pukul 06.30 WIB hingga melihat matahari terbenam di sini.

Lokasi: Candi, Kec. Bandungan, Kab. Semarang.

3. Legok Madu

Legok Madu

Image Credit: Ngetripkemana.com

Dikenal dengan dataran tinggi, pastinya di benak para pembaca akan memperoleh pemandangan yang begitu asri. Tentu saja, bila Anda datang ke Legok Madu, keindahan hamparan bunga bak permadani dapat dirasakan. Banyak sekali jenis bunga yang menghiasi taman ini sehingga sangat cocok untuk berfoto bersama pasangan.

Dalam taman bunga tersebut, tatanan setiap bunganya sangat begitu rapih, bahkan hingga membentuk sebuah simbol dapat Anda temukan di sana. Terdapat sebuah tempat yang sangat menarik para pengunjung di sana, yaitu area bunga yang membentuk 2 kepala yang menyatu dan menyimbolkan sebuah hati.

Dalam Taman Legok Madu, banyak sekali fasilitas yang Anda temukan di sana. Salah satunya yaitu taman kelinci yang menjadi tempat bermain anak. Di taman kelinci, para pengunjung juga dapat berinteraksi secara langsung bersama hewan mungil ini.

Bila ingin mengunjungi taman bunga ini, cukup putar kemudi Anda menuju Dusun Ngipik. Harga tiket masuk ke taman ini hanya Rp 10.000 saja dan dapat menikmati keindahan dan wanginya bunga-bunga yang terhampar di tempat ini.

Lokasi: Candi, Kec. Bandungan, Kab. Semarang.

4. Gunung Ungaran

Gunung Ungaran

Image Credit: Inakoran.com

Bila Anda sangat gemar mendaki, pastikan jangan ketinggalan dalam daftar dakian pada Gunung Ungaran. Apalagi bila seorang pemula dalam mendaki, kawasan gunung ini sangat cocok. Karena ketinggian dari gunung ini tidak terlalu tinggi sehingga sangat pas untuk berlatih. Sangat tepat untuk refreshing menikmati keindahan alam yang begitu menarik.

BACA:  Taman Wisata Kopeng, Taman Keren & Kekinian di Semarang

Terdapat area yang digunakan untuk camping, tepatnya di Area Mawar. Tempat ini memang ditujukan bagi para pengunjung yang ingin menikmati bermalam di alam terbuka. Pastinya suhu di tempat ini sangatlah dingin. Oleh sebab itu mempersiapkan pakaian sedikit lebih tebal sangat disarankan.

Tidak membutuhkan waktu yang lama dari pusat Kota Semarang untuk menuju lokasi Gunung Ungaran berada. Anda cukup meluangkan waktu 1 hingga 1,5 jam dengan kendaraan bermotor. Lebih enaknya lagi, untuk dapat mengakses ke lokasi camping, Anda masih bisa menggunakan kendaraan yang dibawa.

Lokasi: Kec. Ungaran, Kab. Semarang.

5. Kampung Kopi Banaran

Kampung Kopi Banaran

Image Credit: Travelspromo.com

Kampung Kopi Banaran merupakan salah satu tempat wisata agro yang banyak dikunjungi oleh para pelancong. Banyak sekali fasilitas yang terdapat di area ini, namun yang paling utama adalah sebagai tempat untuk menikmati Kopi Banaran.

Selain itu, destinasi wisata ini juga memiliki area untuk bermain Out Bound, Taman Buah, Gedung Pertemuan, dan masih banyak lainnya. Saking luasnya tempat wisata Kampung Kopi Banaran ini, disediakan pula sebuah fasilitas yang cukup menarik yakni kereta wisata. Pengunjung cukup merogoh dompet Rp 60.000 per orang untuk menikmati wahana ini.

Lokasi: Jl. Raya Bawen, Asinan, Kec. Bawen, Kab. Semarang.

6. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti

Image Credit: Brobali.com

Bila ingin menikmati permandian yang berada di ketinggian 1.200 meter, coba Anda kunjungi Umbul Sidomukti. Bisa dibayangkan betapa sejuknya air di atas ketinggian tersebut. Pastinya sangat membuat segar pikiran saat berada di sana.

Jernihnya air yang dapat dijadikan tempat berendam, akan lebih kompleks bila ditambah dengan panorama latar yang begitu mempesona. Selain berendam, Anda juga dapat menikmati fasilitas-fasilitas lain yang dapat memacu adrenalin seperti flying fox, sepeda awang, dan sebagainya.

Untuk dapat menuju lokasi Umbul Sidomukti, cukup pergi ke Desa Sidomukti dari pukul 08.00 hingga 24.00 WIB. Pastinya panora malam di tempat ini dapat membuat mata Anda terhipnotis dengan gemerlapnya lampu-lampu.

Lokasi: Sidomukti, Kec. Bandungan, Kab. Semarang.

7. Air Terjun Klenting Kuning

Air Terjun Klenting Kuning

Image Credit: Jadwaltravel.com

Selain 7 Bidadari, Bandungan juga memiliki air terjun lain yang tidak kalah indahnya, yakni Klenting Kuning. Akan tetapi, curug ini masih jarang orang yang mengetahui karena tempatnya yang tersembunyi.

Tebing berwarna kuning menjadikan sebuah perpaduan yang selaras dengan hijaunya pepohonan yang menghiasi area tersebut. Warna kuning dari batu tebing tersebut berasal dari air yang mengandung belerang. Meskipun terdapat kandungan belerang pada air yang mengalir deras ke bawah tersebut, tapi tidak memiliki bau dari senyawa tersebut.

Untuk menikmati indahnya Air Terjun Klenting Kuning, pastikan datang langsung ke Desa Kemawi. Meskipun tersembunyi destinasi wisata ini, namun fasilitas yang berada di lokasi sangatlah lengkap untuk sebuah tempat berlibur bertema air terjun.

BACA:  16 Wisata Kuliner di Magelang yang Enak & Wajib Anda Coba

Lokasi: Gondang, Kec. Limbangan, Kab. Semarang.

8. Pondok Kopi

Pondok Kopi

Image Credit: Topwisata.info

Dataran tinggi merupakan tempat terbaik untuk kopi tumbuh. Begitu pula dengan tempat ngopinya yang begitu unik, Pondok Kopi yang berada di Desa Sidomukti. Pastinya bila Anda pecinta kopi, sangat diwajibkan untuk datang ke tempat ini.

Selain untuk menikmati kopi yang begitu nikmat terutama di pagi hari, Anda akan disuguhkan sebuah pemandangan yang luar biasa indahnya dalam sebuah pegunungan. Selain itu, tempat dari Pondok Kopi sendiri sangatlah minimalis, namun memiliki 2 lantai yang dapat digunakan oleh para pengunjung dalam menyruput kopi mereka.

Bila cuaca sedang cerah, lebih baik gunakan area outdoor milik pondok ini. Karena Anda akan dibawa ke dalam suasana pegunungan yang begitu sejuk dan sangat mempesona. Pondok Kopi akan terbuka untuk Anda dari pukul 08.00 hingga 24.00 WIB.

Lokasi: Sidomukti, Kec. Bandungan, Kab. Semarang.

9. Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia

Image Credit: Tempatwisataseru.com

Ingin mengunjungi berbagai negara dengan murah? Cukup datang ke Taman Bunga Celosia. Taman bunga ini banyak digunakan oleh para pengunjungnya untuk berfoto-foto bersama rekan mereka.

Selain mendapati bunga yang berwarna-warni, Anda akan melihat berbagai macam miniatur dari landmark sebuah negara, seperti menara Eiffel, kincir angin Belanda, Merlion Singapura, dan juga pondok Hobbit di New Zealand.

Selain itu, terdapat sebuah area yang memiliki keunikan sendiri yaitu payung-payung yang berwarna-warni yang menggantung seperti halnya pelangi di langit. Istimewanya tempat destinasi ini, para pengunjung dapat membawa pulang tanaman kesukaannya untuk dijadikan oleh-oleh lewat para petugas tempat itu.

Lokasi: Jl. Ke Candi Gedong Songo, Candi, Kec. Bandungan, Kab. Semarang.

10. Kebun Durian Watu Simbar

Kebun Durian Watu Simbar

Image Credit: Tempatwisata.pro

Surga para pecinta durian juga ada di Bandungan, tepatnya di Kebun Durian Watu Simbar. Perkebunan durian dengan pohon yang menjulang tinggi ditambah jalan setapak yang terbentuk dari batuan kerikil menjadi sebuah nilai keindahan pada destinasi wisata ini.

Selain buah durian, dalam kebun yang memiliki luas sekitar 3,5 hektar ini juga terdapat perkebunan nanas merah dan juga buah naga yang tersusun sangat rapi.

Pastinya bila para wisatawan tidak langsung mencicipi kelezatan buah berduri ini, rasanya kurang lengkap. Oleh sebab itu, minta secara langsung kepada petugas kebun tersebut untuk mendapatkan buah tersebut.

Lokasi: Jl. Mr. Koesbiono Tjondro Wibowo, Kec. Gunung Pakis, Kab. Semarang.

Itulah 10 rekomendasi tempat wisata yang wajib Anda kunjungi saat sedang berada di Bandungan Semarang. Lokasi yang sangat nyaman seta memiliki panorama yang begitu mempesona. Terutama banyaknya tempat wisata yang menyuguhkan sebuah keseruan saat Anda datangi.