Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam Alamat: Jl. Lintas Selatan, Patihan, Gadingsari, Kec. Sanden, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Ketika mengunjungi kawasan selatan Yogyakarta, maka pemandangan bahari yang indah merupakan sesuatu yang sangat lazim ditemui. Di kawasan ini memang ada berbagai pilihan pantai menarik yang wajib untuk disambangi. Salah satu pantai indah yang di sekelilingnya terdapat hutan yakni Pantai Goa Cemara.

Objek wisata pantai ini memang memiliki banyak pohon cemara seperti halnya namanya. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa lokasi wisata ini menjadi tujuan wisatawan, baik dari dalam negeri ataupun mancanegara. Destinasi alam bahari ini akan memberikan sebuah pengalaman tak terlupakan bagi siapapun yang mengunjunginya.

Selain itu, lokasinya yang tak terlalu jauh jika dibandingkan tempat wisata lainnya juga menjadi alasan untuk dijadikan objek berlibur yang ideal. Waktu yang dihabiskan juga akan lebih bernilai jika dilakukan bersama teman ataupun keluarga. Berbagai macam kegiatan juga bisa dilakukan wisatawan karena pengelola sudah menyiapkan bermacam fasilitas yang cukup memadai.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Goa Cemara

Daya Tarik Pantai Goa Cemara
Image Credit: Google Maps (Pantai Goa Cemara)

1. Ombak Air Laut yang Menenangkan

Objek wisata alam ini memang memiliki ombak yang tidak terlalu deras jika dibandingkan dengan kebanyakan tempat-tempat lainnya. Hembusan angin yang bertiup ke arah daratan membawa gulungan ombak yang cantik. Ombaknya yang tak terlalu besar membuat pantai ini terbilang cukup aman untuk dijadikan area bermain.

Indahnya pemandangan yang begitu mempesona akan semakin bertambah syahdu rasanya dengan alunan suara dari ombak yang mendesir. Hal inilah yang membuat beberapa orang tertarik untuk datang secara langsung ke Pantai Goa Cemara.

Tidak hanya alamnya yang begitu indah dan unik, akan tetapi suasana sekitarnya juga tidak kalah memikatnya. Kunjungan ke sini memang akan membuat hati terasa lebih tenang dan pikiran menjadi lebih jernih.

Bentangan alam yang ada terasa sempurna dengan hembusan angin yang datang menerpa. Semua itu akan terasa semakin indah ketika dilalui bersama sama dengan keluarga, sahabat ataupun pasangan tercinta.

2. Pasir Putihnya yang Lembut

Salah satu alasan yang membuat pantai ini menarik yakni keindahan pasir yang dimiliki. Pasir di pantai ini berwarna cerah dan akan memantulkan cahaya ketika matahari menerangi permukaannya. Pasir disini juga memiliki tekstur yang sangat lembut sehingga sangat nyaman ketika bersentuhan dengan tangan ataupun kaki.

Tidak banyak karang yang dijumpai di lokasi ini, itulah sebabnya pengunjung bisa menyusuri pantai tanpa mengenakan sandal atau sepatu sekalipun. Namun demikian, para wisatawan diharapkan tetap hati-hati dan tidak berlarian ketika berjalan di atas pasir tanpa alas kaki. Beberapa benda mungkin saja tergeletak di atasnya dan bisa menyebabkan luka.

Hal yang menjadikan destinasi wisata ini sangat menyenangkan untuk dijelajahi yakni area pasirnya yang sangat luas. Luasnya pasir pantai membuat pengunjung bisa bebas bermain disini. Pasir pantai ini bahkan melebar hingga ke kawasan di mana pohon-pohon cemara tumbuh.

Kawasan hutan cemara dengan pasir di bawahnya menjadi spot yang menarik untuk berselfie. Meski bukan satu-satunya pantai di daerah selatan Jogja yang memiliki pasi putih yang sangat lembut, namun Pantai Goa Cemara memiliki keindahannya tersendiri.

Keberadaan pohon cemara membuat banyak buah atau biji pohon cemara yang berjatuhan diatas pasir sehingga membuat pantai ini terlihat unik. Bahkan, banyak pengunjung yang memunguti buah cemara sebagai pernak-pernik pengganti karang.

3. Mercusuar Tinggi yang Ikonik

Keberadaan mercusuar yang ikonik membuat Pantai ini terlihat semakin cantik. Mercusuar di Pantai Goa Cemara tersebut memiliki ketinggian lebih dari 30 meter. Ketinggian ini dapat dimanfaatkan pengunjung untuk melihat keindahan pantai secara luas. Bahkan Anda bisa berswafoto dari atas menara ini. Tak pelak, Anda pasti akan terpesona ketika pertama kali melihatnya.

Keberadaan mercusuar ini memang membuat tempat wisata ini menjadi sangat sempurna. Para pengunjung yang hadir dapat secara langsung melihat pemandangan alam yang tersaji di atas bangunan ini. Akan tetapi, menara ini hanya diperbolehkan untuk dinaiki oleh dua orang saja.

Keterbatasan daya tampung mercusuar memang seringkali membuat wisatawan yang datang ke sana kecewa. Bagi pengunjung yang tidak sempat menaiki mercusuar, mereka juga bisa mengambil gambar dengan background menara ini. Pemandangannya pun tak kalah indah dengan menaiki menara ini.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Goa Cemara

Alamat Pantai Goa Cemara
Image Credit: Google Maps (Ius Taat)

Pantai Goa Cemara ini berada di Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi tepatnya yakni ada di kawasan Gadingsari, Kecamatan Sanden. Destinasi wisata alam yang begitu memukau tersebut terletak di Jalan Lintas Selatan. Untuk menuju ke lokasi pantai, Anda bisa dengan untuk sampai ke lokasi.

Untuk memulai perjalanan, maka Anda harus menuju ke arah barat daya Kota Yogyakarta menuju kabupaten Bantul. Jika sudah sampai di sana, maka ikuti arah selatan dan beberapa petunjuk arah jalan yang akan langsung mengarahkan ke kecamatan Saden. Lalu dilanjutkan menuju daerah bernama Gadingsari.

Agar mendapatkan akses secara penuh untuk menjelajahi seluruh sisi tempat tersebut, pengunjung Pantai Goa Cemara harus membayar tiket masuk. Tidak perlu khawatir karena biaya tiketnya hanya sekitar 5000 rupiah saja. Dengan biaya yang begitu murah, para wisatawan dapat dengan bebas menikmati seluruh area di sekitarnya itu.

Jika wisatawan datang ke sana memakai kendaraan sendiri, pastinya harus membayar biaya parkirnya pula. Tarif tersebut juga terbilang murah karena dapat dijangkau oleh berbagai kalangan.

Untuk mereka yang menggunakan kendaraan roda dua, maka harus membayar biaya parkir sebesar 3000 rupiah saja. Namun, yang membawa mobil harus membayar harga yang sama dengan tiket masuk, yakni 5.000 rupiah.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Goa Cemara

Kegiatan di Pantai Goa Cemara
Image Credit: Google Maps (Yudi Yudianto)

1. Berteduh Sejenak di Bawah Pohon Cemara

Berkunjung ke Pantai Goa Cemara tentu saja tidak lengkap jika meninggalkan aktivitas yang satu ini. Pepohonan cemara yang nampak sangat rindang tumbuh di sekitar area pantai tentu akan sangat menarik minat para pengunjung. Menikmati pemandangan di bawah pohon cemara akan memberikan sensasi yang sangat berbeda namun melegakan.

Kawasan hutan cemara disini cukup luas, sehingga tidak perlu berdesakan jika ingin melakukan aktivitas yang satu ini. Untuk menambah kesan, Anda bisa berpiknik ria disini. Menikmati bekal yang dibawa sambil memandangi indahnya lautan pasti menjadi sesuatu hal yang menarik.

Tak sedikit memang yang menikmati view pantai dengan kombinasi pasir dan air lautnya yang jernih dari area pepohonan. Rehat sejenak untuk melepas penat dari berbagai hiruk pikuk aktivitas sehari-hari memang sempurna dilakukan di bawah pohon cemara.

2. Berbelanja Pernak-pernik untuk Oleh-oleh

Tempat wisata ini memang cukup fenomenal karena sudah banyak dikenal oleh orang-orang. Di sana juga terdapat beberapa gerai yang menjual bermacam pernak-pernik khas ala pantai pada umumnya.

Dengan begitu, pengunjung bisa membeli pernak-pernik sebagai buah tangan. Harga yang dibandrol juga masih terbilang terjangkau untuk di kawasan wisata. Jadi, tak perlu khawatir kalau kantong Anda akan terkuras.

3. Berburu Potret Foto yang Aesthetic

Inilah sesuatu yang pasti akan dilakukan oleh para wisatawan yang berkunjung ke pantai Goa Cemara. Dengan berbagai macam bentangan alam yang tersaji, tentu saja akan sangat mudah menemukan titik yang pas untuk berswafoto.

Banyak spot-spot cantik yang bisa dijadikan backround untuk mengambil gambar. Anda bisa berfoto di pinggir pantai, di dekat mercusuar, di bawah pohon cemara dan lainnya.

Kegiatan Menarik di Pantai Goa Cemara
Image Credit: Twitter.com @gembel_motret

4. Menyusuri Seluruh Permukaan Pantai

Tempat wisata ini memiliki area pasir yang cukup luas untuk menjadi objek yang tepat untuk para wisatawan menjelajahi setiap sisinya. Banyak hal yang bisa ditemukan dan menjadikan liburan semakin menarik. Pantai Goa Cemara memang memiliki begitu banyak pesona yang sangat rugi jika tidak dapat dinikmati.

Area pasir yang ada di sana memang tak kalah menarik untuk ditelusuri. Pengunjung bisa menyusuri daerah lainnya, seperti mengunjungi mercusuar. Berada di sana, maka akan membuat tamasya yang sedang dilakukan menjadi lebih menarik lagi. Inilah yang pada akhirnya membuat banyak orang ingin datang ke tempat wisata tersebut.

5. Menikmati Hembusan Angin dengan Ombak di Tepiannya

Bagi Anda yang tinggal di perkotaan dan jauh dari pantai yang masih alami, tentu akan merasa senang ketika berada disini. Hembusan angin yang berhembus ke pantai tersebut terasa cukup lembut. Inilah sensasi yang dapat dirasakan oleh pengunjung yang datang.

Menikmati pantai tersebut memang tidak ada habisnya. Bermain air di bibir pantai sambil bertelanjang kaki merupakan hal lazim dilakukan para pengunjung.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pantai

Penginapan Terdekat Pantai
Image Credit: Agoda.com

1. LYYN Hotel by Horison

Satu lagi rekomendasi yang berada di kisaran 1 kilometer lebih dari objek wisata itu, adalah penginapan ini. Dengan berbagai macam tipe kamar dan bermacam fasilitas, pengunjung dapat merasakannya hanya dengan membayar tidak sampai 500 ribu setiap kamarnya. Bahkan beberapa hanya dibandrol pada harga 300 ribuan tiap malam.

2. KJ Hotel Yogyakarta

Tempat ini nampak cukup berkelas untuk dijadikan penginapan ketika berwisata di destinasi tersebut. Berbagai macam fasilitas seperti AC hingga jaringan internet dari wifi bisa diperoleh dengan mudah. Tetapi, harganya terbilang begitu murah untuk fasilitas yang mumpuni itu. Itulah sebabnya, penginapan ini cocok untuk menjadi pilihan para wisatawan.

3. Rajaklana Resort Villa & Spa

Tempat yang cukup mewah ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk para pengunjung Pantai Goa Cemara bermalam. Lokasinya memang tidak terlalu dekat, namun cukup layak untuk dapat menjadi singgahan selama beberapa malam. Berbagai fasilitas bisa dinikmati oleh para tamu yang datang.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Goa Cemara Bantul

Fasilitas di Pantai Goa Cemara
Image Credit: Google Maps (Arra Wang)

Seperti halnya tempat wisata yang lain, pantai ini juga memiliki fasilitas yang cukup menunjang. Ada beberapa warung makan yang siap melayani para pengunjung.

Selain itu, beberapa bilik toilet dan juga mushola juga ada di sana. Tempat parkirnya juga terbilang cukup luas untuk menampung banyak kendaraan para wisatawan.

Kawasan Yogyakarta dengan begitu banyak pantai memang sangat menyenangkan untuk menjadi tujuan lokasi wisata bagi para traveler. Dari sekian banyak objek wisata bahari di sana, Pantai Goa Cemara seolah menjadi destinasi sempurna untuk mereka yang menginginkan nuansa berbeda dengan view pasir, laut, dan pepohonan cemaran serta berbagai macam hal lainnya.