Pantai Sedahan salah satu pantai populer dan menawan di Gunung Kidul, Jogja yang menarik untuk dijelajahi. Objek wisata yang bersembunyi di antara bukit karang ini menyuguhkan hamparan pasir putih nan lembut, ombak khas pantai selatan dan cocok sebagai tempat camping.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Gunung Kidul menawarkan deretan pantai yang cantik untuk dieksplor, salah satunya Pantai Sedahan. Pantai ini disebut-sebut sebagai hidden gems dari kabupaten ini karena keindahannya bahkan masih belum banyak diketahui dan disentuh. Anda yang sedang mencari destinasi baru untuk dieksplor di Gunung Kidul, Jogja, pantai ini sangat direkomendasikan. Lokasinya yang cukup tersembunyi justru juga menyembunyikan daya tarik yang luar biasa.

Sebelum memutuskan untuk menghabiskan waktu liburan di pantai ini, review singkat dan jelas dari berbagai aspek di pantai ini mungkin bisa menjadi panduan untuk Anda. Dari informasi ini, setidaknya Anda bisa tahu hal-hal dasar dan daya tarik yang membuat pantai ini begitu menakjubkan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sedahan

Daya Tarik Pantai Sedahan
Image Credit: Google Maps (Mochammad Reza)

Objek wisata pantai menawarkan daya tarik yang tidak jauh dari pemandangan hamparan laut dan pantai dengan pasir putih. Selain itu, ada berbagai daya tarik lain yang bisa ditemukan di Pantai Sedahan ini.

1. Bukit Karang yang Menyembunyikan Pantai Sedahan

Daya tarik yang paling membuat penasaran adalah bukit karang yang berdiri kokoh di sisi kanan dan kiri pantai. Keberadaan dua bukit karang ini seolah menyembunyikan keberadaan pantai pasir putih ini.

Selain itu, dari dua bukit ini pengunjung biasa menikmati pemandangan pantai dengan lebih luas. Meski untuk mencapai puncak bukit karang ini dibutuhkan perjuangan, namun ketika berada di atas, Anda bisa melihat landskap pantai ini dari sudut pandang yang lebih luas jauh lebih menakjubkan.

2. Pemandangan Sunset dan Sunrise yang Eksotis

Saat bertandang ke objek wisata pantai, pemandangan momen saat matahari terbenam atau terbit adalah salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan. Inilah daya tarik lain yang ditawarkan oleh pantai yang terletak di Desa Jepitu ini.

Pemandangan sunset atau sunrise bisa dinikmati di pinggir pantai langsung atau dari atas bukit karang yang ada di kedua sisi pantai. Dua bukit karang inilah yang biasanya menjadi spot favorit pengunjung untuk menikmati sunset.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Sedahan
Image Credit: Google Maps (Rahma)

3. Pantai Tempat Mendarat Penyu-Penyu

Tidak perlu jauh-jauh datang ke Bali jika Anda ingin melihat penyu-penyu bertelur. Pantai Sedahan yang masih sangat bersih dan asri kerap menjadi tempat pendaratan penyu-penyu sekaligus tempat bertelurnya.

Beberapa jenis penyu langka bahkan juga sering terlihat bertelur di sekitar pantai ini. Meski demikian, ada baiknya jika pengunjung tidak mengganggu proses bertelurnya dan tidak mengambil telur-telur penyu tersebut agar kelestariannya tetap terjaga. Anda cukup melihat dan menikmati aktivitas penyu-penyu ini dari jauh.

4. Air Laut yang Jernih dan Berpasir Putih

Tidak lengkap jika ke pantai tanpa menikmati pemandangan yang tersuguh di depan mata. Pantai ini memiliki garis pantai yang panjang dengan pasir putih halus membentang. Ditambah lagi dengan air laut yang jernih dengan ombak yang tidak begitu besar semakin menyempurnakan pemandangan menakjubkan di pantai ini.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Sedahan

Alamat Pantai Sedahan
Image Credit: Google Maps (Fahmi Nur Alfiyan)

Pantai Sedahan berlokasi di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunung Kidul Yogyakarta. Jarak dari pusat Kota Yogyakarta menuju lokasi pantai ini sekitar 85km dengan waktu tempuh kira-kira 2 jam 27 menit dengan kendaraan bermotor.

Dari pusat Kota Yogyakarta, berjalan ke arah timur melewati Jl. KH. Ahmad Dahlan menuju Jl. Panembahan Senopati 9. Setelah mencapai perempatan, lanjutkan melewati Jl. Brigjen Katamso hingga perempatan selanjutnya, ambil ke arah timur menuju Jl. Kolonel Sugiono.

Setelah sampai pertigaan arah ke selatan melewati Jl. Sisingamangaraja lurus hingga menemukan Jl. Imogiri Barat. Jika menemukan pertigaan, ambil arah timur menuju Jl. Bakulan Imogiri, setelah itu melewati pertigaan, pilih arah barat menuju Jl. Imogiri Siluk.

Setelah jalan terus melewatinya kemudian melewati Jl. Siluk Panggang. Saat mencapai pertigaan ke arah timur selanjutnya melewati Jl. Raya Panggang Wonosari. Kemudian jalan terus ke arah Jalan pantai Selatan Jawa. Setelah sampai disini, akan ada pertigaan lagi, ambil arah ke selatan kemudian lurus menuju Jalan Wediombo Jungwok. Lurus terus akan menuju Pantai Jungwok. Ikuti jalan Pantai Jungwok ini untuk bisa sampai ke lokasi Sedahan yang Anda tuju.

Setiap pengunjung yang akan masuk ke Pantai Sedahan akan dikenakan tiket masuk. Tarifnya sangat terjangkau, yaitu Rp 5.000 untuk tiket masuk. Kalau membawa kendaraan sendiri, Anda juga harus membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 3.000 untuk sepeda motor.

Karena pantai ini menyediakan fasilitas berkemah, Anda harus membayar biaya retribusi sebesar Rp 10.000 per tenda. Kalau Anda tidak membawa tenda, tak perlu khawatir karena disini juga ada penyewaan tenda dengan harga bervariasi.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Sedahan

Kegiatan di Pantai Sedahan
Image Credit: Facebook.com @dwiriyantoo

Kawasan pantai ini memang belum banyak dikenal oleh wisatawan. Namun justru ini adalah daya tarik yang tidak bisa didapatkan dari pantai-pantai lain yang sudah lebih dulu populer. Anda pun tidak perlu khawatir jika berkunjung ke pantai ini karena ada banyak kegiatan menarik dan menyenangkan yang bisa dilakukan disini.

1. Menikmati Pemandangan Eksotis

Pantai Sedahan ini memiliki daya tarik berupa dua bukit karang yang mengapit di kanan dan kirinya. Inilah yang membuatnya semakin eksotis, karena Anda akan serasa berada di pulau pribadi dan tersembunyi.

Hamparan air laut jernih kebiruan yang diapit dua bukit karang, ditambah pantai dengan pasir putih yang halus akan memberikan Anda sensasi menenangkan. Anda juga bisa mengabadikan momen dengan berfoto berlatar belakang pantai dan dua bukit karang yang mengapitnya.

2. Menyaksikan Panorama Sunset dan Sunrise

Satu aktivitas seru yang harus Anda lakukan di pantai ini adalah menikmati pemandangan sunset dan sunrise dari puncak bukit karang. Untuk naik ke puncak ini memang membutuhkan perjuangan, namun pemandangan sunset dari atas sini justru jauh lebih mempesona.

Hal yang sama juga bisa didapatkan saat Anda melihat pemandangan sunrise. Jangan lupa abadikan pengalaman tak terlupakan ini ke dalam jepretan kamera. Dijamin Anda akan mendapatkan satu pengalaman tak terlupakan.

3. Berkemah di Sekitar Pantai

Anda bisa menikmati pemandangan Pantai Sedahan lebih lama dengan berkemah. Ada beberapa spot yang bisa Anda pilih sebagai lokasi berkemah. Selain berkemah di pinggir pantai, satu spot camping favorit adalah di atas bukit karang yang mengapit pantai ini.

Kegiatan Menarik di Pantai Sedahan
Image Credit: Facebook.com @vonnyjessycha

4. Memancing di Atas Bukit Karang

Sambil berkemah, tidak ada salahnya Anda mencoba sensasi memancing dari salah satu sisi puncak bukit karang di pantai ini, yaitu di sisi timur. Lokasi ini adalah lokasi memancing favorit karena sudah banyak pemancing yang mendapatkan tangkapan ikan besar disini. Meski begitu Anda harus tetap berhati-hati karena karang yang licin, terutama setelah hujan.

5. Melakukan Susur Pantai

Nah, Kalau Anda suka jalan-jalan, kegiatan susur pantai ini juga bisa menjadi salah satu rekomendasi kegiatan menyenangkan. Letak pantainya yang berdekatan dengan pantai-pantai lain membuat Anda bisa mengeksplor pantai-pantai tersebut sekaligus, bahkan hanya dengan berjalan kaki.

Penginapan Murah Dekat Lokasi Pantai Sedahan

Penginapan Pantai Sedahan
Image Credit: Booking.com

Mencari penginapan yang paling dekat dengan Pantai Sedahan ini tentu akan memudahkan Anda saat berkunjung. Ada beberapa pilihan penginapan yang letaknya paling dekat dengan pantai ini.

1. Joglo Wediombo Cottage & Resto

Pilihan penginapan pertama ini menawarkan harga terjangkau dengan satu ruang bisa ditempati dua orang. Fasilitas ruang kamar yang lengkap beserta berbagai fasilitas pendukung lain seperti sarapan tentu akan membuat Anda lebih nyaman. Dari lokasi penginapan ini ke Pantai Sedahan hanya butuh waktu 9 menit dengan berkendara.

2. Pondok Bukit Lembah

Penginapan satu ini adalah jenis hotel berbintang satu yang tentu saja bisa Anda jadikan tempat menginap dengan harga per malam yang sangat terjangkau. Meski terjangkau, fasilitas yang Anda dapatkan tidak akan mengecewakan.

Dengan tarif menginap mulai dari 50 ribuan per malam, Anda sudah bisa mendapatkan satu buah kamar tidur dengan ranjang dan kasur yang nyaman, meskipun tidak ada AC tapi di dalamnya tetap disediakan kipas angin. Belum lagi fasilitas kamar mandi pribadi yang pasti membuat Anda lebih nyaman.

3. Penginapan & Rumah Makan ROOSYTA

Satu lagi fasilitas penginapan yang bisa ditemukan di dekat pantai ini adalah Penginapan & Rumah Makan ROOSYTA. Sesuai namanya, penginapan ini juga merupakan tempat makan yang biasa dikunjungi oleh wisatawan.

Menginap disini memang membutuhkan budget lebih tinggi, yaitu kurang lebih 200 ribuan per malam. Namun, Anda akan dijamin dengan fasilitas super lengkap dan pastinya akses ke pantai yang lebih mudah.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Sedahan Gunung Kidul

Fasilitasdi Pantai Sedahan
Image Credit: Google Maps (Mas Apry)

Aspek terakhir yang harus Anda ketahui adalah fasilitas penunjang apa saja yang tersedia disini. Hal ini penting untuk diketahui sebab akan sangat berpengaruh pada kenyamanan Anda saat menghabiskan waktu berlibur di pantai ini.

Tempat Parkir

Bagi pengunjung yang datang dengan membawa kendaraan, keamanan kendaraan sudah pasti menjadi hal yang sangat diperhatikan. Anda tidak perlu khawatir karena di kawasan Pantai Sedahan ini sudah tersedia tempat parkir. Anda hanya perlu membayar biaya parkir sebesar 3 ribu untuk sepeda motor dan 5 ribu untuk mobil.

Toilet Umum

Toilet umum juga menjadi salah satu fasilitas yang pasti dicari, terutama di sebuah objek wisata. Di dalam kawasan pantai ini juga sudah tersedia toilet umum yang bersih dengan air tawar yang juga bersih. Perlu diperhatikan untuk menggunakan toilet umum ini tentu saja Anda juga dikenakan biaya yang berbeda-beda.

Tempat Ibadah (Mushola)

Untuk semakin membuat nyaman pengunjung, di kawasan pantai cantik ini juga tersedia mushola. Tempatnya dijamin bersih dengan ketersediaan air bersih untuk berwudhu yang berlimpah.

Tempat Makan

Warung makan juga berjejer di sekitar area pantai kalau-kalau Anda lapar dan butuh mengisi energi setelah lelah bermain di pantai. Menu yang dijajakan di warung ini memang tidak beragam, hanya mie instan dan kopi. Namun, sudah pasti cukup untuk mengganjal perut.

Demikian tadi review lengkap dari Pantai Sedahan yang berada di daerah Gunung Kidul Yogyakarta, berupa daya tarik, aktivitas menarik yang bisa dilakukan, lokasi dan rute hingga fasilitas yang tersedia. Informasi-informasi ini pasti Anda butuhkan sebelum mengeksplor lebih jauh pantai ini sebagai referensi bekal dan persiapan apa saja yang mungkin Anda butuhkan.