Biaya Wisata: Mulai Rp 275.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sungai Pinang, Kec. Koto XI Tarusan, Kab. Pesisir Selatan, Sumatera Barat; Map: Cek Lokasi

Pulau Pamutusan merupakan semenanjung dengan bentuk memanjang. Daratan utamanya adalah pesisir Bungus Teluk Kabung bagian selatan. Saat air laut sedang pasang, pesisir pantai akan tergenang air dan tidak tampak lagi. Daratan panjang dari pulau ini seakan-akan terbelah menjadi pulau sendiri. Oleh sebab itu, maka disebut Pamutusan, yang berarti terputus dalam bahasa Minang.

Pulau ini hanya terbentang seluas 8 hektar saja. Dikelilingi oleh pulau-pulau kecil, pulau ini tampak cantik dengan lanskap berwarna hijau dan laut biru di tengahnya. Pantai ini sangat jernih sehingga ikan-ikan, biota laut, dan terumbu karang dapat terlihat. Terdapat juga perbukitan di mana pemandangan di bawahnya tidak kalah dengan pulau-pulau wisata populer lainnya.

Pengunjung yang datang tidak akan merasa bosan. Pemandangannya yang indah dan suasana alami yang menenangkan sehingga pengunjung yang datang ingin terus berlama-lama dan tidak ingin segera pulang. Pulau Pamutusan juga tidak terlalu ramai dibandingkan dengan pulau-pulau yang lain, sehingga masih bersih dan cocok untuk menenangkan diri.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Pamutusan

Daya Tarik Pulau Pamutusan
Image Credit: Google Maps (Muhammad Luthfi)

Meskipun tidak sepopuler pulau-pulau terkenal lainnya, namun Pamutusan memiliki daya tarik tersendiri yang membuat pengunjung datang. Banyak orang yang bahkan mengatakan pulau ini sebagai Pulau Sumba di Sumbar. Daya tarik itu telah membuat pulau ini menjadi wisata yang cocok sebagai tempat berlibur dan menyegarkan pikiran. Beberapa daya tarik yang ada dalam pulau ini seperti berikut:

1. Laut yang Jernih

Pulau Pamutusan menawarkan laut yang jernih sehingga Anda dapat melihat terumbu karang, biota laut, dan juga ikan-ikan hias yang berenang di perairan. Ekosistem laut yang masih terjaga membuat pengunjung banyak yang tertarik untuk berenang, menyelam, atau snorkeling. Jasa tour juga akan memberikan Anda akomodasi untuk melakukan perjalanan bawah laut tanpa kesulitan mencari spot menarik.

2. Pantai yang Bersih

Pulau ini tidak banyak dikunjungi orang sehingga bersih dari sampah. Selain itu, tiket masuk pulau ini memang digunakan untuk biaya kebersihan. Air di tepi pantai juga sangat jernih sehingga Anda bisa melihat kedalamannya. Anda tidak perlu takut tenggelam jika ingin bermain air atau berenang di perairan sekitar pantai.

Meski cukup aman, namun Anda masih tetap harus mematuhi semua aturan yang ditetapkan penjaga pantai agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan demikian aktivitas bermain air juga akan jauh lebih aman dan nyaman.

3. Lanskap Pemandangan Indah

Tidak dapat dipungkiri, pemandangan di Pulau Pamutusan sangat cantik sehingga menarik pengunjung untuk datang. Kawasan di sekitar masih asri membuat suasana menjadi segar dan cantik. Keindahan ini tidak akan Anda temui di tempat lain. Karena itulah, pemandangan ini menjadi daya tarik yang cukup kuat sehingga membuat banyak pengunjung yang datang.

Jika Anda naik ke atas bukit, Anda juga akan melihat lanskap keindahan pemandangan dari atas. Dengan pulau-pulau yang mengelilinginya dan pasir putih yang cantik, bukit ini menjadi salah satu spot yang menjadi daya tarik untuk didatangi.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pulau Pemutusan
Image Credit: Twitter.com @newspadek

Pulau Pamutusan berada di kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. Jaraknya dari pusat kota kurang lebih 38 km. Anda dapat menggunakan kendaraan roda dua menuju tempat ini dengan waktu tempuh sekitar 90 menit sampai 2 jam. Meskipun cukup jauh, namun sepadan dengan apa yang akan Anda temukan di wisata tujuan.

Selain dengan kendaraan pribadi, Anda juga bisa menggunakan jasa sewa mobil. Waktu tempuh mungkin juga akan berbeda. Alat transportasi lain yang bisa digunakan adalah angkot. Setelah sampai Sungai Pisang, Anda harus menyewa perahu nelayan. Dengan kisaran harga Rp 300.000, Anda dapat mencapai beberapa pulau lain seperti Pulau Panggang dan Pulau Paumpahan.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau

Estimasi ke Pulau Pamutusan
Image Credit: Twitter.com @okezonenews

Terdapat paket wisata untuk menuju Pulau Pamutusan dan Sirandah. Paket tour ini sangat cocok untuk Anda mengajak keluarga atau teman berlibur dengan waktu yang terbatas. Dengan harga per pax sekitar Rp 275.000 saat weekend dengan sistem open trip, Anda sudah mendapatkan berbagai fasilitas dan akomodasi menuju lokasi pulau.

Fasilitas yang didapat berupa kapal wisata untuk pulang dan pergi, tiket pulau di lokasi, jaket pelampung, alat snorkeling, photo underwater, asuransi, banana sport, makan siang dan air mineral, parkir kendaraan di Bungus, dan beberapa fasilitas lain. Sedangkan jika Anda tidak menggunakan jasa tour, harga tiket pulau hanya Rp 15.000 saja untuk biaya kebersihan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Pamutusan

Aktivitas di Pulau Pamutusan
Image Credit: Google Maps (Minda Rifanda)

Pulau ini merupakan wisata bahari dengan berbagai kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan. Kegiatan-kegiatan ini sudah pasti akan membuat Anda tidak merasa bosan berada di tempat ini. Beberapa kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan sudah pasti akan meninggalkan kesan yang mendalam setelah menghabiskan waktu di Pulau Pamutusan.

1. Berenang

Pantai yang jernih dan bersih sangat cocok untuk Anda menikmati dingin air laut dengan berenang atau sekedar bermain air. Ombak yang tidak terlalu besar sehingga aman untuk berenang. Anda dapat merasakan kesegaran air laut yang jernih sambil menikmati keindahan pantai pasir putih yang terbentang di pesisir pulau.

2. Hiking

Bukit yang berada di pulau ini dapat menjadi tempat yang menarik untuk Anda melakukan kegiatan hiking. Puncak bukit yang menawarkan pemandangan indah dengan pasir putih dan biru laut akan membuat rasa lelah Anda menjadi hilang. Lanskap pulau dari bukit ini juga sangat indah, dengan bukit batu di pinggirnya dan pantai di tengahnya membuat Anda ingin berlama-lama berada di sana.

Setelah hiking, Anda selanjutnya bisa menyusuri pulau dengan berjalan kaki. Udara di sekitar pulau sangat sejuk dan menenangkan. Dengan panorama yang cantik dan alami, liburan Anda akan menghilangkan stres dan penat Anda setelah melakukan rutinitas yang melelahkan.

3. Berkemah

Pulau Pamutusan memang memiliki banyak penginapan, namun banyak juga pengunjung yang berkemah di sekitar pantai. Menikmati alam bebas di malam hari dan melakukan aktivitas-aktivitas menyenangkan bersama teman atau keluarga saat berkemah dapat menjadi pilihan kegiatan yang sangat menarik. Selain itu, berkemah juga akan mengurangi pengeluaran Anda.

Aktivitas Menarik di Pulau Pamutusan
Image Credit: Google Maps (Occy Lupho)

4. Memancing

Banyak sekali ikan-ikan yang akan Anda temukan di perairan sekitar pulau. Dengan ombak yang tenang dan air yang jernih, banyak pengunjung yang memilih menghabiskan waktu untuk memancing. Bagi Anda yang memang suka memancing, Anda dapat menyalurkan hobi saat berada di pulau ini. Berbagai macam ikan yang bisa anda dapatkan nantinya bisa langsung Anda masak di sana.

5. Snorkeling

Snorkeling merupakan kegiatan yang paling banyak diminati oleh pengunjung. Keindahan bawah laut dengan ikan-ikan beraneka ragam, terumbu karang, dan juga biota laut rasanya sangat sayang untuk dilewatkan jika berkunjung di pulau ini. Sudah disediakan fasilitas penyewaan snorkeling. Hanya dengan merogoh kantong sebesar Rp 20.000 saja, Anda sudah bisa melakukan kegiatan menarik satu ini.

Penginapan Murah Dekat Lokasi Pulau

Penginapan Dekat Pulau Pemutusan
Image Credit: Traveloka.com

Jika Anda berasal dari luar daerah dan ingin berlama-lama menghabiskan waktu liburan di Pulau Pamutusan, Anda tidak perlu khawatir untuk mencari penginapan. Di sekitar pulau sudah tersedia banyak penginapan dengan berbagai pilihan harga dan fasilitas. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi penginapan terdekat yang dapat Anda pilih.

1. Nyalo Beach Cottage

Penginapan ini berada di Mendeh. Dengan fasilitas dan hiburan untuk Anda juga cukup lengkap, Anda juga bisa beristirahat dengan nyaman di sini. Anda bisa menginap dalam jangka waktu yang lama. Pelayanan yang baik akan membuat Anda merasa seperti di rumah sendiri. Resepsionis juga akan siap membantu Anda selama 24 jam untuk membantu dan melayani Anda.

2. Baga Beach Cottage

Penginapan ini cocok untuk para backpacker karena sewa kamar yang murah, namun dengan tempat yang nyaman dan fasilitas yang memadai. Cukup dekat dengan destinasi wisata, sehingga dapat menjadi rekomendasi pilihan penginapan Anda. Pelayanan juga sangat baik, membuat Anda merasa nyaman seperti ada di rumah.

3. Jophira Tin-tin Cottage

Salah satu penginapan yang cukup dekat dengan pulau semenanjung ini. Hanya berjarak sekitar 3,6 km. selain itu terdapat juga tempat-tempat menarik di sekitarnya. Penginapan yang berada di Kota Bungus Teluk Kabung ini mengutamakan keamanan pengunjung dan menyediakan fasilitas yang memadai tanpa harus menguras kantong Anda.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Pamutusan

Fasilitas di Pulau Pamutusan
Image Credit: Google Maps (Ilfa Septiani)

Pulau cantik di Padang ini sudah memiliki fasilitas yang memadai untuk membuat liburan Anda menjadi lebih nyaman dan betah. Terdapat gazebo, musala untuk beribadah, terdapat juga warung makan untuk mengisi perut, juga ada toilet umum. Jika Anda ingin menikmati keindahan laut, sudah ada perlengkapan snorkeling untuk Anda sewa. Ada juga penginapan jika Anda ingin bermalam.

Pulau Pamutusan bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin beristirahat dari rutinitas yang melelahkan. Liburan dengan pemandangan alam yang indah dan kegiatan-kegiatan yang menarik akan membuat pikiran menjadi segar dan siap untuk kembali pada rutinitas biasanya. Karena itu, jika Anda memerlukan liburan yang mengesankan, Anda dapat mengunjungi pulau ini.