10 Wisata Pantai di Padang Paling Recommended

Wisata Pantai Padang

Padang merupakan Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat dan merupakan kota terbesar di pulau Sumatera. Ketika menyebutkan kata Padang pasti yang terngiang di benak kita adalah makanan khasnya yaitu rendang. Selain rendang kita juga mengenal Padang dari Rumah Makan Padang yang tersebar di seluruh penjuru tanah air.

Tidak hanya cita rasa kulinernya yang enak Padang juga terkenal sebagai destinasi wisata menarik. Sebagian besar penduduk Padang terdiri dari etnis Minangkabau, mereka memiliki kebudayaan yang unik dan wajib ditelusuri. Ada rumah adat, sejarah peninggalan dan tempat-tempat unik lainnya yang bisa didatangi untuk mengenal lebih dalam Kebudayaan Minang.

Selain Kebudayaan Minang, Padang juga terkenal akan wisata pantai yang indah dan memanjakan mata. Deretan pantai di Padang punya keunikan tersendiri. Penasaran pantai apa saja yang bisa Anda kunjungi ketika di Padang. Simak ulasannya berikut ini.

1. Pantai Padang

Pantai Padang

Lokasi: Jl. Muara, Berok Nipah, Kec. Padang Barat, Kota Padang. – Image Credit by Pegipegi.com

Sesuai dengan namanya pantai ini terletak di pusat kota administrasi Padang. Pantai ini memiliki nuansa atau konsep wisata yang modern dengan berbagai fasilitas untuk bermain anak dan juga sentral kuliner. Hamparan pasirnya tidak terlalu luas dengan ombak kecil dan perbukitan yang akan memanjakan mata. Harga tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah untuk WNI dan 10 ribu rupiah untuk WNA.

Dari Pantai Padang Anda bisa melihat langsung keindahan Gunung Padang yang merupakan area perbukitan di sekeliling pantai. Pantai Padang ini cocok untuk Anda yang hanya punya waktu singkat di Padang dan membutuhkan hiburan ringan dengan berjalan-jalan santai di sore hari menunggu matahari terbenam.

Aktivitas lain yang bisa pengunjung lakukan ketika di Pantai Padang ada bermain layang-layang, bersepeda, bermain sepatu roda dan berbelanja di kios-kios sekitar pantai. Pantai Padang sering dipakai untuk event-event besar tahunan Kota Padang seperti festival Siti Nurbaya dan rute untuk Tour de Singkarak.

2. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana

Lokasi: Jl. Raya Padang – Painan, Tlk. Bayur, Kec. Padang Selat, Kota Padang. – Image Credit by Commons.wikimedia.org

Pantai Nirwana cocok untuk Anda yang hobi fotografi. Panorama matahari terbenam atau senja di tempat ini menjadi objek bidikan yang tidak boleh terlewat. Ombak pantai yang tenang dipadukan dengan pasir pantai yang putih menjadi paket lengkap yang diberikan Pantai Nirwana. Untuk mendapatkan panorama pantai terbaik sebaiknya Anda mengunjungi pantai ini pada bulan Juni sampai Agustus.

Dari tepi pantai Anda juga bisa mendapatkan objek foto lain yaitu kegiatan hiru-pikuk kapal yang berlabuh di Pelabuhan Teluk Bayur. Jika merasa harus tenang sekeliling pantai tersedia pedagang makanan dan minuman yang bisa Anda sambangi. Pengunjung tidak akan dikenakan biaya retribusi masuk untuk ke Pantai Nirwana. Jam kunjung mulai dari jam 6 pagi sampai jam 6 malam saja.

3. Pantai Caroline

Pantai Caroline

Lokasi: Jl. Padang Painan, Bungus Selatan, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. – Image Credit by Plesirankotatua.blogspot.com

Pantai Caroline atau dikenal juga dengan nama Pantai Teluk Bungus merupakan sebuah pantai indah yang ada di Sumatra Barat sebagai bukti keindahan alam yang tidak perlu diragukan lagi. Pantai Caroline dahulu jarang dikunjungi wisatawan karena lokasinya yang masih tersembunyi.

Sekarang Pantai Carolin menjelma menjadi primadona destinasi wisata di Padang khususnya pantai yang menyuguhkan keindahan alam bawah lautnya. Bentuk tepian Pantai Caroline menyerupai bentuk W atau banyak yang mengatakan lambang dari hati.

4. Pantai Carocok Painan

Pantai Carocok Painan

Lokasi: Jl. Pramuka No.118, Painan, Kec. Iv Jurai, Kab. Pesisir Selatan. – Image Credit by Wisatatempat.com

Pantai Carocok Painan menawarkan pesona pantai yang cocok dipakai untuk berjemur atau sekedar berburu makanan-makanan enak di Padang. Tiket masuk Pantai Carocak hanya 10 ribu saja untuk akses selama 24 jam.

Aktivitas menarik bisa dilakukan untuk berbagai kalangan usia mulai dari anak-anak, orang dewasa yang butuh bersantai dan untuk mereka yang ingin kegiatan menantang. Pantai ini sering dibandingkan dengan keindahan Pantai Sanur yang ada di Bali.

Berada di bagian selatan Pulau Sumatera Barat, Anda bisa menikmati pemandangan pantai biru melalui dermaga-dermaga yang ada di sekitarnya. Puas berjalan-jalan waktunya mengisi perut yang lapar dengan aneka olahan seafood khas pantai Carocak Painan.

5. Pantai Pasir Jambak

Pantai Pasir Jambak

Lokasi: Jl. Teratai, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang. – Image Credit by Ksmtour.com

Pantai Pasir Jambak keindahan pantai dengan pasir kecokelatan yang masih asri. Rindangnya perpohonan kelapa di tepian pantai membuat suasana yang santai dan nyaman bagi pengunjung. Lokasi pantai sekitar kurang lebih 20 Km dari kota. Untuk bisa sampai ke pantai ini bisa ditempuh dengan menaiki transportasi umum seperti bus dan angkot maupun kendaraan pribadi.

Di Pantai Pasir Jambak Anda bisa melihat deretan kapal-kapal nelayan yang ada di sekitarnya. Puas menyusuri bibir pantai tentu Anda merasa lapar, ada spot kuliner yang bisa Anda sambangi. Pantai Pasir Jambak ini ramai di datangi anak-anak untuk bermain di hari senin sampai kamis. Pengunjung tidak akan dikenakan biaya masuk ke pantai ini.

6. Pantai Kata Pariaman

Pantai Kata Pariaman

Lokasi: Tiram, Tapakis, Kec. Ulakan Tapakis, Kab. Padang Pariaman. – Image Credit by Harianhaluan.com

Pantai Kata Pariaman punya keunikan dibandingkan pantai lain. Keunikan itu terletak pada bebatuan warna-warni yang dicat menyerupai pelangi. Jam operasional Pantai Kata Pariaman mulai dari jam 5 pagi sampai jam 6 malam. Pantai ini cocok dikunjungi oleh Anda yang sudah berkeluarga.

Suasana matahari terbenam di pantai ini menjadi data tarik tersendiri bagi pengunjung. Aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Kata Pariaman yaitu main air, berfoto dan bersantai sembari menunggu matahari terbenam. Ingin mendatangi Pantai Kata Pariaman Anda hanya perlu membayar tiket retribusi sebesar 10 ribu rupiah saja.

7. Pantai Sako

Pantai Sako

Lokasi: Bungus Barat, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. – Image Credit by Damarapri.blogspot.com

Bagi Anda yang suka berkemah atau fotografi hutan, spot Pantai Soko ini jadi pilihan yang tepat. Lokasi Pantai Soko dekat dengan beberapa bukit dan area hutan. Aktivitas yang sering dilakukan pengunjung yaitu surfing, berkemah, foto-foto dan sekedar menikmati waktu santai. Pantai Sako belum banyak diketahui orang jadi ketika berada di pantai ini Anda akan merasakan private beach yang nyaman.

Biaya masuk ke Pantai Sako 5 ribu rupiah untuk anak-anak dan 10 ribu dewasa. Di waktu libur sekolah Anda akan menemukan banyak tenda-tenda kemah di sekitaran pantai karena memang Pantai Sako adalah tempat strategis untuk menikmati keindahan alam dan juga hutan.

8. Pantai Pasumpahan

Pantai Pasumpahan

Lokasi: Jl. Sungai Pisang, Teluk Kabung Selatan, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. – Image Credit by Commons.m.wikimedia.org

Pantai Pasumpahan namanya diambil dari nama Pulau Pasumpahan yang ada di dekatnya. Pantai ini bisa Anda kunjungi 24 jam non stop. Biaya masuk ke pulau hanya 15 ribu rupiah saja, setelah itu harus naik perahu supaya bisa sampai ke Pantai Pasumpahan.

Pantai Pasumpahan salah satu pantai dengan pemandangan panorama alam terbaik di Padang. Pantai ini punya air yang jernih, pasir putih dan hamparan pandanan yang menyejukkan hati, cocok untuk Anda yang sedang mencari tempat beristirahat yang jauh dari kebisingan kota.

9. Pantai Bungus

Pantai Bungus

Lokasi: Jl. Padang Pesiran KM 21, Pantai Bungus, Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. – Image Credit by Ksmtour.com

Pantai Bungus dikenal sebagai spot paragliding favorit orang Padang. Lokasinya yang dekat dengan pusat kota karena hanya butuh waktu 1 jam saja perjalanan ke pantai ini membuatnya mudah dijangkau. Pantai Bungus terletak di sebuah teluk Kabung yang memiliki garis pantai berwarna kecokelatan.

Bukit-bukit yang mengelilingi pantai seolah-olah adalah menara yang sedang memandang laut lepas. Aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Bungus ada menyelam, berenang, main air, berjemur dan naik perahu untuk mengunjungi pulau-pulau kecil yang ada di sekelilingnya. Bentuk pantai bungus seperti bulan sabit dengan air laut yang hangat dan pastinya aman untuk Anda berenang.

10. Pantai Air Manis

Pantai Air Manis

Lokasi: Jl. Pantai Air Manis, RT.1/RW.1, Air Manis, Kec. Padang Selatan, Kota Padang. – Image Credit by Prokabar.com

Masih ingat dengan cerita daerah Minang tentang anak laki-laki durhaka bernama Maling Kundang? Berwisata pantai ke Padang tidak lengkap rasanya bisa belum mengunjungi batu Maling Kundang di Pantai Air Manis. Pantai batu Maling Kundang letaknya tidak terlalu jauh dari Pelabuhan Teluk Bayur. Aktivitas lain yang bisa dilakukan seperti bermain ATV.

Pantai Air manis jaraknya sekitar 9 Km dari Pantai Nirwana. Jadi setelah puas berburu foto di pantai Nirwana perjalanan bisa dilanjutkan dengan mengunjungi Pantai Air Manis. Jam operasional pantai 24 jam dengan harga tiket masuk per orangnya  sebesar 5 ribu rupiah saja.

Itulah 10 rekomendasi destinasi pantai di Padang yang punya pesona pemandangan yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Ketika berkunjung ke Padang jangan lupa sempatkan waktu untuk mengunjungi salah satu pantai yang ada. Wisata Pantai Padang bisa menjadi tempat rileksasi dan bersantai dari kesibukan harian Anda.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata Muara Enim
12 Tempat Wisata di Muara Enim Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Tempat Wisata Lahat
16 Tempat Wisata di Lahat Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Tempat Wisata Sawahlunto
13 Tempat Wisata di Sawahlunto Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Tempat Makan Mojokerto
10 Tempat Makan Enak di Mojokerto Favorit Wisatawan
Wisata Kuliner Mojokerto
10 Wisata Kuliner di Mojokerto yang Enak & Wajib Anda Coba
Oleh-Oleh Khas Mojokerto
10 Oleh-Oleh Khas Mojokerto Paling Populer
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Minuman Makanan Khas Manado
26 Minuman & Makanan Khas Manado yang Populer
Tempat Makan Manado
13 Tempat Makan Enak di Manado Favorit Wisatawan
Wisata Kuliner Manado
10 Wisata Kuliner di Manado yang Enak & Wajib Anda Coba
Tempat Wisata Sumbawa
15 Tempat Wisata di Sumbawa Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Tempat Wisata Bima
21 Tempat Wisata di Bima Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Tempat Makan Ubud Bali
12 Tempat Makan di Ubud Bali Paling Enak
Tempat Makan Denpasar Bali
13 Tempat Makan di Denpasar Bali Paling Enak
Wisata Pantai Balikpapan
8 Wisata Pantai di Balikpapan Paling Recommended
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata di Samarinda Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata di Banjarbaru Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata di Bontang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi