Jatiluwih salah satu desa wisata dengan panorama alam yang indah di Tabanan, Bali. Kawasan wisata yang menyuguhkan keindahan, mulai dari air terjun tersembunyi hingga persawahan terasering yang wajib Anda kunjungi di Pulau Seribu Pura.

Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 07.00-17.00, Alamat: Desa Jatiluwih, Kec. Penebel, Kab. Tabanan, Bali; Map: Cek Lokasi

Pulau Dewata adalah julukan yang diberikan untuk pulau Bali. Pulau yang memiliki sejuta tempat wisata yang tidak ada habisnya. Selain tempat wisata yang memberikan suasana yang tentram, Pulau Bali juga memiliki budaya dan adat menarik. Bali juga memiliki wisata desa yang tenang, alami, asri dan memiliki banyak pengunjung.

Desa Wisata Jatiluwih Bali, adalah salah satu dari banyaknya lokasi wisata di Bali yang mengagumkan. Desa wisata ini memiliki kawasan yang sebagiannya adalah persawahan yang indah. Kawasan wisata terbesar di Bali ini memiliki luas 636 hektar khusus persawahan.

Wisata Desa Jatiluwih memiliki arti yaitu benar-benar indah. Keberadaan desa yang benar-benar indah ini menjadi tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan asing. Anda bisa menikmati banyak pemandangan yang disajikan dari desa wisata tersebut. Menikmati keindahan alam dengan fasilitas yang lengkap.

Daya Tarik yang Dimiliki Desa Wisata Jatiluwih

Daya Tarik Desa Wisata Jatiluwih Bali
Image Credit: Instagram.com @dkart_travel

1. Pemandangan Sawah dan Kegiatan Menarik Petani

Tidak hanya bisa menikmati keindahan sawah, Anda yang berkunjung ke lokasi wisata Jatiluwih bisa belajar cara bertani. Para petani di tempat tersebut dengan senang hati mengajarkan dan memandu Anda.

Wisata dengan tema Agro ini menjadi buruan bagi wisatawan mancanegara. Sehingga Anda tidak hanya menikmati keindahan hijaunya persawahan dan kegiatan petani yang sibuk bertani saja.

Anda bisa mengikuti kegiatan petani secara langsung di sawah. Belajar bertani, menanam padi, aktivitas di subak dan kegiatan-kegiatan lainnya bisa menjadi pengalaman seru bagi Anda.

2. Sungai yang Mengalir Jernih

Sungai yang mengalir jernih dan sejuk di dekat persawahan menambah asri tempat ini. Suasana pedesaan sangat terasa dengan adanya rumah penduduk yang sederhana, persawahan, budaya dan adat yang masih dijalankan.

Jika diamati dari dekat Anda akan menikmati kesejukan alam yang sangat terasa menenteramkan jiwa dan hati. Bermain di pinggir sungai akan menjadi salah satu memori indah. Selain itu, Anda bisa bermain air seperti arum jeram di sepanjang arus sungai.

Daya Tarik Dimiliki Desa Wisata Jatiluwih
Image Credit: Instagram.com @_eghia_

3. Terdapat Subak Tradisional Bali

Subak ini merupakan keindahan yang menjadi daya tarik utama di Desa Jatiluwih, Bali. Subak di lokasi wisata tersebut adalah sebuah irigasi yang dibuat oleh warga sekitar pada zaman dahulu.

Saluran irigasi ini adalah sebuah aliran air yang dibuat dengan cara tradisional dan menjadi tampilan menarik di tempat wisata itu. Subak menjadi sistem pengairan di sawah milik para petani.

Di dekat lokasi subak terdapat sebuah pura. Pura tersebut sengaja dibangun di dekat persawahan. Dimana keberadaan pura tersebut berguna untuk memuji dan memuja dewi kemakmuran dan kesuburan yang ada di pura.

Subak Tradisional ini adalah sebuah peninggalan budaya dari leluhur zaman dahulu di Bali. UNESCO sudah menetapkan Subak Jatiluwih menjadi warisan budaya bukan benda pada tahun 2012.

Subak menjadi warisan untuk setiap generasi di Jatiluwih. Subak tersebut dirawat dan dipelihara oleh warga sekitar. Di lokasi banyak para wisatawan berfoto-foto dan asik selfie. Selain berfoto lokasi ini memberikan banyak cerita sejarah dan pengalaman bagi wisatawan.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Desa Jatiluwih

Alamat Desa Jatiluwih
Image Credit: Google Maps (Rara Dananjaya99)

Desa wisata Jatiluwih berada di Tabanan Bali. Lokasi tepatnya yaitu di Penebel, Tabanan. Lokasi Desa Wisata ini berada di ketinggian 700 mdpl. Tempat wisata populer tersebut berdekatan dengan lokasi Gunung Batu Karu.

Jika Anda datang dari luar kota dari Bandara I Gusti Ngurah Rai hanya membutuhkan waktu 2 Jam. Saat jalanan tidak macet, Anda bisa sampai lebih cepat dan bisa juga sampai lebih lama saat jalanan ramai. Jarak 65 km dari Bandara menuju ke desa wisata.

Rute yang harus dilalui adalah dari jalan tol Mandara, kemudian setelah itu sekitar 1.7 km menuju ke jalan Pelabuahan Benoa. Anda akan menemukan jalan menuju ke arah Sesetan dan lurus saja sampai 6 km.

Jika Anda sudah sampai di jalan Cokoraminoto, maka belok ke arah kanan. Selanjutnya, lurus saja sampai 6.5 km. Anda kemudian akan menemukan jalan Marga Apuan. Setelah itu lurus saja dan Anda akan sampai di lokasi Desa Jatiluwih.

Tempat wisata ramai ini buka jam 7 pagi sampai jam 5 sore. Bagi para wisatawan yang datang berkunjung menikmati pesona alam pedesaan di wisata desa Bali akan dikenakan tarif masuk. Setiap orang yang datang akan diberikan tarif Rp 15.000 untuk wisatawan lokal.

Bagi wisatawan asing yang berkunjung akan dikenakan tarif Rp 40.000 saja. Selain murah, Anda akan dapat menikmati banyak keindahan alam dan keindahan budaya. Ada fasilitas yang lengkap yang disediakan untuk Anda.

Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Desa Jatiluwih

Kegiatan Seru di Desa Jatiluwih
Image Credit: Instagram.com @__evergraze__

1. Menjelajahi Desa Wisata

Kegiatan utama bagi Anda yang ingin menikmati keindahan desa wisata tersebut adalah dengan berkeliling menggunakan sepeda. Kawasan pedesaan yang luas ini akan membuat lelah jika dikelilingi dengan berjalan kaki. Sehingga masyarakat sekitar menyediakan penyewaan sepeda bagi Anda yang ingin bersepeda.

Setelah bersepeda dan menikmati keindahan desa wisata, di beberapa spot Anda akan disajikan dengan warung-warung milik warga. Di warung tersebut menyediakan banyak jajanan tradisional. Selain itu Anda akan diberikan tempat istirahat yang nyaman di warung ini.

Jika tidak ingin berkeliling desa wisata dengan sepeda, Anda bisa menyewa mobil di sekitar area tempat wisata. Penyewaan mobil Jeep dapat memudahkan berkeliling jika Anda datang bersama teman yang banyak. Menjelajahi desa wisata ini akan memberikan Anda pengalaman menarik dan mengesankan.

2. Berkeliling Pura Kuno

Di dekat lokasi persawahan, Anda akan menemukan sebuah Pura Kuno. Pura kuno ini adalah Pura Leluhur yang diberikan nama Sri Rambut Sedana. Pura Luhur Sri Rambut Sedana itu merupakan lokasi bersejarah yang telah ada sejak zaman purbakala.

Di pura Kuno tersebut dijadikan tempat untuk memohon dan meminta kemakmuran dan kesejahteraan oleh warga hindu sekitar Bali. Pura Kuno terletak di dekat Gunung Batu Karu, Jatiluwih.

Lokasinya yang cukup tinggi membuat suasana sejuk dan adem. Para wisatawan selalu betah dan tidak ingin pulang jika datang ke pulau Bali. Sehingga pemandangan yang diberikan dari atas pura kuno menjadi spot terbaik dan terpopuler di kalangan wisatawan.

3. Berkunjung ke Air Terjun Tersembunyi

Air terjun indah tersembunyi itu bernama air terjun Yeh Hoo. Keindahan air terjun dapat dinikmati hanya dengan berjalan beberapa menit saja dari Desa Wisata Jatiluwih. Anda hanya perlu menuruni anak tangga dan sampailah di lokasi sejuk air terjun.

Selain dekat, jalan menuju air terjun tersembunyi cukup bagus. Namun, hati-hati jika berkunjung saat hujan deras. Dari kedekatan, Anda akan disajikan dengan derasnya air yang keluar dari bebatuan hitam dan besar di atas bukit.

Sumber air yang mengalir di air terjun Yeh Hoo berasal langsung dari pegunungan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 8 meter. Lokasi wisata air terjun dikelilingi bebatuan besar dan pohon-pohon yang rindang.

Kegiatan di Desa Jatiluwih
Image Credit: Google Maps (Debora Yohana)

4. Bermain Air

Bermain air di perairan sungai dekat sawah ini menjadi kegiatan favorit wisatawan. Anda bisa menyewa peralatan-peralatan berupa helm pengaman, pelampung dan alat lainnya. Peralatan lengkap tersebut dapat Anda sewa di warga sekitar.

Bermain arung jeram atau rafting sangat mengasikkan dilakukan bersama teman-teman. Kegiatan seru itu selalu ramai dilakukan oleh para wisatawan. Di derasnya air sungai akan menambah keseruan saat Anda bermain.

5. Pemandian Air Hangat

Setelah lelah jalan-jalan, berkeliling dan bermain air saatnya menikmati pemandian air hangat sebagai penutup pertualangan Anda. Air hangat di desa wisata ini disajikan langsung dari air pegunungan.

Mandi di pemandian tersebut dapat menenangkan dan memberikan kesan rileks saat berendam. Selain itu, pemandian ini juga selalu menjadi buruan bagi para wisatawan.

6. Berburu Makan di Restoran

Pastinya setelah lelah jalan-jalan dan mandi air hangat, Anda butuh mengisi energi yang terkuras. Di tengah area persawahan tersebut terdapat sebuah restoran. Restoran itu menyajikan banyak menu makanan dengan harga terjangkau.

Selain lezat dan harga ramah dikantong, Anda bisa menikmati keindahan alam yang nyaman dan menggoda. Menikmati panorama alam sambil menikmati makan akan dapat menambah nafsu makan.

Restoran yang dibuat dengan desain unik dan tradisional menjadi tempat makan teramai di tempat ini. restoran Gong Jatiluwih adalah nama restoran tersebut. Restoran tersebut sangat bersih, wangi dan memberikan pelayanan ramah dengan tempat yang menarik.

Fasilitas yang Tersedia di Desa Wisata Jatiluwih Bali

Fasilitas Desa Wisata Jatiluwih Bali
Image Credit: Google Maps (Dexren Locong)

Fasilitas sangat lengkap disediakan di Wisata Desa Jatiluwih. Beberapa fasilitasnya berupa lokasi bermain air, lokasi persawahan yang unik dan bisa dijadikan tempat belajar bagi pengunjung yang datang.

Selain itu, fasilitas lainnya yaitu berupa adanya tempat penyewaan sepeda. Tempat sewa mobil Volkswagen untuk berkeliling desa wisata. Ada warung yang menyediakan makanan tradisional. Ada restoran yang menyediakan makanan dengan menu internasional.

Itulah beberapa informasi singkat tentang Desa Wisata Jatiluwih di Tabanan, Bali. Menikmati pesona wisata Pulau Dewata memang tidak ada habisnya, ada saja hal menarik yang dapat ditemukan untuk memanjakan wisatawan yang berkunjung.