Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 06.00-18.00 WIB, Alamat: Gili Ketapang, Kec. Sumberasih, Kab. Probolinggo, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Probolinggo yang ada di Jawa Timur mempunyai objek wisata yang sungguh menarik Anda datangi, salah satunya yakni Pantai Gili Ketapang. Pantai yang lokasinya ada di sisi Utara dari Kota Probolinggo ini menyuguhkan pesona alam bawah laut yang indah sekali. Jangan heran apabila pantai ini sangat menarik bagi banyak orang.

Selain wisatawan lokal, ada pula wisatawan dari luar negeri yang bersedia datang jauh-jauh guna menikmati daya tarik yang ditawarkan oleh Pantai Gili Ketapang. Keeksotisan yang disimpan oleh pantai tersebut memanglah seolah tak ada habisnya untuk dijelajahi oleh wisatawan. Anda yang menggemari snorkeling pun harus mengunjungi pantai ini.

Wisatawan akan selalu terbius serta terpesona oleh keanekaragaman kecantikan alam bawah laut di sana. Selain itu, berbagai jenis hewan laut maupun terumbu karang yang sungguh eksotis tentu saja sanggup memanjakan mata Anda. Untuk itu, pantai eksotis ini harus masuk ke dalam list lokasi liburan Anda.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Gili Ketapang

Daya Tarik Pantai Gili Ketapang
Image Credit: Google Maps Agung Nugraha

1. Menyediakan Spot Memancing

Bagi wisatawan yang menggiati kegiatan memancing, tentu saja akan senang sekali apabila mengunjungi Pantai Gili Ketapang. Nantinya di sana wisatawan akan berjumpa dengan spot memancing yang menarik karena menyediakan ikan dalam jumlah yang berlimpah.

Untuk itu, saat mendatangi area pantai ini maka Anda janganlah heran apabila menjumpai sejumlah wisatawan yang sudah sengaja bawa peralatan pancing pribadinya dari rumah. Wisatawan dapat puas memancing ikan yang nantinya dibawa pulang untuk disantap bersama keluarga.

2. Nuansa Alamnya Asri

Hal yang tidak kalang memikat dari Gili Ketapang yaitu nuansa di sekitarnya yang sungguh asri dan mempesona. Pantai tersebut seolah tak pernah dirusak oleh tangan usil manusia. Hal itu berhasil menjadikannya sebagai satu dari sejumlah pantai perawan yang mempesona di Probolinggo, Jawa Timur.

3. Alam Bawah Lautnya yang Eksotis

Selain kedua hal di atas, daya tarik pantai tersebut juga berkat adanya alam bawah laut yang sungguh eksotis. Di mata banyak wisatawan lokal maupun asing mengatakan bahwa Pantai Gili Ketapang memanglah telah tak lagi asing. Apalagi, bagi Anda yang suka dengan kegiatan snorkeling serta diving.

Di alam bawah lautnya memang mempunyai isi yang sangat melimpah, salah satunya dari biota laut yang beragam jenisnya. Terumbu karang pun tampak tumbuh subur di kawasan wisata tersebut.

Hal itulah yang menjadi alasan mengapa biodiversitas lautnya menjadi makin melimpah ruah. Untuk itu, area pantai tersebut menjadi tujuan utama untuk snorkeling.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Gili Ketapang
Image Credit: Google Maps Benediktus Kristiadi

Lokasi Pantai Gili Ketapang terletak di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Kawasan tersebut ada di lepas pantai dan memiliki rute perjalanan yang cukup mudah untuk wisatawan lalui. Wisatawan nantinya dapat menggunakan akses jalanan mulai dari Kota Surabaya untuk menuju ke Kabupaten Probolinggo.

Mulai arah dari Pelabuhan Probolinggo Anda nantinya masih harus meneruskan perjalanan dengan menaiki kapal untuk dapat mencapai lokasi pantai. Waktu tempuh yang akan dihabiskan kurang lebih hanya 40 menitan saja. Sementara, biaya untuk menaiki kapan sendiri cukup murah yakni 10 ribu rupiah.

Penyeberangan dengan kapal itu dimulai pada jam 8 pagi sampai 4 sore. Untuk itu, pastikanlah nantinya apabila di sana Anda ingin pergi ke lokasi pantai, maka harus terlebih dahulu stay di sekitaran area pelabuhan. Biaya untuk memasuki kawasan pelabuhan adan 2 ribu rupiah.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Masuk Pantai Gili Ketapang
Image Credit: Google Maps Edison Siregar

Persoalan mengenai tiket masuk ke Pantai Gili Ketapang ini jangan Anda khawatirkan. Hal ini lantaran pantai tersebut tidak memberikan tiket masuk kepada wisatawan, atau gratis.

Namun, Anda tetap perlu membawa uang untuk nantinya dianggarkan sebagai biaya transportasi serta kegiatan selama ada di pantai itu.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Gili Ketapang

Aktivitas Menarik Pantai Gili Ketapang
Image Credit: Instagram Gili Ketapang

1. Menejelajahi Area Pantai

Tempat wisata alam yang bisa dijumpai oleh wisatawan tentu saja tak hanya memiliki fokus kepada spot satu titik saja. Untuk itu, apabila Anda nantinya hendak terpuaskan ketika datang ke tempat tersebut, maka lakukan saja kegiatan menjelajahi area pantai.

Terlebih lagi apabila Anda datangnya dengan mengajak pasangan tersayang. Dapat dipastikan bahwa momen berwisata itu tak hanya terlewati dengan duduk-duduk santai saja. Terlalu banyak keindahan di pantai ini yang pastinya menunggu didatangi oleh Anda.

2. Hunting Foto

Berkunjung ke area dari Pantai Gili Ketapang membuat Anda menjadi sedikit lebih narsis dibandingkan biasanya. Rasa kurang afdol akan muncul begitu saja apabila Anda tidak berburu foto di tempat baru.

Oleh sebab itu, sebelum melakukan liburan ke pantai ini, maka usahakan untuk menjelajahi seluruh spot berfoto yang instagramable. Terdapat cukup banyak yang dapat dimanfaatkan untuk background foto.

Kawasan yang ada di Gili Ketapang pun mempunyai panorama yang dengan melihatnya sekilas saja Anda akan langsung terpanah. Selain itu, ada gua di pantai tersebut yang tidak boleh tidak sampai Anda datangi. Gua itu dinamakan sebagai “Goa Kucing” yang tentunya turut akan memberikan hasil foto yang menarik dan cantik.

3. Menikmati Wisata Kuliner

Aktivitas Menarik di Pantai Gili Ketapang
Image Credit: Google Maps Gili Ketapang Official Tour & Travel

Usai Anda puas mengulik seluruh kawasan Pantai Gili Ketapang, kegiatan yang bisa dilakukan yaitu menikmati sanjian kuliner yang pastinya lezat. Tersedia sejumlah warung makan yang berderet untuk menjual berbagai macam menu.

Banyaknya menu yang ditawarkan tentu saja akan memudahkan Anda dalam pemilihan menu yang paling tepat dengan selera. Beragam sajian seafood yang bisa menggoyangkan lidah Anda pastinya membuat kegiatan menikmati wisata kuliner semakin lengkap.

4. Berwisata Seperti Backpacker

Mendatangi pantai yang unik ini membuat wisatawan dapat melakukan aktivitas yang bagaikan seorang backpacker. Menariknya, berwisata packpacker ini dapat lebih menghemat biaya yang dikeluarkan biasanya.

Selain itu, wisatawan masih dapat menikmati indahnya seluruh objek yang disajikan tanpa perl waktu yang menjadi kendalanya. Walau dengan biaya yang hemat, namun wisata yang Anda lakukan tidak akan mengecewakan.

5. Bermain Pasir

Ketika Anda sadar bahwa pasir di Pantai Gili Ketapang bagus karena memiliki warna putih dan teksturnya sangat lembut, maka segera ingin memainkannya. Kegiatan ini juga bisa Anda lakukan bersama dengan anak-anak. Bermain pasir pantai bisa dengan membentuknya menjadi beragam bentuk yang menarik, seperti istana dan bola.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Gili Ketapang
Image Credit: Instagram Gili ketapang Tour & Travel

Sebagai tempat wisata yang kerap didatangi oleh wisatawan lokal dan mancanegara, maka sudah selayaknya apabila Pantai Gili Ketapang dilengkapi oleh fasilitas yang beragam. Adanya bermacam-macam fasilitas pendukung kegiatan berlibur ini akan memudahkan wisatawan dalam banyak hal ketika ada di sana.

Fasilitas tersebut misalnya saja seperti kawasan parkir kendaraan yang luas dan aman, penginapan yang menarik, spot berfoto yang bagus dan instagramable. Selain itu Anda akan lebih senang lagi sebab tersedia sejumlah spot untuk memancing ikan. Bagi Anda yang suka kulineran, maka beragam kedai dan restoran akan siap melayani.

Bagi wisatawan yang bingung ketika berwisata di pantai ini, maka telah tersedia beberapa pemadu yang akan selalu siap untuk menemani kegiatan wisata Anda supaya lebih maksimal dan seru. Banyaknya fasilitas di pantai tersebut menandakan bahwa pihak pengelola wisata betul-betul memperhatikan kenyamanan wisatawan.

Ketika hari libur nasional telah tiba, hal pertama yang harus Anda rencanakan adalah mengunjungi Pantai Gili Ketapang. Keindahan yang Anda temukan di pantai tersebut akan memberikan kesan positif selama berwisata. Pengalaman berkesan selama liburan pun sudah siap menanti Anda.