Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Dusun Pengantap, Desa Buwun Emas, Kec. Sekotong, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat; Map: Cek Lokasi

Pulau Lombok selalu saja dikenal sebagai destinasi wisata yang indah dan memukau. Pantainya mampu menghipnotis banyak wisatawan, hingga enggan untuk pulang dan kembali ke rutinitas hariannya. Salah satu pantai yang menjadi primadona adalah Pantai Nambung. Banyak informasi menarik terkait dengan pantai tersebut. Mulai dari wisatawan asing, lokal, hingga domestik merasa tertarik untuk singgah ke sana.

Pantai unik ini sejatinya pertama kali populer sekitar tahun 2013. Semenjak tahun tersebut, banyak orang yang mulai mengeksplor keindahannya. Berkat bantuan media sosial, pantai ini menjadi hits dan berubah menjadi destinasi andalan dengan ciri khas air terjunnya. Berikut ulasan lengkap nya!

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Nambung

Daya Tarik Dimiliki Pantai Nambung
Image Credit: Twitter Lombok Explore

1. Air Terjun Tengah Laut

Tidak setiap pantai di Indonesia terdapat air terjun di sekitarnya. Hal itulah yang menjadi daya tarik sekaligus ciri khas dari Pantai Nambung. Air terjun di sana memiliki air yang asing sehingga membuatnya berbeda dengan air terjun biasa. Tidak jarang para wisatawan bertanya tanya, bagaimana bisa ada sebuah air terjun di kawasan pantai atau laut.

Air terjun ini dapat terjadi akibat adanya pecahan ombak yang menimpa bebatuan. Ombaknya yang besar membuat air tersebut sampai di atas batuan dan melampauinya. Alhasil, air yang sudah sampai di atas batu akan turun melalui sela selanya, sehingga menyerupai air terjun. Kareha itulah, air terjun ini memiliki rasa yang asin, karena memang berasal dari ombak.

2. Pasir yang Unik dan Menarik

Tidak lengkap rasanya jika membahas keindahan pantai, tanpa membicarakan kondisi pesisirnya. Saat berkunjung ke pantai ini dan menginjak pasirnya, anda akan merasakan tekstur yang sedikit berbeda. Teksturnya butirannya mirip dengan merica, sehingga membuatnya beda dengan pantai lain yang ada di Lombok. Kendati demikian, pasir tersebut tidak mengganggu.

Anda tetap dapat menikmati rasanya melepas sandal dan berjalan di atas pasir. Anda pun bisa membangun rumah pasir atau kreasi pasir yang lainnya. Meskipun sederhana, kegiatan tersebut sangat menyenangkan. Terlebih lagi jika anda datang bersama dengan anak. Mereka pasti sangat menikmati aktivitas yang satu ini.

Daya Tarik Pantai Nambung
Image Credit: Google Maps Did Mild

3. Ombak yang Besar

Karakter utama dari Pantai Nambung adalah ombaknya yang besar. Daya tarik inilah yang rupanya membuat para peselancar selalu menghabiskan waktunya di sana. Namun karena ombaknya yang besar, anda perlu berhati hati saat berenang cukup lakukan di tepian saja yang arusnya lebih tenang. Tidak perlu terlalu ke tengah, terlebih untuk anda yang tidak mahir.

Bagi anda yang memiliki hobi menyelam, tidak ada salahnya untuk mencoba menyelam. Meskipun ombaknya besar, pantai ini memiliki arus yang stabil dan tenang. Cukup aman bagi anda para penyelam untuk menelisik keindahan bawah lautnya. Kegiatan yang satu ini juga menjadi aktivitas menarik yang sangat disukai wisatawan.

4. Budidaya Rumput Laut

Pantai Nambung semakin menarik karena digunakan sebagai salah satu tempat budidaya rumput laut. Wisatawan boleh mendekat untuk melihat rumput laut dengan lebih jelas. Pihak pengelola merawat lokasi pembudidayaannya dengan baik, sehingga rumput laut dapat tumbuh dengan subur. Pengalaman semacam ini juga pastinya tidak dapat ditemukan di pantai pantai lain.

Keberadaan lokasi budidaya ini juga menjadi spot menarik bagi anak ana untuk belajar. Melihat rumput laut secara langsung dari permukaan adalah ilmu yang unik dan menarik bagi mereka. Jika waktunya tepat, anda bisa bertemu dengan orang yang mengurus lokasi budidaya, dan menelisik informasi terkait dengan metode dan tekniknya dengan lebih dalam.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Nambung
Image Credit: Twitter Romi Rom

Bagi anda yang tertarik untuk datang ke Pantai Nambung, tidak perlu khawatir dan risau, destinasi ini sangat terkenal sehingga hampir setiap warga lombok mengetahuinya. Lokasi tepatnya berada di Pengantap, Desa Buwun Emas, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Perjalanan yang harus ditempuh dari mataram hanya sekitar 2 jam saja.

Selama perjalanan, anda akan melewati berbagai destinasi wisata lain, seperti Gili Sekotong, Gili Layar, Gili Nanggu, dan masih banyak lagi. Pada intinya, setelah sampai Gili Nanggu, teruskan perjalanan hingga sampai di Teluk Sapi. Perjalanan yang perlu ditempuh hanya sekitar 21 kilometer. Akses nya sudah sangat baik sehingga tidak akan membuat kendaraan bermasalah.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Nambung
Image Credit: Google Maps Adrian

Informasi terkait dengan jam buka dan tiket masuk adalah dua hal yang sangat penting untuk diketahui, sebelum anda berangkat ke Pantai Nambung. Untuk masuk ke area pantai, anda hanya perlu membayar 10 ribu rupiah saja per orangnya. Sedangkan untuk waktu berkunjungnya, destinasi ini hanya buka mulai dari pukul 08.00 hingga 16.00.

Oleh karena itu, usahakan datang di rentan waktu tersebut. pantai terlihat sepi dan tidak ada yang bisa dinikmati saat sudah malam. Segala informasi terkait dengan jam buka dan tiket masuk ini dapat berubah sewaktu waktu, tergantung dengan kebijakan pihak pengelola dan pemerintah setempat. Namun setidaknya, anda mendapat sedikit gambaran tentangnya.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Nambung

Aktivitas seru di Pantai Nambung
Image Credit: Google Maps Sona Pribadi

1. Berkeliling Pantai

Kegiatan pertama yang dapat anda lakukan di Pantai Nambung adalah berkeliling dan menikmati keindahan pantai. Meskipun sederhana, aktivitas yang satu ini sangat ampuh untuk menghilangkan stress dan membuat diri jauh lebih tenang. Anda pun boleh sekali kali membasahi kaki dengan air ombak, karena pasti akan terasa nyaman. agar sepatunya tidak basah, lebih baik dilepas saja dan dibawa.

Setiap sudut dari pantai ini memberikan pemandangan yang indah dengan nuansa yang berbeda. Anda tidak akan lelah untuk menelisik setiap sudutnya. Namun aktivita di sini akan sedikit kurang nyaman jika dilakukan di siang hari. Oleh karena itu, lebih baik berkunjunglah di pagi atau sore hari saat mataharinya tidak terlalu terik.

2. Bermain Pasir

Kegiatan lain yang dapat anda lakukan di pantai ini adalah bermain pasir. Anda bisa membawa cetakan pasir dari rumah. Jika tidak, anda pun dapat menggunakan tempurung kelapa atau benda lain yang dapat dijadikan sebagai cetakan. Aktivitas yang satu ini menjadi hal yang mengasyikkan, terutama jika dilakukan bersama dengan anak anak.

3. Berenang dan Menyelam

Sangat disayangkan jika anda tidak mencoba berenang dan menyelam di Pantai Nambung Lombok. Destinasi ini memiliki air yang segar, ombak yang besar, arus yang tenang di tepian, dan ekosistem dasar laut yang indah. Keindahan lautnya benar benar memukau dan tidak akan pernah mengecewakan orang yang sudah melihatnya.

Namun sebelum berenang dan menyelam, pastikan anda menggunakan pakaian yang sesuai dan melakukan pemanasan. Hal ini sangat penting, agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Faktor keamanan dan keselamatan tetap menjadi nomor satu. Anda tidak boleh mengabaikannya hanya untuk kesenangan semata.

Aktivitas di Pantai Nambung
Image Credit: Google Maps Didit Aja

4. Berselancar di Pantai Nambung

Sebenarnya berselancar adalah sebuah olahraga air yang tidak dapat dilakukan di sembarang tempat. Diperlukan laut atau pantai yang berombak tinggi dan besar. Hal ini penting agar tenaga untuk mendorong papan selancarnya benar benar kuat. Dengan begitu, peselancar dapat menjelajahi setiap sudut pantai dengan lebih leluasa dan nyaman.

Sama halnya dengan berenang, anda pun harus melakukan pemanasan dan menggunakan pakaian yang dianjurkan. Hal Ini penting karena anda akan berhadapan dengan ombak yang besar. Selain itu, usahakan untuk berselancar dengan pengawasan, terlebih jika anda adalah seorang pemula. Hal ini penting agar semuanya tetap aman dan terkendali.

5. Belajar Budidaya Rumput Laut

Sempat disinggung sebelumnya bahwa Pantai Nambung adalah lokasi budidaya. Oleh karena itu, anda dapat melihat sekaligus menyerap ilmu budidayanya secara langsung. Anda pun dapat menggali informasi lebih dalam terkait dengan hal tersebut melalui penduduk sekitar atau orang yang mengelola pantai ini. Pengalaman tersebut pasti sangat berkesan dan tidak mudah dilupakan.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Nambung

Fasilitas di Pantai Nambung
Image Credit: Google Maps Hamzan Wadi

Sebenarnya, sebuah pantai tidak akan terasa asik jika fasilitas utama yang menjadi penunjang tidak dapat dipenuhi. Terkait dengan hal ini, anda tidak perlu terlalu khawatir. Di sekitaran pantai sudah banyak penginapan dan hotel. Alhasil, anda bisa menginap dengan nyaman serta menggunakan fasilitas yang ada di sana, jika anda alah tamu.

Anda juga tidak perlu khawatir terkait dengan persediaan makanan dan minuman, karena di pesisir pantai sudah banyak restoran yang buka. Menu yang dihadirkan juga lumayan bervariasi. Keberadaan restoran ini menjadi spot paling disukai oleh wisatawan, karena dapat bersantai sekaligus melihat keindahan pantai dengan jelas.

Terkait dengan masalah harga, anda pun tidak perlu khawatir. Memang benar bahwa harga makanan dan penginapan yang dekat dengan pantai ini sedikit mahal, namun sebenarnya masih dalam batasan yang wajar. Kondisi ini lumrah, mengingat destinasi ini sangat terkenal dan unggul. Banyak sekali wisatawan yang datang, termasuk mereka yang dari mancanegara.

Itulah sedikit informasi menarik tentang Pantai Nambung di Lombok Barat yang perlu anda ketahui. Jika pelesir ke Nusa Tenggara Barat, jangan lupa untuk mampir. Pengalaman anda di sana akan menjadi pengalaman yang baik, dan membuat liburan jauh lebih berkesan. Sangat disayangkan jika potensi wistaa di kawasan tersebut tidak anda nikmati bersama dengan keluarga.