Pantai Pangi salah satu objek wisata bahari yang menawan di Blitar, Jawa Timur dengan pemandangan yang memukau. Termasu pantai yang tersembunyi kaya pesona yang menarik dijelajahi saat liburan.

Harga Tiket: Rp 8.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Krajan, Tumpakkepuh, Kec. Bakung, Kab. Blitar, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Menjadi salah satu daerah dengan destinasi wisata pantai di Indonesia, Blitar adalah tempat epik dengan beragam pesona. Di sini juga bersemayam pantai epik bernama Pantai Pangi. Keberadaan pantai yang satu ini benar-benar ikut menarik wisatawan untuk berkunjung ke Blitar selain dengan makam Bung Karno. Adanya wisata pantai ini membuat sektor pariwisata Indonesia juga semakin maju.

Berbagai hal mengenai pantai ini pun menarik untuk ditelusuri lebih jauh. Meski masuk ke dalam jajaran tempat wisata baru, pantai yang satu ini sudah memiliki banyak pengunjung. Bahkan berbagai ciri khas yang dimilikinya seolah memberikan magis tersendiri kepada setiap wisatawan.

Pamornya sebagai tempat wisata menarik di Blitar, membuat Pantai Pangi layak menjadi objek kunjungan. Apalagi letaknya yang berada satu jalur dengan Samudera Hindia. Membuat ombak di perairan pantai ini cukup tinggi. Hal ini juga membuat pantai cantik di Blitar ini masuk ke dalam jajaran Pantai Selatan dengan ombak menggulung yang riuh.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Pangi

Daya Tarik Pantai Pangi
Image Credit: Twitter.com @kiblitar

1. Pantai Cantik yang Dikelilingi Rimbunnya Pepohonan

Daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Pangi sebenarnya masih begitu beragam. Namun yang tidak berhasil memalingkan pengunjung dari pantai ini adalah kenampakan alamnya yang begitu indah. Di sini Anda akan disuguhkan dengan kenampakan pantai yang begitu indah.

Di mana di sekelilingnya terdapat gugusan pepohonan yang tumbuh merimbun. Suasana pun menjadi begitu sejuk berkat semilir angin yang Tuhan ciptakan. Meski pamornya sebagai tempat wisata recommended di Blitar sudah populer. Pantai ini termasuk masih sepi pengunjung, sehingga Anda bisa bersantai layaknya berada di Pantai pribadi.

Nikmati ragam kenampakan alam yang ada di sini. Hal itu pula yang membuat pantai ini masih begitu bersih nan asri. Pantai yang dipenuhi dengan pasir putih halus, ditambah dengan lautan membiru akan menjadi pemandangan yang komplit. Belum lagi deburan ombak laut yang riuh menyajikan harmoni tersendiri bagi para wisatawan.

Pohon yang merimbun juga kerap kali menjadi lokasi peristirahatan pengunjung. Pasalnya berteduh di bawah pohon akan membantu tubuh menyerap oksigen lebih banyak. Sirkulasi darah pun lancar dan tubuh akan tetap berenergi untuk melakukan aktivitas pantai.

2. Telaga Pantai Pangi yang Tersembunyi

Selain penampakan alam dari laut serta pasir putihnya, pantai ini nyatanya memiliki spot tersembunyi. Hal ini dibuktikan dengan bersemayamnya telaga di tepian pantai. Jika laut di sana memiliki gradasi warna kebiruan, maka telaga ini dihuni oleh air yang bergradasi kehijauan. Airnya pun sangat segar sebab menjadi tempat bermuaranya sungai.

Airnya deras menerpa batuan air, di sekitarnya pun terdapat tumbuhan bakau dengan akar gantung yang unik. Telaga dekat pantai diisi oleh air tawar yang segar, sehingga pengunjung bisa berkunjung ke telaga ini setelah puas bermain air laut untuk membersihkan diri. Meski agak payau, air telaga kerap kali menjadi objek yang ramai dikunjungi.

Daya Tarik dari Pantai Pangi
Image Credit: Google Maps (Aris Wibowo)

3. Ombak Laut yang Riuh

Karena berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, air laut Pangi memiliki gelombang ombak yang cukup besar. Namun Anda tidak perlu khawatir. Di pantai yang cekung ini terdapat dua buah batuan besar yang seolah menjadi pintu gerbang Pantai Pangi.

Batuan itulah yang kemudian menjadi benda pemecah ombak laut. Sehingga suara serta riuhnya ombak dapat diredam saat hendak menuju kawasan pantai. Pengunjung disarankan untuk tetap dalam kawasan aman saat berkunjung kesini. Tetaplah bermain air di batas aman. Pasalnya jika sedikit saja ke tengah, ombak boleh jadi akan menerjang.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Pangi

Alamat Pantai Pangi
Image Credit: Google Maps (Sukron Kasir)

Pantai ini memang memiliki magis tersendiri untuk menarik hati para pengunjung. Bahkan meski termasuk destinasi wisata baru di Blitar, pantai ini tidak kehilangan pamornya. Dengan kawasan pantai yang indah nan asri.

Sejuknya udara khas pantai. Serta redamnya keramaian, membuat siapapun betah berlama-lama di sini. Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke Pantai Pangi bisa langsung menuju ke Krajan, Tumpakkepuh, Bakung, Kabupaten Blitar.

Agar sampai di lokasi wisata ada beberapa rute yang harus dilewati. Jika perjalanan dimulai dari Kota Blitar, Anda hanya harus melajukan kendaraan menuju Kademangan. Pantai ini memang searah dengan destinasi wisata Pantai Tambakrejo.

Jadi Anda harus tetap mengambil arah selatan sampai menemukan pertigaan dengan papan tanda bertuliskan Goa Umbultuk. Pilih jalur kanan agar bisa sampai di Desa Tumpakkepuh, di desa ini Anda akan menemukan petunjuk jalan untuk sampai di kawasan pantai.

Dari Kota Blitar pengunjung memerlukan waktu perjalanan sebanyak 90 menit dengan jarak tempuh sejauh 45 km. Meski cukup lama, Anda pasti tidak akan menyesal ketika sampai di Pantai Pangi. Semua lelah seolah sirna hanya dengan melihat pemandangan alamnya.

Dianjurkan membawa kendaraan pribadi agar perjalanan menjadi lebih cepat dan tidak mengalami kendala. Selain itu belum ada kendaraan atau fasilitas umum yang dapat digunakan untuk menuju pantai. Jalan menuju lokasi pantainya juga sedikit berkelok dengan medan naik turun.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Pangi Blitar

Harga Tiket Pantai Pangi
Image Credit: Google Maps (Haruka Yuki)

Menjadi tempat wisata yang digandrungi para pecinta pantai, Pantai Pangi memang tidak akan habis untuk dieksplore. Apalagi dengan pesona alam yang memukau, pantai ini berhasil membuat siapapun terpana.

Berkat pamornya sebagai tempat wisata recomended di Blitar, kini pantai ini mulai banyak dikenal. Untuk tiket masuknya sendiri juga masih ramah dikantong. Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 8000 Anda sudah bisa eksplore segala keindahan alam di sana.

Terdapat pula lahan parkir pengunjung dengan tarif Rp 3000 untuk roda dua dan Rp 5000 bagi pemilik roda empat. Jam operasionalnya terbuka dari pagi hingga malam hari. Sehingga Anda bisa datang kapanpun untuk menikmati keindahan bahari yang tersaji.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Pangi

Aktivitas di Pantai Pangi
Image Credit: Facebook.com @ainul.luthfiana

1. Berenang

Berkunjung ke kawasan pantai tapi belum merasakan kesegaran airnya memang kurang afdhol rasanya. Di pantai ini Anda bisa mencari spot untuk berenang dengan ombak yang tidak terlalu riuh. Nikmati kesegaran air dari laut Pantai Selatan yang terkenal memiliki ombak dahsyat. Meski begitu tetaplah berhati-hati saat berenang, pilihlah lokasi aman.

Anda juga bisa menjadikan telaga di dekat pantai sebagai tempat untuk merasakan kesegaran airnya. Ajak anak-anak untuk berdamai dengan air dengan cara mengajaknya berenang bersama. Selain itu pengunjung yang ingin merasakan diterpa ombak bisa duduk selonjoran di batas pantai. Selanjutnya air dari laut akan sejenak menerjang Anda secara perlahan.

2. Berkemah di Kawasan Pantai Pangi

Bosan dengan aktivitas pantai yang itu-itu saja, Anda bisa mencoba kegiatan menarik yang satu ini. Iya, berkemah di kawasan pantai akan menjadi pengalaman tidak terlupakan.

Aktivitas ini akan semakin seru jika Anda bersama dengan orang-orang tercinta. Rasakan kesegaran udara khas pantai, angin lembut, serta riuhnya ombak laut yang eksotis. Dijamin pengunjung akan betah berlama-lama di tempat ini.

3. Berkeliling Pantai dan Telaga yang Asri

Pantai yang dikenal memiliki suasana alam yang begitu indah ini memang banyak menarik wisatawan untuk berkunjung. Berbagai aktivitas pun dapat dilakukan untuk membuat liburan semakin berkesan. Berkeliling menyusuri garis pantai sampai ke telaga juga akan jadi pengalaman yang menarik.

Anda bisa merasakan tekstur pasirnya yang halus. Angin sepoi serta indahnya laut membiru di yang mampu memanjakan Anda. Pastinya, berkunjung ke pantai ini akan menghilangkan seluruh kepenatan Anda.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Pangi

Penginapan Pantai Pangi
Image Credit: Pegipegi.com

1. Homestay Mbah Suyut

Dari sekian banyak hotel maupun penginapan di Blitar, Homestay Mbah Suyut menjadi salah satu penginapan terdekat dari destinasi Pantai Pangi. Penginapan ini masih berlokasi di Krajan. Dari segi fasilitas, tempat menginap Homestay Mbah Suyut sudah memiliki fasilitas cukup memadai. Lokasinya pun bersih.

2. Guest House Mitra Bahari

Tempat menginap selanjutnya adalah Guest House Mitra Bahari. Tempat ini berada di Krajan, Tambakrejo. Tempatnya cantik dengan bangunan yang didominasi oleh warna biru. Bangunan tingkat dua ini bisa menjadi tempat menginap setelah lelah menjelajah dan menikmati keindahan pantai.

3. Grand Mansion Hotel Blitar

Berada 23,89 km dari lokasi pantai, Grand Mansion Hotel Blitar dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai dan layanan yang ramah. Tersedia pula wifi gratis untuk para pengunjungnya.

Fasilitas yang Tersedia di Wisata Pantai Pangi Blitar

Fasilitas Pantai Pangi
Image Credit: Google Maps (Tukinah)

Menjadi salah satu tempat wisata menarik di Blitar, Pantai Pangi sudah dilengkapi berbagai fasilitas yang cukup memadai. Diantaranya adalah toilet, tempat parkir luas, mushola, dan tidak lupa juga beberapa kedai makanan yang berjejer di area pantai. Jadi Anda bisa dengan leluasa menjelajahi pantai tanpa takut kelaparan.

Berbagai hal mengenai Pantai Pangi di atas tentu membuat Anda tahu bahwa Indonesia sangatlah mempesona. Dari segi sektor pariwisata negara ini tidak tertinggal jauh dari negara lainnya. Untuk itu rawat dan jaga kelestarian alam yang dimiliki. Bagi para pecinta pantai wajib memasukkan pantai hits di Blitar ini ke dalam list liburan. Selamat berlibur travellers.