Pulau Tegal Mas salah satu objek wisata bahari yang menakjubkan di Pesawaran, Lampung. Pulau yang menyuguhkan pemandangan memukau, utamanya keindahan bawah lautnya yang mempu menghipnotis wisatawan yang berkunjung.

Harga Tiket: Rp 40.000, Jam Operasional: 24Jam, Alamat: Jl. Gebang, Kec. Padang Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung; Map: Cek Lokasi

Tahukah Anda bahwa Lampung menyimpan harta karun berharganya berupa keragaman biota laut dan juga terumbu karang di sebuah pulau bernama Pulau Tegal Mas. Keberadaannya digadang-gadang sebagai wujud keindahan yang tidak kalah dengan Maldavis.

Hamparan pasir putih, luasnya perairan laut, hingga bukit-bukit hijau yang menghiasi pulau tersebut menjadi satu magnet yang tidak bisa ditolak. Sepi, nyaman, eksklusif, begitulah gambaran kondisi yang ada di sana. Sangat cocok bagi siapapun yang sedang mencari tempat untuk melebur penat dan juga melarikan diri sejenak dari ramai serta bisingnya kota.

Berbagai hal menarik bisa dilakukan, kelengkapan sarana prasarana juga menjadi satu nilai lebihnya. Menyelami keindahan laut, menginap dan menikmati indahnya malam di sana adalah rekomendasi yang bisa menjadi pilihan rencana liburan terbaik Anda.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Tegal Mas

Daya Tarik Pulau Tegal Mas
Image Credit: Google Maps (Eko Budi Utomo)

1. Pemandangan Bawah Lautnya

Pulau Tegal Mas memang sejak dari awal kemunculannya digadang-gadang sebagai harta karunnya Lampung. Kehidupan biota bawah laut serta terumbu karangnya menjadi satu kekayaan yang dipersembahkannya untuk melengkapi pesona dari pulau kecil tersebut. Tidak heran jika kemudian pengunjung datang memburu keindahan tersebut.

Terdapat banyak sekali ragam biota yang hidup di bawah laut Pulau Tegal Mas. Terumbu karangnya juga hidup tanpa gangguan tangan jahil, sehingga ikan-ikan kecil dapat berkeliaran bebas tanpa perlu khawatir diburu. Air lautnya juga masih tetap jernih tanpa polusi dari bahan-bahan kimia yang merusak kadar kejernihannya.

2. Pemandangan Hamparan Air Laut

Karena daerah wisata ini berupa pulau atau kepulauan kecil, sudah barang tentu di sekelilingnya dikelilingi oleh hamparan perairan yang membentang luas. Warna gradasi hijau dan juga biru terlihat begitu jernih sehingga mampu menelanjangi isinya. Bagi siapapun yang datang dan melihat keindahan ini, tentu tidak akan bisa menahan diri untuk berenang menyelami segarnya air lautnya.

Karena merupakan daerah konservasi tentunya perawatan dan penjagaannya sangat ketat, untuk itulah wilayah perairan tetap terlihat bersih tanpa polusi atau sampah yang tidak bisa terurai. Kejernihan dan juga kesegaran dari airnya tetap terjaga, pengunjung bisa menikmatinya tanpa khawatir. Namun, keindahan ini adalah tanggung jawab bersama, jadi tetap jaga kebersihan dan jangan membuat polusi.

3. Bukit hijau di Bagian Pulau Tegal Mas

Selain hamparan pasir putih yang membentang dari ujung pulau ke ujung lainnya, di sana juga terdapat bukit hijau asri. Keberadaannya menjadi penetralisir pemandangan laut yang panas dan menyengat. Pepohonan rimbun tumbuh di satu spot bukit membentuk dataran dari Pulau Tegal Mas.

Kenapa bisa ada bukit hijau di tengah lautan panas? tentu saja ini tidak mustahil karena topografi wilayah dari pulau ini memang berbentuk perbukitan dengan dataran di tengah lautan. Tentunya ini menjadi satu keuntungan bagi pengelola, untuk menarik dan menawarkan pengalaman berbeda ketika berkunjung dan menginap di sana.

Daya Tarik Dimiliki Pulau Tegal Mas
Image Credit: Google Maps (Nury Maulana)

4. Masjid Terapung

Pernahkah Anda melihat bangunan masjid terapung sebelumnya? Jika belum, datang ke Pulau Tegal Mas. Daya tarik ini banyak menyita perhatian, karena keunikan yang dimilikinya. Bahkan bukan hanya bagi kaum muslim, non muslim juga tidak kalah penasaran untuk mengunjunginya.

Selain tempat beribadah, masjid terapung ini juga digunakan untuk tujuan kunjungan dari wisatawan yang datang ke sana. Pemandangan dinampakkan dari titik serambi masjid begitu mempesona, sehingga semua pasti tergoda untuk melihatnya. Walaupun pada awalnya tempat tersebut dibangun untuk melengkapi fasilitas umum bagi pengunjung, namun saat ini justru menjadi salah satu tujuan kunjungan.

5. Hiu Tutul

Keindahan yang dimiliki oleh pulau eksotis ini ternyata menjadi tempat hidup ikan predator yaitu hiu tutul. Kemunculannya sering sekali terlihat di sekitar pulau, bergerombol berenang bersama kawanannya. Tapi, jangan khawatir dan panik, karena hewan tersebut hanya melintas dan tidak akan memangsa pengunjung yang datang berkunjung di sana.

Spesies hiu tutul yang berada di pulau ini juga telah diidentifikasi dan masuk dalam kategori jinak, kawanan ini hanya akan memakan ikan-ikan kecil yang tumbuh di bawah laut. Keberadaannya justru menunjukkan betapa alami dan masih terjaga dengan baik ekosistem bawah laut dari pulau tersebut.

Alamat, Rute Lokasi dan Estimasi Biaya ke Pulau Tegal Mas

Alamat ke Pulau Tegal Mas
Image Credit: Google Maps (Lidya MR)

Bagi Anda yang baru pertama kali mendengar tentang Pulau Tegal Mas, tentu akan bertanya dimana alamat lengkapnya. Destinasi wisata ini terletak di daerah Teluk Pandan, wilayah Kabupaten Pesawaran, Propinsi Lampung. Bagaimana cara menuju lokasi? bagi yang berasal dari wilayah luar kota atau luar propinsi, disarankan untuk langsung mengambil perjalanan menuju wilayah Pesawaran.

Rute perjalanan yang bisa diambil untuk menuju lokasi dimulai dari daerah kota Bandarlampung. Melalui jalur Jalan R.E Martadinata, lanjutkan perjalanan menuju titik yang dekat dengan daerah perairan pantai Tirtayasa. Setelah itu jangan berhenti dulu, perjalanan masih harus berlanjut, arahkan kendaraan menuju jalan Pantai Queen Artha.

Sesampainya di wilayah Pantai Queen Artha, terus kendarai kendaraan Anda sampai bertemu dengan pintu masuk Pantai Sari Ringgang. Jarak dari titik tersebut sekitar 1,5 menuju lokasi Pulau Tegal Mas, tentunya dengan melakukan penyebrangan menggunakan kapal sekawan. Perjalanan akan berlangsung dengan panorama yang menakjubkan hingga akhirnya sampai di surga alam yang menjadi tujuan utama.

Bagi Anda yang sedang merencanakan liburan ke pulau ini, biaya masuk untuk per orangnya yaitu sekitar Rp 40.000 saja. Namun biaya tersebut tidak masuk dengan biaya parkir, penyewaan alat, makan, dan juga penginapannya. Untuk itu, diharapkan benar-benar merencanakan anggaran lebih, agar tidak kehabisan uang saat sudah berada di lokasi.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Tegal Mas

Kegiatan di Pulau Tegal Mas
Image Credit: Google Maps (My Photofolio Channel)

1. Snorekelling dan Diving

Sudah berada di lokasi, bingung mau memulai dengan kegiatan apa? jelajahi pesona bawah lautnya dengan snorekelling dan juga diving. Tidak mempunyai peralatan untuk kegiatan tersebut, jangan khawatir, di sana sudah tersedia penyewaan lengkap. Khawatir? tidak punya pengalaman? tenang di sana juga ada pemandu yang siap menemani Anda menyelami keindahan bawah laut Pulau Tegal Emas.

Menyelam lebih dalam, berinteraksi dengan biota laut cantik dan unik, ini adalah kesempatan yang tentunya tidak boleh dilewatkan. Sudah tentu Anda tidak akan menyesal, karena keindahan dan keberagaman kehidupan bawah laut serta terumbu karangnya telah banyak diakui akan keeksotisan serta kealamiannya oleh banyak orang. Kegiatan menarik ini menjadi list rekomendasi utama saat tiba di lokasi.

2. Melakukan Olahraga Air

Melakukan olahraga air bisa menjadi satu pilihan kegiatan yang menarik untuk dilakukan. Bermain banana boat ataupun jet sky adalah salah satu dari sekian banyak pilihan yang bisa dinikmati di sana. Segala sarana prasarana pendukung juga sudah tersedia dengan lengkap oleh pengelola.

Jika enggan mengeluarkan biaya tambahan untuk menyewa alat-alat tersebut, bisa kemudian berenang di area yang diperbolehkan. Airnya sangat segar dan juga jernih, tentu cocok sekali untuk kegiatan ini. Tidak perlu takut terbawa ombak atau terhantam ombak, karena perairannya tenang dan tidak berbahaya, aman untuk siapapun kecuali anak-anak harus dalam pengawasan.

3. Hunting Foto

Hunting foto menjadi satu kegiatan wajib yang tidak boleh terlewatkan. Keindahan bentangan alam dan juga perairannya tentu sangat sayang untuk tidak diabadikan. Anda bisa mengunjungi berbagai spot yang bagus serta cocok untuk dijadikan objek utama. Dimana saja tempat yang menarik? seluruh bagian dari pulau tersebut bisa Anda manfaatkan, pesonanya tidak ada yang tidak bagus.

Bisa dari spot perbukitan hijaunya, atau ambil view dari perairannya. Jika ingin melihat lanskap lebih luas dan lebar, gunakan perahu yang ada di penyewaan dan ambil sesuka hati gambar terbaik serta menakjubkan dari penampakan pulau tersebut. Sudah tentu ini adalah surganya para fotografer yang senang dengan objek alam asri serta eksotis.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pulau Tegal Mas

Penginapan Terdekat Pulau Tegal Mas
Image Credit: Lampungeksis.com

1. Cottage Pulau Tegal Mas

Penginapan berbentuk Cottage ini ada di wilayah pulau cantik ini. Desain yang ditawarkannya lebih modern dengan fasilitas yang istimewa layaknya di hotel. Dibangun dalam struktur dua tingkat, dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang untuk memberikan kenyaman bagi penyewa.

Terdapat dua tipe ditawarkan yaitu Cottage Sai Batin dan juga Pesisir, keduanya memiliki harga yang berbeda. Untuk tipe Sai Batin, per kamar bisa menampung 2 orang dengan biaya menginap per malamnya sekitar Rp 2.000.000,-. Sedangkan untuk tipe pesisir bisa menampung sekitar 3 orang per kamar dengan biaya menginap Rp 1.700.000 per malam.

2. Villa Pulau Tegal Mas

Di sana juga terdapat pilihan penginapan dengan tipe vila. Pilihan ini sangat cocok dipilih bagi Anda yang datang bersama keluarga, karena fasilitasnya sangat friendly. Terdapat dua pilihan tipe yang bisa disewa, yaitu villa dengan 2 kamar dan juga 3 kamar.

Untuk tipe dengan 2 kamar dapat dihuni oleh 8 orang, dengan kisaran biaya yang perlu dibayarkan per malamnya sekitar Rp 4.000.000,-. Sedangkan untuk tipe yang mempunyai 3 kamar, bisa diisi 10 orang dengan biaya yang lebih murah yaitu sekitar Rp 5.000.000, per malamnya.

3. Rumah Lombok Pulau Tegal Mas

Penginapan dengan desain rumah Lombok ini masuk dalam kategori eksklusif. Desainnya dibuat dengan menggunakan kayu sebagai material utama, lokasinya dibagi menjadi 3 area. Melalui pembagian lokasi tersebut diberikan sebutan atau nama yang berbeda.

Pertama ada rumah Lombok mas dengan kapasitas 6 orang, biaya yang diperlukan Rp 3.000.000 per malam. Kedua, diberi nama Lombok Laut, untuk kapasitasnya sebanyak 6 orang juga namun harganya lebih mahal sekitar Rp 4.000.000 per malam. Ketiga ada rumah Lombok Agung kapasitas dan harganya sama dengan Lombok laut, hanya lokasinya saja yang berbeda.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pulau Tegal Mas Lampung

Fasilitas di Pulau Tegal Mas Lampung
Image Credit: Google Maps (Lidya MR)

Fasilitas yang tersedia di sana sangat lengkap dan juga terawat, mulai dari tempat penyewaan, toilet, tempat beribadah atau mushollah, dan lain sebagainya. Sarana prasarana seperti gazebo dan juga bentuk lainnya juga dibangun untuk memfasilitasi wisatawan yang sedang melakukan kunjungannya.

Pulau Tegal Mas, tidak akan ada habisnya untuk diceritakan keindahan alam yang ada di dalamnya. Semua sudut terlukis dengan indah dan terawat dengan baik sehingga kealamiannya masih bisa dirasakan. Jika tertarik berkunjung, segera anggarkan biaya maksimal agar bisa dengan leluasa mengeksplorasi pesonanya.