Harga Tiket: Rp 7.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Ringinsari, Ringenrejo, Kec. Wates, Kab. Blitar, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Indonesia memang dikenal memiliki banyak destinasi alam yang menakjubkan. Salah satunya di daerah Blitar yang memiliki ikon wisata menarik yaitu Pantai Jolosutro. Pariwisata ini memiliki ciri yang unik di setiap area yang membuatnya dilirik banyak orang. Pada bagian tengah ada pohon cemara udang yang ditata rapi saat dilihat dari atas bebatuan.

Sedangkan pada sudut timur nampak pohon cemara yang rapat dan biasanya digunakan untuk berteduh. Maka dari itu, saat siang hari tidak akan terasa panas menyengat meskipun matahari sedang terik. Konon pariwisata ini hanya diketahui sebagian kecil masyarakat saja. Namun, saat ini sudah banyak yang berkunjung mulai dari wisatawan lokal maupun dari berbagai penjuru dunia.

Meski bisa dibilang destinasi ini sering ramai digunakan sebagai destinasi keluarga, tetapi keasriannya masih tetap terjaga. Anda dapat berjalan menuju ke arah barat untuk melihat perbatasan Pantai Jolosutro dengan pantai karang nritep. Sejauh mata memandang tidak akan lelah memandang luasnya lautan. Nikmati kesejukan yang tidak akan Anda dapatkan di perkotaan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Jolosutro

Daya Tarik Pantai Jolosutro
Image Credit: Instagram My Gallery

Beragam panorama alam di Pantai Jolosutro memberikan daya tarik tersendiri. Keunikannya pun jarang ditemui di wisata lain yang serupa. Hal inilah yang membuat pengelola setempat ingin terus melestarikan keberadaannya.

1. Pasir Hitam yang Eksotis

Salah satu pemandangan yang tampak mata di area ini yaitu pasirnya yang halus dan berwarna eksotis. Meskipun tidak berwarna putih, namun banyak yang terpesona saat melihatnya. Hamparannya yang luas membuat pengunjung betah berada lama-lama disini. Di sekitarnya tidak ada sampah berserakan karena ada pengurus yang membersihkannya setiap saat.

Pasirnya terasa lembut saat dirasakan dengan kaki yang tidak menggunakan sepatu atau sandal. Pengunjung bisa memainkan beberapa permainan seperti istana pasir, menggali lubang, hingga membuat cetakan pasir. Mulai orang golongan muda sampai tua akan merasakan kesenangan saat melakukan aktivitas tersebut.

2. Dikelilingi Bukit Hijau

Saat memasuki wisata, pemandangan alam yang kehijauan akan terpampang. Lautannya dikelilingi oleh bukit hijau di atas bebatuan cadas. Saat siang hari angin terasa semilir dan warna bukit senada dengan air pantai. Pada sore pun bukitnya tampak menyerupai lukisan siluet dengan warna langit jingga.

Tak hanya itu, pohon pinus dan cemara yang ada di sekitarnya menambah kerindangan lokasi. Batang kayunya sering dimanfaatkan masyarakat sekitar sebagai bahan membuat gazebo. Nuansa alam yang kehijauan ini selain sejuk di mata, juga udaranya bagus untuk dihirup. Tidak heran jika pengelola memiliki program untuk menanam bibit pohon agar menjadi lebih rindang.

3. Area Pantai yang Luas

Wilayah Pantai Jolosutro yang lumayan luas menjadikan wisatanya mempunyai beberapa lahan. Ada yang digunakan sebagai lahan parkir, tempat berjualan, dan penghijauan. Meskipun saat hari libur banyak orang yang datang, namun Anda tak perlu khawatir karena space disini cukup luas. Sarana dan prasarananya pun memadai di sepanjang kawasan pariwisata ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Jolosutro
Image Credit: Google Maps Syamsul Arifin

Tempat rekreasi Pantai Jolosutro terletak di daerah Desa Ringenrejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar. Lokasinya berjarak 45 km dari pusat Kota Blitar dan dapat ditempuh sekitar 1 jam. Pengunjung akan melewati Kecamatan Wanigoro, lanjut ke Binangun untuk menuju ke Wates. Jalanannya mudah dilalui sepeda maupun mobil karena sudah beraspal mulus.

Tak hanya itu, jika wisatawan berangkat dari Kota Malang maka bisa melalui Bendungan Karangkates. Setelah sampai di Kesamben maka bisa ke arah selatan untuk menemukan jolosutro. Papan penunjuk jalan akan tersedia di tiap jalan raya mendekati pantai. Pengunjung yang pertama kali datang dapat pula mengaksesnya di google maps.

Lokasinya yang strategis bisa ditempuh dengan kendaraan umum yang tersedia. Para pelancong yang tidak membawa kendaraan bisa naik bis dari pusat kota dan berhenti di daerah terminal Ringenrejo. Setelah sampai, maka akan ada ojek pengantar ke tempat destinasi tersebut. Penyewaan travel pun tersedia untuk langsung menuju pantai.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Jolosutro
Image Credit: Google Maps Anggun Yasica

Berlibur ke wisata Pantai Jolosutro tidak perlu membutuhkan budget yang banyak. Biayanya sangat murah hanya Rp 7.000 per orang saat hari biasa dan hari libur. Wisatawan dapat menikmati keindahan wisatanya mulai pagi sampai sore. Tidak heran banyak yang menjadikannya sebagai destinasi keluarga.

Sebelum pintu masuk, petugas akan mengenai tarif tiket parkir. Mulai Rp 2.000 untuk roda dua dan Rp 5.000 untuk roda empat. Biasanya rombongan yang membawa kendaraan bis akan berbeda tarif karcisnya. Wisatawan tidak perlu khawatir karena biayanya dijamin tidak menguras kantong.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Jolosutro

Aktivitas di Pantai Jolosutro
Image Credit: Google Maps Performa Sukses Abadi

1. Berkemah

Khusus hari sabtu dan minggu sepanjang pesisir dipenuhi oleh kalangan muda yang berkemah. Pengunjung bisa izin terlebih dahulu kepada pengelola pantai sebelum mendirikan tenda. Peralatan lain seperti tempat masak dan alas tidur dapat dipersiapkan dari rumah. Pemandangan sunrise dan sunset akan terlihat saat menginap disini.

2. Membeli Kuliner

Tidak lengkap rasanya jika berlibur tetapi tidak menikmati kuliner setempat. Hasil olahan laut seperti gurita, cumi-cumi, dan ikan bakar dijual pedagang dengan harga ramah di kantong. Cita rasa yang khas mampu memanjakan lidah para tamu. Tak heran jika warung ini cukup digemari dan antriannya lumayan panjang saat hari libur.

3. Berkeliling Pantai

Kegiatan ini banyak dilakukan untuk menikmati pemandangan alam secara lebih leluasa. Para pelancong dapat mengelilingi area pepohonan yang rindang dengan menapakkan kaki di pasir. Akan nampak orang berlalu lalang mulai dari ujung kanan sampai kiri. Ajak kerabat agar aktivitas ini tidak terasa membosankan.

Aktivitas Menarik di Pantai Jolosutro
Image Credit: Google Maps pendapatan kota blitar

4. Berenang

Pantai Jolosutro Blitar dikenal mempunyai ombak yang cukup besar. Namun tidak perlu khawatir, wisatawan yang berlibur masih bisa berenang di pinggirannya. Pengelola menyarankan agar tetap berhati-hati karena terkadang angin laut bisa mempengaruhi derasnya ombak. Peralatan seperti pelampung sebaiknya dipersiapkan dari rumah karena belum adanya penyewaan di kawasan ini.

5. Bersantai di Gazebo

Banyaknya gazebo yang ditata rapi sangat cocok digunakan sebagai tempat bersama keluarga. Anda akan disuguhi pemandangan air laut yang disinari matahari terlihat begitu cantik. Design bangunannya berwarna coklat dengan memanfaatkan kayu di sekitar.

6. Foto Bersama Kerabat

Spot foto yang banyak di jolosutro membuat pengunjung ingin mengabadikannya. Mulai dari pohon pinus, hamparan pasir, dan bebatuan bisa dijadikan untuk background. Maka dari itu, siapkan kamera agar tidak sampai melewatkan aktivitas ini. Traveller bisa pula membuat video dengan kerabat atau keluarga untuk menghabiskan waktu di pantai.

Penginapan Murah Dekat Pantai

Penginapan Dekat Pantai Jolosutro
Image Credit: Google Maps Supri Yatno

1. Hotel Tugu Blitar

Bangunan hotel ini tergolong unik karena mengangkat tema abad 19 an. Anda akan merasakan sensasi kembali ke jaman kuno saat melihat perabotan di dalamnya. Di dalamnya sudah dilengkapi fasilitas kulkas, tv kabel, dan berbagai pilihan menu sarapan. Letaknya yang strategis bersebelahan dengan alun-alun, swalayan, serta stasiun.

2. Puri Perdana Hotel & Convention Hall

Penginapan puri perdana lumayan dekat dengan Pantai Jolosutro karena hanya membutuhkan 1 jam perjalanan. Pelayanan petugas sangat ramah kepada wisatawan yang datang. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp 250.000 per malam dengan pilihan 145 kamar. Fasilitas yang ditawarkan beragam mulai dari tempat permainan anak, kolam renang, dan tempat karaoke.

3. Patria Plaza Hotel

Patria menjadi salah satu rekomendasi penginapan karena masakannya yang terkenal enak. Area sekeliling kamar tamu dikelilingi oleh pepohonan sehingga tempatnya asri. Pada sudut lain terdapat ruangan untuk pertemuan yang disewakan sebagai tempat rapat. Wisatawan juga dapat menyewa jasa antar jemput mobil yang disediakan pihak hotel.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Pantai Jolosutro
Image Credit: Google Maps ILHAM ALI SHODIQ

Wisata berlibur Pantai Jolosutro memiliki beberapa fasilitas pendukung di dalamnya. Wisatawan dapat menggunakan kamar mandi yang ada di sekitar area. Fasilitas ini berbayar mulai dari Rp 2.000. Petugas pantai biasanya akan memantau untuk membersihkannya secara rutin agar tamu merasa nyaman saat memakainya.

Lahan parkir tersedia luas di area depan pintu masuk sehingga bisa menampung hingga 50 kendaraan. Akan ada sekat untuk sepeda dan mobil agar memudahkan saat menaruh kendaraan. Bagi pengunjung yang ingin sholat bisa mengunjungi mushola kecil di sudut tempat wisata. Di bagian depannya sudah dilengkapi tempat wudhu dengan air yang mengalir.

Gazebo akan banyak terlihat di sepanjang jolosutro agar orang yang datang bisa bersantai. Banyak yang menghabiskan waktu di tempat duduk ini sambil menikmati keindahan alam pantai. Terdapat pula warung kecil pedagang yang menjual beberapa makanan khas. Tempat sampah pun tersebar di beberapa sudut agar kawasan tetap terjaga kebersihannya.

Demikian uraian destinasi bahari Pantai Jolosutro di Blitar yang banyak dilirik wisatawan. Anda yang berkunjung ke Blitar bisa menjadikannya tempat persinggahan berlibur untuk sekedar merilekskan pikiran. Siapkan liburan dengan matang dan bawalah barang-barang yang diperlukan saat berada di pantai.