Bukit Teletubbies salah satu objek wisata alam berupa perbukitan hijau yang hist di Kota Blitar, Jawa Timur. Bukit indah di lereng Gunung Kelud yang menawarkan pemandangan asri kebun teh dan berbagai spot foto keren.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Gambaranyar, Sumberasri, Kec. Nglegok, Kab. Blitar, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan serial anak-anak tentang Teletubbies, bukan? Di serial tersebut menceritakan keempat sahabat yang hidup di sebuah bukit hijau nan menawan. Nah, ternyata di Indonesia juga ada area keren seperti di film. Di Blitar Jawa Timur, terdapat destinasi wisata alam Bukit Teletubbies dengan panorama alam yang indah.

Sungguh nama yang unik nan menarik untuk kenampakan sebuah padang rumput yang indah. Di tempat inilah pengunjung dapat merasakan layaknya berada di film kartu Teletubbies. Tempatnya asri dengan hijaunya padang rumput, serta gundukan bukit yang akan membuat Anda takjub. Bukit yang satu ini tepat berada di lereng Gunung Kelud.

Sebenarnya nama dari Bukit Teletubbies sendiri masih baru-baru ini muncul. Pesona alam serta keelokan sejauh mata memandang akan membuat siapapun terhipnotis. Begitu pula angin sepoi khas perbukitan yang memberikan rasa sejuk. Daya Tarik serta keunikannya berhasil menarik banyak wisatawan untuk bertandang kesini.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Teletubbies

Daya Tarik Bukit Teletubbies
Image Credit: Facebook.com @susan.susindra

1. Karakter Teletubbies yang Menjadi Pelengkap Wisata

Tidak hanya kenampakan alamnya yang indah, bukit yang satu ini juga dilengkapi dengan keempat karakter teletubbies layaknya di film kartun favorit Anda. Jadi Anda seolah-olah bisa berinteraksi dengan keempat karakternya secara langsung.

Pariwisata di perbukitan hijau ini juga semakin unik dengan adanya gardu pandang terbaik, sehingga pengunjung dapat eksplor hal menarik dengan naik ke atas tingkat.

Nikmati angin sepoi khas pegunungan dengan pemandangan pepohonan tebu yang menjulang tinggi. Padang rumput nan hijau solah membuat Anda lupa akan kepenatan. Yang ada hanya rasa tenang serta diri yang tak hentinya bersyukur akan ciptaan Tuhan.

2. Balon Udara Dengan Lanskap yang Eksotis

Pernah naik balon udara? Di Bukit Teletubbies ini ada tempat menarik yang harus Anda kunjungi. Tentunya Anda ingin melihat bukit ini dari gardu pandang yang tidak biasa.

Jika iya, berjalan sedikit untuk sampai di tempat balon udara berada akan menjadi hal yang menyenangkan. Apalagi di sepanjang perjalanan Anda akan merasakan sensasi berjalan di atas padang hijau. Udara sejuk serta suasana tenang membuat pengunjung merasa rileks.

Di balon udara ini, pengunjung dapat menikmati lanskap alam pegunungan dari ketinggia. Meski begitu Anda tetap harus berhati-hati saat naik ke atasnya ya. Apalagi jika mengajak anak-anak, pastikan tetap dalam pengawasan orang dewasa.

3. Perkebunan Teh

Selain kenampakan alam perbukitan, di Bukit Teletubbies nyatanya terdapat perkebunan teh dengan lanskap yang indah. Di sini Anda dapat melihat jajaran pepohonan dengan sayup aroma teh memenuhi indra penciuman.

Silahkan menikmati liburan dengan bertandang ke spot tersebut. Kelilingi pepohonan teh yang sejuk. Dengan lanskap alam yang indah, sejuknya udara serta perkebunan teh hijau nan luas mampu membius siapa saja. Tidak heran tempat ini menjadi destinasi wisata recommended yang ada di Blitar.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Bukit Teletubbies

Alamat Bukit Teletubbies
Image Credit: Google Maps (Sofi Naqiyyah)

Tidak jarang orang dari luar daerah yang penasaran dengan wisata alam Bukit Teletubbies di Blitar ini. Sehingga mulai banyak berdatangan orang yang ingin bertandang kesini. Bukit dengan pemandangan asri ini berada di Sumberasri, Nglegok, Blitar.

Untuk bisa sampai di lokasi, pengunjung bisa memilih opsi titik keberangkatan. Jika datang dari arah Kota Blitar, menuju lokasi bukit ini akan ditempuh dalam jarak 30 km. Mungkin untuk waktu tidak ada perkiraan yang tepat. Pasalnya medan menuju wisata alam ini cukup menantang.

Dari arah Kota Blitar Anda bisa melajukan kendaraan hingga sampai di Mayangkara. Setelah sampai disini Anda harus tetap melanjutkan perjalanan melewati beberapa desa. Selanjutnya pengunjung harus melintasi desa Tanggung, baru ke desa Dayu. Untuk rute selanjutnya bisa langsung ke Kedawung barulah bisa sampai di Sumberasri.

Masuk desa Sumberasri Anda akan menemukan jalan pertigaan ambil jalur kanan hingga menemukan sekolah SD Sumberasri 6. Dari sini langsung ambil rute kiri, lokasi wisata Bukit Teletubbies tidak jauh dari jalan tersebut.

Selain dari arah kota blitar rute selanjutnya bisa ditempuh dengan melewati utara Makam Bung Karno. Dari sini Anda bisa langsung mencari jalan Jati Malang. Selanjutnya bisa ke Jiwut kemudian Penataran. Setelah sampai di Penataran, carilah desa Kedawung, baru akan sampai di Sumberasri.

Bisa pula lewat jl Ciliwung menuju Tanggung. Melewati Dayi dan sampailah di Sumberasri. Kawasan wisata ini tidak jauh dari lokasi desa. Anda hanya perlu berjalan sebentar dari kawasan parkir. Barulah bisa menikmati pemandangan alam yang elok di bukit tersebut.

Meski rute yang harus dilalui cukup jauh, hal ini tidak menyurutkan niat pengunjung untuk bisa sampai ke perbukitan hijau nan indah ini. Selain itu segala penat usai perjalanan akan sirna saat Anda sampai di tempat ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Bukit Teletubbies Blitar

Harga Tiket Bukit Teletubbies
Image Credit: Twitter.com @andhirarum

Menjadi tempat wisata yang digandrungi para kawula muda. Bukit Teletubbies tidak pernah berhenti memberikan hal menarik untuk bisa dinikmati. Baik itu dari segi pemandangan, hal-hal unik serta gardu pandang yang memukau.

Dengan keindahan alamnya, bukit yang satu ini bisa dieksplore oleh siapa saja. Meski ada biaya tiket masuk, pengunjung dapat berlega hati. Pasalnya Anda bisa menikmati segala keindahan yang tersaji di bukit ini dengan harga yang murah.

Hanya dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 10.000 Anda bebas eksplore segala kenampakan alam yang ada di sana. Pastinya diri akan terpukau dengan pemandangan yang disajikan. Di mana bukit-bukit kecil ikut memeriahkan wisata alam ini.

Jam operasional dari objek wisata ini dibuka dari pagi hingga sore. Untuk yang ingin berkunjung malam hari, pengelola sudah tidak akan memberi izin. Jadi, pastikan Anda datang ketika jam sudah menunjukkan pukul 08.00 – 17.00. Waktu tersebut akan membuat Anda bisa berkeliling bukit ini dengan puas.

Pesona yang dimiliki oleh bukit di Blitar ini memang tiada habisnya untuk ditelisik. Berbagai aktivitas pun juga dapat dilakukan untuk mendapatkan momen liburan yang berkesan.

Udara sejuk khas pegunungan, pemandangan asri dari hijaunya perbukitan merupakan paket komplit dari destinasi wisata alam ini. Anda pasti akan terpukau dengan apa yang akan dilihat.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Bukit Teletubbies

Kegiatan di Bukit Teletubbies
Image Credit: Instagram.com @t.aprl95

1. Menikmati Indahnya Alam Sekitar

Sebenarnya ada beragam aktivitas yang dapat dilakukan untuk menikmati indahnya ciptaan Tuhan yang ada di Bumi ini. Untuk yang berkunjung ke Bukit Teletubbies, Anda bisa berjalan santai sambil menikmati indahnya alam sekitar.

Ini tentunya akan menjadi aktivitas menarik mengingat Anda akan disibukkan dengan pekerjaan saat kembali pulang. Dengan berjalan santai Anda bisa sambil memandang ke sekeliling. Di mana yang nampak hanyalah padang rumput hijau yang memukau.

Ditambah lagi dengan angin sepoi yang menerpa tubuh. Gemerisik pepohonan pun seakan menjadi harmoni yang indah saat berada di kawasan bukit yang satu ini.

2. Piknik

Selain berjalan santai menikmati pemandangan, pengunjung dapat menggelar tikar maupun tenda sebagai lokasi piknik. Anda pun dapat berkemah meski tidak sampai menginap di tempat ini.

Namun untuk piknik, Anda harus membawa perlengkapan sendiri ya. Pasalnya disini belum tersedia tempat sewa seperti tikar maupun perlengkapan lainnya.

Jadi, Anda bisa membawa tikar juga bekal dari rumah. Kemudian disantap di antara bukit-bukit bersama orang terkasih. Jangan lupa untuk datang beramai-ramai agar piknik juga menjadi lebih seru.

Nikmatnya bersantap dan bercengkerama di antara luasnya alam bebas Bukit Teletubbies. Tidak salah jika tempat ini dijadikan destinasi wisata yang recommended.

3. Bermain di Ayunan Tebing

Tidak hanya memiliki pemandangan alam yang memukau, wisata alam ini telah dilengkapi beberapa fasilitas yang menunjang berbagai aktivitas pengunjung di sana. Selain adanya balon udara besar di tengah bukit, di tempat ini juga terdapat ayunan pinggir tebing yang memacu adrenalin.

Dengan datang ke spot tersebut, pengunjung dapat menikmati lanskap indah alam pegunungan dari ketinggian. Tentunya ini akan menjadi hal menyenangkan, apalagi untuk penyuka aktivitas ekstrim.

Ayunan didesain epik dengan tumbuhan merambat di setiap sisinya. Anda bisa duduk di atas ayunan sambil memandang sekeliling. Tepatnya ada dua ayunan yang bisa diisi masing-masing oleh satu orang saja.

Posisi ayunan berada diatas tebing yang cukup tinggi, jadi pengunjung diharapkan tetap berhati-hati saat memutuskan untuk bertandang ke spot menarik tersebut.

Kegiatan Bukit Teletubbies
Image Credit: Facebook.com @tina.azanti

4. Menaiki Motor ATV

Bosan dengan aktivitas yang itu-itu saja, di Bukit Teletubbies dijamin tidak akan membuat Anda merasa jenuh. Di sinilah Anda bisa menaiki ATV dan berkeliling alam pegunungan. Tanpa merasa lelah pengunjung dapat menyewa ATV dari pihak penyedia.

Anda juga bisa mengunjungi perkebunan teh yang seolah memberikan kesan tersendiri. Di mana hamparan pohon teh secara berundak membuat siapapun terkesima. Tidak lupa pula aroma daun teh yang sayup-sayup dapat tercium oleh indra pengunjung.

Untuk bisa menaiki ATV, pengunjung akan dibebankan biaya di luar tiket masuk. Sehingga pastikan Anda membawa uang lebih untuk bisa menjelajah bukit ini dengan cara yang anti mainstream.

5. Hunting Foto Keren

Hal yang tidak boleh terlewatkan saat berada di tempat wisata adalah mengabadikan momen. Iya, berfoto harus masuk dalam list aktivitas Anda selama berada di Bukit Teletubbies. Pengunjung dapat berfoto di berbagai spot menarik seperti balon udara, rumah pohon, bukit teh, bangku tebing dan lain sebagainya.

Jangan lupa untuk upload media sosial agar semakin banyak yang tahu bahwa Indonesia juga tak kalah cantik dalam hal pariwisata. Wisata alam hits di Blitar sampai saat ini juga masih mengembangkan berbagai spot foto baru yang instagramable untuk menarik perhatian wisatawan.

Fasilitas yang Tersedia di Bukit Teletubbies Blitar

Fasilitas Bukit Teletubbies
Image Credit: Instagram.com @mazin

Sebagai tempat wisata menarik nan memukau di Blitar, Bukit Teletubbies belum memiliki fasilitas yang cukup memadai. Pasalnya dari segi fasilitas publik, di bukit ini belum ada kamar mandi maupun toilet yang tersedia.

Meski begitu hal ini tidak menjadi persoalan yang harus dirisaukan. Sebab masih ada fasilitas lain seperti lahan parkir serta beberapa warung makan untuk sekedar mengisi perut. Meski dikelilingi oleh kondisi jalan yang tidak mulus, hal itu tidak menyurutkan niat pengunjung untuk bisa berkunjung dan mengeksplor bukit ini.

Berbagai hal mengenai Bukit Teletubbies di atas tentunya membuat Anda ingin segera kesana. Rencanakan liburan sebaik mungkin dengan berkunjung ke tempat epik nan menarik di Kota Blitar.