Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 09.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Punclut, Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Kota Bandung memang tidak pernah gagal untuk membuat wisatawan jadi berbondong-bondong untuk mendatangi tempat tersebut. Hal itu dikarenakan kota tersebut memang memiliki banyak sekali tempat wisata menarik. Salah satunya yaitu Kawasan Punclut Bandung. Kawasan wisata ini sangat recommended bagi Anda yang hobi travelling.

Objek wisata ini sendiri berada tidak jauh dari pusat Kota Bandung. Anda hanya perlu menempuh jarak kurang lebih 7 KM saja supaya bisa sampai di tempat tersebut. Anda yang ingin menikmati keindahan alam sekaligus kuliner khas Kota Bandung, maka mengunjungi tempat ini adalah ide yang sangat brilian.

Saat akhir pekan tiba, Kawasan Punclut memang selalu dipadati oleh pengunjung yang berdatangan dari berbagai kota. Tempat ini cukup populer dan saat ini begitu diminati karena memang sedang hits. Di sinilah nantinya Anda akan memperoleh panorama yang begitu indah dari kota Bandung.

Daya Tarik yang Dimiliki Kawasan Punclut

Daya Tarik Kawasan Punclut
Image Credit: Google Maps Gerati TV

1. Restoran Cakrawala Sparkling

Kawasan Punclut Bandung menyuguhkan banyak sekali daya tarik yang membuat Anda tidak akan mau beranjak dari tempat tersebut. Salah satu yang bisa ditemukan yaitu Restoran Cakrawala Sparkling. Cakrawala Sparkling adalah salah satu lokasi wisata yang saat ini banyak sekali mencuri perhatian, khususnya bagi masyarakat Bandung sendiri.

Tempat tersebut mempunyai bangunan yang cukup unik, dimana bagian depan memiliki bentuk serupa rumah kaca. Cakrawala Sparkling menjadi lokasi wisata yang mampu menyajikan sensasi yang terbilang unik dan berbeda saat Anda mengunjungi lokasi wisata ini.

Daya tarik lain yang ditawarkan oleh Cakrawala Sparkling yaitu area langit-langit dari ruang makan restoran ini yang dihiasi dengan beragam pola menarik. Pola-pola tersebut membentuk sebuah gugusan bintang, sehingga tampak seperti Anda tengah menyaksikan Galaxy luas.

2. Tafso Barn

Untuk yang hobi sekali nongkrong maka di Kawasan Punclut juga tersedia area nongkrong yang mengusung gaya kekinian. Tempat tersebut bernama Tafso Barn, letaknya tepat berada di sebelah Lereng Anteng.

Tafso Barn tersebut Anda akan menemukan bilik yang memiliki bentuk setengah bola atau parabola. Terdapat juga bilik yang memiliki desain tenda melengkung dan sangkar burung besar. Hal itu pastinya akan membuat Anda merasa takjub. Lokasinya sendiri terdapat di Lalan Barulaksana.

3. Dago Bakery

Berada di Kawasan Punclut Bandung Anda juga bisa mengunjungi Dago Bakery. Tempat tersebut mempunyai bangunan yang memiliki desain menarik serupa kastil. Dago Bakery tersebut saat ini memang tengah populer dan banyak dikunjungi, karena sebelumnya tempat tersebut dijadikan lokasi syuting Variety Show Korea.

Sekalipun tempat ini memiliki nama Dago Bakery, namun untuk menu makanan yang tersedia berupa makanan tradisional, khususnya makanan khas Bandung. Namun, Anda juga akan menemukan beberapa menu lain ala barat yang sangat menggugah selera.

Daya Tarik di Kawasan Punclut
Image Credit: Google Maps agastya vitadhani

4. Lereng Anteng

Tempat yang juga asik buat nongkrong berikutnya ada di Kawasan Punclut, yaitu Lereng Anteng. Banyak sekali muda-mudi yang menghabiskan waktu mereka untuk kongkow dan berbincang dengan sahabat mereka di sana. Tempat nongkrong ini adalah salah satu area yang memiliki banyak sekali spot foto unik dengan konsep sangat kekinian.

Di sinilah nantinya Anda dapat menikmati berbagai macam menu minuman yang khas dan menggugah selera. Anda bisa menikmati kopi dan makanan yang terdapat di dalam tenda-tenda transparan, serta ditempatkan di area lereng bukit. Sambil lalu bersantai menikmati wedang jahe serta hidangan lain, Anda juga bisa mengabadikan momen bersama teman.

5. D’Dieuland

Daya tarik berikutnya yaitu D’Dieuland Bandung. Siapapun pasti akan dibuat terpesona oleh keindahan dan keseruan yang ditawarkan D’Dieuland Bandung. Bagi Anda yang ingin menikmati ragam permainan seperti playground, trampolin, spot selfie, sky walk, pameran air dan lain sebagainya, maka datang saja ke D’Dieuland Bandung.

Tempat ini juga memiliki kafe dan restoran untuk siapa saja yang ingin nongkrong dan duduk santai. Memiliki konsep yang begitu cantik, sehingga akan membuat siapapun merasa betah dan mata seolah dimanjakan. D’Dieuland adalah tempat yang tidak boleh Anda lewatkan ketika mengunjungi Punclut Bandung.

6. Angkringan De BlankOn

Seperti yang diketahui, anak muda Indonesia sangat suka sekali menghabiskan waktu mereka di angkringan untuk sekedar mengobrol santai bersama dengan teman-teman mereka. Di Kawasan Punclut inilah Anda akan menemukan angkringan De Blankon.

Dengan sajian alam yang terdiri atas area perbukitan pasti akan membuat Anda merasa nyaman dan tidak ingin beranjak pulang. Restoran yang memiliki konsep angkringan tersebut memiliki aneka macam menu khas masakan jawa.

Anda yang suka sekali sate telur puyuh, nasi kucing, sate kulit, sate ampela dan lain sebagainya, maka bisa datang ke angkringan de blankon tersebut. Yang tak kalah menarik lagi, angkringan satu ini menyajikan spot selfie yang begitu beragam dan juga instagramable.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Kawasan Punclut
Image Credit: Google Maps si iky

Anda yang merasa penasaran dengan Kawasan Punclut ini, maka Anda bisa segera meluncur ke Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Bandung Barat. Lokasi tepatnya sendiri yaitu berada di Jalan Pluncur, Kecamatan Cidadap. Dari pusat Kota Bandung sendiri, tempat ini berada tidak jauh, hanya sekitar 7 KM saja.

Jika Anda kebetulan tidak membawa kendaraan pribadi, maka Anda bisa menuju ke arah Ciumbuleuit menggunakan angkutan umum hingga tiba di RSAU Ciumbuleuit. Dari tempat tersebut, Anda bisa melanjutkan perjalanan Anda ke kawasan Punclut. Di sekitaran area Rumah Sakit tersebut dipasang papan petunjuk sehingga memudahkan menemukan arah.

Anda bisa menaiki ojek online ataupun taksi untuk bisa tiba di lokasi wisata. Namun sangat disarankan bagi Anda disini untuk menggunakan kendaraan pribadi, baik itu mobil maupun motor. Karena dengan Anda membawa kendaraan pribadi, maka perjalanan liburan akan terasa jadi lebih leluasa.

Jika Anda merasa bingung dengan rute untuk menuju lokasi wisata ini, Anda bisa menggunakan bantuan navigasi dari Google Maps yang tersedia di perangkat smartphone. Anda tinggal akses Google Maps kemudian carilah rute terbaik untuk tiba di Punclut.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Kawasan Punclut
Image Credit: Google Maps Bima Adi Nugroho Sylirian

Kawasan Punclut memang menjadi salah satu tempat yang recommended untuk Anda kunjungi. Untuk berada di tempat ini, Anda tidak akan dikenakan biaya sama sekali. Baik itu ketika hari aktif maupun hari libur. Tidak ada biaya retribusi untuk Anda bisa memasuki tempat wisata.

Itulah yang akhirnya membuat banyak pengunjung, khususnya masyarakat Bandung sendiri yang berbondong-bondong datang ke tempat ini. Kawasan wisata ini dibuka pada pukul 8 pagi dan akan ditutup saat menjelang pukul 12 malam. Beberapa tempat memang sangatlah menarik, jangan lewatkan kesempatan untuk berada di tempat tersebut.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Kawasan Punclut

Aktivitas Menarik Kawasan Punclut
Image Credit: Google Maps si iky

1. Nongkrong

Beragam aktivitas menarik bisa Anda lakukan selama berada di Kawasan Punclut. Salah satu aktivitas tersebut yaitu nongkrong bersama dengan teman, pasangan ataupun keluarga Anda.

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, bahwa tempat ini memiliki banyak sekali area nongkrong yang nyaman dan kekinian. Karena itu, bagi Anda yang memang hobi sekali melakukan aktivitas tersebut, jangan lewatkan kesempatan untuk berada di cafe dengan desain unik di destinasi wisata ini.

2. Menikmati Kuliner

Restoran yang terdapat di Kawasan Punclut memang memiliki sajian menu begitu beragam. Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan masakan kuliner khas Kota Bandung yang terkenal begitu nikmat dan lezat. Harga dari kuliner yang ditawarkan relatif beragam. Namun, yang pasti cukup ramah di kantong Anda.

Tidak hanya menu kuliner khas Kota Bandung saja yang bisa ditemukan di sana, Anda pun akan menemukan kuliner khas kota-kota lainnya. Selain itu, bagi para penikmat masakan ala barat juga bisa menikmati di tempat tersebut.

3. Swafoto di Spot Selfie

Sebagai tempat wisata yang populer dan hits saat ini, maka wajar saja jika Kawasan Punclut memiliki banyak sekali spot foto selfie yang sangat instagramable. Hal itu tentunya akan membuat Anda yang hobi fotografi ataupun Anda yang ingin membuat halaman Instagram lebih berwarna merasa diuntungkan.

Spot foto yang tersedia di tempat ini bisa Anda gunakan secara gratis tanpa dipungut biaya sama sekali. Karena itu jangan lupa untuk mengisi baterai Smartphone agar bisa digunakan untuk mengambil foto-foto seru selama berada di sana.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Kawasan Punclut
Image Credit: Google Maps Rizki Fauzi

Berbagai macam fasilitas umum sudah disediakan pihak pengelola wisata di masing-masing spot yang bisa ditemukan di Kawasan Punclut. Fasilitas umum tersebut seperti contohnya mushola dan toilet yang bersih dan nyaman.

Tersedia pula area parkir yang begitu luas dalam dan aman bagi pengunjung yang membawa mobil ataupun motor. Tempat ini memiliki kafe dan restoran, sehingga Anda bisa menikmati hidangan berupa minuman ataupun makanan yang lezat.

Untuk Anda yang ingin bermalam, maka tempat ini terdapat beberapa penginapan yang nantinya bisa Anda coba. Harga yang ditawarkan penginapan terbilang cukup terjangkau dengan fasilitas yang memadai.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai Kawasan Punclut Bandung yang merupakan salah satu area wisata populer dan hits di kota Bandung. Anda yang masih belum pernah sama sekali mengunjungi tempat ini, tak ada salahnya untuk segera meluncur ke tempat tersebut ketika waktu libur tiba.