Lokasi: Jl. Kelenteng No.41, Ciroyom, Kec. Andir, Kota Bandung.
MapCek Lokasi

Bandung memang dikenal tidak ada habis-habisnya menyuguhkan tempat wisata yang unik dan menarik untuk dikunjungi setiap orang dari kota manapun. Selain itu Kota besar yang menjadi ibukota Jawa Barat ini juga selalu saja menyuguhkan wisata populer mulai dari wisata modern hingga wisata alam. Namun, kali ini kita membahas spot wisata modern yang tempatnya masih di pusat kota Bandung ini.

Wisata modern chinatown ini berada tepat di wilayah kota Bandung. Tempat ini bernuansa kampung seperti di negara tirai bambu, China. Saking populer di kalangan wisata, banyak wisatawan lokal dan luar daerah berduyun-duyun mengunjungi spot favorit ini. Sehingga tak heran jika tempat ini selalu ramai dan dipenuhi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin berlibur ke kota Bandung.

Kawasan ini mulai dikomersilkan sejak 4 Agustus 2017. Sebelumnya kawasan ini hanyalah kampung biasa yang dihuni warga Tionghoa, namun lama kelamaan kampung ini didesain sedemikian rupa sehingga mirip seperti kampung yang ada di China. Bisa dibilang ini miniaturnya kota yang ada di China. Kampung ini lebih terkonsentrasi dengan wisata kulinernya. Nah, simak informasi yang perlu Anda ketahui sebelum berkunjung ke Chinatown Bandung.

1. Transportasi & Harga Tiket Masuk Chinatown Bandung

Transportasi & Harga Tiket Masuk Chinatown Bandung
Image Credit: Dakatour.com

Lokasi ini berada di jalan Klenteng kota Bandung, Jawa Barat. Untuk anda yang menggunakan kendaraan pribadi Anda bisa langsung menuju ke jalan Cibadak apabila dari arah Astana Anyar. Namun apabila menggunakan transportasi umum seperti kereta, stasiun terdekat adalah stasiun kebon jati. Sehingga Anda hanya berjalan sekitar 3 menit untuk sampai di tempat tujuan.

Untuk harga tiket, anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Tarif dihari biasa hanya kurang lebih 10.000 saja,sedangkan untuk weekend ataupun hari besar lainnya dikenakan biaya 20.000. Pengunjung hanya perlu membayar sekali saja di loket masuk dan tidak ada loket susulan lagi. Kecuali bila Anda berkuliner makanan maka tentu saja anda akan membayar lagi.

2. Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas yang Tersedia
Image Credit: Facebook.com @Chinatownbandung

Chinatown di kota Bandung memang terkenal dengan tempatnya yang terkenal di kalangan wisatawan. Sehingga tak heran jika tempat ini selalu ramai dikunjungi, khususnya di waktu liburan ataupun weekend. Inilah yang menyebabkan fasilitas yang berada di wisata ini terus dilengkapi dan dikembangkan untuk membuat setiap wisatawan merasa nyaman dan daya tarik dari wisata ini.

Fasilitas tersebut diantaranya seperti musholla dan area bermain untuk anak-anak. Sehingga untuk setiap wisatawan yang mengajak anak tidak perlu khawatir karena telah tersedia area bermain yang aman dan nyaman. Selain itu musholla yang disediakan juga nyaman untuk digunakan setiap wisatawan yang ingin melaksanakan ibadah sholat.

3. Daya Tarik Chinatown Bandung

Daya Tarik Chinatown Bandung
Image Credit: Dolanyok.com

Wisata ini juga memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri yang membedakannya dari wisata lainnya yang berada di Bandung. Salah satunya tempat ini didesain dengan suasana oriental yang kental sekali dengan budaya Tinghoa. Dimulai dari desain bangunan sampai dengan atribut yang telah menjadi ciri khas dari budaya Tionghoa.

Tentu saja hal ini menjadi daya tarik tersendiri untuk setiap orang yang ingin berkunjung. Bagi Anda yang ingin menikmati dan mencoba suasana berada di negeri tirai bambu tempat ini sangat cocok. Dengan biaya yang terjangkau, Anda sudah bisa masuk dan merasakan suasana khas budaya Tiongkok di Chinatown Bandung ini.

4. Kuliner Modern & Makanan Khas

Kuliner Modern & Makanan Khas
Image Credit: Rappler.com

Di tempat ini juga telah tersedia berbagai macam stand makanan. Dimulai dari jajanan makanan modern hingga makanan khas dari negeri tirai bambu ini. Harga yang ditawarkan pun cukup variatif namun masih terjangkau untuk setiap wisatawan yang berkunjung ke lokasi ini.

Sehingga Anda tak perlu khawatir akan kesulitan mencari tempat kuliner setelah Lelah berkeliling wisata ini. Tempat yang disediakan di setiap stand juga nyaman untuk dikunjungi dan digunakan untuk menikmati jajanan tersebut. Inilah yang membuat Anda harus mencoba kuliner khas dari tempat ini ketika berkunjung ke Chinatown Bandung.

5. Spot Foto Instagramable

Spot Foto Instagramable
Image Credit: Kantin.id

Berburu spot foto keren memanglah bukan menjadi hal baru lagi pada saat ini. Termasuk ketika Anda mengunjungi wisata ini, akan tersedia banyak spot foto yang bisa Anda gunakan dengan nyaman. Desain Bangunan yang khas budaya Tionghoa sangat pas untuk dijadikan latar belakang ketika Anda berfoto.

Waktu terbaik untuk pengambilan foto adalah ketika malam hari. Hal ini dikarenakan cahaya dari lampion yang dipasang di setiap sudut akan menambah keindahan dari tempat ini. Sehingga Anda bisa menggunakan momen untuk untuk diabadikan melalui foto dan diunggah ke media Sosial yang dimiliki.

6. Klenteng di Chinatown Bandung

Klenteng di Chinatown Bandung
Image Credit: Kresnamahadhipa.wordpress.com

Klenteng identik dengan tempat beribadah masyarakat Tionghoa. Sehingga di Chinatown juga disediakan tempat berupa klenteng yang bisa digunakan untuk berdoa dan beribadah kepada Tuhan. Hal ini dikarenakan wisata ini yang memang mengusung tema budaya dari negeri tirai bambu ini.

Klenteng di wisata ini juga dibuat untuk menambah kenyamanan setiap wisatawan yang ingin melaksanakan ibadah. Sehingga dengan begitu wisata ini benar-benar memperhatikan tiap detail dari budaya Tionghoa yang digunakan sebagai tema tempat ini. Selain itu masyarakat yang ingin beribadah juga bisa menggunakannya dengan nyaman.

7. Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Lokasi
Image Credit: Food.detik.com

Dikarenakan wisata ini sudah dikenal banyak orang maka lokasinya pun juga mudah untuk ditemukan. Sehingga Anda tak perlu khawatir kesulitan ketika ingin mengunjungi wisata ini di waktu liburan. Ditambah dengan banyak ulasan yang menyebutkan tempat ini di Internet. Anda juga akan menemui banyak petunjuk jalan di sekitar area wisata ini.

Dalam hal ini menjadi kelebihan tersendiri untuk tempat ini sebagai wisata yang direkomendasikan di Bandung. Didukung dengan banyaknya transportasi akan semakin memudahkan untuk mengunjungi tempat ini. Tak heran wisata ini semakin ramai dikunjungi wisatawan saat ini.

8. Merchandise Khas

Merchandise Khas
Image Credit: Ajakanak.com

Di dalam wisata ini juga telah tersedia tempat khusus yang menjual aneka merchandise khas. Dengan begitu Anda bisa mengunjunginya dan membeli beberapa oleh-oleh untuk dibawa pulang. Barang yang ditawarkan pun beragam dan tentunya memiliki desain yang menarik. Harga dari setiap barang yang dijual pun juga variatif.

Harga yang ditawarkan di stand ini juga sesuai dengan kualitas yang ditawarkan. Sehingga Anda tidak akan merasa dikecewakan karena ketidaksesuaian antara harga dan kualitas. Selain itu, Anda juga tidak merasa dirugikan setelah membeli barang dari stand tersebut. Dengan begitupula Anda bisa mengunjungi wisata ini dengan rasa Bahagia dan senang.

9. Tempat Nongkrong yang Buat Betah

Tempat Nongkrong yang Buat Betah
Image Credit: Journal.sociolla.com

Chinatown merupakan destinasi yang terkenal di setiap kalangan wisatawan lokal atau mancanegara. Wisata ini juga sangat cocok untuk dijadikan tempat nongkrong anak muda. Selain karena tarif yang dikenakan terjangkau, suasana yang ditawarkan juga nyaman. Inilah yang menyebabkan wisata ini juga sangat terkenal di kalangan anak muda, khususnya di kota Bandung.

Terdapat juga beberapa spot tempat duduk yang bisa dijadikan untuk bersantai dan menikmati suasana di tempat ini. Sehingga Anda bisa lebih merasakan sensasi benar-benar sedang berada di negara China. Ditambah dengan desainnya yang kental dengan budaya Tionghoa di tempat wisata ini. Sehingga banyak orang yang betah menghabiskan waktu di tempat ini.

10. Penyewaan Kostum Khas

Penyewaan Kostum Khas
Image Credit: Travelade.com

Untuk mendukung aktivitas setiap setiap wisatawan, tempat ini juga menyediakan sebuah stand untuk menyewa kostum. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesan sedang berada di negeri China yang sesungguhnya. Desain baju khas Tionghoa yang disewakan pun beragam dan menarik. Sehingga inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi tempat wisata yang berada di Bandung.

Tak Hanya itu saja untuk mendukung baju yang sedang dipakai maka stand tersebut juga menyediakan jasa untuk merias. Sehingga wisatawan akan terlihat seperti masyarakat Tionghoa. Dengan begitu Anda bisa berfoto dengan baju dan riasan khas dari masyarakat China. Tentu saja dengan tarif yang sesuai dengan kualitasnya ditawarkan.

Itulah beberapa informasi terkait tempat wisata terhits Chinatown Bandung yang saat ini telah terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Tentu saja dengan berbagai kelebihan yang dimiliki wisata ini membuat setiap orang ingin mengunjunginya. Sehingga pihak pengelola wisata ini juga terus mengembangkan berbagai fasilitas yang ada di tempat ini agar tetap menjadi pilihan pengunjung.