Harga Tiket: Rp 30.000, Jam Operasional: 09.00-18.00 WIB, Alamat: Jl. Grand Hotel No.33E, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Kota Mini Lembang adalah destinasi di Bandung yang mempunyai arsitektur berbeda dengan tempat liburan lainnya. Replika bangunan yang telah dibentuk tampak menyerupai rumah Eropa yang memiliki corak warna mencolok. Setiap rumah terlihat nyata dengan diberi nomor, pagar, hingga kotak pos.

Keunikan lain dari destinasi wisata ini dapat dilihat dari beragam jenis bunga. Tanaman tersebut sengaja dijaga untuk menambah kesan luar negeri yang semakin kental. Setiap sudut dari area memang terlihat memukau.

Traveller selalu berkeliling untuk menikmati setiap bangunan. Selain itu sudah banyak pula yang berfoto atau merekam video seru dengan mengenakan sewa baju ala Eropa. Maka dari itu jangan lupa ke Kota Mini saat hari libur.

Daya Tarik yang Dimiliki Kota Mini

Daya Tarik Kota Mini
Image Credit: Google Maps nuri arsyanti

1. Tempat Berfoto

Kota Mini Lembang terkenal sebagai wisata penyedia spot foto yang instagramable. Semua tempat yang menarik untuk dipotret tidak pernah mengecewakan. Bahkan spot ini mempunyai bunga warna warni yang menambah keunikan tersendiri. Ada pula kursi yang banyak dipakai sebagai tempat berfoto sambil memperlihatkan background bangunan.

Para pelancong wajib mengoleksi gambar replika bangunan disana. Jalan yang ada di dalam wisata pun sudah memiliki design seperti luar negeri. Anda yang berfoto dapat memilih latar seperti telepon box warna merah, pagar bercorak putih, atau bangunan rumah yang cantik. Semua background akan menampilkan gaya Belanda hingga Korea seperti nyata.

2. Bangunan Estetik

Arsitektur yang dimiliki Kota Mini berbeda dengan wisata pada umumnya. Pembangunan yang telah dilakukan menghasilkan gaya Eropa yang unik. Jika dilihat dari dekat detail bangunan sangat cantik dengan ditambahkan corak warna yang mencolok. Apalagi setiap design ada yang memiliki pagar hingga taman bunga seperti di Belanda dan Korea.

Wisatawan yang pergi berlibur akan terpukau selama melihat design kota ini. Tata bangunan yang rapi serta menyerupai rumah di luar negeri mampu memberikan kesan berbeda. Sudah banyak yang sengaja menyewa kostum sambil memotret foto di antara bangunan ini. Berada disana memang seperti sedang berlibur ke luar negeri.

3. Beragam Spot Menarik

Kota Mini Lembang diketahui tidak hanya memberikan spot foto saja disana. Tetapi terdapat beberapa spot yang selalu ramai seperti tempat edukasi. Para tamu sudah banyak yang sering mampir ke spot tersebut untuk menambah wawasan anak. Kawasan itu sudah dijaga oleh petugas khusus yang akan mendampingi anak.

Jika masuk ke area dalam, anak-anak akan diajari cara memasak permen hingga es krim. Tak hanya itu, terdapat pula wawasan salon yang mengajarkan anak perempuan untuk memotong rambut. Selama liburan Anda akan senang karena anak kecil yang diajak dapat merasa nyaman belajar di spot edukasi ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Kota Mini
Image Credit: Google Maps Edi Feriyanto

Kota Mini Lembang berada di Jalan Grand Hotel, Lembang, Bandung, Jawa Barat. Wisatawan yang tidak pernah datang ke objek wisata ini dapat menggunakan jalur yang mengarah ke Alun-Alun kota. Disana terlihat jarak wisata yang cukup dekat karena Kota Mini ada di pinggir jalan. Selain itu letak destinasi juga tidak jauh dari Trans Studio Bandung dan selalu ramai pengunjung.

Perjalanan yang akan dilalui traveller dari kota Bandung dapat dimulai dari Jalan Bangka. Dari arah sana lurus menuju Jalan Diponegoro dan selang beberapa menit ke Jalan Dago. Lalu lanjutkan sampai ke Jalan Pagermaneuh dengan melintasi aspal yang tidak sulit dijangkau. Selanjutnya pengunjung dapat bertemu Jalan Cijeruk yang dekat dengan lokasi wisata.

Selama menempuh perjalanan melewati beberapa rute itu, para tamu bisa menyiapkan kendaraan pribadi. Jika Anda datang saat hari libur, pilih jalan yang tidak macet. Disana juga sudah ada sebagian papan petunjuk yang memberikan arahan rute. Selain itu Anda boleh memakai bantuan dari google maps atau sekedar bertanya ke sejumlah warga sekitar kota.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Kota Mini
Image Credit: Google Maps Yohan Pratama

Kota Mini Lembang termasuk destinasi bergaya Eropa yang mempunyai design bangunan estetik. Harga tiket masuk ke dalam wisata hanya Rp 30.000 per orang. Namun tiket tersebut belum termasuk semua wahana karena ada biaya tambahan. Pengunjung yang ingin bermain wahana lengkap dapat membeli pilihan paket tiket yang telah disediakan.

Khusus tiket boarding pass yang termasuk 5 wahana memiliki harga Rp 98.000. Sedangkan tiket terusan 10 wahana dibandrol dengan tarif Rp 196.000. Jika pelancong tidak ingin membeli tiket terusan, maka dapat membayar Rp 25.000 per wahana yang akan dicoba. Lalu tiket itu bisa ditukarkan dengan minuman atau snack untuk mendapat potongan harga.

Para tamu juga dapat menyewa kostum ala Eropa Rp 75.000 per jam. Disana ada pula pusat kuliner dan oleh-oleh yang memiliki tarif bervariasi. Wisatawan bisa parkir di tempat yang disediakan dekat loket pintu masuk. Harga parkir mobil Rp 5.000 dan sepeda motor Rp 3.000, biaya ini tidak dihitung per jam sehingga siapapun boleh parkir sampai jam pulang.

Aktivitas yang Menarik Dilakukandi Kota Mini

Aktivitas Menarik Kota Mini
Image Credit: Google Maps Naomi Chrysantia

1. Hunting Foto

Kota Mini Lembang menawarkan replika bangunan yang estetik dengan mengambil gaya Eropa. Design itulah yang membuat pelancong selalu ingin hunting foto. Pagi atau malam hari wisata terlihat indah karena banyak lampu yang menyala kerlap kerlip. Terdapat pula karpet merah yang ada di jalan, sehingga saat berfoto tampak seperti berada di luar negeri.

2. Bersantai

Setiap spot yang ada di dalam tempat ini telah dilengkapi kursi. Melepas penat sekaligus melihat bunga yang tersebar membuat pengunjung betah ketika lama disana. Apalagi kursi di wisata itu terlihat memakai cat warna warni menyerupai gaya Eropa. Jadi destinasi hits tersebut boleh digunakan untuk melepas penat oleh siapapun yang ingin merefresh pikiran.

3. Membeli Oleh-Oleh

Belanja oleh-oleh sering kali menjadi aktivitas yang dilakukan usai puas berkunjung. Banyak toko yang tersebar dan menyuguhkan aneka macam buah tangan. Para tamu bisa membeli makanan, aksesoris, hingga baju yang menjadi ciri khas Kota Mini Lembang. Harga oleh-oleh masih aman di dompet dengan kualitas produk yang tidak perlu diragukan lagi.

4. Melihat Hewan

Beberapa hewan seperti kucing dan burung tampak di area destinasi cantik ini. Biasanya wisatawan yang suka binatang kerap mengunjungi rumah hewan tersebut. Ada pula yang sengaja membawa makanan untuk diberikan ke hewan. Tak hanya itu, Anda juga dapat mengajak binatang berfoto supaya seru dan pastikan jaga habitat yang ada disana.

Aktivitas Menarik di Kota Mini
Image Credit: Google Maps Andaru Firmansyah

5. Menyewa Kostum

Kota Mini Lembang sudah dilengkapi tempat sewa kostum untuk dewasa dan anak kecil. Traveller dapat menyewa kostum Korea, Belanda, serta baju ala Broadway dengan membayar tarif tertentu. Biasanya para tamu sengaja menyewa kostum luar negeri itu untuk digunakan saat merekam momen. Pakaian ini tentu membuat foto semakin bagus.

6. Berkuliner

Kuliner yang ditawarkan oleh penjual mempunyai penyajian yang menarik. Bahkan ketika dicicipi aneka makanan terasa lezat dan memanjakan lidah wisatawan. Tempat kuliner pun menggunakan design ala Eropa dan dihias sedemikian rupa dengan pernak pernik. Anda yang makan di dalam wisata menawan tersebut dijamin tidak akan menyesal.

7. Mengunjungi Spot Edukasi

Spot edukasi untuk anak kecil sudah tersedia pada kawasan destinasi. Ketika masuk ke dalam spot ini traveller akan didampingi oleh petugas sehingga tidak perlu khawatir. Terdapat pembelajaran mengenai cara pembuatan gulali, popcorn, hingga es krim. Maka dari itu sempatkan mampir ke area itu untuk mendapatkan wawasan yang luas.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Kota Mini
Image Credit: Google Maps nuri arsyanti

Kota Mini Lembang memberikan pelayanan terbaik dengan menyediakan berbagai macam fasilitas. Latar foto berupa replika seperti telephone box ala London hingga bangunan bergaya Eropa tersedia di area. Setiap orang yang datang tentu bisa mengabadikan momen dengan background lucu. Lahan parkir yang sudah luas ada di sudut pintu masuk destinasi.

Pada kawasan lain ada tempat untuk edukasi seperti pembuatan popcorn hingga gulali. Anda yang datang bersama anak-anak bisa mengajaknya ke spot edukasi itu. Kamar mandi di bagian dalam wisata tersedia memadai dan dapat dipakai siapapun. Terdapat pula tempat sewa kostum bergaya Eropa dan Korea yang terlihat unik seperti berada di area luar negeri.

Destinasi wisata ini juga memiliki mushola yang cukup dekat dengan kawasan wisata. Pusat belanja sudah disediakan pengelola untuk tempat membeli camilan serta buah tangan. Kursi yang dicat dengan warna mencolok ada di sepanjang tempat wisata ini. Terdapat pula kandang hewan yang sering dikunjungi traveller dengan memberi makan atau sekedar berfoto.

Demikian ulasan terkait Kota Mini Lembang yang mempunyai arsitektur ala Eropa. Semua orang yang ke Bandung wajib mampir kesana jika ingin melihat bangunan secara langsung. Selain itu kunjungi semua spot menarik mulai dari tempat edukasi hingga penyewaan kostum Eropa bersama keluarga.