10 Tempat Wisata di Baturaden Banyumas yang Paling Hits

10 Tempat Wisata di Baturaden Banyumas yang Paling Hits

Tertarik Liburan ke Banyumas? Jangan Lupa Kunjungi Tempat Wisata Menarik & Populer di Baturaden Terbaru, Kekinian dan Paling Hits Buat Liburan Bersama Orang Tercinta.

Baturaden merupakan sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Walaupun hanya sebuah kecamatan, ternyata Baturaden memiliki bermacam-macam tempat wisata yang dapat dikunjungi bersama teman, pasangan, ataupun keluarga.

Letaknya yang berada dekat dengan lereng Gunung Slamet, membuat kebanyakan tempat wisata di Baturaden berupa alam. Saat liburan atau weekend tiba, banyak orang yang berbondong-bondong ke spot-spot wisata menarik disana. Semua itu dikarenakan keindahan alam di bumi Baturaden masih terjaga dan terawat dengan baik.

Selain itu, wisatawan yang berkunjung disana akan sangat dimanjakan dengan fasilitas tempat wisata yang bisa dibilang lengkap. Dengan hal tersebut, maka layak saja apabila Baturaden dijadikan destinasi wisata banyak orang. Jika Anda tertarik berkunjung kesana, berikut ini kami rekomendasikan beberapa tempat wisata di Baturaden Banyumas yang menarik.

1. Curug Jenggala

Curug Jenggala

Image Credit: Piknikasik.com

Tempat wisata pertama yang kami rekomendasikan adalah Curug Jenggala. Disini Anda akan disuguhkan pemandangan hutan hujan tropis yang lebat. Selain itu, Pohon-pohon rindang di sekitar, membuat tempat ini terasa sejuk. Selain itu, di curug ini terdapat air terjun yang airnya tidak berhenti mengalir sehingga bisa digunakan untuk mandi atau sekedar bermain-main.

Saat berada di Curug Jenggala, nuansa romantis akan sangat terasa apabila Anda membawa pasangan. Itu dikarenakan, masyarakat sekitar sering menyebut air terjun tersebut dengan nama air terjun cinta entah darimana asal usulnya, yang jelas tempat wisata tersebut memiliki daya tarik tersendiri di mata para wisatawan.

Tidak hanya itu saja, tempat wisata yang satu ini juga memiliki spot-spot foto yang menarik, salah satunya adalah spot di bukit depan curug. Disitu Anda bisa berfoto menghadap langsung ke air terjun utamanya yang indah. Di bukit depan curug tersebut juga disediakan papan berbentuk cinta untuk Anda yang ingin menggunakannya.

Lokasi: Jl. Pangeran Limboro, Ketenger, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas.

2. Curug Telu

Curug Telu

Image Credit: Mgriyahotel.com

Tempat wisata yang selanjutnya ini sudah tidak asing lagi bagi wisatawan. Curug Telu memiliki pesona yang memukau, disana Anda bisa mendapati tiga aliran air terjun sekaligus. Meskipun tiga curug yang ada di tempat tersebut memiliki tingkat deras air yang berbeda-beda, hal itu tidak mengurangi keindahan yang ada.

Saat berada di Curug Telu, Anda bisa melakukan banyak kegiatan seperti bermain air, berenang dibawah aliran air, dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang hobi dengan fotografi, tempat wisata ini wajib Anda kunjungi. Mengapa? Karena Curug Telu memiliki keindahan alam yang begitu menawan diambil dari sudut manapun juga.

BACA:  10 Taman Keren di Semarang untuk Mengisi Akhir Pekan

Bagi masyarakat sekitar, Curug Telu merupakan sumber mereka mencari rejeki. Banyaknya wisatawan yang datang dimanfaatkan oleh mereka untuk menjual makanan atau minuman ringan. Selain itu, mereka juga bisa dapat keuntungan dari tiket masuk dan tiket parkir, walaupun sebagian dar itu juga harus digunakan untuk biaya perawatan tempat wisata.

Lokasi: Karangsalam, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas.

3. Telaga Sunyi

Telaga Sunyi

Image Credit: Explorewisata.com

Untuk Anda yang menginginkan tempat wisata yang tenang jauh dari keramaian, mungkin Telaga Sunyi dapat dijadikan pilihan. Persis seperti namanya, Telaga Sunyi memiliki lokasi yang dikelilingi dengan hutan rimbun yang sunyi sehingga akan tepat sekali dikunjungi oleh Anda yang sedang ingin merelaksasikan diri.

Di objek wisata ini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan telaga yang luas. Selain itu, di tempat ini airnya sangat jernih sehingga Anda bisa melakukan aktivitas seperti berenang atau snorkeling. Anda tak perlu khawatir jika tidak membawa perlengkapan renang atau snorkeling, karena pengelola wisata di Telaga Sunyi menyediakan tempat penyewaan alat-alatnya.

Untuk fasilitas, tempat wisata ini tergolong tempat yang memiliki fasilitas cukup lengkap. Disana terdapat kamar mandi, tempat parkir, dan fasilitas pendukung lainnya. Apabila Anda merasa lapar, di Telaga sunyi banyak masyarakat sekitar yang menjual makanan atau minuman dengan harga yang terjangkau.

Lokasi: Limpakuwus, Kec. Sumbang, Kab. Banyumas.

4. Lokawisata Baturaden

Lokawisata Baturaden

Image Credit: Homestayrose50.com

Anda sering berwisata bersama keluarga? Jika iya, destinasi yang satu ini bisa untuk dijadikan pilihan. Objek wisata yang berada di Baturaden Banyumas ini menyediakan tempat yang ramah sekali dengan semua kalangan usia. Maka dari itulah, kebanyakan wisatawan yang berkunjung disini membawa keluarga besar mereka

Konsep tempat wisata ini mengombinasikan antara keindahan alam dengan hiburan masa kini. Keindahan alamnya disini berupa air terjun alami yang mengalir menuju kolam yang ada dibawahnya. Sedangkan untuk hiburanya, pengelola menyediakan permainan seru seperti bermain seluncuran, berenang dibawah air terjun, teater alam, pemandian air panas, dll.

Lokawisata Baturaden bisa dibilang tempat wisata yang lengkap, salah satunya perihal fasilitas. Tempat wisata ini memiliki fasilitas seperti toilet, tempat bersantai, tempat beristirahat, dan masih banyak lagi. Itu semua juga didukung dengan pengelolaan yang baik sehingga segala fasilitas tersebut dapat terjaga dan yang paling penting adalah bersih.

Lokasi: Karangmangu, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas.

5. Kebun Raya Baturaden

Kebun Raya Baturaden

Image Credit: Travelspromo.com

Tempat wisata yang selanjutnya ini dikhususkan untuk Anda yang ingin merasakan sensasi berwisata sekaligus belajar. Kebun Raya Baturaden, memang menjadi salah satu primadona bagi wisatawan, tempatnya yang dipenuhi bermacam-macam tumbuhan menjadi sarana edukasi yang sangat cocok untuk mengenalkan anak-anak kepada alam.

BACA:  Pokland, Tempat Wisata Hutan Pinus Kekinian di Cianjur

Lalu, jika Anda suka berfoto tempat ini menawarkan beberapa spot yang menarik seperti di hamparan bunga berbentuk hati, tulisan Kebun Raya Baturaden, gapura yang terbuat dari rangkaian tumbuhan, dan masih banyak lagi. Saran kami, sebaiknya Anda datang di saat tumbuhan dan bunga sedang mekar agar foto yang dihasilkan lebih keren.

Tidak hanya itu saja, di dalam Kebun Raya Baturaden juga terdapat hutan dengan pepohonan besar yang lebat dan masih asri. Tempat tersebut sangat cocok bagi seorang pelajar yang tertarik dalam bidang biologi. Banyaknya manfaat dari objek wisata Kebun Raya Baturaden membuat banyak wisatawan dari luar kota rela berkunjung meskipun jaraknya cukup jauh.

Lokasi: Jl. Pancurantujuh, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas.

6. Taman Miniatur Dunia Small World

Taman Miniatur Dunia Small World

Image Credit: Gotravelly.com

Ingin berwisata di tempat yang kekinian? Mungkin Anda bisa mencoba berkunjung ke Taman Miniatur Dunia Small World di Banyuraden Banyumas. Tempat wisata ini menyediakan bangunan-bangunan ikonik yang ada di seluruh dunia. Banyaknya bangunan ikonik tersebut, dijamin akan membuat Anda puas ketika ingin berselfie ria.

Bangunan disini, ukurannya memang tidak seperti bangunan aslinya, akan tetapi itu tidak mengurangi kemiripannya dengan bangunan aslinya. Pengelola tempat ini juga menyediakan penyewaan pakaian tradisional beberapa negara. Lalu, Jika Anda ingin mendapatkan foto yang bagus sekaligus ingin mencetaknya, kami sarankan untuk menyewa jasa fotografer.

Saat di malam hari, bangunan-bangunan yang ada di Taman Miniatur Dunia Small World akan dihiasi lampu yang warna-warni yang cantik. Hal inilah yang menyebabkan banyak pengunjung yang lebih memilih berkunjung pada saat malam hari. Jadi bagaimana, tertarik berkunjung ke tempat ini?

Lokasi: Jl. Raya Baturaden Barat, Karangmangu, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas.

7. Desa Wisata Ketengger Baturaden

Desa Wisata Ketengger Baturaden

Image Credit: Mastourdev.blogspot.com

Di objek wisata selanjutnya ini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan pedesaan yang dikelilingi pesona alam menawan. Desa Wisata Ketengger Baturaden memiliki area yang sangat luas, Anda bisa memilih mau pergi ke tempat seperti sungai, pegunungan, ataupun taman.

Di tempat-tempat alam Desa Wisata Ketengger Baturaden banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan salah satunya adalah memancing. Hal ini unik, karena tidak banyak tempat wisata yang mengijinkan pengunjungnya untuk memancing di area mereka. Selain itu, disini juga diperbolehkan untuk bermain di area sungai dengan aliran air yang berasal dari kaki gunung.

Bagi Anda yang bersantai-santai di tempat ini, pengelola menyediakan beberapa gazebo atau joglo. Sembari bersantai, alangkah baiknya Anda juga mencoba makanan-makanan tradisional yang dijual oleh pedagang di tempat ini. Makanan-makanan seperti badeg, nopia, pecel sayur akan membuat kunjunganmu semakin berkesan.

Di luar keindahan tempatnya, ternyata objek wisata ini juga sering menampilkan pertunjukan kesenian tradisional. Menurut pengelola, hal tersebut dimaksudkan agar bisa menjadi sarana hiburan lain untuk pengunjung sekaligus dalam rangka untuk melestarikan dan mengenalkan budaya-budaya tradisional yang semakin meredup kepopulerannya.

BACA:  10 Cafe Instagramable di Solo yang Bikin Betah Nongkrong

Lokasi: Ketenger, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas.

8. Curug Bidadari

Curug Bidadari

Image Credit: Jogjainside.com

Bagi Anda yang suka mengeksplore alam, tempat yang selanjutnya ini harus Anda coba kunjungi. Hal ini dikarenakan, untuk bisa sampai ke Curug Bidadari Anda perlu menempuh perjalanan menyusuri hutan dan sungai. Selain itu, menurut beberapa orang yang pernah kesana jalan menuju curug tersebut cukup menguras tenaga.

Saat di perjalanan menuju Curug Bidadari, Anda akan disuguhkan dengan panorama hutan yang lebat dengan pepohonan besar di kanan kirinya. Hutan tersebut juga terkenal masih asri sehingga jangan terkejut apabila masih banyak tumbuhan dan hewan yang unik. Dengan keindahan alam tersebut, lelahnya perjalanan menuju Curug Bidadari akan tidak terasa.

Perjalanan menantang yang begitu panjang akan terbayarkan saat sesampainya di curug. Itu karena, Anda akan melihat air terjun indah yang mengalir dari celah-celah batu diatas. Apabila Anda datang di siang hari, cahaya dari sinar matahari akan bercampur bersama air terjun turun menembus celah lubang dan akan membuat Anda betah berlama-lama berada disitu.

Lokasi: Karangsalam, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas.

9. Baturaden Adventure Forest

Baturaden Adventure Forest

Image Credit: Ariefpokto.com

Tempat wisata yang selanjutnya ini cocok untuk Anda yang ingin bermain-main di alam. Di Baturaden Adventure forest ini tersedia berbagai wahana bermain yang bisa Anda nikmati. Salah satu wahana yang terkenal disini adalah river boarding, ini adalah wahana menyusuri sungai dengan menggunakan papan sebagai alat bantunya.

Selain river boarding, Anda juga wajib mencoba wahana yang memacu adrenaline yaitu rapperlling. Rapperling adalah suatu aktifitas untuk menuruni sebuah jurang atau tebing yang curam dengan bantuan seutas tali. Wahana-wahana yang ada di tempat wisata ini sudah dijamin keamanannya sehingga tak usah takut untuk mencobanya.

Lokasi: Karangsalam, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas.

10. Pancuran Telu dan Pancuran Pitu

Pancuran Telu dan Pancuran Pitu

Image Credit: Wikipedia.org

Baturaden Banyumas memang gudangnya objek wisata alam, salah satu yang paling terkenal adalah pancuran telu dan pancuran pitu. Seperti namanya, tempat wisata ini memiliki 3 dan 7 pancuran air yang mengalir dari sungai diatasnya. Namun jika dilihat sekilas, pancuran telu dan pitu ini mirip dengan air terjun biasa.

Pada dasarnya pancuran ini merupakan sumber air panas yang konon katanya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Jadi untuk Anda yang percaya dengan hal tersebut, silahkan saja berendam dan mandi di pancuran itu.

Lokasi: Ketenger, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas.

Demikianlah tadi beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Baturaden, Banyumas. Baturaden memang menyimpan banyak objek wisata yang menawan, itulah mengapa kawasan Baturaden tidak pernah sepi dari wisatawan dalam kota maupun luar kota.